email hosting

Apa Itu Email Hosting? dan Manfaaatnya

Diposting pada 146 views

Apa itu Email Hosting? – Memang benar bahwa tidak semua orang memahami apa itu email hosting. Namun meskipun demikian, bukan berarti orang awam tidak boleh mengetahui akan definisi dari email hosting. Lagipula, dengan adanya perkembangan teknologi di zaman globalisasi seperti saat ini, kita sebagai manusia biasa-biasa saja pasti dengan mudahnya mendapatkan informasi apapun, tak terkecuali dengan apa itu definisi dari email hosting. Perlu diketahui bahwa keberadaan email hosting itu ternyata sangat bermanfaat dalam dunia bisnis, terutama untuk menjaga citra perusahaan. 

Email hosting dapat disebut juga sebagai layanan yang dipergunakan dalam perusahaan-perusahaan besar supaya lebih profesional. Mengapa begitu? Karena melalui email hosting ini, perusahaan-perusahaan tersebut dapat memiliki domain emailnya sendiri dan lebih mudah dalam mengelola bisnisnya. Lalu, apa sih email hosting itu? Apa saja manfaat dari email hosting bagi perkembangan bisnis? Bagaimana pula tips dan trik untuk memilih email hosting yang terpercaya? Nah, supaya kamu dapat memahami akan hal-hal tersebut, yuk simak ulasan berikut ini!


Memahami Definisi Dari Email Hosting

Dilansir dari glints.com, email hosting adalah sebuah layanan alamat email yang secara khusus memang digunakan untuk mengirim dan menerima email terutama di sebuah perusahaan. Mengapa layanan email hosting ini digunakan pada sebuah perusahaan saja dan bukan layanan pribadi? Sebab dalam layanan ini lebih cenderung bekerja dengan sistem berupa mengatur alamat email untuk semua karyawannya agar tetap sama dan memudahkan dalam mengatur database. Contohnya, kamu bekerja di perusahaan bernama Joule, maka alamat emailmu akan otomatis menjadi (nama kamu)@joule.com. 

Melihat dari contoh tersebut, pasti kamu sudah terbayang dong perusahaan apa saja yang menggunakan layanan email hosting ini? Yap, kebanyakan adalah perusahaan besar dengan ribuan karyawan. Di negara Indonesia sendiri, sudah tersedia berbagai layanan email hosting yang tentu saja masing-masingnya memiliki server tersendiri.

Manfaat Email Hosting Bagi Bisnis

Setelah memahami apa itu email hosting, apakah kamu juga penasaran mengapa layanan tersebut kebanyakan digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar? Jawaban utamanya adalah karena layanan email hosting secara tidak langsung dapat membantu perusahaan dalam mengelola bisnisnya, terutama dalam kredibilitas perusahaan. Nah, berikut adalah beberapa manfaat email hosting bagi bisnis.

1. Supaya Kredibilitas Perusahaan Dapat Meningkat

Dalam hal ini, kredibilitas perusahaan yang dimaksud adalah seberapa percayanya konsumen terhadap suatu perusahaan, terutama perusahaan yang menghadirkan produk dan jasa. Nah, melalui penggunaan email hosting ini, nantinya perusahaanmu akan dapat memiliki alamat email yang mana nama domainnya adalah nama perusahaanmu itu sendiri, bukan nama domain pada umumnya. Nama domain pada umumnya adalah @gmail.com, @yahoo.com, dan lainnya.

Jika dalam konteks bisnis, perusahaan yang memiliki alamat domain tersendiri menunjukkan bahwa perusahaan tersebut terlihat kredibel atau lebih terpercaya. Hal itu juga dinyatakan dalam survey yang pernah dilakukan oleh Verisign. 

2. Adanya Fasilitas Backup Email

Ketika melakukan kegiatan bisnis, pasti sering dong ada pertukaran informasi, penawaran, dan transaksi penting apapun itu dalam bentuk email. Nah, supaya email-email penting tersebut tidak hilang, diperlukanlah adanya fitur backup email. 

Sebenarnya, penyedia email gratis seperti Gmail itu juga menyediakan fasilitas yang serupa kok. Namun, hanya terbatas saja. Sementara dalam layanan email hosting, kamu dapat melakukan backup maupun restore pada semua akun email, terutama yang telah terhubung dengan domain perusahaan.

