kumpulan contoh pantun nasihat

Kumpulan Contoh Pantun Nasihat tentang Pendidikan, Kesehatan, Corona, Pertemanan sampai Cinta

Diposting pada 224 views

Apa yang kamu ketahui tentang pantun nasihat? Sudahkah kamu tahu bentuk contoh pantun nasihat? – Kita sering mendengar atau bahkan terkadang sering menggunakan pantun dalam percakapan keseharian kita.

Tahukah kamu? Pantun merupakan bagian dari suatu masyarakat lama yang telah diturunkan secara turun-menurun dalam penggunaannya.

Sebelum membahas mengenai pantun, sebaiknya kita bahas sedikit mengenai awal mula pantun, yaitu puisi rakyat. Berikut pembahasannya.

Sekilas tentang Puisi Lama (Pantun adalah Puisi Lama)

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang senang dengan budaya lisan. Terdapat banyak kebudayaan-kebudayaan yang terbentuk berasal dari tuturan lisan yang disampaikan dari satu orang ke orang lain dalam suatu masyarakat.

Kebudayaan tersebut akan menjadi kolektif dan diwariskan secara turun-menurun tanpa diketahui siapakah yang membuat pertama.  

Dalam dunia kesusastraannya, suatu karya yang berasal dari lisan dan berkembang pada suatu masyarakat dibedakan menjadi cerita rakyat dan puisi rakyat.

Cerita rakyat adalah sebuah cerita yang berada dalam sebuah masyarakat yang telah diturunkan secara turun-menurun, contohnya seperti dongeng dan legenda.

Puisi rakyat adalah sebuah kumpulan kata-kata yang disusun secara beraturan yang mengandung suatu ajaran atau nilai yang berada dalam suatu masyarakat.  

Puisi rakyat atau sering juga disebut sebagai puisi lama merupakan karya sastra yang lahir dalam masyarakat lama, yaitu suatu masyarakat yang masih memegang teguh adat istiadat yang berlaku di daerahnya.

Puisi lama sebagai karya sastra lama yang bersifat moral, pendidikan, nasihat, adat istiadat, serta ajaran-ajaran agama. Oleh karena itu, pada zaman dahulu para orang tua banyak yang menasihati anak-anaknya menggunakan puisi rakyat ini agar nasihat tersebut dapat lebih sampai ke anak-anak. 

Perbedaan antara puisi lama dan puisi baru sangat terlihat jelas. Puisi rakyat memiliki struktur dan aturan-aturan kebahasan yang mengikat antara satu dengan lainnya, sedangkan puisi baru lebih beragam dan bebas dalam aturan kebahasaannya.

Pengertian Pantun

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu), tiap bait (kuplet) biasanya terdiri atas empat baris yang bersajak (a-b-a-b), tiap larik biasanya terdiri atas empat kata, baris pertama dan baris kedua biasanya untuk tumpuan (sampiran) saja dan baris ketiga dan keempat merupakan isi.

Berdasarkan pengertian dari KBBI, dapat disimpulkan bahwa pantun merupakan salah satu bagian dari puisi lama yang terdiri dari empat baris dalam satu bait yang bersajak a-b-a-b. Pantun dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah, dimana dalam Bahasa Tagalog pantun disebut tonton, dalam Bahasa Jawa disebut tuntun.

Dibandingkan dengan puisi rakyat yang lain, pantun merupakan bagian dari puisi rakyat yang masih sangat digemari oleh para orang tua, remaja, bahkan anak-anak hingga saat ini.

Di beberapa acara, baik itu acara tradisional maupun modern, terkadang pantun masih digunakan sebagai hiburan ataupun sebagai sebuah nasihat bagi para pendengarnya. 

Fungsi pantun, yaitu untuk mendidik dan menghibur. Dalam penggunaannya, pantun sudah tersebar di berbagai penjuru Nusantara dengan berbagai bahasanya pula, seperti di Jawa, Sunda, Melayu, dan sebagainya.

