Contoh kalimat dari kata sirna dan arti kata sirna

Arti Kata Sirna: Sinonim dan Membuat Kalimat

Diposting pada 11 views

Arti kata sirna: sinonim dan membuat kalimat “Harapan yang sudah aku langitkan sirna”, kata seorang teman. “Kini kau boleh menangis dan menyerah. Luapkan segala emosimu. Aku yakin, saat waktunya tiba kau akan kembali bersemangat. Kuncinya kau hanya perlu berdamai dengan keadaan”, ucapku hari itu kepadanya.

Di tengah kehidupan yang penuh ketidakpastian kita semua mempunyai harapan tentang masa depan. Namun, kadang manusia lupa mempersiapkan diri, bila realitas tak sesuai harapan. Ketika harapan tak bisa digapai, banyak yang beranggapan harapan sudah sirna.

Sirna sering disandingkan dengan rasa kecewa dan juga hilangnya harapan. Sebaiknya, saat kamu memasang dirimu pada sebuah ekspektasi persiapkan diri juga bila ekspektasi tersebut belum bisa diraih. Lalu apa sebenarnya arti kata sirna? Artikel kali ini, akan membahas terkait apa arti sirna dan contoh kalimat dari kata sirna. Yuk langsung aja kita simak.

Arti Kata Sirna

Dalam KBBI kata sirna mempunyai dua arti kata. Pertama, arti kata sirna adalah hilang (lenyap) dari pikiran atau perasaan. Kemudian arti lainnya dari sirna adalah hilang (lenyap) tanpa bekas.

Berdasarkan pengertian di atas, sirna menggambarkan sesuatu yang hilang atau lenyap. Sesuatu tersebut tidak hanya benda yang berwujud nyata seperti harta, rumah dan barang melainkan bisa juga sesuatu yang tidak bisa dilihat secara nyata misalnya harapan dan perasaan.

Apa Sinonim Sirna?

Arti dari kata sirna adalah hilang atau lenyap. Persamaan kata sirna adalah amblas , bablas, buyar, gaib, habis, hanyut , hapus, hilang, hirap, lelap, lenyap, meresap, musnah, penyap, perlina, pudar, pupus dan putus. Sinonim kata sirna tersebut dapat kamu gunakan sesuai dengan konteks kalimat.

Kalimat dari Kata Sirna

Mari teman-teman kita membuat contoh kalimat dengan kata sirna. Di bawah ini kami sajikan beberapa contohnya, antara lain:

  1. Harapan dan mimpi mudah sirna karena kesalahan yang kecil.
  2. Aku ingin kecemasan yang ada pada diriku segera sirna.
  3. Kecurigaan mereka akan sirna, setelah datang bukti yang jelas.
  4. Masyarakat berharap agar corona segera sirna dan mereka bisa beraktivitas seperti dahulu kala.
  5. Momen bahagia pengantin terpaksa sirna karena diterjang banjir yang tak kunjung surut.
  6. Setelah banjir sirna, warna bekerja bakti membersihkan sampah yang berserakan.
  7. Kasih sayang orang tua pada anak tak akan pernah sirna, meski terkadang mendapat perlakuan kurang baik dari anak.
  8. Sikap Anton yang kasar membuat rasa cinta Ratih sirna begitu saja.
  9. Beberapa guru merasa sedih karena cita-citanya sebagai PNS sirna.

Arti Harapan yang Sirna

Kalimat harapan yang sirna sering sekali kita dengar dan baca pada kisah hidup seseorang. Manusia sering sekali menaruh harapan akan suatu hal yang ingin dia capai. Hingga, mereka menjadikan harapan tersebut titik keberhasilan. Nah teman-teman,  saat harapan tak bisa terwujud di situlah banyak yang merasa harapan itu sudah hilang atau sirna. Padahal, kamu masih bisa merubahnya dengan berusaha dan berdoa pada setiap langkah yang kamu tempuh untuk mewujudkannya.

Penutup

Berdasarkan pengertian di atas dan beberapa referensi, secara umum sirna berarti hilang atau lenyap. Semoga artikel arti kata, sinonim dan membuat kalimat dari kata sirna bermanfaat bagi teman-teman. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata