Pengertian Waiter

Pengertian Waiter dan Tugasnya Lengkap

Diposting pada 343 views

Apa pengertian waiter? Saat ini, kebutuhan dunia kerja terhadap profesi ini semakin meningkat seiring dengan maraknya usaha makananan dan minuman yang menjamur di perkotaan. Tak jarang, jobseeker mencari tahu apa pengertian dan tugasnya sebagai persiapan saat interview kerja nanti.

Dimanakah teman Kitapunya menjumpai waiter? Kita sering menjumpainya di restoran atau cafe. Mereka akan menyambut kita dengan ramah, menawarkan menu dan mengantarkan makanan kepada kita. Namun, tidak hanya itu saja tugas yang mereka lakukan. Artikel kali ini, akan mengulas lengkap. Yuk langsung kita simak!

Pengertian Waiter

Waiter dalam bahasa Indonesia berarti pelayan atau pramusaji. Pengertian waiter adalah seorang profesional yang bertugas menyambut dan melayani kebutuhan pelanggan sesuai dengan SOP perusahaan.

Istilah waiter ini juga sering disandingkan dengan waiters. Tidak jarang pula, ada pertanyaan tentang apa perbedaan waiter dan waiters? Keduanya sama, hanya berbeda dari segi jenis kelamin. Waiter untuk laki-laki sedangkan waiters perempuan. Tugas dan tanggung jawab keduanya juga sama, hanya saja waiter mempunyai beban tanggung jawab yang lebih besar seperti mengangkat barang.

Umumnya waiter bekerja di sektor Food and Beverage seperti restoran, cafe dan tempat makan. Tidak hanya itu, profesi ini bisa bekerja di berbagai sektor lain seperti hotel dan kapal pesiar yang  lingkup pekerjaannya berkaitan dengan melayani pelanggan serta mengantarkan makanan dan minuman.

Tugas Waiter

Tugas Waiter

Apa yang kamu ketahui tentang tugas waiter? Tugasnya tidak hanya menyambut pelanggan dan mengantarkan pesanan loh. Ternyata waiter bertugas mulai dari persiapan (sebelum restoran buka) hingga saat restoran sudah tutup pun mereka juga mempunyai tugas yang harus dikerjakan. Nah, inilah beberapa tugas waiter:

1. Persiapan Sebelum Restoran Dibuka

Tugas Waiter Kafe

Sebelum restoran buka, seorang waiter harus bersiap lebih awal. Oleh karenanya, mereka datang lebih awal sebelum jam operasional untuk mempersiapkan segala keperluan. Harapannya, saat pelanggan datang, restoran sudah rapi dan nyaman untuk pelanggan. Berikut tugas waiter sebelum restoran buka:

  • Menyiapkan dan merapikan ruangan serta meja di restoran.
  • Memastikan ruangan dan meja dalam keadaan bersih sehingga pelanggan akan merasa nyaman saat tiba.
  • Menyusun meja dengan rapi dan memastikan semua perlengkapan seperti serbet dan peralatan makan telah tersedia.

2. Saat Restoran Dibuka

Waiter bertugas menyapa dan melayani pelanggan

Saat restoran sudah buka, tugas seorang waiter menjadi lebih padat. Kamu harus bergerak cepat untuk melayani pelanggan, terutama saat waktu makan siang dan ketika restoran ramai. Tugas yang kamu lakukan cukup kompleks mulai dari saat pelanggan datang hingga pelanggan pergi meninggalkan restoran. Agar suasana kerja menjadi lebih mudah dan ringan, ciptakan koordinasi dengan anggota tim. Berikan pula, layanan yang ramah agar pelanggan kembali lagi ke restoran tempatmu. Nah, berikut beberapa tugas waiter saat restoran sudah buka:

  • Menyambut pelanggan yang datang dengan ramah.
  • Memberikan rekomendasi tempat duduk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, apakah mereka datang bersama keluarga atau sendirian.
  • Memberikan buku menu kepada pelanggan.
  • Memberikan saran tentang menu best seller jika pelanggan merasa bingung.
  • Mencatat pesanan dengan teliti untuk memastikan bahwa pesanan sesuai dengan keinginan pelanggan, bila perlu tanyakan kembali apakah pesanan sudah sesuai.
  • Menyetorkan pesanan pelanggan ke tim dapur dan kasir untuk diproses.
  • Menyajikan pesanan makanan dan minuman ke meja pelanggan.
  • Membawakan tagihan makanan.
  • Membersihkan meja yang telah ditinggalkan oleh pelanggan.
  • Menangani segala keluhan pelanggan dengan baik dan profesional.
  • Memberikan arahan jika pelanggan membutuhkan bantuan, seperti menunjukkan lokasi toilet atau memberikan peralatan makan tambahan.
  • Berkolaborasi dengan rekan kerja lain di restoran, mulai dari kasir, koki dan lead untuk menciptakan inovasi dan kenyamanan pelanggan.

3. Setelah Restoran Tutup

Setelah jam operasional restoran tutup, kamu tidak bisa langsung pulang loh. Paling tidak kamu harus berada di restoran selama satu jam untuk melaksanakan tugas lainnya mulai dari membersihkan area restoran hingga melakukan evaluasi harian. Berikut tugas waiter setelah restoran tutup:

  • Membersihkan seluruh area restoran, terutama meja makan.
  • Memastikan semua peralatan dan perlengkapan kembali ke tempat semula.
  • Melakukan evaluasi kinerja bersama staf lain, terutama jika ada keluhan pelanggan yang perlu diselesaikan.

Kesimpulan:

Jadi, pekerjaan seorang waiter tidak hanya terbatas pada saat pelanggan makan di restoran saja. Melainkan mulai persiapan sebelum restoran buka hingga saat sudah tutup. Besarnya beban kerja tergantung pada besar kecilnya tempat kamu bekerja, apakah pelanggan masih sedikit atau sudah cukup banyak? Biasanya pada restoran atau cafe yang ramai dan terkenal jumlah waiter bisa lebih dari 3 orang. Oleh karenanya, kamu juga harus pandai dalam komunikasi dan kerja sama dengan tim.  

Nah, itulah informasi tentang pengertian waiter dan tugasnya. Bagaimana kamu tertarik bekerja di posisi ini? Persiapkan dirimu dengan matang ya! Bila kamu belum ada pengalaman, bisa juga mengikuti kursus. Selain kursus offline, kamu juga bisa mengikuti kursus online.

Bila artikel ini bermanfaat, bagikan juga ke grup dan sosial media kamu. Kunjungi website Kitapunya dan dapatkan konten terkait karir dan pendidikan tiap harinya!

Kunjungi Juga Artikel Lain yang Mugkin Saja Sedang Kamu Butuhkan:
Berapa Gaji Karyawan Bakery / Toko Kue?
7 Tugas Kasir Restoran: Tanggung Jawab, Kualifikasi, Skills dan Gajinya
Pegawai Kafe: Tugas, Tanggung Jawab, dan Gajinya

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.