3. Memiliki Keamanan Privasi yang Lebih Baik

Sebuah perusahaan tentu saja harus memperhatikan keamanan privasi, terutama pada email yang dimiliki oleh para karyawannya. Apakah kamu tahu bahwa adanya iklan dalam sebuah penyedia layanan email gratis itu, ternyata dapat menjadi pertanda bahwa mereka dapat melihat isi inbox kita lho! Hal itu tentu saja sangat dihindari terutama bagi para pejuang bisnis. 

Nah, sementara para layanan email hosting tidak begitu sebab mereka memiliki keamanan privasi yang lebih baik. Dengan demikian, perusahaanmu akan mendapatkan privasi yang maksimal.

4. Bebas Iklan

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa penyedia layanan email gratis sering memunculkan iklan. Keberadaan iklan-iklan tersebut secara tidak langsung mengganggu produktivitas tim perusahaan, terutama iklan yang menampilkan promosi aneh-aneh. Maka dari itu, penggunaan layanan email hosting sangat diandalkan sebab tidak ada iklan seperti itu.

5. Dapat Digunakan Sebagai Branding Perusahaan

Apakah kamu menyadari bahwa dengan memiliki email yang berdomain nama perusahaan justru dapat meningkatkan branding dari perusahaan tersebut? Tidak hanya digunakan sebagai branding saja, tetapi juga akan memudahkan penerima email memahami siapa pengirimnya. 

Apabila kamu mengirimkan sebuah email promosi ke perusahaan lain tetapi dengan menggunakan alamat email biasa, pasti akan ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Pertama, penerima email akan menganggap email tersebut sebagai angin lewat dan justru akan dimasukkan ke bagian spam. Mengapa begitu? Karena email tersebut hanya menggunakan domain biasa saja. Kedua, penerima email akan tetap menerima email tersebut, tetapi tidak tahu perusahaan mana yang mengirimkannya, kecuali memang ada pernyataan di dalamnya. 

Nah, dalam situasi seperti ini menyebabkan kamu akan berpeluang gagal dalam memperkenalkan bisnis kepada calon pelanggan. 

6. Kapasitas Penyimpanan Lebih Besar

Pada layanan email gratis seperti Gmail, biasanya hanya menyediakan penyimpanan berkapasitas kecil, yakni hanya 15 GB saja. Kapasitas 15 GB hanya digunakan untuk penyimpanan Google Drive dan Google Photos. Untuk ukuran tersebut, bagi perusahaan tentu saja menjadi kapasitas yang kecil karena memang kebutuhan perusahaan terutama dengan ratusan karyawan itu memerlukan ruang yang besar. 

Nah, jika menggunakan layanan email hosting nantinya akan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Contohnya pada layanan email hosting DomaiNesia yang didukung dengan penyimpanan hingga gigabytes!

7. Lebih Fleksibel Dalam Pengaturan Akun

Pada layanan email gratis dinilai tidak efektif dalam konteks pengelolaan karyawannya. Misalnya, salah satu karyawan ada yang keluar. Namun, kamu sebagai pemilik perusahaan tidak dapat menghapus akun tersebut sebab harus menggunakan passwordnya terlebih dahulu. Tentu akan rumit ‘kan?

Nah, jika menggunakan layanan email hosting, semua akun email miliki ratusan hingga ribuan karyawan akan dikelola dari satu tempat saja. Tidak hanya itu, bahkan penamaan akunnya pun lebih sederhana sebab menggunakan nama masing-masing karyawan atau departemennya. 

Selain itu, layanan email hosting juga terdapat fitur broadcast email sehingga kamu akan dengan mudahnya mengirimkan satu email ke semua akun, terutama yang telah terhubung dengan domain perusahaan milikmu.

8. Penggunaannya Mudah

Apakah kamu pernah berpikir bahwa menggunakan layanan email hosting itu sulit? Ternyata tidak lho… menggunakan layanan email hosting tersebut sama mudahnya kok dengan email gratis pada umumnya. Penggunaan layanan email hosting ini dapat diakses melalui komputer maupun smartphone milikmu. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot menuju kantor hanya untuk mengakses layanan email berdomain perusahaan tersebut. 

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu email hosting dan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan layanan email hosting tersebut. Apakah kamu berminat untuk menggunakan layanan ini?

Beli Email Hosting di Domainesia

Salah satu penyedia email hosting adalah domainesia. Anda dapat memiliki alamat email yang profesional dengan nama domain untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan keuntungan bisnis yang berlipat-lipat. Salah satu kelebihan beli email hosting di domainesia adalah mudah digunakan, terdapat support siaga 24×7 yang siap membantu Anda serta memiliki filter anti-spam premium.

Apabila Anda cari hosting murah untuk perusahaan atau bisnis Anda, bisa beli juga di domainesia.

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.