pengertian dan pentingnya sikap jujur

Pengertian Perilaku Jujur: Pentingnya dan Dalil Tentang Jujur

Diposting pada 2.462 views

Selamat datang guys di blog kitapunya.net yang akan selalu membahas seputar dunia pendidikan, Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan pentingnya sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari.    Jujur adalah salah satu karakter yang sangat penting, bahkan harus dimiliki oleh semua orang. Jujur ini biasanya terbentuk sejak dini, karakter yang melekat pada diri seseorang. Jujur sangatlah penting karena dengan jujur semua akan lebih indah, bayangkan saja berbagai kerusakan bisa terjadi karena ketidak kejujuran seseorang.  

Misal saja pada pejabat yang tidak jujur alis korupsi, tentu saja ini menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi bangsa Indonesia. Contoh lain misalnya ada pedagang yang tidak jujur, siapa yang dirugikan? Ya, pembeli.   

Perilaku tidak jujur pada kawan pun bisa jadi berujung pada pertengkaran. Bahkan tidak jujur pada diri sendiri juga akan menimbulkan permasalahan baru dan tidak baik untuk diri kita.

Pengertian Perilaku Jujur

Pengertian Jujur adalah perilaku dimana apa yang kita lakukan, apa yang kita katakan, apa yang kita rasakan sesuai dengan yang seharusnya terjadi.


Misal, yang terjadi A ya kita ngomongnya A. Jujur juga bisa dikatakan menempatkan sesuatu pada tempat yang seharusnya. Jujur adalah tidak berbohong, apa adanya dan tidak memanipulasi demi kepentingan pribadi. Jujur adalah kesesuaian sikap antara perkataan dan perbuatan yang sebenarnya.

Jujur adalah bagian dari akhlak Islam, karena islam selalu mengajarkan kepada umatnya untuk selalu berkata benar. Orang yang memperjuangkan kebenaran akan mendapat pahala dari Allah selayaknya orang yang berbohong mendapat dosa.    

Orang yang jujur akan mendapat tiga keuataman, yaitu kepercayaan, cinta dan rasa hormat. Cinta karena orang jujur akan disukai oleh banyak orang, dan mendatangkan cinta dan kasih sayang. Rasa hormat berarti semacam rasa terimakasih karena bersikap jujur dan tidak berdusta.  

Maka dari itu kejujuran sangat lah penting. Belum lagi kepercayaan yang hancur akibat ketidakjujuran. Jujur itu mahal seperti kepercayaan yang mahal, sekali kepercayaan itu hancur dan dikecewakan maka akan sulit untuk percaya lagi. Begitulah pentingnya kejujuran.

Pentingnya Perilaku Jujur

Perilaku jujur sangat penting untuk kita lakukan, walaupun jujur itu bukan perkara yang mudah namun bukan perkara yang sulit juga. Tinggal komitmen dan hati nurani kita saja yang perlu dikuatkan. Untuk menciptakan keharmonisan dan keseimbangan dalam kehidupan, kita memerlukan kejujuran sehingga tidak ada pihak yang dirugikan, dizhalimi dan dicurangi akibat adanya kedustaan yang merupakan lawan dari kejujuran.  

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa jujur itu mendatangkan kebaikan dan membawa seseorang kedalam surga. Berikut hadits nya :  

“Dari Abdullah ibn Mas’ud r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya jujur itu membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga…” (H.R. Bukhari)  

Ada yang mengatakan bahwa “jujur itu mahal”, memang benar, karena tidak semua orang memiliki sifat kejujuran. Hanya orang-orang yang memiliki komitmen tinggi yang bisa bersikap jujur dalam segal hal. Kejujuran itu menghasilkan sebuah kepercayaan, misal kita bekerja secara jujur maka seseorang dapat percaya kepada kita.  

Sebaliknya kedustaan akan menghancurkan kepercayaan, satu kali saja dusta akan membuat seseorang susah percaya lagi dengan yang kita ucapkan atau lakukan. Kejujuran juga merupakan bagian dari akhlak islam. Maka dari itu sebagai seorang muslim, marilah kita selalu bersikap jujur dan apa adanya. Terakhir ada ayat Al-Qur’an tentang sikap jujur. Allah swt berfirman :   

SIkap jujur

  “Dan janganlah kamu campur adukkan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya . ” (Q.S. al-Baqarah/2: 42).  

Demikian artikel tentang pengertian dan pentingnya sikap jujur, terimakasih sudah support website kami dengan share artikel ini.

Dalil Tentang Perilaku Jujur

Dalam salah satu hadits dibawah ini disebutkan bahwa berperilaku jujur akan mendatangkan kebaikan dan mengantarkankan kita ke surganya Allah swt. Jujur tidak hanya pada sesama saja, tapi juga sama diri sendiri. Karena berbohong dengan diri sendiri itu suatu yang menyakitkan.   

Dalam sebuah hubungan percintaan pun diperlukan kejujuran agar tidak ada pihak yang tersakiti, dengan bersikap jujur akan terjalin hubungan yang harmonis dan membahagiakan.    

 Ayat Al-Qur'an Tentang Jujur

“Dan janganlah kamu campur adukkan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya . ” (Q.S. al-Baqarah/2: 42).  

“Hai sekalian orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah, dan jadilah kamu bersama orang-orang yang benar. (Q.S. At-Taubah ayat 119).

Hadits Tentang Jujur

“Dari Abdullah ibn Mas’ud r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya jujur itu membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga…” (H.R. Bukhari)  

Baca juga : Ayat Al-Qur’an dan Hadits Tentang Sabar   

Abu Chalid (Hakim) bin Hizam r.a. berkata : Bersabda Rasulullah SAW : Penjual dan pembeli keduanya bebas belum terikat, selagi mereka belum berpisah. Maka jika benar dan jelas keduanya, diberkahi jual beli itu, tetapi jika menyembunyikan dan berdusta maka terhakus berkah dari jual beli itu. (H.R. Bukhari, Muslim).  

Baca juga : Pengertian, Dalil dan Macam-macam Perilaku Amanah

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.