pengertian web browser

Pengertian Web Browser: Manfaat, Fungsi, Macam dan Cara Kerjanya

Diposting pada 228 views

Pengertian Web Browser, Manfaat dan Cara Kerjanya – Hari gini siapa sih yang nggak kenal dengan Google? Salah satu mesin pencari yang terkenal dan banyak digunakan di dunia. Google adalah perusahaan raksasa di bidang teknologi dengan banyaknya layanan.

Salah satu layanan yang dimilikinya adalah web browser yaitu Google Chrome. Ngomong-ngomong soal browser, sebenarnya apa sih pengertian web browser? Apa web browser cuma keluaran dari Google saja? Penasaran? Yuk simak di sini penjelasannya dan bisa juga baca artikel menarik di Tedas.

Apa Itu Web Browser?

Pengertian web browser jika dijelaskan bentuknya adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk menjelajah. Selain untuk menjelajah, web browser juga bisa digunakan untuk menyajikan dan mengambil konten dari berbagai sumber yang ada di jaringan internet.

Tapi jika dilihat dari bahasanya, web browser adalah web yang merupakan singkatan website dan browser pengertiannya adalah media untuk menjelajah. Jadi jika digabungkan pengertiannya adalah alat penjelajah untuk berbagai situs website di internet.

Beberapa kelompok masyarakat juga menyebutnya sebagai peramban web yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi sumber informasi. Semua informasi bisa berasal dari sumber yang beragam dan bentuknya bisa konten tulisan, gambar hingga video.

Melalui web browser ada begitu banyak kalangan masyarakat yang berselancar dan mendapatkan informasi atau sekedar mencari data yang mereka butuhkan. Jika dulunya informasi hanya didapatkan melalui mulut ke mulut, kemudian media cetak, berkembang menjadi radio dan tv kini adalah internet melalui web browser.

Pengertian Web Broswer Menurut Para Ahli

Para ahli sendiri ada yang memberikan penjelasan mengenai pengertian web browser secara berbeda-beda. Berikut ini pengertiannya menurut beberapa ahli.

1. Ali Zaki

Menurut ali, web browser adalah program yang dijalankan supaya bisa mengakses web menggunakan komputer serta jaringan internet. Yang mana web browser berguna sebagai sambungan untuk bisa dioperasikan.

2. Lia Kuswayatno

Menurut Lia, pengertian web browser adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi membuka web. Caranya adalah menuliskan alamat situs pada kotak address.

3. Smitdev Pahala

Pendapat lain dikemukakan oleh Smitdev Pahala, dimana web browser adalah lawan kata dari server. Tugas utamanya adalah menampilkan halaman web.

4. Rachmad Hakim

Sedangkan Rachmad Hakim menjelaskan, web browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi internet. Fungsinya menampilkan halaman web serat dokumen yang sudah disediakan server.

5. Gustav Pahala Frans

Menurut Gustav, pengertian web browser adalah aplikasi yang gunanya untuk mengoperasikan internet menjadi media browsing. Selain itu juga digunakan untuk menjelajahi dunia maya.

Selain pengertian menurut para ahli, ada satu hal yang perlu diperhatikan yaitu perbedaan antara web browser dengan search engine. Karena Google mengeluarkan produk web browser sekaligus search engine yang terkenal maka banyak persepsi yang salah akan keduanya.

Untuk contoh bisa diambil dari produk Google yaitu Google Chrome dan mesin pencari Google. Chrome adalah web browser yang merupakan program dengan fungsi untuk menampilkan dan mencari informasi dalam layanan World Wide Web (www).

Berbeda dengan search engine yang fungsinya adalah membantu menemukan informasi dalam laman web dan bisa digunakan untuk branding dari konten. Search engine erat kaitannya dengan search engine optimization (SEO).

Dalam hal ini, Google adalah produk mesin pencari yang dimaksudkan. Ada produk search engine lainnya yang juga menempati peringkat di bawahnya seperti Bing, Duck Duck Go dan masih banyak lagi.

Manfaat dan Fungsi Web Browser

pengertian web browser2

Web browser adalah alat yang digunakan untuk menerjemahkan situs web dari Hypertext Transfer Protocol (HTTP/ HTTPS) atau Protocol Transfer File (FTP) menjadi konten yang mudah dibaca oleh manusia.

