fungsi html http

Fungsi dan Arti HTTP, HTML, IP Addres dan URL

Diposting pada 878 views

Pengertian dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) – Bagi kalian yang sering berselancar didunia maya pasti tidak asing dengan istilah HTTP. Ya istilah tersebut memang tidak asing ditelinga kita, tapi apakah kita tahu sebenarnya apa itu HTTP.

Nah untuk menjawab ketidak tahuan Anda mengenai HTTP ini, kali ini saya mau berbagi artikel seputar pengertian HTTP. Berikut ulasannya.  

1. Arti HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

pengertian http

HTTP singkatan dari Hypertext Transfer Protocol adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirim dokumen atau halamamn dalam WWW atau World Wide Web.

Sedangkan pengertian HTTP menurut kamus besar adalah protokol jaringan untuk didistribusikan, kolaboratif, sistem informasi hypermedia. HTTP adalah dasar dari komunikasi data untuk WWW.  

Dalam pengertian HTTP tersebut, menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan dan seperti apa respon dari browser.

Sejarah protokol HTTP pertama kali digunakan dalam WWW sekitar tahun 1990. Nah yang dipakai pada masa itu ialah protokol HTTP versi 0.9 yang merupakan protokol transfer data secara mentah, maksud mentah disini yaitu data tersebut dikirimkan tanpa melihat tipe dari dokumen itu sendiri.  

6 Tahun kemudian yaitu sekitar tahun 1996, protokol HTTP mengalami perbaikan sehingga menjadi protokol HTTP versi 1.0. Dan pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi selanjjutnya yaitu 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.

a. Pengertian HTTP 

HTTP adalah protoko aplikasi berbasis client server sederhana yang dibangun atas TCP (transmission Control Protocol). Sebuah client HTTP biasanya memulai permintaan dengan menciptkan sebuah hubungan ke port tertentu di sebua hserver webhosting tertentu.

Umumnya port yang digunakan adalah port 80. Klien juga sering dikenal dengan user agent, sedangkan server yang meresponnya dan juga meyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar disebut dengan origin server.  

Nah diantara keduanya yaitu user agent dan origin server bisa saja ada oenghubung, seperti misalnya geteway, tunnel dan proxy. Nah selanjutnya sumber yang ingin diakses dengan menggunakan HTTP diidentifikasi dengan menggunakan URL (Uniform Resource Locator) dengan skema URL http: atau https:.  

b. Fungsi dan Cara Kerja HTTP

Kalian pasti tahu kalau HTTP muncul diawal setiap alamat web. Ya semua layanan web dijalankan melalui protokol ini. HTTPS adalah variasi dari HTTP dimana dalam hal inibrowser menambah lapisan enkripsi.  

Cara kerja protokol ini yaitu untuk mengkomunikasikan satu dengan yang lainnya. Protokol adalah perintah yang harus diikuti oleh setiap komputer untuk bisa mengirim atau menerima pesan. Penggunaan protokol yang paling umum yaitu HTTP, SMTP, FTP, IMAP, POP3, dan masih banyak lagi lainnya.  

Fungsi dari HTTP itu sendiri adalah menetapkan bagaimana pesan atau data yang ada diformat dan ditrasmisikan menjadi bentuk yang bisa merespon browser untuk memunculkan data-data tersebut.  

HTTP adalah komunikasi protokol yang menjadi penghubung dan mentransfer informasi ke internet. HTTP juga merupakan protokol request-respone (permintaan dan tanggapan) antara klien dan server.

Klien adalah pengguna sedangkan server adalah pemberi tanggapan dan menyimpan atau mengambil sumber daya yang diminta dengan menghubungkan tautan, yang disebut dengan dokumen hoperteks, selanjutnya membentuk WWW.  

Baca juga : Pengertian HTML

2. Arti Internet Protocol (IP) Addres

internet protocol

Banyak yang masih asing dengan nama internet protocol atau protocol Internet. Tentunya hanya orang – orang yang mengerti dan ahli komputer yang lebih paham mengenai internet protocol tersebut.

Pengertian internet protocol menurut Wikipedia adalah protocol lapisan jaringan atau lapisan internertwork yang digunakan oleh TCP/IP untuk melakukan pengalamatan atau routing atau paket data antar host jaringan komputer berbasis TCP/IP.

Nah, terus apa itu internet protocol address? Apakah ada hubungannya? Berikut kami paparkan ulasannya mengenai pengertian dan juga beberapa jenis Internet Protocol beserta dengan kegunaannya.   

a. Pengertian IP Addres

Internet protocol (IP) addres ini merupakan sebuah deretan angka biner antara 32 bit sampai dengan 128 bit yang dipakai untuk alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam setiap jaringan internet. Singkat cerita IP merupakan metode atau mekanisme pemberian alamat terhadap sebuah end device.

b. Jenis Internet Protocol

Ada dua jenis versi IP yang diketahui oleh umum, yaitu IPv 4 dan IPv 6. Yang paling banyak digunakan adalah jenis IPv 4.   

Dikarenakan banyaknya pengalamatan dan akses yang menggunakan versi ini, tak jarang mereka memiliki sedikit nama pengalamatan untuk pengguna IPv 4.

Metode pengalamatan yang digunakan memang baru menggunakan versi tersebut. Dengan banyaknya dan makin berkembangnya dunia internet maka dikembangkanlah versi kedua yaitu IPv 6 dengan panjang 128-bit.   

Dengan adanya pengalamatan yang menggunakan metode tersebut jelas akan sangat membantu sekali bukan? Nah, untuk fungsi dari internet protocol sendiri apa? Apakah hanya sekedar hal tersebut atau ada yang lain?

c. Fungsi Internet Protocol

1. Mendukung banyak protokl klien, maksudnya adalah Karena IP merupakan “kuri” jadi akan sangat bermanfaat untuk membawa sebuah data dari protocol di atasnya. 

2. Bersikap independent dari lapisan antarmuka jaringan. 

3. IP menawarkan layanan sebagai protocol jaringan. 

4. Dapat diperluas dengan menggunakan fitur IP Option dalam Header IP.

Tercantum di atas merupakan fungsi dan manfaat yang bisa diambil dari internet protocol. Karena IP merupakan “kurir” maka akan sangat bermanfaat bagi pengusaha yang akan mengembangkan bisnisnya untuk jauh lebih berkembang.

Sejauh kita ketahui bahwa komputer dan internet memang satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Berbicara kembali mengenai versi IPv4 dan IPv 5 ada sedikit perbedaan yang mungkin Anda bisa lihat.
Kedua versi IP tersebut memiliki perbedaan yang mendasar, yaitu pada panjang total dari setiap IP.   

Untuk IPv 4 menggunakan versi 4 yang memiliki panjang 32 bit sedangkan IP v 5 memiliki panjang total sampai 128 bit. IPv 5 merupakan pengembangan pengalamatan dari versi IPv 4 yang mana tadi di atas sudah dikatakan bahwa perlu pengembangan lebih karena semakin banyaknya data yang harus dikirim.

Protocol internet yang digunakan untuk pengalamatan atau routing data antar host dimana hal ini memang sangat penting demi kelangsungan dari kegiatan data dari setia host jaringanya.

Fungsi dari internet protocol juga harus dicermati dengan benar agar kelak dalam kepemahaman mengenai internet protocol Anda bisa lebih memahaminya.

3. Arti HTML (Hyper Text Markup Languange)

pengertian contoh html

HTML – atau Hypertext Markup Language merupakan salah satu format yang digunakan dalam pembuatan dokumen dan juga aplikasi yang berjalan dihalaman web.

HTML ini asal mula adalah dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak dipakai oleh dunia penerbitan dan juga dunia cetak yang seering disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language).

HTML merupakan sebuah standar yang dipakai secara luas untuk bisa menampilkan sebuah halaman web. HTML sekarang ini juga adalah sebuah standar Internet yang didefinisikan dan juga dikendalikan oleh World Wide Web Consortium (W3C).Namun pada dasarnya, dokumen HTML ini hanyalah sebuah dokumen teks yang biasa disebut dengan Markup Language yakni suatu bahasa yang mengandung tanda tertentu dan juga dipakai sebagai pengatur sebuah format tampilan suatu dokumen web HTML.

Namun secara garis besar, ada 4 jenis elemen dari HTML: dan juga memiliki tanda yang menentukan level atau tingkat dari suatu teks (contoh, <h1>Golf</h1> untuk memerintahkan browser agar menampilkan “Golf” sebagai teks tebal besar kemudian akan menunjukkan sebagai tag Heading 1

Presentational adalah tanda yang berfungsi untuk menentukan tampilan dari suatu teks dan tidak peduli dengan level dari teks itu ( sebagai contohnya, <b>boldface</b> kode ini akan menampilkan bold.

Tanda presentational untuk sekarang ini sudah mulai tergantikan oleh CSS dan sudah tidak direkomendasikan lagi untuk mengatur tampilan teks.

hypertext. adalah sebuah tanda yang berfungsi untuk menunjukkan pranala ke bagian dokumen itu atau pranala ke dokumen lain (sebagai contohnya, <a href=”http://www.blablabla.com/”>Desain</a> kode ini akan menampilkan Desain untuk sebuah hyperlink ke URL www.blablabla.com.

Elemen widget berfungsi untuk membuat sebuah objek lain seperti tombol dengan kode (<button>), list (<li>), dan garis horizontal (<hr>). Untuk bisa membuat dokumen HTML hanya membutuhkan sebuah aplikasi atau software teks editor biasa.

Namun sekarang ini di pasaran sudah banyak sekali terdapat software HTML authoring (software yang fungsinya untuk membuat dan mendesain sebuah halaman web).

Sebagai contohnya adalah Macromedia Dreamweaver, Adobe GoLive, MS FrontPage, dan masih banyak lagi. untuk anda yang memiliki ilmu lebih tentang HTML anda juga dapat menggunakan NOTEPED++ untuk mengeditnya serta membuat kode HTML.

4. Arti URL (Uniform Resource Locator adalah)

pengertian url

a. Pengertian URL

URL singkatan dari Uniform Resource Locator adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet (sumber wikipedia).

URL sangat erat sekali dengan perkembangan sejarah internet pada masa silam. Nah siapa sih penemu URL tersebut?

URL ditemukanoleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Tujuan utamanya menciptakan URL adalah supaya pada penulis dokumen dapat merujuk pranala ke World Wide Web.

Nah istilah tersebut berganti menjadi URI (Uniform Resource Identifier) pada tahun 1994 sebagai hasil pengembangan dari URL sebelumnya. Tapi walaupun begitu, istilah yang umum digunakan hingga sekarang adalah URL.

URL memperlihatkan bagaimana sumber daya internet atau alamat sebuah laman web ditampilkan dalam browser. Secara umum perlu memasukkan 3 informasi untuk menuju ke alamat tertentu yaitu:

1. Protokol
2. Alamat Server
3. Path FIle

Pasti kalian sudah tahukan kalau setiap alamat web didahului dengan protokol misalnya http:// atau https://. Protokol adalah bagian yang memiliki fungsi untuk berkomunikasi dengan Hypertext Transfer Protocol.

Bagian kedua dari URL merujuk pada alamat server dimana sumber daya tersebut terletak. Nah bagian terakhir adalah Path file yaitu menunjukkan lokasi dan nama dari sebuah data atau dokumen.

Ada beberapa tipe dari URL itu sendiri, yaitu Absolute URL dan Relative URL. Absolute URL adalah alat lengkap yang menyertakan domain pada jaringan yang tepat, direktori di dalam domain, dan file di dalam direktori. Relative URL menentukan suatu alamat berdasarkan URL yang aktif pada saat itu.

URL merupakan sebuah mekanisme untuk mengecek data-data pada web, SSL, atau server FTP, juga termasuk protokol layer aplikasi yang bisa membuat suatu perminataan kepada server.

Banyak orang terutama hacker memanfaatan URL untuk meretas suatu website. Untuk itu, perlu sebuah pengamana yang ketat untuk mencegah terjadinya pencurian data-data penting dari suatu website.

b. Fungsi Umum dari URL

Nah bagi yang sudah mengerti pengertian URL, sekarang kalian tahu nggak apa sih fungsi URL itu? Jawabannya ada dibawah ini.

Berikut beberapa fungsi dari URL, silahkan dipahami.

1. Untuk mengidentifikasi suatu data yang ada pada web.
2. Untuk menamai data atau dokumen yang terdapat pada web tersebut.
3. Untuk memberikan alamat dari setiap dokumen yang terdapat pada web.
4. Untuk mempermudah kita dalam mengakses data dari suatu web.
5. Untuk mempermudah dalam mengingat alamat dokumen yang ada dalam suatu web.

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.