prospek kerja statistika

10 Prospek Kerja Statistika dengan Gaji Menjanjikan

Diposting pada 1.068 views

10 Prospek Kerja Statistika dengan Gaji Menjanjikan – Bidang keilmuan matematika seperti statistika menjadi jurusan yang sangat populer karena prospek kerjanya dianggap menguntungkan. Mengingat matematika menjadi ilmu yang kurang diminati karena soal perhitungannya yang rumit. Pada kenyataannya prospek kerja statistika memanglebih menjanjikan karena hampir semua instansi atau lembaga butuh cara kerja pasti.

Prediksi atau perhitungan yang pasti tersebut hanya bisa dilakukan dengan menggunakan rumus yang banyak terdapat di ilmu statistika. Bahkan hampir di semua jurusan, ilmu statistika tetap dipelajari karena mencakup seluruh bidang secara luas. Bagi Kalian yang menjadi lulusan ilmu statistika tentu percaya diri karena banyak prospek kerja yang memiliki peluang besar.

Apa Itu Jurusan Statistika?

Banyak juga orang yang mengira bahwa ilmu statistika sama dengan statistik, ada perbedaan mendasar dari kedua definisi tersebut. Statistika adalah bidang kajian ilmu yang mempelajari, mendalami, mengumpulkan, sekaligus menginterpretasi data yang berhubungan dengan angka. Sedangkan statistik yakni data berupa angka itu sendiri yang nantinya diolah dengan ilmu lain.

Ilmu untuk mengolah data statistik tersebutlah yang dinamakan sebagai ilmu statistika. Cakupan bidang keilmuannya sangat luas, tidak hanya dapat diterapkan di bidang ilmu alam saja, tetapi juga ilmu sosial, seperti Psikologi maupun Sosiologi. Hal tersebut membuat para ahli atau lulusan ilmu statistik sangat dibutuhkan di hampir seluruh instansi atau lembaga nasional.

Apa Saja Prospek Kerja di Statistika?

Luasnya cakupan bidang ilmu statistika membuatnya menjadi jurusan yang memiliki prospek kerja sangat bagus. Para lulusan ilmu statistik bisa lebih fleksibel untuk menentukan instansi atau lembaga mana yang bisa dipilihnya saat hendak menekuni suatu pekerjaan. Ada banyak sekali rekomendasi pekerjaan yang menjanjikan, di antaranya seperti pada poin di bawah ini.

1. Dosen Ilmu Statistik

Bagi Kalian yang memiliki cita-cita atau harapan untuk menjadi seorang guru atau pengajar bisa memilih profesi sebagai dosen, khususnya bagi para lulusan ilmu statistika. Sebelum menjadi dosen, Kalian harus melakukan penyetaraan pendidikan terlebih dahulu agar bisa diterima di bidang tersebut. Caranya dengan menempuh S2 ilmu statistika terlebih dahulu.

Selain dosen, para lulusan ilmu statistika juga bisa menjadi pengajar di berbagai lembaga tanpa harus mengenyam pendidikan S2 terlebih dahulu. Namun, menjadi dosen memang lebih menjanjikan terutama jika Kalian bisa masuk sebagai PNS. Selain berpenghasilan sebagai dosen PNS, Kalian juga bisa memperoleh banyak penghasilan dari sumber lain.

Misalnya dengan proyek penelitian yang selalu dilakukan oleh para dosen sekaligus beberapa tokoh peneliti. Sekaligus menjadi pengajar tetap di sebuah instansi pendidikan, dan memperoleh sumber dana lain berupa tunjangan karena Kalian berstatus sebagai PNS.

2. Badan Pusat Statistik

BPS atau kepanjangan dari Badan Pusat Statistik merupakan lembaga nasional yang berada di bawah naungan negara. Tugasnya adalah untuk mencatat, melakukan survei, dan mengolah berbagai data yang berkaitan dengan statistik penduduk di suatu wilayah di Indonesia. Para lulusan ilmu statistik pasti sangat dibutuhkan oleh instansi BPS ini.

Kalian bisa bekerja sebagai pengolah data, analis, atau sebagainya di lembaga nasional tersebut. Akan lebih efektif jika Kalian merupakan seorang lulusan ilmu statistika yang berada di bawah naungan instansi negara yang bergerang di bidang pendidikan khusus statistika. Salah satunya seperti STIS, atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistika.