Beberapa web browser bahkan mendukung plugin yang berfungsi untuk mendukung kinerjanya. Misalnya saja plugin untuk memblokir iklan, memutar video, membaca file khusus dan lain sebagainya.

Apabila dilihat dari sekilas tentang pengertian web browser dan prosesnya bekerja, maka bisa diambil kesimpulan mengenai manfaat yang akan diberikan yaitu sebagai berikut:

1. Memudahkan para pengguna supaya bisa mengakses banyak informasi dari internet.

2. Memudahkan pengguna jika ingin menyimpan berbagai konten di internet ke dalam komputer dalam bentuk dokumen.

3. Bisa dimanfaatkan untuk membuka macam-macam situs yang bermanfaat dalam menunjang kegiatan sehari-hari seperti belajar dan bekerja.

Fungsi Web Browser

Inilah manfaat yang langsung didapatkan oleh para pengguna yang memanfaatkan web browser. Tapi jika dilihat dari segi fungsinya maka akan lebih luas lagi. Berikut ini beberapa fungsi yang diberikan oleh web browser.

1. Pencarian informasi di internet jadi lebih mudah

Seperti yang diungkapkan dalam pembahasan pengertian web browser, ada banyak sekali kegiatan berselancar yang bisa didapatkan. Inilah fungsi utama yang diberikan oleh web browser sekaligus alasan mengapa diciptakan.

Pencipta web browser ingin memudahkan banyak orang untuk menemukan alamat website yang hendak diakses. Sehingga informasi bisa dicari dan didapatkan lebih mudah.

2. Data bisa disimpan

Melalui web browser data bisa diunduh dan disimpan dengan mudah. Yaitu dengan memanfaatkan fitur bookmark, maka alamat website yang pernah dikunjungi dan penting bisa disimpan.

Dengan adanya bookmark, pengguna tidak perlu mencatat di atas kertas alamat web yang ingin dikunjungi setiap harinya. Cukup dengan mem-bookmark masing-masing alamat web yang penting saja.

3. Adanya ekstensi khusus

Fitur yang bisa dimanfaatkan bukan hanya bookmark tetapi juga ekstensi. Melalui web browser, siapa saja bisa menambahkan ekstensi sesuai dengan jenisnya. Ada ekstensi untuk membuka file PDF, video atau mengunduh file dan masih banyak lagi.

Ekstensi pada web browser membuat pengalaman browsing jadi lebih menyenangkan.

4. Website yang diakses lebih aman

Sering mendapatkan peringatan sebelum masuk ke sebuah laman website? Peringatan tersebut bukan berasal dari anti virus melainkan web browser. Fungsi lainnya dari web browser adalah untuk menyortir web yang diakses benar-benar aman.

Dengan begitu web yang disusupi dengan malware tidak akan bisa diakses atau perlu persetujuan pengguna. Sehingga komputer yang digunakan tidak akan terkena malware.

5. Memudahkan penggunaan search engine

Walaupun berbeda, penggunaan search engine dan web browser tidak dapat dipisahkan. Web browser memudahkan pengguna untuk mengakses search engine dan dilihat daftar web apa saja yang sesuai informasi yang dicari.

Macam-Macam Contoh Web Browser

Bermanfaat dan banyak digunakan oleh masyarakat inilah makna dari web browser masa kini. Apabila disebutkan sebenarnya web browser bukan hanya Google saja. Jika diurutkan, berikut ini macam macam web browser yang kini populer.

1. Google

Google chrome merupakan peramban web yang sangat populer dan jadi pilihan paling utama. Berbagai kalangan yang kurang paham dengan IT biasanya memilih Chrome sebagai web browser.

Sesuai dengan namanya, browser ini merupakan perusahaan bernama sama yang merajai dunia. Ada banyak sekali fitur unggulan yang menarik banyak perhatian. Selain itu perubahan juga sering dilakukan untuk meningkatkan pengalaman berselancar.

Kecepatan loading dan juga keamanan lebih terjaga jika menggunakan Chrome. Inilah yang banyak disukai, sebanding dengan kelebihannya peramban ini juga menguras banyak sekali memori.

2. Opera

Pada urutan kedua, ada contoh web browser yang tak kalah terkenal yaitu Opera. Aplikasi ini memiliki fitur pembeda yang membuatnya jadi cukup terkenal. Hal yang paling menarik adalah kecepatan kinerjanya mencapai 72 persen dibandingkan Chrome yang hanya 64 persen saja.

