pengertian internet

INTERNET: Pengertian, Fungsi, Fasilitas, Manfaat dan Sejarahnya

Diposting pada

Pengertian dan fungsi internet – Semua anak muda bahkan hampir setiap orang pasti juga tahu dengan yang namanya internet, hal ini dikarenakan kemudahan dalam mengkases internet. Dengan gadget seadanya saja kita sudah bisa berselancar di internet. Apalagi kalau sekarang ini satu orang tidak cukup satu gadget, bahkan bisa sampai 3 gadget.   

Hal ini didukung dengan adanya fasilitas-fasilitas gratis, seperti wifi yang ada di sekolah. Setiap siswa dapat mengakses internet dengan modal gadget yang mereka punya dan wifi gratis yang ada di sekolah.

Sehingga dapat dikatakan, mereka mengakses internet tanpa modal. Mereka biasanya menggunakan internet untuk mengakses situs situs seperti facebook, google, blogger, twitter, yahoo, youtube dan masih banyak lagi.  

Dengan mudahnya dalam mengakses internet, maka pengguna internet di Indonesia maupun di dunia semakin lama semakin meningkat.


Jika kita pernah menggunakan internet, tidak lengkap kalau kita belum mengetahui pengertian dan fungsi dari internet. Apa pengertian dan fungsi dari internet, berikut ini kitapunya.net jelaskan tentang pengertiaan internet dan fungsi internet. 

Pengertian Internet

Internet atau yang memiliki kepanjangan ( interconnection networking) adalah sebuah jaringan komunikasi universal terbuka dan juga menghubungkan lebih dari milyaran jaringan komputer dari berbagai tipe maupun jenis, dengan memakai tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lainnya.  

Pada awalnya internet adalah sebuah jaringan komputer yang didirikan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 di sebuah projek yang disebut dengan ARPANET.

Awal dari proyek ini adalah untuk keperluan militer saja, akan tetapi lama-lama terus berkembang dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.


Fasilitas Fasilitas dari internet

Internet juga memiliki beberapa fasilitas yang pastinya dapat membantu kinerja kita dan juga dapat memudahkan kita dalam bekerja. Sesuai kegunaannya memang internet memiliki fasilitas yang sangat banyak yang dapat kita nikmati dan berikut beberapa fasilitas dari internet.  

1. WWW

WWW atau yang sering disebut (World Wide Web) adalah sebuah sistem yang berada pada internet dan tugasnya adalah untuk melakukan pencarian sekaligus memberikan informasi yang cepat dengan memakai teknologi hypertext.  

2. Email

Email adalah sebuah elektronik yang berfungsi untuk memungkinkan kita untuk bisa mengirim pesan kemana pun dan dari jarak sejauh apapun.  

3. Mailing List 

Mailing List atau yang biasa disebut milis adalah salah satu discussion group yang ada di internet.  

4. BBS

 BBS atau Bulletin Board System adalah sebuah pusat layanan informasi yang menyediakan berbagai jenis informasi dari bermacam bidang tertentu yaitu seperti bidang pendidikan, bisnis, sosial, teknologi dan lain sebagainya.  

5. Chatting 

Chatting adalah obrolan antara dua atau lebih pengguna PC secara realtime dan langsung dengan menggunakan jaringan internet.  

6. Newsgroup 

Fungsinya sedikit sama dengan milis, Newsgroup adalah salah satu alat discussion group yang berada di internet. Untuk dapat mengakses sebuah newsgroup, dibutuhkan jaringan komputer khusus yang biasanya sering disebut UseNet.  

7. FTP 

FTP atau kependekan dari File Transfer Protocol adalah sebuah layanan internet untuk melakukan transfer file antara pemakai komputer yang satu dengan suatu server di internet lainnya.  

8. Gopher 

Gopheradalah protokol layer aplikasi TCP/ IP yang sengaja dirancang untuk kebutuhan distribusi, pencarian, ataupun pengambilan dokumen dengan jaringan internet.  


Fungsi internet

Selain memiliki beberapa fasilitas tertentu, internet pastinya juga memiliki banyak fungsi yang dapat kita rasakan sekarang ini dan pastinya beberapa fungsinya ini dapat membantu kita dalam bekerja, dan melakukan sesuatu.

1. Menambah wawasan dan pengetahuan kita 

Dengan menggunakan internet, kita jadi lebih mengenal tentang berbagai wawasan dan juga pengetahuan dari berbagai bidang di seluruh dunia. Internet merupakan gudangnya informasi, dengan mencari di google saja kita bisa menemukan informasi yang kita cari.

Apapun itu, bahkan hampir semua informasi dapat kita temukan dengan memanfaatkan search engine yang satu ini. Selain google, masih terdapat banyak search engine lainnya seperti google, bing, yahoo dan lain sebagainya.  

2. Komunikasi menjadi lebih cepat dan mudah 

Dengan perkembangan internet yang semakin pesat tentunya membuat komunikasi antar individu atau seseorang menjadi jauh lebih mudah dan juga cepat. Kita juga dapat berkomunikasi dengan seseorang yang berada di luar negeri sekalipun.

Kita bisa berkomunikasi di internet dengan banyak cara, seperti melalui email, sosial media (facebook, twitter, google +) dan masih banyak lagi fasilitas-fasilitas di internet yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi.  

3. Kita dapat berbelanja secara online melalui internet

Dengan pesatnya penggunaan internet di Indonesia dan di dunia, maka timbulah peluang pasar yang sangat besar. Sehingga para produsen dan distributor produk menjual produknya secara online, terbukti dengan bermunculannya berbagai situs toko online di Indonesia seperti lazada, mataharimall, bilna, tokopedia, bukalapak dan lain sebagainya.

Karena samkin banyak yang menjual produk di internet maka semakin banyak pula orang yang tertarik untuk melakukan shoping online. Sampai sata ini lebih dari 70% orang di dunia lebih menggunakan belanja online ini dari pada belanja langsung ke pasar.  

4. Internet bisa menjadi wahana hiburan

Internet juga memiliki peran sebagai “Penghibur” bagi anda yang ingin menenangkan jiwa atau hanya sekedar istirahat yaitu dengan cara bermain game dan melakukan kegiatan lainnya yang menghibur.

Contoh kegiatan di internet yang menghibur antara lain melihat video di youtube, bermain game, chatting di social media dan masih banyak lagi.  

5. Internet dapat digunakan untuk mencari uang

Tahukah anda, bahwa dengan internet seseorang dapat mendapatkan uang. Entah itu dengan membuat toko online, atau berbisnis online yang lainnya.

Terdapat banyak sekali jenis bisnis di internet yang dapat kita jadikan sebagai penghasil uang, bahkan banyak orang yang menggantungkan hidupnya dengan bekerja di internet. Bekerja di internet sering dikenal dengan bisnis online, banyak sekali orang-orang yang sukses dari internet, bahkan bisa menghasilkan ratusan juta rupiah dari internet.

Manfaat Internet

Internet memiliki manfaat yang sangat banyak, saking banyaknya jadi tidak bisa saya sebutkan semuanya. Mungkin manfaat umum dari internet kali ya yang akan saya share kali ini. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat dari internet.

1. Sebagai media komunikasi

Internet dapat kita gunakan sebagai media komunikasi, dengan internet kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja. Bahkan kita bisa berkomunikasi dengan orang yang berada sangat jauh dengan kita.

Dengan adanya internet maka komunikasi menjadi lebih mudah, komunikasi di internet dapat melalui beberapa cara seperti melalui email, sosial media dan masih banyak lagi.

2. Sebagai media promosi

Pengguna internet semakin lama semakin banyak, yang mana pengguna internet atau netizen merupakan target bagi para pelaku bisnis. Mereka akan lebih mudah mempromosikan barang atau produk mereka ke konsumen melalui internet.

3.  Sebagai media informasi

Di internet kita dapat mencari dan menemukan berbagai informasi dan berita. Informasi dan berita tersebut selalu diupdate, dan tidak sampai disitu saja kita dapat menemukan berita dan informasi dari seluruh dunia.

4. Dapat berbelanja lebih mudah

Seiring meningkatnya perkembangan teknologi dan meningkatnya manusia yang menggunakan internet membuat adanya peluang bagi para pelaku bisnis untuk membuka tokonya secara online.

Sehingga untuk sekarang ini kita dapat menemukan banyak toko toko online yang menjual berbagai macam produk, tentu ini membuat kita lebih mudah dalam berbelanja.

Karena kita tidak perlu keluar rumah, barang sudah bisa sampai ke rumah kita.

5. Sebagai hiburan

Kita juga dapat menjadikan internet sebagai media hiburan, misalnya dengan nonton video di youtube atau bermain game. Dan masih banyak lagi hiburan-hiburan lainnya yang bisa kita dapatkan dari internet.

6. Sebagai penghasil uang

Internet ternyata bisa juga untuk mencari uang, bisa dengan membuka toko online atau membuat sebuah website. Ada juga yang mendapatkan uang dari menjualkan produk orang lain.

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet.

Manfaat internet yang lain adalah

  • Sebagai alat research and development (penelitian dan pengembangan)
  • Sebagai media pertukaran data

Keunggulan Internet

Ada beberapa keunggulan internet apabila dibandingkan dengan media media yang lain, yaitu :

  1. Komunikasi murah
  2. Akses mudah
  3. Sumber informasi banyak dan bervariasi
  4. Tantangan baru untuk berusaha
  5. Lebih transparan
  6. Jangkauan luas

Sejarah dan Perkembangan Internet

Sejarah Internet dan Perkembangan Internet

Sejarah internet dimulai pada tahun 1969 yaitu ketika U.S. Defense Advance Project Agency (DARPA) yang merupakan departemen pertahanan Amerika mengadakan suatu penelitian tentang bagaimana cara menghubungkan beberapa komputer dan membentuk sebuah jaringan organik.Program atau penelitian ini pada waktu ini diberi nama ARPANET.

Satu tahun kemudian atau pada tahun 1970 misi tersebut berhasil menghubungkan 10 komputer, 10 komputer tersebut terhubung satu sama lain membentuk sebuah jaringan sehingga mereka bisa berkomunikasi satu sama lain.

2 Tahun setelah itu (1972) seorang ahli yang menciptakan email pada tahun sebelumnya (1971) berhasil menyempurnakan e-mail ciptaannya. Program email yang telah disempurnakan tersebut pengoperasiannya lebih mudah dan seketika menjadi populer kala itu.Pada tahun yang sama icon @ digunakan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”.

Setiap email pasti ada lambang @ nya kan?Kemudian di tahun 1973, di luar Amerika Serikat juga mulai mengembangkan jaringan komputer ARPANET.

Komputer pertama yang berada di AS adalah di University College di London dan menjadi anggota jaringan Arpacap.Masih di tahun 1973, dua orang ahli komputer yang bernama Bob Kahn dan Vinton Cers mempunyai gagasan yang lebih besar, dan inilah awal mulanya pemikiran internet.

Mereka mempresentasikan gagasan tersebut di Universitas Sussex. Pada tanggal 26 Maret 1976 Ratu Inggris berhasil mengirimkan email pertamanya dari Royal Signals anda Radar Establishment di Malvern.

Satu tahun setelah itu terdapat lebih dari 100 komputer yang menyatakan bergabung dengan ARPANET yang manjadi sebuah satu jaringan.Beberapa tahun setelah itu lebih tepatnya pada tahun 1981 seorang ahli bernama Telecom meluncurkan telepon televisi untuk pertama kalinya, telepon televisi ini memungkinkan seseorang dapat menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Semakin lama semakin banyak yang memiliki komputer dan bergabung membentuk suatu jaringan, karena semakin banyak itulah maka dibutuhkan protokol resmi yang diakui untuk mengidentifikasi komputer.

Satu tahun kemudian terciptalah Internet Protocl (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP), di lain tempat terdapat jaringan komputer tandingan yang diketahui bernama Eune, jaringan ini muncul di Eropa.

Jaringan ini dikhusukan untuk komputer yang berada di negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia.Pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain yang berfungsi untuk menyamakan alamat di jaringan komputer ada.

Sistem nama domain ini lebih kita kenal sebagai DNS (Domain Name System). Perkembangan jaringan ini begitu cepat, pada waktu itu sudah ada 1000 komputer lebih yang terhubung dengan jaringan yang ada.  

Bahkan beberapa tahun kemudian di tahun 1987 jumlah komputer yang ada pada jaringan tersebut meningkat tajam hingga mencapai 10.000 komputer lebih.

Dampak Positif Internet

1. Komunikasi semakin cepat dan mudah

Kalau jaman dulu komunikasi dengan orang yang jauh dari kita masih menggunakan surat via kantor post, tapi seiring perkembangan jaman komunikasi semacam itu mulai ditinggalkan dan beralih komunikasi yang lebih cepat yaitu melalui hp, baik itu sms ataupun telepon.

Namun komunikasi pakai sms dan telepon sangat terbatas, seperti tidak bisa kirim gambar atau yang lain.  

Berbeda dengan komunikasi lewat internet, kita bisa kirim-kiriman gambar/video dan masih banyak lagi. Komunikasi dengan internet juga lebih cepat dan mudah. Komunikasi melalui internet dapat melalui e-mail, sosial media, blog/website dan lain sebagainya.  

2. Bisa digunakan untuk berbisnis

Di era yang sekarang ini sedang trend belanja online, dan itu adalah bisnis bagi mereka yang menjual produk secara online. Selain bisnis melalui online shop, masih terdapat banyak sekali jenis jenis bisnis di internet. 

3. Informasi semakin mudah dan cepat didapat

Dengan internet kita bisa mendapatkan informasi atau berita terbaru dengan cepat dan mudah, informasi apapun bisa kita dapatkan dari internet baik itu berita di dalam negeri atau di manca negara. 

4. Mudah mendapatkan informasi global

Seperti nom0r 3, internet dapat dijadikan sebagai sumber informasi. Tidak hanya informasi dalam negeri saja tetapi informasi atau berita dari seluruh dunia. 

5. Menghibur

Internet selain sebagai sumber informasi, ternyata bisa juga dijadikan sebagai hiburan untuk kita. Kalau anda merasa senang dengan internet, itu artinya anda merasa terhibur dengan adanya internet. 

6. Media pembelajaran/edukasi

Di internet banyak sekali konten konten tentang edukasi, dan ini sangat berguna dan bermanfaat bagi mereka para pelajar. Mereka dapat dengan mudah menemukan materi pelajaran yang mereka pelajari di sekolah. 

7. Promosi

Kalau anda memiliki usaha anda bisa mempromosikan barang atau jasa kepada para pengguna internet.

Dampak negatif internet

Internet selain mempunyai dampak positif yang banyak, juga memiliki dampak negatif yang tidak sedikit pula. Apa sajakah dampak negatif dari internet? Berikut ini point point nya : 

1. Menyebarnya pornografi

P0rnografi sudah menyebarluas di internet dan bebas diakses oleh siapapun. Termasuk anak yang dibawah umurpun bisa mengaksesnya. Dampar negatif dari konten ini sangat banyak seperti rusaknya moral anak, meningkatnya kejahatan s3ksual dan lain sebagainya. 

2. Penipuan

Di internet juga rawan sekali terjadi penipuan. Untuk itu berhati-hatilah kalau di internet. Jangan sampai anda menjadi korban penipuan. 

3. Masuknya budaya asing yang negatif

Kalau kita tidak mempunyai filter yang baik, maka budaya asing tersebut dapat masuk ke negara kita. Karena dengan internet kita dapat melihat kebudayaan mereka, dan bisa jadi kita ikut ikutan budaya mereka. Ikuti budaya mereka yang baik, dan tinggalkan budaya mereka yang buruk. 

4. Kecanduan

Internet memang dapat membuat orang menjadi kecanduan, dan ini sebenarnya ada dua sisi. Sisi positif kalau kecanduannya itu baik, misalnya kecanduan belajar melalui internet. Sisi negatifnya bila kecanduang menggunakan internet untuk hal hal negatif. 

5. Mengurangi sifat sosial

Internet dapat membuat orang jarang berinteraksi sosial dengan saudara atau masyarakat sekitar. Karena orang yang kecanduan internet biasanya mereka menghabiskan waktu mereka dengan gadget, laptop atau komputer untuk berselancar di internet.

Coba bayangkan zaman dulu sebelum ada gadget dengan sekarang yang setiap orang memiliki gadget, apa bedanya ketika mereka berkumpul? Kalau sekarang mungkin sibuk sendiri kali ya dengan gadget yang mereka miliki.

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Pengertian Internet, baca juga artikel yang lain berikut ini :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.