mengenal kuliah desain interior
Mengenal Kuliah Desain Interior

Mengenal Lebih Dekat Kuliah Desain Interior

Diposting pada 138 views

Mengenal Lebih Dekat Kuliah Desain Interior – Desain interior memiliki artian yang sangat luas dan berkaitan dengan banyak hal. Perlu anda ketahui, bahwa terdapat jurusan desain interior yang berkaitan dengan tata ruang. Jurusan desain interior nantinya memang mempelajari banyak hal, termasuk yang berkaitan dengan tata letak sebuah ruangan.

Mungkin, masih banyak yang belum tahu mengenai jurusan ini. Faktanya, memang demikian informasi mengenai jurusan desain interior masih begitu sedikit. Meskipun begitu, sudah cukup banyak yang tertarik ingin masuk ke jurusan yang lebih dekat dengan dunia arsitektur ini. Lebih jelasnya, pada artikel ini kami akan membahas mengenai kuliah desain interior.

Apa Itu Desain Interior?

Desain interior adalah cabang ilmu yang mempelajari mengenai perancangan tata letak, ruang dalam pada sebuah bangunan. Mulai dari keadaan fisiknya apakah sudah memenuhi kebutuhan dasar manusia. Seperti perlindungan dan kenyamanan saat digunakan. Selain itu, desain interior juga berkaitan dengan nilai estetika.

Apa maksudnya? Jadi, membuat desain bukan hanya asal-asalan. Melainkan, juga harus memperhatikan nilai keindahan dan estetika yang dimiliki. Apakah memang sudah sesuai dengan yang diinginkan. Serta, berusaha untuk memaksimalkan fungsi dari ruangan agar penghuni nyaman dan senang berada di ruangan tersebut.

Apa Yang Akan Dibahas Pada Kuliah Desain Interior?

Setelah mengetahui pengertiannya, sekarang berkaitan dengan apa yang akan dibahas pada perkuliahan. Jurusan desain interior membahas beberapa hal yang berkaitan dengan desain sebuah ruangantentunya. Berikut ini yang akan dibahas antara lain:

1. Pengetahuan Desain

Hal pertama yang nantinya akan dipelajari yaitu berkaitan dengan pengetahuan desain. Tugas utama mahasiswa nantinya adalah kan mempelajari mengenai elemen dan prinsip-prinsip tata ruang, faktor manusia dalam sebuah desain, psikologi persepsi serta psikologi lingkungan.

Dengan begitu, mahasiswa diharapkan paham bahwa untuk membuat desain interior tidak sembarangan. Melainkan harus memenuhi beberapa unsur tersebut terlebih dahulu. Jika unsur tersebut telah dipenuhi, kemudian terdapat beberapa faktor lainnya. Hasilnya, sudah pasti akan berkualitas dan tidak mengecewakan!

2. Pengetahuan Seni

Selain mempelajari mengenai pengetahuan desain, juga belajar tentang pengetahuan seni. Apa yang akan dibahas pada perkuliahan? Yaitu yang berkaitan dengan estetika, merancang/menggambar dan mempelajari sejarah dari desain. Penerapan dari seni dalam tata letak bangunan jelas sangat membantu. Terutama, yang berkaitan dengan menggambar pada interior.

Menggambar di interior tidak bisa sembarangan dapat dilakukan. Melainkan, harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Apakah gambar tersebut layak untuk diberikan pada interior. Serta, apakah memiliki nilai keindahan jika diberikan gambar tersebut. Selain itu, bagaimana desain yang nantinya akan diterapkan. Semua hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Pengetahuan Pendukung

Nantinya, di jurusan desain interior juga akan mempelajari materi mengenai pengetahuan pendukung. Apa yang akan dibahas? Yaitu berkaitan dengan teknologi bangunan, material, fisik bangunan, lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi. Semuanya sangat penting untuk diperhatikan.

Meskipun, dalam penerapannya nanti lebih mengarah pada desain. Namun, pengetahuan pendukung ini juga sangat penting. Sebagai contoh, untuk melakukan desain terhadap bangunan modern berbeda dengan bangunan lama. Karena, struktur dari material yang digunakan juga berbeda. Termasuk dengan lingkungan alam dari tempat tersebut apakah memang layak untuk diterapkan.

4. Praktek Desain Interior

Bukan hanya mempelajari mengenai materi saja, melainkan juga praktik secara langsung. Materi yang telah diajarkan nantinya harus dilakukan praktek secara langsung. Mulai Dari programming, desain proses sampai dengan presentasi dan komunikasi. Praktik merupakan salah satu yang paling penting dalam proses pembelajaran.

Apa gunanya materi jika tidak dilakukan praktik. Jadi, dengan melakukan praktik inginlah ilmu yang disampaikan bisa diimplementasikan. Khususnya, yang terkait dengan desain yagar bisa memahami bagaimana penerapan desain yang tepat dan pas. Hasil akhirnya akan menunjukan apakah desain tersebut telah memenuhi kebutuhan dan sesuai pada keinginan.

Baca juga : Mahasiswa Kupu Kupu, Ini Manfaat dan Kerugiannya

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Desain Interior?

Membahas mengenai prospek kerja untuk lulusan desain interior tentu sangat luas. Lulusan desain interior nantinya tidak perlu bingung dalam mencari pekerjaan. Karena, di era sekarang yang serba digital ini sangat memberikan peluang kerja besar bagi lulusan desain interior.

Dengan keterampilan yang berkaitan dengan desain, maka sangat bisa masuk dalam berbagai macam bidang. Lulusan bisa bekerja menjadi Drafter, Visual 3D ruangan, membuka jasa Desain Interior dan yang lainnya.

Menariknya, lulusan desain interior juga bisa bekerja secara freelance atau kerja remote. Bagaimana maksudnya? Jika bekerja secara freelance, maka dapat menentukan sendiri waktu untuk bekerjanya selama sesuai dengan deadline yang ditetapkan. Sudah banyak sekali situs yang menyediakan pencarian client untuk desain.

Sedangkan, untuk pekerjaan kerja remote berarti bekerja dari jarak jauh. Pekerjaan bisa dilakukan dirumah sesuai dengan ketentuan kantor masing-masing. Selama, pengerjaan sesuai dengan yang diinginkan. Bagaimana, sangat menarik kan prospek kerjanya!

Baca juga : Mahasiswa Sebagai Agent Of Change : Ciri-Ciri dan Perannya

Sekarang, anda sudah paham ya mengenai kuliah desain interior. Jurusan yang satu ini memang menawarkan ilmu yang bermanfaat dalam bidang tata ruang letak. Jadi, jika memang anda tertarik ingin masuk ke jurusan ini jangan ragu. Tentukan perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan anda!

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.