tugas seorang programmer

Tugas Seorang Programmer : Gaji dan Peluang Kerja

Diposting pada 369 views

Tugas Seorang Programmer : Gaji dan Peluang Kerja – Apabila anda sedang mencari pekerjaan apa yang banyak dicari dan memiliki lowongan yang masih besar, maka menjadi programmer adalah jawabannya.

Mengapa programmer? karena semua aktivitas sekarang ini disokong dengan dunia digital. Padahal yang kita ketahui dunia komputer dan internet itu memiliki bahasanya sendiri. Dan seorang programmer diwajibkan untuk mengetahui bahasa pemrograman. Sehingga nantinya ia bisa membuat sistem atau program di komputer dan internet.

Pemrogramam dan Programming

Bahasa pemrograman sendiri ada banyak sekali jenisnya. Diantaranya ialah phyton, java, php, javascript dan lain lain. Apakah semua bahasa harus dikuasai oleh programmer? jawabannya jika anda bisa menguasainya itu lebih bagus, namun jika anda hanya bisa menguasai 1 saja, itu tak masalah. Karena itu sudah cukup. Bahasa pemrograman nanti bisa digunakan untuk membuat aplikasi, website, membuat robot dan lain lain.

Lalu apakah ada jurusan perkuliahan tertentu yang di dalamnya kita juga mempelajari bahasa pemrograman? ya tentu saja ada. Diantaranya ialah teknik informatika, robotika, ilmu komputer dan sejenisnya. Namun tak menutup kemungkinan jika anda juga bisa menguasainya secara otodidak. Ada banyak sekali literatur yang bisa anda temukan di internet atau bahkan buku buku pemrograman bagi pemula.

Programmer Menjadi Miliarder?

Bahkan sebagian besar milliader di dunia ini ialah seorang programmer loh. Mereka ialah programmer sukses yang berhasil membuat sistem, aplikasi, untuk komputer. Diantaranya ialah Mark Zuckerburg seorang CEO facebook, Bill Gates seorang pembuat sistem operasi windows dan microsoft office, Jack Dorsey seorang pendiri twitter, dan lain lain. Melihat contoh orang sukses tersebut, membuat peluang untuk menjadi programmer menjadi besar.

Jika anda tertarik untuk menjadi seorang programmer, ada beberapa kualifikasi yang harus anda miliki. Kualifikasi yang tinggi + portofolio yang banyak, maka anda akan semakin diakui kehebatan anda. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi programmer ialah:
• Paham bahasa pemrograman
• Mampu berimajinasi dengan baik
• Setidaknya mengerti matematika
• Paham bahasa inggris
• Teliti
• Memiliki kesabaran yang baik
• Mengerti setidaknya seluk beluk tentang komputer dan internet
• Paham algoritma

Situs Belajar Programming

Jikalau anda sudah memiliki kualifikasi di atas, anda sudah bisa menjadi seorang programmer. Namun banyak orang yang terkendala di bagian tidak terlalu jago bahasa pemrograman. Anda bisa kok belajar bahasa pemrograman di beberapa situs. Berikut ini situs yang bisa anda jadikan media pembelajaran bahasa pemrograman:

  1. Github
  2. Codecademy
  3. Udemy
  4. Code Avengers
  5. Khan Academy
  6. Hack Pledge
  7. Coursera

Apabila anda bersikukuh untuk bergelut di dunia programming, maka anda harus mengetahui apa saja sih job desc atau tugas dari seorang programming. Setelah anda mengerti tugas tugasnya, anda nantinya bisa mengukur apakah anda sanggup untuk menjadi programmer.

Baca juga : Pengenalan Jurusan Teknik Informatika Serta Prospek Kerjanya

Tugas Seorang Programmer

Job desc juga bisa memberikan gambaran apa saja yang harus anda kuasai lebih lanjut untuk mengembangkan karir sebagai seorang programmer. Karena jika dilihat kedepannya, skills ini akan banyak dicari oleh perusahaan, toko online, start up dan lain sebagainnya.

Namun sebagai gambaran umum, tugas seorang programmer ialah mendesain program software atau perangkat lunak melalui flow chart yang logis dan nantinya kemudian diterjemahkan bahasa pemrograman yang dikehendaki. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah job desc atau tugas seorang programmer :

  1. Membuat program yang diminta oleh client
  2. Mengupdate dan memperbaiki software yang telah dibuat
  3. Monitoring database software atau program yang telah dibuat
  4. Memformulasikan basic prototypes dan spesifikasi program
  5. Mendesain program kemudian mengambil kodenya agar nanti komputer bisa menerjemahkan kode tersebut sehingga program bisa berjalan dengan baik
  6. Melakukan pelayanan perbaikan error
  7. Melakukan tugas downtime server aplikasi

Nah di atas merupakan tugas atau job desc dari seorang programmer. Memang sesimple itu, dimulai dari anda mendesain seperti apa program yang hendak anda buat, kemudian menuliskan bahasa pemrograman yang dibutuhkan, setelah itu mengecek di koding yang telah anda tulis tersebut apakah ada kesalahan atau tidak, kemudian yang terakhir ialah dengan menjajal aplikasi atau software yang telah anda buat.

Gaji atau Bayaran Programmer

Setelah berbicara tentang tugas seorang programmer, tak lengkap rasanya jika kita tidak membicarakan tentang gaji. Sebenarnya gaji itu sendiri akan linier dengan seberapa langka skills kita, seberapa dibutuhkannya skills kita, dan seberapa besar tingkat kesulitan suatu pekerjaan.

Menjadi programmer bisa dibilang pekerjaan yang banyak sekali dibutuhkan. Karena mau tak mau, setiap harinya akan ada website website atau start up baru yang bermunculan. Inilah yang menjadi alasan mengapa menjadi programmer itu sangat menjanjikan prospek kerjanya.

Lalu berapakah gaji yang bisa diterima oleh seorang programmer pemula? Pertama tama, ketika anda menjadi seorang programmer pemula dan belum memiliki portofolio, agar anda bisa bersaing, maka anda harus menetapkan harga yang tidak terlalu tinggi. Dan gajinya anda bisa menentukannya dengan satuan hari atau jam.

Semisal di sini anda menempatkan diri sebagai freelancer. Anda mendapatkan proyek untuk pengembangan website dengan analisa 15 hari kerja. Setiap harinya anda memiliki waktu 8 jam. Anda bisa menganalisa terlebih dahulu tingkat kesulitan dan jumlah programmer lain. Semakin sedikit saingan anda, maka semakin besar anda bisa mengambil keuntungan.

Asumsikanlah jika suatu proyek membutuhkan 15 hari kerja, dan dia menawarkan kepada anda Rp. 5.000.000. Maka gaji yang bisa anda terima sekitar Rp. 330.000 per harinya. Tentu ini jumlah yang sangat lumayan, apalagi untuk seorang pemula. Namun pastikan sebelumnya, kualifikasi anda harus bisa memumpuni apa yang dibutuhkan oleh client.

Peluang Kerja Programmer

Mempunyai skill programming merupakan anugrah yang besar, karena dengan memiliki skill ini saja, anda sudah bisa berada di kesempatan yang besar dalam mencari pekerjaan. Ada banyak pekerjaan yang bisa anda tekuni dengan skill programmer. Kemampuan atau skill ini akan berkaitan erat dengan tugas seorang programmer yang telah dijelaskan di atas, diantaranya ialah:

1. Software Development

Tidak bisa dipungkiri, jika anda mendapatkan proyek untuk mengembangkan software atau membuat sebuah software, maka anda akan mendapatkan bayaran yang tinggi. Karena membuat software sendiri membutuhkan ketelitian tinggi dan kesabaran.

2. Web Development

Anda juga harus menguasai bahasa pemrograman website dan juga anda harus memiliki imajinasi yang baik untuk mendesain website yang bagus. Jasa ini paling banyak dicari di internet.

3. Database Development

Sebuah data harus diproses dengan baik di setiap perangkat lunak. Agar hal ini berjalan lancar, maka dibutuhkan keahlian khusus di bidang programming.

4. Mobile Development

Sama halnya dengan software development, namun bedanya ini berbasis mobile atau smart phone. Biasanya anda disuruh untuk menciptakan aplikasi khusus untuk smart phone. Dan mobile development juga banyak dicari di internet.

Diatas telah dijelaskan tentang kualifikasi seorang programmer, gaji dan tugas tugasnya. Sebagai tambahan pula, telah dijelaskan karir apa saja yang bisa dipilih oleh programmer.

Sesuaikan dengan pasion anda dan jika anda bisa menguasai semuanya, tentu itu akan jauh lebih baik. Namun yang terpenting ialah, milikilah portofolio terlebih dahulu sebagai nilai tambah anda untuk melamar suatu projek.

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.