Gaji yang bisa Kalian peroleh dengan bekerja di BPS tentu sudah sangat menjanjikan. Rata-rata gaji yang diberikan kepada pegawai yakni sekitar 3 juta ke atas, bahkan ditambahkan dengan tunjangan yang totalnya hampir mencapai 33 juta rupiah. Setara dengan tunjangan kelas 1 para pegawai negeri sipil.

3. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional

Prospek kerja statistika yang tidak kalah menjanjikannya juga berada di lembaga nasional seperti BKKBN. Tenaga ahli yang berasal dari lulusan ilmu statistika sangat dibutuhkan di sini, bahkan kebanyakan perekrutan juga dibuka untuk lulusan bidang keilmuan tersebut. Tugasnya berupa melakukan survey, perhitungan sekaligus pengolahan data penduduk.

Hal tersebut dilakukan pada data seluruh penduduk di Indonesia yang terbagi dan terkategorisasi dalam sub-sub wilayah. Para lulusan ilmu statistika tentu sangat terbiasa melakukan perhitungan dan pengolahan data tersebut. Gaji yang bisa Kalian peroleh di sini juga sangat terjamin, yakni disesuaikan dengan UMK tiap wialayah.

Tetapi Kalian juga berpeluang untuk memperoleh tunjangan yang jumlahnya puluhan juta rupiah per bulan. BKKBN ada di setiap kota atau daerah di seluruh Indonesia sehingga Kalian bisa mendaftarkan diri di masing-masing wilayah sesuai dengan tempat tinggal Kalian.

4.Perusahaan BUMN

Selain menjadi pegawai pemerintah yang artinya harus mengabdi pada negara, Kalian sebagai lulsuan ilmu statistika juga berpeluang besar menjadi pegawai di perusahaan BUMN. Prospek kerja statistika yang dibutuhkan berada di posisi yang sangat penting karena berkaitan dengan perhitungan data dan angka yang dianggap cukup sulit.
Posisi yang bisa Kalian peroleh saat bekerja di perusahaan BUMN

sebagai ahli statistika juga sangat penting sehingga Kalian bisa memperoleh gaji yang besar. Ada banyak sekali perusahaan BUMN yang membuka peluang lebar bagi para lulusan statistika. Seperti PT. Pertamina Persero, Pt Antam, dan sebagainya.

Gaji yang bisa Kalian peroleh tentu sangat besar, fasilitas dan kenyamanan terjamin terutama jika Kalian bisa berada di posisi penting di perusahaan. Gaji pokok perusahaan BUMN biasanya setara dengan UMK di setiap wilayah, dan bisa lebih besar.

Baca juga : Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

5. Perusahaan Swasta

Apabila Kalian tidak menginginkan untuk bekerja di perusahaan pemerintah atau lembaga nasional, peluang besar juga bisa didapatkan di perusahaan swasta. Hampir semua perusahaan swasta memerlukan seorang yang ahli untuk mengolah data yang berupa angka. Kaiian bisa memilih berbagai perusahaan besar, seperti PT. Unilever atau lainnya.

Gaji yang bisa Kalian peroleh jika berhasil bekerja di perusahaan swasta ternama nasional atau bahkan dunia tentu sangat besar. Kalian bisa memperoleh gaji pokok 3 hingga puluhan juta rupiah, dan belum termasuk pesangon tambahan lainnya. Perusahaan swasta yang menjanjikan bisa berada di bawah naungan pihak asing, seperti Jepang atau Jerman.

6. Peneliti di Instansi Atau Lembaga Pemerintah dan Non Pemerintah

Para lulusan statistika juga memiliki peluang besar untuk berprofesi sebagai peneliti di berbagai instansi atau lembaga, baik yang bersifat pemerintah atau non pemerintah. Posisinya sangat dibutuhkan untuk mengolah data statistik yang berkaitan dengan bidang penelitian tertentu.

Jika Kalian ingin mendaftarkan diri di lembaga non pemerintah yang sifatnya sosialis, maka posisi yang tepat yakni sebagai pengolah data responden, atau lainnya. Sedangkan jika Kalian berminat untuk bekerja di lembaga pemerintahan tentu akan berhadapan dengan data angka di komputer saja. Gajinya pun sangat besar tergantung level instansi tersebut.