Ciri-ciri Pantun

Ciri-ciri pantun dapat langsung terlihat dalam teksnya. Ciri-ciri tersebut tidak dapat diubah ataupun dimodifikasi, karena jika diubah akan menjadi puisi rakyat yang lain. Berikut merupakan ciri-ciri pantun:

1. Setiap bait terdiri atas empat baris.

Dalam sebuah teks kumpulan dari beberapa kalimat ialah paragraf. Jika dalam puisi, kumpulan dari beberapa kalimat dapat dikenal dengan kata bait.

Karena pantun merupakan sebuah puisi rakyat, penyebutannya menjadi bait. Khusus untuk pantun, penyebutan dalam kata-kata dalam satu baris disebut dengan larik.

Ketika sebuah pantun terdapat lebih dari empat baris atau kurang, tidak dapat dikatakan sebagai pantun. Melainkan akan menjadi bagian puisi rakyat yang lain, seperti gurindam ataupun syair.

2. Setiap baris terdiri atas 8 – 12 suku kata.

Pantun ditentukan 8-12 suku kata di tiap baris/lariknya, supaya ketika dituturkan agar tidak terkesan terlalu panjang dan pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik.

3. Baris pertama dan kedua adalah sampiran.

Baris pertama dan kedua dalam sebuah pantun disebut sampiran. Sampiran dalam pantun berupa sebuah untaian kata pengantar yang tidak ada hubungannya dengan isi atau pesan yang ingin disampaikan. Hal ini yang menjadi ciri khas dari pantun.

4. Baris ketiga dan keempat adalah isi.

Baris ketiga dan keempat dalam pantun berupa isi. Isi di sini adalah sebuah pesan yang ingin disampaikan penutur pada para pendengarnya.

5. Rima dari setiap akhir yaitu a-b-a-b.

Rima di dalam sebuah pantun yaitu a-b-a-b karena suku kata atau huruf akhir pada sampian baris pertama sama dengan isi di baris ketiga, lalu suku kata atau huruf akhir pada sampiran di baris kedua sama dengan isi di baris keempat.

Karena itulah rima dalam pantun berupa a-b-a-b. Namun, terkadang pantun pun ada yang memiliki rima a-a-a-a, tergantung pada pemilihan kata dan huruf akhirnya.

Melalui pantun kita dapat memberikan saran ataupun sebuah petuah tanpa terkesan menggurui, karena tidak membicarakannya secara langsung. Salah satunya dapat menggunakan pantun nasihat.

Pengertian Pantun Nasihat

Pantun terdapat berbagai jenis, ada pantun cinta, pantun jenaka, pantun kepahlawanan, pantun teka-teki, dan ada pula pantun nasihat.

Pantun nasihat adalah pantun yang berisi sebuah petuah atau nasihat mengenai nilai atau moral yang ada di masyarakat. Berusaha untuk menyampaikan pesan melalui permainan kata-kata agar terkesan ringan, supaya pesan yang disampaikan pun tidak terlalu berat untuk diterima.

Nasihat-nasihat yang terkandung dalam pantun nasihat pun berupa sebuah refleksi kehidupan ataupun sebuah pesan tentang kehidupan kita sehari-hari.

Pantun nasihat digunakan sesuai dengan situasi atau keadaan yang ada, lalu dituturkan dengan cara yang menyenangkan.

Kumpulan Contoh Pantun Nasihat Berbagai Tema

Berikut adalah beberapa jenis pantun nasihat berdasarkan situasinya beserta contoh-contohnya.

1. Pantun Nasihat tentang Pendidikan

Pantun nasihat tentang pendidikan ini menjelaskan mengenai hal-hal yang berkenaan tentang pendidikan, seperti sekolah, belajar, murid, guru, siswa, dan sejenisnya. Berikut contoh dari pantun nasihat tentang pendidikan.

[1] 

Pak Tani pergi pagi menanam benih
Benihnya tumbuh jadi buah Pepaya
Kita masih belajar dalam layar nih,
Semangatnya jangan sampai pudar ya!

[2] 

Buah mangga buah sukun
Adanya di Kota Blitar
Belajarlah dengan tekun
Supaya menjadi anak yang pintar

[3]

Jalan jalan ke kota Bengkulu
Jangan lupa bawa buah duku
Jika ingin menambah ilmu
Rajinlah membaca buku

[4]

Jalan jalan Ke pasar
Jangan Lupa beli Buah
Sering-seringlah belajar
Agar Masa Depan Cerah

[5]

Kelapa muda dibelah dua
Ambil isinya dan juga airnya
Dari muda sampai tua
Ajaran baik jangan dilupa

[6]

Jalan jalan ke jakarta
Jangan lupa membeli kerak telor
Kalau kamu ingin menjadi juara
Janganlah kamu sering molor

[7]

Rini di kursi, sedang membaca
Reno dikamar, makan kue pai
Teruslah kamu berusaha
Agar mimpimu cepat tercapai

[8]

Sholat Subuh bareng Fajar
Tidak lupa membaca doa
Siapa yang rajin belajar
Maka akan cerah masa depanya

[9]

Bunga Sakura bunga macan
Burung hantu hinggap di Pagar
Jangan lupa untuk makan
Agar semangat belajar

[10]

Jalan-jalan ke toko bagus
Untuk membeli buah sukun
Jika kamu ingin cita-cita yang bagus
Mulailah belajar dengan tekun

2. Pantun Nasihat tentang Kesehatan

Pantun berikutnya adalah pantun nasihat tentang kesehatan. Pantun ini berusaha untuk menjelaskan mengenai pentingnya menjaga kesehatan. Bisa dijadikan sebagai panduan buat kita, nih. Untuk tetap menjaga kesehatan. Yuk, simak contoh pantun nasihat tentang kesehatan ini!

[11]

Siang-siang ke Danau Toba
Di sana melihat bunga melati
Pemuda jauhilah narkoba
Agar sehat sampai nanti

[12]

Pak Adi tidur di dipan
Pakai bantal yang berbulu
Cuci tangan sebelum makan
Supaya bersih dan sehat selalu

[13]

Bu Ani memasak ikan Patin
Pakai panci ditutup rapat
Minumlah vitamin secara rutin
Badan akan sehat setiap saat

[14]

Makanlah makanan yang sehat
Dengan empat sehat lima sempurna
Janganlah lupa untuk istirahat
Jika sakit, sibuk hanyalah fana

[15]

Di suatu hari saat pagi
Ayam sangat senang berkokok
Jangan buat dirimu merugi
Hanya dengan merokok

[16]

Nina pulang dijemput bapak
Di jalan melihat seekor gajah
Minumlah air putih yang banyak
Penyakit pun tidak akan betah

Baca juga : 43 Contoh Slogan Olahraga Dan Perilaku Hidup Sehat

3. Pantun Nasihat tentang Pandemi (Corona)

Pantun yang ini sangat dekat sekali dengan kehidupan kita sekarang ini. Pantun yang menjelaskan tentang keadaan kita ketika sedang pandemi atau biasa kita sebut pandemi virus Corona.

Nasihat yang diberikan hampir sama dengan pantun nasihat tentang kesehatan, namun di sini lebih spesifik nasihat saat pandemi virus Corona. Simak contoh pantun nasihat tentang pandemi berikut ini.

[17]

Ada mobil toyota corona
Yang punya adalah orang baik
Kalau nggak mau terkena corona
Jagalah dirimu baik-baik

[18]

Beli gula di warung sebelah
Pemiliknya sangat bijaksana
Kalau kamu keluar rumah
Jangan lupa pakai maskernya!

[19]

Di sana ada pohon Jarak
Banyak ulat yang melekat
Jangan lupa jaga jarak
Karena Corona semakin dekat

[20]

Pergi ke kota naik delman
Mulai dari hulu sampai ke hilir
Janganlah lupa cuci tangan
Dengan sabun dan air mengalir

[21]

Jalan-jalan ke Kota Batu
Naik delman agar santai
Jagalah selalu kesehatanmu
Corona masih mengintai

[22]

Bapak pergi membeli kayu
Untuk membuat sebuah pagar
Jangan sampai lepas maskermu
Ketika sedang berada di luar

4. Pantun Nasihat tentang Kebaikan

Pada dasarnya, pantun nasihat adalah pantun yang berusaha untuk menyampaikan kebaikan-kebaikan. Namun, pada bagian ini nasihat yang dijelaskan berupa budi pekerti dan kebaikan-kebaikan terhadap sesama. Simak contoh pantun berikut ini. Dan jangan lupa untuk selalu berbuat baik terhadap sesama, ya!

[23]

Pak Mamat punya burung perkutut
Bulunya sangat bagus dan cantik
Tidak perlulah kau takut
Jika ingin berbuat baik

[24]

Jalan jalan ke KalimantanJangan lupa bawa bekal
Jika ada orang dalam kesulitan
Tolonglah dan jangan ditinggal

[25]

Pergi ke sawah menanam padi
Sawah dibajak dengan sapi
Jadilah anak baik hati
Yang tahu cara membalas budi

[26]

Biarlah orang bertanam buluh
Mari kita bertanam padi
Biarlah orang bertanam musuh
Mari kita menanam budi

[27]

Kue brownies kue cucur
Dijual sama si Endah
Jadilah anak yang jujur
Hidupmu akan lebih indah

5. Pantun Nasihat tentang Menabung

Nah, kalau pantun nasihat yang ini adalah pantun yang mengingatkan kita untuk rajin menabung, nih. Coba dibaca ya pantunnya! Jangan jadi boros! Yuk, bung bung nabung!

[28]

Emak – emak memasak rebung ​
Rebung dimasak dengan bara
Jangan lupa untuk menabung
Agar kelak tidak sengsara

[29]

Jalan jalan di atas gunung es
Ada ibu ibu jualan kangkung
Jika ingin menjadi orang sukses
Maka dari itu rajinlah menabung

[30]

Makan soto pakai koya
Dari malam sampai pagi
Kurangilah foya-foya
Perbanyaklah saling berbagi

6. Pantun Nasihat tentang Agama

Pantun nasihat tentang agama ini berkenaan dengan keagamaan. Beberapa pantun berikut dapat kamu jadikan contoh untuk membuat pantun nasihat yang berkenaan dengan keagamaan.

[31]

Dari papan terbuat Pintu
Pintunya selalu terbuka
Hormatilah orang tua mu
Dekatlah kamu di surga

[32]

Pak Bambang bawa motor butut
Untuk pergi ke Pulau Bali
Kalau ada hantu jangan takut
Bacakan saja ayat qursi

[33]

Taman bunga sungguh indah,
Tempat berenang dingin airnya.
Jika hidup untuk beribadah,
Hati tenang jiwapun bahagia.

[34]

Daun terap di atas dulang
Anak udang mati dituba
Dalam kitab ada terlarang
Yang haram jangan dicoba

[35]

Anak ayam turun sepuluh
Mati satu tinggal sembilan
Bangun pagi sembahyang subuh
Sebelum badan dikuburkan

7. Pantun Nasihat tentang Pertemanan

Sebagai manusia, kita tentu memiliki dan butuh teman untuk menemani kita. Pantun nasihat tentang pertemanan ini, mencoba menjelaskan dan mengarahkan kita untuk menjaga pertemanan dengan baik. Simak contoh pantun berikut ini ya!

