Contoh kalimat dengan kata sewaktu

Kalimat Menggunakan Kata Sewaktu​ dan Arti Kata

Diposting pada 26 views

Kalimat Menggunakan Kata Sewaktu​ dan Arti Kata – Sewaktu kecil kita punya mimpi yang entah membayangkan cara meraihnya saja masih belum tergambar. Bertumbuh makin dewasa, kita dihadapkan pada banyak sekali pilihan mimpi yang ingin segera kita raih. Namun, setiap genggaman bukankah butuh proses dan konsistensi untuk meraihnya?

Kata sewaktu jarang sekali digunakan pada obrolan sehari-hari. Namun, kata ini sering kali kita temui pada buku bacaan dan konten sosial media. Biasanya penggunaan kata sewaktu untuk menggambarkan sebuah kejadian atau aktivitas. Bagaimana contoh penggunaan kalimat dengan menggunakan kata sewaktu? Yuk langsung simak aja di artikel kali ini.

Arti Kata Sewaktu

Kata sewaktu berasal dari kata dasar waktu. Dilansir dari KBBI sewaktu memiliki arti sama waktunya, ketika dan saat. Berdasarkan arti kata tersebut, sewaktu biasa digunakan untuk menjelaskan waktu, keterangan waktu dan kejadian.

Sama halnya seperti kata dalam Bahasa Indonesia lainnya, sewaktu juga mempunyai persamaan kata. Sinonim kata sewaktu antara lain: selagi, selama, semasa, semasih, berbarengan, serempak, serentak dan simultan. Dari sinonim tersebut, penggunaan kata sewaktu bisa kamu pilih sesuai dengan arti kalimat secara keseluruhan.

Bagaimana teman-teman sudah mendapatkan gambaran penggunaan kata sewaktu? Kalau belum, kamu bisa melihat beberapa contoh kalimat menggunakan kata sewaktu di artikel kali ini.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Sewaktu

Makin sering menemui kata dalam sebuah kalimat akan memudahkan kita untuk memahami arti dari kata tersebut. Tentunya akan berbeda saat kamu jarang menjumpai kata tersebut, pasti akan terdengar asing. Nah, di bawah ini beberapa contoh kalimat dari kata sewaktu:

  1. Sewaktu kecil Nabi Yusuf pernah dibuang ke sumur oleh saudara kandungnya.
  2. Sewaktu kecil Nabi Ibrahim diasingkan ke hutan.
  3. Class meeting menjadi momen selain pelajaran olahraga yang paling dinanti sewaktu sekolah.
  4. Pola makan sehat akan membuat tumbuh kembang anak optimal sewaktu masa pertumbuhan.
  5. Mendapatkan pekerjaan yang sesuai passion menjadi harapan bagi para mahasiswa sewaktu kuliah.
  6. Sewaktu merambat gelombang memindahkan energi ke tempat tujuan tanpa memindahkan medium yang dilalui gelombang tersebut.
  7. Siasat gerilya menjadi pertahanan Pangeran Diponegoro sewaktu melawan Belanda.
  8. Sewaktu menstarter mobil, posisi gigi transmisi harus dalam keadaan netral.
  9. Nabi Isa AS mampu berbicara dengan lancar meskipun masih bayi sewaktu usianya baru terhitung beberapa jam saja.
  10. Kesabaran dan teladan yang baik menjadi modal utama sewaktu memberikan contoh yang baik bagi anak-anak.

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian di atas dan beberapa referensi, secara umum sewaktu memiliki arti ketika atau saat. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan sebuah kejadian dan aktivitas yang terjadi.

Nah itulah artikel Contoh Kalimat Menggunakan Kata Sewaktu​ dan Arti Kata. Semoga artikel ini mampu menambah insight dan kosakata baru bagi teman-teman. Sampai bertemu di artikel KitaPunya edisi selanjutnya. 

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata