cloud hosting

Mengenal Apa Itu Cloud Hosting dan Manfaatnya untuk Toko Online

Diposting pada 231 views

Memulai sebuah bisnis bukanlah sesuatu yang mudah. Perlu strategi untuk menentukan tujuan dari dibuatnya bisnis tersebut agar nantinya bisa menjadi solusi yang dibutuhkan masyarakat sebagai calon pelanggannya. Saat ini, membangun bisnis tidak terlepas dari cara pemasarannya yang perlu disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Salah satunya adalah dengan menggunakan website untuk memasarkannya dalam bentuk toko online.

Ada berbagai jenis platform yang bisa digunakan untuk membuat sebuah website. Untuk sebuah toko online, cloud hosting menjadi pilihan yang cukup ideal sebagai platformnya. Jenis web hosting ini memanfaatkan resource dari sejumlah server yang digunakan untuk meningkatkan performa, uptime, dan meringankan load dari website yang dikelolanya.

Apa Itu Cloud Hosting?

Adanya cloud hosting bermula dari cloud computing yang ditemukan oleh John McCharty, seorang pakar komputer asal MIT, pada tahun 1960. Pada pertengahan era 90an, ide terkait cloud diangkat oleh founder Oracle sebelum akhirnya banyak dimanfaatkan oleh perusahaan seperti Amazon dan Google.

Cloud hosting adalah layanan penyimpanan data virtual yang terdiri dari database, file teks, video, gambar, dan lain sebagainya. Berbeda dengan hosting biasa, cloud hosting adalah versi upgrade dengan pusat penyimpanan data tanpa menggunakan hardware. 

Cara kerjanya menggunakan metode cluster dengan beberapa server terpisah yang bekerja di suatu pusat server virtual atau cloud itu sendiri. Itulah mengapa cloud hosting lebih unggul dalam kecepatan dibandingkan dengan shared hosting. Beban per server yang ada di dalamnya terbagi secara merata sehingga antara server 1 dan lainnya tidak terdapat beban yang berlebih.

Manfaat Cloud Hosting untuk Toko Online

Untuk para pemilik bisnis, kredibilitas suatu platform akan mempengaruhi keputusannya dalam memilih mana yang akan digunakan untuk memasarkan produknya. Dengan kapasitas servernya, cloud hosting menjadi salah satu pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pebisnis untuk membuat toko online. Berikut beberapa manfaat cloud hosting untuk toko online.

  • Jika terdapat lonjakan trafik yang terjadi secara mendadak, performa website toko online tidak akan terpengaruh karena kapasitas server dapat ditingkatkan secara otomatis. Dengan begitu, kecil kemungkinan adanya downtime saat terjadi lonjakan pengunjung yang berminat melakukan pembelian di toko online Anda
  • Data recovery lebih mudah dilakukan jika data tidak sengaja terhapus karena sebagian besar layanan cloud hosting akan memberikan cadangan datanya di lokasi lain. 
  • Load balancing adalah salah satu fitur dari cloud hosting. Dengan fitur ini, distribusi beban resource bisa dilakukan dengan lebih merata di cluster cloud melalui berbagai servernya. Waktu loading pun meningkat karena dengan sistem distribusi yang merata membuat beban di tiap server menjadi lebih seimbang.
  • Secara biaya, cloud hosting memang lebih mahal dibanding dengan hosting konvensional. Tapi dari segi fitur yang ditawarkan, terutama yang berkaitan dengan performa website yang lebih terjaga, cloud hosting tergolong worth it untuk dijadikan platform dari sebuah website toko online.
  • Ada sekitar lebih dari 60% perusahaan bermigrasi ke storage dengan sistem cloud computing. Sehingga mengenai kredibilitas, jaringan virtual cloud server yang digunakan oleh cloud hosting layak dicoba untuk mengembangkan bisnis melalui website toko online.

Kesimpulan

Kapasitas yang ditawarkan oleh cloud hosting termasuk sesuai untuk kebutuhan para pebisnis yang ingin memasarkan usahanya dengan sebuah website. Fitur load balancing yang mampu mendistribusikan beban sumber daya ke beberapa server sekaligus pada cloud hosting, menjadikannya pilihan yang stabil untuk toko online. 

Untuk mendapatkan website toko online yang berkualitas, DomaiNesia menawarkan berbagai pilihan paket cloud hosting yang dapat disesuaikan dengan budget serta kebutuhan. Disamping performa yang 3 kali lebih cepat daripada shared hosting biasa dari fitur Turbo Performance, terdapat domain gratis selama 1 tahun serta sertifikat SSL dari Let’s Encrypt. 

Dengan begitu, pelanggan bisa mendapatkan  uptime server yang terbaik dan kecepatan akses yang lebih kencang.  Toko online pun akan lebih terjaga keamanan serta performanya, sehingga tidak perlu khawatir dengan maintenance yang berlebih setelah website beroperasi untuk memasarkan bisnis Anda.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.