contoh sikap sopan santun

Contoh Sikap Sopan Santun di Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat

Diposting pada 82 views

Pengertian dan Contoh Sikap Sopan Santun – Pada hakikatnya ketika manusia dilahirkan dari seorang ibu, setiap manusia sudah memiliki tanggung jawab yang disebut dengan “Sikap”.

Sikap yang sebaiknya dimiliki oleh setiap insan manusia adalah sikap sopan santun. Sikap ini pasti digunakan dalam kehidupan sehari hari. Mengapa seperti itu? Karena sikap sopan santun memiliki contoh baik untuk diri sendiri Baik itu digunakan pada lingkungan keluarga, sekolah, atau masyarakat.

Selain itu juga manusia sebagai makhluk sosial selalu hidup berdampingan/berkelompok dalam bermasyarakat (Tertulis: buku Politics karya aristoteles). Secara umum, norma sopan santun sangat berperan dalam aturan yang berlaku untuk mengikuti aturan atau norma dalam kehidupan dimasyarakat. Maka dari itu kalian wajib tahu tentang contoh Sikap Sopan Santun Yang Benar penjelasannya berikut ini.

Pengertian Sikap Sopan Santun

Sopan santun adalah sebuah sikap menghormati orang lain serta mengedepankan etika dan moral, dengan bersikap sopan santun seseorang dapat dihargai dan disenangi dengan keberadaanya sebagai makhluk sosial dimanapun tempat kalian berada.


Sopan ialah suatu tingkah laku yang amat populis dan nilai yang natural. Terkadang sikap sopan santun tersebut hilang pada diri seseorang. Salah satu contohnya adalah ketika kita sedang berhadapan dengan orang lain yang menyebalkan.

2. Ciri Sikap Sopan Santun

Sopan santun bukanlah sifat yang bisa didapatkan secara instan. Ada banyak faktor yang membuat seseorang menjadi sopan dan santun. Hal ini juga ada kaitannya dengan lingkungan, kebiasaan buruk yang terus menerus dilakukan bisa membuat orang kehilangan kesopanan ini. Jika dari kamu atau teman kerabat dekat kamu sering melakukan ini, maka sudah jelas bahwa kamu atau kerabat dekat kamu memang orang yang sopan.

a. Sangat Menghargai Lawan Bicara

Ketika kamu sedang bicara dengan lawan bicaramu siapapun itu, Mau orang itu lebih tua, seumuran, ataupun lebih muda dari kamu. Jika kamu senang mendengarkan ketika seseorang sedang bicara, artinya kamu memiliki ciri sikap sopan santun dalam dirimu. Ketika kamu meluangkan waktu dan perhatianmu hanya untuk ada buat orang lain, saat itulah kamu memiliki kerendahan hati dan tidak egois.

b. Sikap Murah Senyum

Memang tidak semua orang dapat memberikan senyum ketika bertemu dengan seseorang ataupun ketika sedang berbicara empat mata. Namun, bagi kamu yang memiliki sikap ramah terhadap siapa saja dan biasa dengan memberikan senyuman walaupun kamu sendiri sedang mengalami suasana hati yang buruk. Bahasa tubu dan raut wajah kamu juga menentukan dari bagaimana kamu memiliki sikap sopan dan santun.

c. Tidak Mudah Mengeluh

Kamu bukan tipe orang yang langsung menyatakan ketidak setujuan tanpa melihat situasinya, itu memang sangatlah rumit. Bagi sebagian orang memiliki ciri dalam diri seperti itu. Tapi, jika kamu merupakan tipe orang yang tenang dalam situasi rumit dan tidak suka mengeluh karena akan takut semuanya menjadi semakin rumit. Artinya kamu memiliki ciri dari sikap sopan dan santun.

d. Berpikir Dahulu Sebelum Bicara

Banyak diluar sana dan kamu pasti tahu, seseorang ketika kita sedang bicara orang itu langsung memotong pembicaraan kamu dan pasti berbicara dengan sembarangan. Tapi bagi kamu yang memiliki personal yang dapat menguasai diri sendiri, artiny kamu orang yang sangat berutung. Karena seseorang dengan ciri tersebut tidak memiliki sifat yang gegabah ataupun cepat emosi ketika sedang dalam situasi tertentu. Orang sopan cenderung memikirkan bagaimana perasaan orang lain karena perkataannya dibanding mengutamakan pikirannya sendiri.

e. Menghargai Batasan Lawan Bicara

Jika kamu memiliki rasa ingin menghindari berbuat sesuatu diluar batas artinya kamu memiliki karakteristik yang sopan. Ketika seseorang menetapkan bagian padamu dan melarang untuk tidak membahas topik tersebut, maka kamu tidak akan melanggarnya dengan alasan apapun. Bagi kamu privasi seseorang memang seharusnya tidak boleh ingin lebih tahu.

f. Memperlakukan Orang Dengan Adil

Kamu tidak bertindak sesuka hatimu atau tanpa pertimbangan dulu. Menurut kamu, semua orang itu sama dan harus juga diperlakukan demikian. Memiliki rasa tidak mau memihak kepada siapapun jika terjadi masalah. Karena kamu tahu akan hal mendukung satu kubu dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman akan adanya kamu dikubu yang tidak kamu dukung. Ciri seperti itu sangat menunjukan ciri seseorang dengan sikap sopan dan santun.

3. Pentingnya Sikap Sopan Santun

Sopan santun juga salah satu unsur penting yang wajib diterapkan dikehidupan sehari-hari. Riset membuktikan, seseorang dapat dihargai dan disenangi dengan keberadannya sebagai makhluk sosial jika menunjukan sikap sopan dan santunnya.

Sikap ini patut dilakukan dimana saja tempat kita berada, sesuai dengan kebutuhan lingkungan, tempat, dan waktu karena sopan santun bersifat relative. Contohnya seperti didalam lingkungan rumah. Baik didalam maupun diluar lingkungan rumah, maka sopan santun yang harus diwujudkan antara lain: Menghormati orang tua, seperti tingkah laku yang baik, berbicara dengan lemah lembut, dan berkata jujur.

Perilaku yang baik adalah hal yang penting untuk ditunjukan kepada anak. Ini akan mengajarkan bagaimana kamu dan orang tua yang berada di sekelilingmu dihargai dan diperlakukan dalam kehidupan sosial. Istilah menghormati mungkin terkesan “sok” atau janggal karena biasanya yang dilakukan oleh sebagian orang tidak menggunakan sikap tersebut sebagai bentuk cara menghargai.

4. Cara Bersikap Sopan Santun

Konsep dan pentingnya sopan santun sejak usia dini, tepatnya dari usia 1,5 tahun. Kamu pasti mendapatkan konsep sopan santun dari orang tuamu. Selain itu, bagi orang tua diluar sana yang membaca ini. Kamu menemukan artikel yang sangat membantu kamu untuk memberikan ilmu bagaimana cara bersikap sopan santun kepada anak kamu. Berikut akan kami jelaskan lebih lengkap.

a. Ajarkan Etika Dasar

Kamu bisa mulai mengajarkan sopan santun kepada si kecil dengan etika dasar, seperti mengucapkan kalimat yang menghargai anak yang kamu suruh dengan kata “tolong”. Selain itu ketika kamu sudah mendapatkan barang yang kamu mau bilang kepada kamu dengan kata “terima kasih” dan jika kamu marah terhadap kelakuan anak kamu yang membuat kamu jengkel jangan lupa untuk ucapkan kata “maaf”. Anak kamu pasti butuh waktu hingga dia bisa secara otomatis mengingat dan menggunakan ketiga kata ini.

b. Ajarkan Konsep Berbagi

Pada usia 2 tahun, anak kamu biasanya akan terlihat perkembangannya memahami konsep berbagi, walaupun belum tentu melakukannya dengan senang hati. Kamu bisa ajarkan pelan-pelan dengan cara memberikan dua mainan serupa kemudian kamu minta satu mainan tersebut. Dengan cara itu anak menjadi tahu konsep berbagi.

c. Ajarkan Etika Makan

Pada usianya yang menginjak 3-4 tahun, anak sudah bisa makan dimeja dengan sendok dan garpu, serta sudah bisa menyeka mulutnya menggunakan tisu. Pada usia inilah kamu dapat mengajarkan etika saat makan.

d. Ajarkan Etika Bertamu

Jika kamu mengajak anak kamu bermain kerumah tetangga itu adalah kesempatan untuk kamu mengerjakan anak sopan santun. Salah satu caranya dengan ingatkan dia untuk selalu mengetuk pintu dan mengucapkan salam sebelum masuk kerumah orang lain. Sesampainya di ujung waktu ingin pulang jangan lupa ajarkan untuk ucapkan “terima kasih” dan “sampai bertemu lagi”.

e. Ajarkan Untuk Tidak Mencela Fisik Orang Lain

Ini poin paling penting dari segala sikap yang wajib kamu dan anak kamu ketahui. Mengapa? Karena sangat tidak etis ketika kamu mencontohkan ke anak kamu mencela fisik orang lain yang dilihatnya. Lalu bagaimana cara memberitahunya? ajarkan anak kamu untuk tidak selalu mengungkapkan pendapat negatif ketika dia melihat hal yang negatif. Ajarkan untuk mengeluarkan hal yang positif dari mulutnya untuk menghargai orang sekitarnya agar tidak tersinggung.

5. Contoh Sikap Sopan Santun

Beberapa contoh sikap sopan santun yang wajib kamu tahu agar nantinya bisa kamu lakukan sendiri untuk menghargai orang lain saat bertemu kamu.

a. Contoh Sikap Sopan Santun di Lingkungan Keluarga

  1. Berkata kepada orang tua dengan tutur kata baik
  2. Melakukan apa yang diperintahkan orang tua sebagai rasa patuh
  3. Tidak marah didepan keluarga
  4. Menghormati Orang Tua
  5. Menerima sesuatu dengan tangan kanan
  6. Memberikan sesuatu dengan tangan kanan

b. Lingkungan Sekolah

  1. Berkata kepada guru dengan tutur kata baik
  2. Menghormati guru
  3. Berpakaian rapi
  4. Mengucap salam ketika bertemu guru
  5. Mendengarkan ketika guru sedang menjelaskan
  6. Menaati perintah guru
  7. Selalu berusaha membantu guru seperti menghapus tulisan di papan tulis, membawakan buku dll.
  8. Mematuhi tata tertib sekolah

c. Lingkungan Masyarakat

  1. Berkata kepada orang lain dengan tutur kata yang baik
  2. Menghormati orang lain
  3. Mempersilahkan orang lain mengungkapkan pendapat
  4. Menerima sesuatu dengan tangan kanan
  5. Tidak meludah di sembarang tempat

Demikian penjelasn terkait contoh sikap sopan dan santun yang wajib kamu ketahui. Setelah membaca ini kamu dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.