Apa arti isolator

Kalimat dari Kata Isolator dan Apa Arti Isolator?

Diposting pada 3 views

Artikel kitapunya edisi arti kata dan contoh kalimat, kembali lagi di sesi kalimat dari kata isolator.

Istilah isolator pada masa sekolah, sering kita temui di pelajaran IPA. Dalam fisika isolator adalah bahan atau benda yang sulit bahkan tidak bisa menghantarkan panas.  Kalau dalam listrik atau elektro, isolator adalah bahan yang tidak bisa menghantarkan arus listrik.

Isolator berkebalikan dengan konduktor. Konduktor adalah bahan yang bisa menghantarkan arus listrik. Sedangkan isolator, berfungsi untuk mencegah sengatan listrik.

Lalu, sebenarnya apa itu isolator? Di artikel kali ini akan mengulas secara detail arti isolator. Tak lupa juga kami sajikan contoh kalimat dari kata isolator, agar pemahaman teman-teman makin bertambah. Yuk langsung cek aja!

Apa Arti Isolator?

Isolator memiliki keterkaitan dengan listrik (elektro) dan panas (kalor). Dalam ilmu elektro, isolator adalah material atau bahan yang tidak bisa menghantarkan arus listrik.

Dilansir dari KBBI arti isolator adalah penyekat atau pengisolasi (tentang arus listrik) dan bahan atau alat yang mempunyai hambatan elektrik atau panas yang sangat tinggi sehingga dapat dipakai untuk menyekat listrik atau panas dari benda lain.

Penggunaan isolator sangat penting digunakan dalam kelistrikan, karena digunakan untuk melapisi konduktor (bahan yang menghantarkan arus listrik). Tujuan penggunaan isolator adalah mencegah sengatan listrik. Mencegah sengatan listrik seperti apa? Mungkin teman-teman bertanya demikian.

Kita ambil contoh sederhana kabel. Kabel bagian dalam terbuat dari bahan kawat yang termasuk konduktor (mudah menghantarkan listrik). Tapi, saat kita memegang kabel tidak terkena arus listrik. Hal ini karena bagian luar kabel dilapisi oleh karet atau plastik yang merupakan isolator.

Kalimat dari Kata Isolator

Untuk teman-teman agar makin memudahkan dalam belajar, kami menyediakan beberapa contoh kalimat dari kata isolator sebagai berikut:

  1. Plastik merupakan salah satu benda yang termasuk isolator.
  2. Pegangan panci terbuat dari bahan isolator yaitu plastik.
  3. Panci merupakan benda yang menggunakan isolator dan konduktor secara bersamaan.
  4. Sifat konduktor dan isolator banyak dimanfaatkan dalam kehidupan, seperti keperluan rumah tangga, industri dan peralatan memasak.
  5. Isolator setrika listrik  terletak pada pegangan yang berbahan plastik.
  6. Udara merupakan salah satu  isolator gas yang paling umum digunakan.

Bahan-Bahan Isolator

Dari awal kita sudah membahas pengertian isolator dan contoh kalimatnya, rasanya kurang kalau kita tidak membahas contoh bahan isolator. Nah, di bawah kami sajikan beberapa contoh bahan isolator yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari;

Kayu

Kayu banyak digunakan pada alat memasak

Contoh bahan isolator yang pertama adalah kayu. Paling sering kita temukan kayu pada peralatan memasak. Gagang spatula terbuat dari kayu, agar tangan tidak panas saat memegang spatula.

Kayu juga bisa kita pakai untuk isolator listrik, asalkan kayu dalam kondisi kering.

Plastik

Setrika yang panas tapi tidak panas saat dipegang atau kabel yang tidak menyengat kita arus listrik saat dipegang? Karena pegangan setrika dan bagian luar kabel menggunakan isolator loh.

Kaca

Bahan isolator selanjutnya adalah kaca. Bahan isolator digunakan untuk merubah kaca menjadi fiberglass (serat kaca). Fiberglass terbuat dari serat kaca halus.

Kaca menjadi penyekat listrik yang banyak digunakan pada telepon dan saluran listrik sebelum bahan keramik dan fiberglass muncul.

Karet

Karet digunakan untuk isolator kabel

Karet terbuat dari getah pohon karet yang telah mengalami pengolahan. Bahan ini memiliki sifat lentur, kuat dan tahan air. Penggunaan karet sangat banyak digunakan dalam listrik misalnya untuk membungkus kabel.

Namun, untuk isolator panas karet kurang cocok karena bahan ini tidak tahan panas.

Kesimpulan

Okey teman-teman, isolator memiliki dua pengertian berdasarkan keterkaitannya dengan listrik dan panas. Berkaitan dengan panas, isolator adalah bahan atau benda yang sulit bahkan tidak bisa menghantarkan panas.  Kemudian berkaitan dengan listrik, isolator adalah bahan atau benda yang sulit bahkan tidak bisa menghantarkan listrik. Isolator banyak digunakan pada benda-benda di kehidupan sehari-hari agar kita nyaman dan tidak takut saat menggunakannya.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata