job desk it support

Job Desk IT Support

Diposting pada 133 views

Job desk IT Support – Dalam suatu perusahaan pasti memiliki divisi atau tim IT Support yang sangat penting untuk menangani apapun hal yang berhubungan dengan IT.

Nah tentu saja mereka memiliki beberapa tugas yang biasa dilakukan, tetapi sebelum masuk ke job desk IT Support ada baiknya kita harus mengetahui definisi atau pengertian seorang yang bekerja sebagai IT Support.

IT Support merupakan seorang teknisi pada sebuah perusahaan yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan instalasi, evaluasi, dan peningkatan pada ketiga objek utama seperti komputer, software, dan pengembangan sistem jaringan. 

Tentu saja dalam perkembangannya teknologi sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting terutama bagi banyak perusahaan.

Maka dari itu IT Support dibutuhkan dalam sistem pengembangan IT suatu perusahaan tersebut.

Lantas apa saja job desk IT Support dan tanggung jawabnya? Simak pada uraian berikut ini.

Tugas dan Job Desk IT Support

1. Memastikan perangkat komputer dapat digunakan dengan baik

Komputer dan beberapa peralatan teknologi lain sudah menjadi sebuah alat pembantu yang wajib ada dan dibutuhkan sebuah perusahaan untuk digunakan oleh para staffnya dalam menunjang tugas-tugasnya.

Maka dari itu setiap komputer atau berbagai perangkat teknologi dalam perusahaan harus dipastikan dapat digunakan dengan baik dan lancar agar bisa dimanfaatkan oleh para staff perusahaan secara optimal.

Para IT Support juga harus berjaga-jaga/ stand by apabila perangkat tersebut memiliki kendala atau hambatan dan segera harus dilakukan pembenahan.

2. Memastikan software komputer dapat digunakan

Seorang IT Support harus mampu mengeoperasikan dan memastikan software komputer yang digunakan para staff berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Para tim IT Support juga diharuskan selalu mengupdate beberapa software yang sekiranya membutuhkan update aplikasi agar dapat terus digunakan dan semakin memiliki kinerja yang baik untuk digunakan.

3. Memelihara dan memonitoring sistem jaringan komputer

Job desk IT Support selanjutnya adalah memelihara dan memonitoring sistem jaringan seluruh perangkat komputer sebuah perusahaan.

Ini berguna agar para IT Support selalu mengetahui dan mengerti mana perangkat yang harus membutuhkan pembaruan atau sebuah pengaturan tersendiri dan mana yang perangkat yang butuh pembenahan.

Semua harus dalam pengawasan IT Support agar segala perangkat komputer perusahaan selalu berjalan normal dan baik serta meminimalisir gangguan perangkat komputer yang dapat menghambat pekerjaan para staff perusahaan di divisi lainnya.

4. Memastikan data komputer perusahaan aman

Para staff IT Support harus dapat memiliki keahlian dalam mengatur dan menangani kerahasiaan data perusahaan yang tersimpan di beberapa perangkat komputer.

Mereka harus mengatur dan membuat sistem keamanan perusahaan yang kuat dan canggih agar tidak terjadi kebocoran data atau dapat diakses secara mudah.

IT Support harus mengaturnya seaman dan sebaik mungkin. IT Support juga bertanggung jawab pada sistem keamanan melalui tool-tool seperti antivirus dan sebagainya.

5. Bertanggung jawab pada perangkat lainnya

Tak hanya pada perangkat komputer yang sering digunakan. Tim IT Support harus bertanggung jawab pada alat-alat lainnya seperti printer, scanner, LCD proyektor, dan alat-alat teknologi lainnya.

IT Support wajib juga dalam memonitoring dan memastikan semua perangkat dapat digunakan dengan lancar oleh para staff  dan terjaga dengan baik.

6. Melakukan backup data

Para IT Support memiliki job desk yang juga tak kalah penting yaitu wajib dalam mengurus dan memback up seluruh data perusahaan.

Tim IT Support harus memiliki sistem yang mampu untuk digunakan dalam memback up seluruh data saat tiba-tiba terjadi gangguan yang tidak diinginkan.  

7. Memberikan arahan pada staff divisi lain

Seringkali terdapat beberapa staff yang kurang mengerti dalam menangani sebuah permasalahan komputer.

Tugas IT Support juga diwajibkan dalam mengedukasi dan memberikan arahan kepada para staff lain yang sekiranya masih tidak mengerti mengenai beberapa bagian software yang harus digunakan.

Mereka juga harus siap sedia dalam membantu permasalahan IT jika terdapat staff yang merasa masih belum mengerti.

Baca juga : Apa itu Account Manager? Pengertian, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Kualifikasi dan Keahlian yang Harus Dimiliki

Berikut ini beberapa keahlian yang harus dimiliki seorang IT Support:

1. Menguasai programmer

Sangat wajib bagi kamu untuk menguasai programmer untuk menjadi seorang staff IT Support.

Tentu saja ini sangat penting karena job desk IT Support yang kebanyakan akan selalu memastikan berbagai program-program dan software perusahaan berjalan dengan lancar dan baik.

Biasanya para lulusan dari jurusan IT seperti sistem informasi, teknologi komputer dan lainnya sangat dibutuhkan untuk bergabung dalam IT Support.

2. Mahir dalam menangani masalah komputer

Tak hanya berkutat pada software, para IT Support juga setidaknya harus mampu dalam mengoperasikan berbagai hardware perangkat komputer.

IT Support harus piawai dalam menggunakan dan menagani jika terdapat gangguan.

3. Memahami dan memperbaiki jaringan dengan cepat

Sudah menjadi tanggung jawab dan tugas seorang IT Support untuk menangani berbagai masalah jaringan.

Ia harus dituntut bekerja dengan cepat dan tanggap dalam memperbaiki agar segera digunakan kembali dengan baik.

Gangguan sekecil apapun dalam penggunaan perangkat komputer dan alat teknologi lainnya akan sangat mempengaruhi kinerja sebuah perusahaan.

Nah itulah 7 job desk IT Support secara umum dan beberapa keahlian yang harus dimiliki.

Jika kamu tertarik dalam bidang IT tak ada salahnya untuk bergabung menjadi bagian divisi IT sebuah perusahaan untuk terus menambah ilmu serta pengalaman terkait teknologi.

Baca juga : Jobdesk Store Manager – Tugas, Tanggung Jawab dan Persyaratan

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in