Performanya yang tinggi ini ditunjang juga dengan penggunaan data yang bisa lebih hemat sebanyak 90 persen. Dengan begitu proses pengunduhan yang dilakukan jadi lebih cepat.

Khususnya untuk Opera Mini yang hanya mengkonsumsi daya sebesar 14 persen saja. Keuntungan lain dari Opera memiliki fitur ad blocker. Sehingga jika kamu tidak ingin terganggu iklan saat sedang berselancar tinggal mengaktifkan fitur ini. 

3. UC Browser

Untuk peringkat ketiga, ada UC browser yang banyak digunakan juga. Kelebihan utama yang menjadikannya banyak dipilih adalah fitur hemat data yang bisa diatur. Pengguna bisa mengecilkan sendiri data browsing yang diinginkan.

Selain itu untuk pengelolaan download, UC browser jadi lebih rapi dan baik. Hanya saja kelemahan yang dimiliki adalah desain yang kurang menarik. Para pengguna akan dibuat bosan dengan tampilan desain yang biasa saja.

4. Microsoft Edge

Dulunya bernama Internet Explorer dan kini berganti nama menjadi Microsoft Edge dan terbaru pada Windows 10. Tampilan new tab yang dimilikinya sangat menarik dan fungsional. Kesan yang muncul berbeda dengan peramban lama karena tampak berkelas dan modern.

Namanya sendiri berasal dari codename Project Spartan yang merupakan developernya.

5. Samsung Internet Browser

Merupakan web yang diusung dari perusahaan Samsung yang kini banyak digunakan untuk smartphone. Dulunya peramban ini hanya digunakan untuk ponsel bermerk sama. Namun kini bisa digunakan untuk banyak merk.

Para pengguna bisa mengunduhnya di play store. Kelebihannya adalah kecepatan tinggi dan juga ringan. Yang terbaik adalah bebas dari iklan.

6. Mozilla Firefox

Sebuah web browser yang cukup aman, di mana terdapat fitur add on yang sangat bervariasi. Para pengembang dari seluruh dunialah yang ikuti dalam pengembangannya.

Keunggulannya terdapat pada menu konfigurasi yang lebih lengkap. Ukuran aplikasi juga paling kecil dibandingkan dengan web browser yang lainnya. Mozilla adalah permaban pertama dan menjadi pilihan terbaik yang mampu bersaing dengan Google.

7. Safari

Merupakan web browser yang digunakan untuk perangkat keluaran Apple. Bersaing ketat dengan kompetitornya yaitu Android dan ada beberapa keuntungan yang didapatkan.

Fitur yang diunggulkannya adalah Nitro Engine yang bisa digunakan untuk mengolah data lebih cepat. Pihak Apple mengklaim bahwa aplikasi ini lebih cepat 8 kali lipat dibandingkan lainnya.

Cara Kerja Web Browser

Sebuah aplikasi seperti web browser tentu saja memiliki cara kerja bahkan aplikasi yang lainnya. Lalu bagaimana sebuah web browser bekerja sehingga pengguna bisa mendapatkan atau mengunjungi web yang dimaksudkan?

Untuk cara kerjanya secara berurutan yang dilakukan pada web browser adalah sebagai berikut ini:

1. Seorang pengguna tinggal menginstal web browser kemudian membukanya dan mengetik nama web atau situs URL ke dalam address bar yang sudah disediakan.

2. Contohnya saja Google.com.

3. Setelah itu peramban web akan mengumpulkan permintaan dari sang pengguna.

4. Barulah menjalankan fetching atau pengambilan data dari DNS Server.

5. Data akan diambil dalam bentuk IP sesuai dengan apa yang diketik oleh pengguna.

6. Barulah web browser akan mengakses server yang dimaksudkan menggunakan IP yang telah diperolehnya dari DNS Server.

7. Kemudian server akan memberikan data dari konten dalam bentuk HTML serta file lainnya. Contoh, PHP, CSS dan lain sebagainya. 8. Terakhir peramban web akan menampilkan konten sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna.

Demikian artikel tentang Pengertian Web Browser, Manfaat dan Cara Kerjanya. Baca juga artikel lain berikut ini :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.