7. Wirausaha

Prospek kerja menjanjikan di akhir namun sedikit susah dan butuh perjuangan keras di awal yakni pebisnis atau wirausaha. Kalian yang menjadi lulusan statitika juga memiliki peluang besar untuk menjadi seorang pebisnis. Bahkan jika Kalian tekun, profesi pebisnis bisa Kalian jadikan sebagai sampingan saja untuk menambah penghasilan dari sumber yang lain.

Bisa Kalian bayangkan misalnya profesi utama yang dipilih menjadi seorang dosen, namun juga memiliki pekerjaan sampingan dengan berwirausaha. Tentunya penghasilan yang Kalian peroleh sangat banyak karena dihasilkan dari banyak sumber. Asalkan kalian tekun,pasti keuntungan yang bisa diperoleh mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah per bulan.

8. Konsultan Jasa Statistika

Peluang besar lainnya yakni menjadi seorang konsultan jasa statistika yang kini banyak dibutuhkan oleh masyarakat secara luas dari berbagai kalangan. Bahkan para akademisi pun seringkali memanfaatkan jasa konsultan jika terdapat masalah pada data mereka. Kalian bisa mendirikan jasa tersebut secara mandiri atau berkelompok.

Kalian juga dapat menentukan harga tiap konsultasi sesuai dengan kesepakatan diri sendiri atau bersama kelompok. Profesi ini bisa dijadikan sebagai pilihan utama atau sekedar sampingan saja. Karena Kamu dapat membuka jasa di rumah tanpa harus berkeliling ke berbagai tempat, serta mempromosikannya melalui internet agar caranya lebih praktis.

9. Lembaga Keuangan

Bukan hanya para lulusan perbankan, ilmu ekonomi dan bisnis saja yang dapat bekerja di lembaga keuangan. Para lulusan ilmu statistik juga memiliki peluang yang sangat besar bekerja di instansi atau lembaga keuangan, baik bank maupun bukan bank. Posisi kerjanya pun sangat strategis dan penting karena harus berhadapan dengan berbagai data rumit.

Gaji yang bisa Kalian peroleh dengan bekerja di lembaga keuangan sangat beragam, tergantung pada kemampuan lembaga dalam memberikan gaji kepada para pegawainya. Jika Kalian bekerja di lembaga keuangan resmi yang tergolong BUMN atau dari naungan pemerintah tentu memperoleh gaji yang sangat besar, serta ditambahkan dengan tunjangan.

10. Membuka Bimbel

Jika beberapa dari Kalian merupakan tipe orang yang tidak suka untuk diperintah atau menjalankan banyak tugas dan tekanan dari atasan. Maka membuka peluang kerja dan profesi baru bagi diri Kalian sendiri adalah hal terbaik, salah satu caranya seperti membuka bimbel. Kalian bisa membuka bimbingan belajar dari tahap paling sederhana.

Kalian bisa memulainya cukup dengan menerima semua orang yang ingin belajar tentang perhitungan, pengolahan data angka, interpretasi, dan sebagainya. Jika nama bimbel yang telah Kalian perkenalkan sudah cukup populer maka sesuaikanlah harga yang perlu ditetapkan. Dari situlah Kalian bisa memperoleh penghasilan yang besar dari hal kecil ini.

Penghasilan yang Kalian peroleh dihitung dari pembiayaan yang dikenakan kepada setiap orang yang ingin menggunakan jasa bimbel. Hitung di setiap bulan jika Kalian ingin mengetahui penghasilan perbulannya.

Baca juga : Cara Cepat Lulus Kuliah di UT

Semua bidang yang ada di berbagai instansi atau lembaga di seluruh Indonesia, baik itu di bawah naungan pemerintah maupun non pemerintah. Mereka memberikan peluang yang sangat besar bagi para lulusan statistika karena memang dibutuhkan agar lembaga atau instansi dapat berjalan dengan baik. Sangat mudah jika Kalian ingin mendaftar di perusahaan tertentu.

Sama seperti pada jurusan lainnya, Kalian tidak akan bisa memperoleh harapan atau impian berharga dari bidang yang telah ditekuni jika tidak mengawalinya dengan usaha keras. Sebelum Kalian dapat bekerja di berbagai instansi atau lembaga yang telah disebutkan di atas. Kalian harus terlebih dulu mengikuti seleksi dengan perjuangan dan usaha keras tanpa menyerah.

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.