prospek kerja statistika

5 Universitas Terbaik yang Ada Jurusan Statistika

Diposting pada 375 views

5 Universitas yang Ada Jurusan Statistika – Statistika merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data.

Statistika banyak sekali dibutuhkan di seagala jenis badan usaha, perusahaan maupun di perkantoran. Dan jurusan ini bisa kamu temui di universitas yang ada jurusan statistika.

Memang tidak bisa dipungkiri jika prospek kerja lulusan statistika sangatlah besar. Karena ilmu statistika juga mempelajari mengenai akuntansi dan ilmu ekonomi lainnya.

5 Universitas Terbaik yang Ada Jurusan Statistika

Jika kamu tertarik untuk masuk jurusan statistika setelah lulus SMA atau SMK, maka berikut ini adaalh 5 Universitas yang Ada Jurusan Statistika.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

Universitas Gadjah Mada - F MIPA
Sumber : mipa.ugm.ac.id

Statistika di UGM merupakan salah satu jurusan statistika yang sudah mendapatkan predikat A dari BAN-PT. Program studi ini termasuk ke dalam fakultas MIPA UGM.

Gelar yang diperoleh setelah lulus statistika UGM ialah S.Si (Sarjana Sains). Setidaknya ada 4 konsentrasi yang bisa kamu pilih salah satu, diantaranya ialah statistika keuangan, aktuaria, biostatistika dan statistika bisnis dan industri. UGM merupakan salah satu universitas yang ada jurusan statistika yang terakreditasi A.

Baca juga : 10 Prospek Kerja Statistika dengan Gaji Menjanjikan

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya

Intitute teknologi sepuluh november
Sumber : its.ac.id

Tak kalah dengan UGM, ITS memiliki jurusan statistika dengan akreditasi A dan memiliki 3 jenjang pendidikan, yaitu S1, S2 dan S3. Kamu pun juga bisa memilih sarjana internasional.

Selain itu, ITS juga berkolaborasi dengan beberapa perusahaan terkenal, semisal seperti PT. PHILIPS, PT. Pertamina, JTV, PT. ALSTOM, PDAM, Jawa Pos, dan lain sebagainnya. 

ITS terkenal dengan penelitiannya dengan kualifikasi sebagai peneliti statistika industri-bisnis, statistika sosial kependudukan, statistika lingkungan-kesehatan, statistika ekonomi finansial-aktuaria dan statistika komputasi. Semuanya sudah disediakan laboratorium khusus guna menunjang kualifikasi mahasiswa lulusan ITS.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor

Institut Pertanian Bogor
Institut Pertanian Bogor. Sumber : ipb.ac.id

Departemen statistika IPB merupakan penyelenggara pendidikan statistika pertama dan terbaik di indonesia. Lulusan statistika IPB diharapkan menjadi tenaga ahli statistika yang mampu merumuskan masalah, menganalisis data, menyajikan data, menguasai prinsip dasar statistika dan mampu berkomunikasi dengan praktisi bidang terapan.

Di IPB ada 3 jenjang pendidikan yaitu S1, S2, S2 terapan dan S3. Statistika IPB telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT tahun 2015.

4. Universitas Brawijaya (UB), Malang

Sumber : twitter @TrxshTae

UB merupakan salah satu universitas yang menjadi invaran banyak siswa yang baru lulus SMA. Hal ini dikarenakan letaknya di malang telah menjadi daya tarik tersendiri, karena banyaknya tempat wisata. Selain itu, UB juga memiliki kualitas yang tak kalah dengang UNPAD, UNAIR dan ITS. Bahkan bisa dibilang, UB juga memiliki jurusan statistika yang memiliki akreditasi A. 

UB telah menjalani tes akreditasi pada tahun 2019 kemaren dengan nilai A yang berlaku hingga tahun 2024. Namun untuk statistika S2 atau Magisternya, masih berakreditasi B. UB juga giat melakukan riset mengenai statistika. Jadi, jika kamu mendaftar universitas di UB, jangan sampai melewatkan untuk melakukan riset.

5. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang

Universitas Diponegoro (Undip)
Sumber : Twitter @TrxshTae

UNDIP merupakan salah satu universitas favorit yang banyak diincar oleh kalangan calon mahasiswa. Profil lulusan statistika yang diharapkan ialah programmer, akademisi, konsultan, manajer, sistem auditor, dan analis. Yang pasti, profil lulusannya sangat mudah bersaing di dunia kerja nantinya.

Statistika UNDIP telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dan telah mencapai level 6 dalam kesetaraan KKNI. Namun bisa dibilang, daya saing untuk masuk jurusan statistika di UNDIP sangatlah ketat.

Yaitu bisa mencapai 1:32, maksudnya ialah hanya 1 orang yang lolos dari 32 siswa yang mendaftar. Bisa dibayangkan bagaimana ketatnya seleksi masuk UNDIP. 

Di atas merupakan 5 universitas yang ada jurusan statistika yang telah memiliki akreditasi A. Dan bisa dikatakan, 5 universitas tersebut merupakan pemegang akreditasi A untuk jurusan statistika di indonesia. 

Baca juga : 4 Universitas Dengan Jurusan Kimia Murni Terbaik