syarat masuk jurusan arsitektur

Syarat Masuk Jurusan Arsitektur Yang Harus Dipenuhi

Diposting pada 99 views

Syarat Masuk Jurusan Arsitektur – Apakah anda salah satu yang ingin masuk ke jurusan ini? Sebelum masuk ke jurusan arsitektur maka harus memahami mengenai syarat yang diberikan. Karena, setiap jurusan pasti memiliki syarat sebelum masuk menjadi mahasiswa. Sangat penting, bagi para calon mahasiswa untuk mengetahui syarat apa yang diberikan.

Jurusan arsitektur berkaitan dengan desain untuk konstruksi bangunan. Untuk membuat desain ini memang tidaklah mudah, dibutuhkan teknik tersendiri. Untuk anda yang tertarik masuk pada jurusan ini, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai persyaratannya. Apa saja syarat masuk jurusan arsitektur? Ketahui selengkapnya pada artikel ini.

Beberapa Syarat Masuk Jurusan Arsitektur

Jika anda ingin masuk ke jurusan arsitektur, maka harus mengetahui beberapa persyaratannya. Berikut ini persyaratannya:

1. Kreatif

Salah satu syarat untuk bisa masuk ke jurusan arsitektur haruslah kreatif. Seseorang yang kreatif pasti memiliki pemikiran yang luas. Arsitektur berkaitan dengan desain yang membutuhkan pemikiran luas agar bisa menghasilkan desain berkualitas. Berpikir kreatif sangat diharuskan untuk bisa menciptakan solusi dari permasalahannya. Permasalahan yang berkaitan dengan desain sangat membutuhkan penyelesaian dengan cara yang berbeda.

Ide-ide yang kreatif sangat dibutuhkan untuk bisa menghasilkan desain yang berkualitas. Jadi, sebaiknya jika ingin masuk ke jurusan arsitektur sangat diharuskan untuk kreatif. Agar desain yang dihasilkan tidak monoton atau sudah sering dilakukan oleh banyak orang. Namun, tampilkan sisi yang berbeda agar lebih menarik dan tentunya memiliki nilai keindahan. Inilah yang sangat dibutuhkan dan alangkah baiknya sudah dimiliki sejak sebelum masuk perguruan tinggi.

2. Kemampuan Dan Kemauan Belajar

Jika ingin masuk ke jurusan arsitektur sebagainya memiliki kemampuan dan kemampuan untuk belajar. Apa maksudnya? Pertama yaitu berkaitan dengan kemauan belajar. Mahasiswa diharuskan untuk siap belajar hal-hal yang baru. Bukan hanya satu dua materi, melainkan nantinya akan banyak materi yang juga diajarkan.

Setelah mempelajari materi, tentu harus bisa menerapkannya. Disinilah, kemampuan harus dikeluarkan dengan sepenuhnya. Jangan hanya mempelajari saja namun tidak bisa menerapkannya. Diharuskan untuk bisa mempelajari serta melakukan penerapannya. Dengan begitu, materi yang dipelajari tidak akan sia-sia.

Baca juga : Bagaimana Peluang Kerja Teknik Sipil bagi Wanita?

3. Seni Dan Estetika

Mengapa calon mahasiswa diharuskan untuk paham mengenai seni dan estetika? Dalam penerapannya, nantinya desain yang dibuat akan selalu berkaitan dengan seni dan estetika. Dua hal ini saling bergantung satu sama lainnya. Jadi, dalam membuat desain maka dibutuhkan seni dan estetika yang baik.

Di dalam ilmu arsitektur tidak terlepas dengan unsur seni dan estetika. Bagaimana bisa membuat sesuatu yang bernilai seni tinggi serta memiliki sisi keindahan. Pemahaman mengenai estetika dan seni nantinya seperti garis, bentuk, bidang, komposisi, warna, keseimbangan dan yang lainnya. Memahami seni dan estetika penting agar bisa menerima pembelajaran dengan baik.

4. Teknologi

Sangat penting, untuk para calon mahasiswa arsitektur untuk bisa memahami mengenai teknologi. Tidak dapat dipungkiri, jika di era sekarang ini teknologi memiliki peranan yang sangat penting. Termasuk, untuk menggambar desain juga sudah menggunakan teknologi komputer. Meskipun, nantinya tetap ada pembelajaran mengenai menggambar desain menggunakan pulpen dan kertas gambar.

Namun, pembelajaran desain dengan menggunakan teknologi komputer tetaplah dibutuhkan. Desain menggunakan komputer tentu jauh lebih baik. Termasuk, untuk gambar dan perhitungannya menjadi lebih jelas. Jadi, setidaknya anda sudah harus memahami mengenai teknologi dan mempersiapkan komputer atau laptop untuk keperluan kedepannya.

5. Mampu Secara Finansial

Tidak dapat dipungkiri, jika dalam perkuliahan pasti membutuhkan biaya. Lalu, apakah sudah mampu secara finansial untuk masuk ke dalam jurusan arsitektur? Untuk biaya yang dikeluarkan setiap kampus tentu berbeda-beda. Untuk itu, sangat penting untuk mencari tahu mengenai biaya yang diterapkan dalam jurusan arsitektur ini.

Sebenarnya, tidak selalu harus mengandalkan pembayaran secara pribadi. Karena, anda juga bisa mencari informasi mengenai beasiswa yang tersedia. Biasanya, dalam setiap kampus pasti akan selalu ada beasiswa dengan syarat tertentu. Disinilah, anda bisa memanfaatkan agar bisa mengurangi beban orang tua dalam pembayaranya. Jangan ragu untuk mencari beasiswa, selama anda memenuhi persyaratan maka bisa mendapatkannya!

6. Bakat Menggambar

Haruskah calon mahasiswa jurusan arsitek memiliki bakat menggambar? Sebenarnya, anggapan ini tidaklah sepenuhnya benar. Bakar menggambar memang penting, namun jika tidak diasah apa gunanya? Yang dimaksud dalam bakat menggambar yaitu setidaknya tertarik untuk mempelajari yang berkaitan dengan menggambar. Kareena, arsitektur sangat tidak jauh dengan menggambar. Bahkan, setiap harinya selalu ada tugas yang berkaitan dengan menggambar.

Tugas menggambar setiap hari yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa bukanlah tanpa alasan. Melainkan, tujuannya agar mahasiswa bisa lebih memahami mengenai desain secara penuh. Seperti memahami konsep dari gambar, karena setiap goresan gambar memiliki arti yang sangat mendalam.

Jadi, alangkah baiknya untuk mulai memiliki ketertarikan menggambar agar nantinya bisa lebih  berbakat.Bagaimana, sekarang anda sudah paham ya mengenai syarat masuk jurusan arsitektur. Jadi, jika anda tertarik ingin masuk ke jurusan ini maka jangan ragu. Segera, pastikan anda telah memenuhi semua persyaratan diatas ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Kuliah Desain Interior

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.