Alasanku memilih jurusan TKR

Alasanku Memilih Jurusan TKR | Teknik Kendaraan Ringan

Diposting pada 117 views

Alasanku memilih jurusan TKR / Teknik Kendaraan Ringan – Perkenalkan saya adalah seorang laki-laki berusi 23 tahun, saya masuk sekolah jenjang SMA pada tahun 2012 dan kemudian lulus tepat waktu tiga tahun kemudian.

Waktu itu saya sedikit bimbang antara memilih jurusan teknik mesin, teknik informatika dan teknik kendaraan ringan. Lalu dengan berbagai pertimbangan, akhirnya saya yakin untuk masuk ke jurusan TKR. Saya berhasil diterima di salah satu SMK yang cukup terkenal, yaitu SMK N 2 Yogyakarta.

Lalu apa sih yang mendasari saya mengapa memilih jurusan ini? Sambil mengingat-ingat dan meraba-raba hati, saya akan coba menguraikan beberapa alasan saya masuk ke TKR.

Alasanku Memilih Jurusan TKR

1. Punya Bengkel Mobil

Terus terang, saya masuk jurusan TKR karena keluarga saya memiliki bengkel mobil. Pikirku waktu itu ya biar ngga jauh-jauh aja dari usaha milik keluargaku.

Toh, ayahku juga mendukung banget kalau aku masuk jurusan TKR. Laa mau ngapain lagi kan, siapa yang bakal nerusin bengkel mobilnya kalau bukan anaknya?

Kalau ayah Anda punya usaha yang terkait dengan TKR, Anda bisa memilih jurusan ini agar nantinya bisa meneruskan usaha ayah Anda.

2. Banyak Teman

Alasanku memilih jurusan TKR adalah karena banyak teman. Waktu itu ada beberapa teman dekatku yang juga masuk jurusan ini, mereka juga mengajakku untuk datang ke sekolah bersama-sama. Ketika sampai di sekolah, kami tanya-tanya tuh seputar jurusan, prospek kerjanya hingga biaya sekolahnya. Tak lupa, kami juga meminta brosur yang isinya tentang profil sekolahan tersebut.

Ajakan teman ternyata juga dapat mempengaruhi saya untuk masuk ke jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Daripada ke sekolah lain yang ngga ada temannya, lebih baik ke jurusan ini saja.

3. Suka Modifikasi Motor

Jika Anda termasuk orang yang suka modifikasi baik itu sepeda, motor atau bahkan mobil maka jurusan TKR ini cocok untuk Anda. Begitu juga bagi orang yang suka dengan touring dan gabung di klub seperti klub CB, klub Yamaha RX King dan lain sebagainya.

Dijurusan TKR nantinya Anda akan diajari lebih mendalam mengenai mesin, sehingga bisa langsung Anda terapkan kedalam hobi Anda.

4. Bercita-cita Memiliki Usaha Bengkel

Kalau Anda memiliki cita-cita memiliki bengkel mobil, cucian mobil, rental mobil, jual beli mobil atau bahkan ingin memiliki mobil buatan sendiri maka masuk jurusan TKR bisa menjadi alasan yang tepat. Pasalnya disitu kamu akan dipelajari dasar-dasar mengenai mesin mobil.

Baca juga : Fakta Anak Teknik Mesin Yang Belum Anda Ketahui

5. Jadi Pembalap

Ada yang suka dengan moto GP, atau ada yang suka dengan balap liar. Belum lengkap rasanya jika Anda ikut balapan tapi tidak tahu bagaimana mesin motor bisa bekerja.

Jika cara kerjanya saja tidak tahu, lantas bagaimana bisa membuat motor berlari lebih kencang? Untuk setting motor, minimal harus paham mengenai dasar-dasar motor.

Selain kelima alasan masuk jurusan TKR di atas, ada beberapa alasan umum lainnya, yaitu sebagai berikut.

6. Menarik Dan Menantang

Jika anda memiliki pribadi yang sudah dengan hal yang menantang, maka jurusan TKR sangat cocok untuk dipilih. Karena, di jurusan teknik kendaraan ringan nantinya akan mempelajari mengenai banyak hal yang berkaitan dengan mesin dan komponen kendaraan. Suatu hal yang sangat menarik untuk anda yang baru saja mempelajari mengenai kendaraan.

Bukan hanya itu saja, nantinya banyak tugas praktikum yang akan diberikan. Karena, tujuan dari lulusan TKR dituntut untuk bisa memahami ilmu dengan baik dan bisa menerapkannya. Jadi, berbagai macam tugas yang berkaitan dengan bengkel harus diselesaikan. Tidak jarang, banyak dari para siswa yang rela pulang malam untuk menyelesaikan tugas yang diberikan di bengkel. Banyak dari siswa yang justru suka kegiatan ini, karena lebih baik belajar dibandingkan untuk bermain.

Baca juga : 5 Kelebihan Mahasiswa Teknik Mesin, Fakta atau Tidak?

7. Skill Di Bidang Otomotif

Siapa sih yang tidak tertarik untuk memiliki skill di bidang otomotif. Pastinya, semua orang sangat tertarik untuk memiliki skill di bidang ini. Karena, hampir semua orang saat ini memiliki kendaraan. Nantinya, materi pembelajaran yang diberikan tentunya berkaitan dengan otomotif.

Meskipun memiliki nama jurusan teknik kendaraan ringan, tetapi yang dibahas bukan hanya mengenai sepeda motor saja. Tetapi, juga diberikan pembelajaran mengenai otomotif dalam kendaraan mobil. Karena, lulusan nantinya dipersiapkan untuk memiliki keterampilan dalam bidang kendaraan roda dua dan roda empat. Mulai dari mendesain, analisis kebutuhan dan perakitan otomotif.

Selain itu, pasti banyak dari anda yang berpikir bahwa skill di bidang otomotif hanya berkaitan dengan kendaraan secara langsung. Namun, nantinya materi yang diajarkan juga berkaitan dengan merancang dan memproduksi secara visual komponen dari kendaraan. Apa maksudnya?

Jadi, terdapat pelajaran mengenai perancangan komponen menggunakan software berbasis komputer. Karena, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan desainer untuk membuat perancangan komponen yang dibutuhkan menggunakan komputer. Jadi, dijamin mendapatkan skill berkualitas masuk dalam jurusan TKR!

8. Prospek Kerja Luas

Salah satu alasan mengapa memilih jurusan otomotif yaitu karena prospek kerja yang begitu luas. Jadi, setelah nantiya menyelesaikan pembelajaran di SMK maka bisa langsung bekerja. Untuk bekerja sendiri tidak perlu khawatir, jurusan TKR memiliki prospek kerja yang begitu luas.

TKR bisa bekerja di industri otomotif, pertambangan, sumber energi dan yang lainnya. Khususnya, banyak yang bekerja di industri otomotif sebagai operator produksi, teknisi maupun lainnya. Tidak menutup kemungkinan juga, bisa membuka usaha bengkel sendiri. Dengan begitu, bisa membuka lapangan kerja bagi banyak orang. Untuk itu, jangan khawatir mengenai prospek kerja lulusan jurusan ini.

Baca juga : Keunggulan Teknik Mesin Itu Apa Sih? Ketahui disini !

9. Selalu Dibutuhkan Oleh Industri

Kebutuhan industri terhadap lulusan jurusan teknik kendaraan ringan selalu dibutuhkan setiap saat. Saat ini, banyak sekali industri yang berjalan dan selalu membutuhkan jurusan TKR. Contohnya, yaitu perusahaan PT. ASTRA Motor yang rutin membuka lowongan pekerjaan untuk membantu proses industrinya.

Jadi, tidak perlu khawatir nantinya lulus akan kemana. Karena, jurusan Teknik Kendaraan Ringan yang paling dibutuhkan oleh banyak perusahaan industri saat ini. Bahkan, sebelum lulus sudah bisa mendaftar ke perusahaan. Biasanya, para perusahaan akan mengunjungi sekolah dan membuka lowongan, dari banyak lowongan jurusan TKR yang sering dibutuhkan.

10. Relasi Yang Luas

Bagi para siswa yang ingin lulus langsung bekerja, maka relasi sangatlah dibutuhkan. Jurusan TKR pasti memiliki jangkauan relasi yang begitu luas. Mulai dari teman seperjuangan, tempat PKL dan tempat dimana mencari ilmu lainnya. Relasi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk berkarir dalam industri.

Tanpa adanya relasi, mungkin akan lebih susah dalam melakukan pencarian informasi. Baik perihal pekerjaan, dan yang lainnya. Jadi, saat masuk ke jurusan TKR tentu akan sangat beruntung karena sudah pasti memiliki banyak relasi. Tidak perlu takut nantinya jika lulus akan bagaimana. Ingatlah, bahwa anda sudah mendapatkan banyak relasi untuk bisa mencari informasi khususnya pekerjaan.

Itulah sedikit ulasan mengenai alasanku memilih jurusan TKR atau teknik kendaraan ringan. Apakah anda masih tertarik ingin masuk ke jurusan ini? Tentu, anda memilih jawaban sendiri. Namun, jika sudah yakin ingin masuk ke jurusan ini maka jangan ragu. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.