[36]

Kalau ada jarum patah
Jangan dimasukkan ke dalam peti
Kalau ada kataku yang salah
Jangan dimasukan ke dalam hati

[37]

Beli makan di rumah raka
Makan nya pake tangan
Jadilah rendah hati pada sesama
Maka kau akan mendapat teman

[38]

Si Adi pakai baju berkerah
Siang hari dia makan puding
Jangan suka marah marah
Ini cuma just kidding

[39]

Ada paku di atas tanah
Kain kafan di dalam peti
Ku ucapkan selamat berpisah
Entah kapan berjumpa lagi

[40]

Jalan-jalan beli cucur
Pulang-pulang bawa rendang
Berkatalah yang jujur
Agar disenangi banyak orang

[41]

Burung camar di tepi pantai
Pantai indah banyak ombaknya
Jadilah kamu anak yang pandai
Sudah pasti banyak temannya

9. Pantun Nasihat tentang Orang Tua

Pantun nasihat tentang orang tua ini mencoba menjelaskan hubungan antara anak dan orang tua yang baik itu seperti apa. Berikut pantun nasihat tentang orang tua yang dapat kamu jadikan contoh.

[42]

Kelinci hitam bergigi dua
Nasib menimpa kakinya terjerat
Berbaktilah kepada orang tua
Agar selamat dunia-akhirat

[43]

Buah jambu di dalam peti
Berat diangkat bersama-sama
Ayah ibu kita sayangi
Dunia akhirat pasti bahagia

[44]

Kayu bakar banyak yang patah
Karena dibawa pakai sepeda
Janganlah kamu membantah
Ketika disuruh Kedua orang tua

[45]

Buah belimbing buah mangga
Buah semangka buah duku
Hormatilah orang tuamu selagi ada
Waktu kehilangan tak ada yang tahu

[46]

Tangkap ikan pakai jala
Untuk diberi pada si Asih
Jerih payah kerja orang tua
Hanya untuk anak terkasih

10. Pantun Nasihat tentang Lingkungan

Seperti namanya, pantun nasihat tentang lingkungan ini memang menjelaskan mengenai menjaga lingkungan kita sendiri agar tetap baik dan asri. Kamu dapat lihat contoh pantun nasihat tentang lingkungan sebagai berikut.

[47]

Ke hulu mencari duku
Meski raga berselimut lelah
Dulu indah bumi kotaku
Kini rusak tertimbun sampah

[48]

Kerlip bintang menghias malam
Sinar bulan menerangi bumi
Jika tidak menjaga alam
Manusia juga yang merugi

[49]

Tak bambu pakaikan rotan
Untuk dipakai kandang buaya
Jika kau tebang semua hutan
Pastilah akan datang banjirnya

[50]

Ada kujang ada bison
Dalam ruang yang sia-sia
Jika tiap kita tanam satu pohon
Terbantulah semua manusia

[51]

Dua kujang dimakan buaya
Masih lapar ingin makan rubah
Buanglah sampah pada tempatnya
Supaya terbebas dari musibah

Baca juga : 50 Contoh Slogan Lingkungan Hidup yang Menyindir

11. Pantun Nasihat tentang Cinta

Pantun nasihat ini mengenai percintaan, baik itu cinta dengan kekasih, putus dengan kekasih, ataupun cinta yang lebih luas lagi. Yuk, simak contoh pantun nasihat tentang cinta ini. Kamu bisa membuat sendiri nanti.

[52]

Ikan mujair ikan teri
Jatuh dari atas kayangan
Hatiku lagi patah kali ini
Cintaku bertepuk sebelah tangan

[54]

Burung gelatik berwarna biru
Ia terbang saat senja tiba
Jika datang cinta padamu
Sambutlah ia dengan suka cita

[55]

Buah pisang buah pepaya
Dipotong-potong menjadi kolak
Carilah ia yang baik agamanya
Supaya baik hidupmu kelak

Nah, itu dia contoh pantun nasihat yang dapat kamu jadikan panduan ketika kamu berusaha untuk membuat sebuah pantun. Ternyata, pantun sangat berguna dan terpakai dalam kehidupan kita sehari-hari.

Bermain pantun pun dapat meningkatkan kemampuan kita dalam kebahasaan, loh. Karena saat membuat pantun, kita bermain dengan kata-kata lalu berusaha untuk mencocokkannya dengan satu dan lainnya. Tetap semangat belajar!

Baca juga : Macam Macam Slogan dan Contoh Nyata Disekitar Kita

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.