Pengertian Moderator: Tugas, dan Cara Menjadi

Diposting pada 65 views

Apakah anda mengetahui Najwa Shihab? Atau mungkin, anda menjadi satu dari sekian juta penonton yang selalu terpukau dengan caranya memandu acara? Atau bahkan, mungkin anda mempunyai cita-cita untuk menjadi seperti Najwa Shihab? Melakukan wawancara dan juga memandu kegiatan diskusi antar tokoh penting di negara ini?

Memanglah tidak bisa dipungkiri, bahwa belakangan ini, popularitas Najwa Shihab dan acara televisi yang dipandunya sedang sangat meningkat, terutama di kalangan anak muda yang mulai berpikir kritis dan senang mencari berbagai macam informasi. Melalui acara yang dipandunya, Najwa Shihab acap kali mengundang berbagai macam narasumber penting untuk kemudian diajak berdiskusi perihal berbagai macam isu yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat.


Kemampuan yang dimiliki oleh Najwa Shihab untuk memandu jalannya sebuah diskusi memanglah menjadi salah satu daya tarik utama dari acara tersebut. Caranya yang tegas dan lugas serta kemampuannya untuk memberikan pertanyaan yang tajam seakan mampu menghipnotis dan menarik perhatian dari para penikmat acaranya.

Orang-orang awam seringkali menganggap bahwa seorang moderator mempunyai pengertian yang sama dengan seorang master of ceremony (MC) atau yang biasa disebut dengan pembawa acara. Hal tersebut dikarenakan, kedua profesi tersebut memiliki kesamaan tugas yaitu untuk memandu jalannya sebuah acara. Namun, pada nyatanya, kedua profesi tersebut berbeda.

Perbedaan di antara moderator dengan pemandu acara, pada umumnya terdapat di tugas dan tanggung jawabnya. Seorang moderator mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memandu pertukaran gagasan antar anggota di dalam forum-forum. Misalnya seperti di dalam kegiatan debat, diskusi, musyawarah, meeting, gelar wicara, dan berbagai macam kegiatan serupa yang lainnya. Sedangkan MC atau pemandu acara, mempunyai tugas dan tanggung jawab yang lebih luas yaitu memandu di berbagai acara akan tetapi secara menyeluruh, meliputi dari membuka acara hingga penutupan.

Nah, dalam artikel kali ini, kami akan membahas berbagai hal mengenai moderator. Dimulai dari pengertian dari moderator, tugas dan tanggung jawab, fungsi, apa-apa saja yang harus dimiliki oleh moderator, dan juga langkah-langkah yang harus dilakukan apabila suatu saat anda menjadi seorang moderator. Berikut rangkuman mengenai moderator dari kitabisa.net !

PENGERTIAN MODERATOR

Sebenarnya, apa sih arti dari moderator? Jikalau ditelurusi dari bahasa asalnya, yaitu Bahasa Inggris, moderator mempunyai arti yakni sebagai orang yang melakukan moderasi atau menjadi penengah. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), moderator memiliki beberapa arti, yaitu :

  1. Orang yang mempunyai tugas sebagai penengah (wasit, hakim dan sebagainya)
  2. Pemimpin sidang (diskusi, rapat, musyawarah) yang menjadi penengah pada acara pendiskusian atau pembicaraan masalah
  3. Alat di mesin yang mengontrol atau mengatur aliran sumber tenaga atau bahan bakar

Dikarenakan dalam artikel kali ini konteks moderator yang akan kami bahas yaitu sebagai penengah dalam berjalannya suatu acara, maka kalian bisa memfokuskan artinya dari poin pertama dan kedua ya.

Munculah sebuah pertanyaan : “mengapa berjalannya suatu diskusi membutuhkan seorang moderator sebagai penengah?”

Salah satu alasan utama dibutuhkannya seorang moderator sebagai penengah kegiatan diskusi, yaitu waktu. Seorang moderator diperlukan sebagai penengah kegiatan diskusi, karena dalam kegiatan diskusi memiliki batasan waktu yang telah ditentukan terutama apabila kegiatan diskusi tersebut ditayangkan di TV, maka ada batasan waktu untuk iklan, maupun untuk acara TV yang berikutnya. Bayangkan saja seandainya jika dalam berjalannya suatu kegiatan diskusi tidak diberikan batas waktu, maka diskusi tersebut akan menjadi sangat lama dan membosankan.

Seorang moderator dalam kegiatan diskusi memberikan batasan-batasan waktu, sebagai pengingat, bahwa kapan pihak A mulai berbicara, kapan pihak A harus berhenti berbicara, kapan pihak B mulai berbicara, dan begitu seterusnya hingga kegiatan diskusi tersebut berakhir sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Mungkin setelah membaca penjelasan tadi, anda akan merasa “wah, sepertinya menjadi moderator bukanlah hal yang mudah”. Sebelum anda menyimpulkan hal tersebut, alangkah baiknya apabila anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai apa saja tugas-tugas, tanggung jawab, dan juga fungsi dari seorang moderator.

TUGAS MODERATOR

Dilansir dari berbagai macam sumber, seorang moderator, mempunyai berbagai tugas serta tanggung jawab yang diantaranya yaitu :

  1. Sebagai pengawal sekaligus pengawas dalam kegiatan diskusi di suatu forum.
  2. Memastikan bahwa bahasan atau pembicaraan dalam forum, berlangsung sesuai dengan topik utama yang telah ditentukan.
  3. Menciptakan ide dan membuat topik baru supaya forum menjadi dinamis dan tetap hidup.
  4. Memberikan pembukaan atau pengantar singkat mengenai penjelasan topik yang akan menjadi bahasan dalam forum tersebut.
  5. Memberikan warning atau peringatan jika di dalam forum tersebut terdapat anggota forum yang pembicaraannya mulai tidak relevan atau sudah melenceng dari topik utama yang sedang didiskusikan.
  6. Memberikan warning atau peringatan jika di dakam forum tersebut terdapat anggota forum yang mulai melanggar aturan atau dianggap mempunyai potensi untuk mengganggu jalannya forum tersebut.

Ternyata cukup banyak juga tanggung jawab sebagai seorang moderator. Namun, memang bagaimanapun juga, semua tugas dan tanggung jawab moderator ini sangat penting untuk dilakukan supaya kegiatan diskusi di dalam forum dapat berjalan dengan baik, lancar, dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

HAL-HAL YANG HARUS DIMILIKI OLEH MODERATOR

Seorang moderator harus mempersiapkan beberapa hal penting guna supaya kegiatan diskusi dalam forum dapat berjalan dengan lancar. Selain hal-hal yang dapat dipersiapkan, moderator juga perlu mempunyai sifat-sifat dan sikap tertentu dalam mengatasi permasalahan yang akan muncul. Berikut, hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang moderator :

  • Menguasai Topik Yang Akan Dibahas

Banyak sekali prasangka yang keliru mengenai seorang moderator. Di antaranya yaitu adanya anggapan bahwa kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang moderator yakni harus fasih dalam berbicara. Namun, ternyata fasih dalam berbicara saja masih belum cukup. Seorang moderator wajib mempunyai wawasan yang luas, minimal harus menguasai terlebih dahulu mengenai topik yang akan dibahas di dalam forum.

Moderator wajib menguasai topik yang akan dibahas di dalam forum, karena walaupun moderator memang tidak mempunyai kapasitas untuk menyampaikan materi atau mengungkapkan argumennya di dalam forum tersebut, akan tetapi moderator tetaplah seseorang yang mempunyai kendali dari diskusi yang sedang berlangsung. Moderator mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa pembahasan dan argumen yang disampaikan oleh anggota forum masih sesuai atau relevan dengan topik yang sedang dibahas.

  • Bersikap netral dan objektif

Moderator dilarang untuk berprasangka buruk maupun baik dan juga bersikap condong (bias) kepada salah satu pihak yang berada di dalam forum. Moderator diwajibkan untuk bersikap objektif dalam melaksanakan tugas-tugasnya supaya tercipta keadilan dalam kegiatan diskusi di forum tersebut bagi tiap-tiap anggotanya.

  • Mempunyai kemampuan mengobservasi dan mendengarkan dengan baik

Moderator diwajibkan untuk mampu memberikan perhatian kepada semua jenis respon baik itu respon yang verbal (secara lisan) maupun respon yang non-verbal (bahasa tubuh). Moderator wajib mengobservasi dan mendengarkan guna untuk memastikan bahwa tidak ada kalimat atau perkataan yang dilewatkan dari tiap-tiap pembicaraan yang disampaikan oleh para anggota di dalam forum.

  • Mampu memahami posisi

Moderator tidak mempunyai kapasitas untuk menyampaikan materi dan juga dilarang untuk mengungkapkan argumen pribadinya di dalam forum yang sedang ia pandu. Moderator memang diharuskan untuk menguasai topik utama yang dibahas dalam diskusi, akan tetapi hal tersebut dilakukan karena memang moderator harus mengerti pokok dari bahasan dalam diskusi tersebut. Tugas moderator untuk mengawasi jalannya diskusi dan maka dari itu, ia tidak diperbolehkan untuk mengambil alih tugas anggota lain seperti dengan menyampaikan materi, menyampaikan argumen, dan atau terlalu banyak bicara mengenai topik yang sedang dibahas dalam diskusi tersebut.

  • Mempunyai sikap yang tenang namun tetap tegas

Perdebatan yang terjadi dalam sebuah forum diskusi merupakan suatu hal yang wajar. Terkadang, di dalam perdebatan, akan ada hal-hal yang bisa memicu adu mulut atau bahkan perkelahian. Moderator pada situasi ini diwajibkan untuk mempunyai sikap yang tegas kepada seluruh anggota forum diskusi. Moderator harus berani melerai sekaligus memastikan bahwa kegiatan diskusi akan tetap berjalan tanpa adanya gangguan. Sikap untuk tegas ini juga harus dibarengi dengan sikap yang tenang serta tidak mudah untuk terpancing.

  • Mampu mencairkan suasana

Dalam beberapa situasi di sebuah forum, akan sangat membantu apabila seorang moderator mempunyai kemampuan untuk membuat suasana menjadi tidak tegang dan lebih santai. Hal ini berguna untuk memudahkan lara anggota forum untuk menyampaikan gagasan serta argumennya karena suasana diskusi di dalam forum menjadi lebih rileks dan intim. Namun, hal ini cukup dilakukan seperlunya saja dan tidak berlebihan karena jika berlebihan maka malah akan mengganggu berjalannya kegiatan diskusi tersebut.

CARA MENJADI MODERATOR YANG BAIK

Setelah mengetahui pengertian dan juga tugas serta tanggung jawab dari seorang moderator, anda perlu mengetahui pula tata cara atau langkah-langkah yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang moderator, yang di antaranya adalah :

  • Memahami tugas serta fungsi moderator

Tugas serta fungsi utama dari seorang moderator dalam kegiatan debat atau diskusi di dalam sebuah forum yaitu untuk mengawal kegiatan sekaligus memastikan bahwa kegiatan diskusi tersebut akan berjalan sesuai dengan rencana. Usahakan untuk berfokus pada hal tersebut saja, tidak perlu berusaha untuk memberikan opini atau membela salah satu pihak karena itu bukanlah hak dari seorang moderator.

  • Pelajari dengan matang materi atau topik yang akan dibahas.

Pelajari materi atau topik yang akan dibicarakan atau dibahas dalam kegiatan diskusi tersebut. Cobalah untuk melakukan riset-riset melalui berbagai sumber misalnya artikel, buku, internet, maupun bertanya langsung kepada ahlinya. Anda sangat wajib untuk memahami materi yang akan dibahas guna untuk menjaga supaya pembicaraan yang dilakukan di dalam forum tetap sesuai dan relevan.

  • Pelajari susunan acara dengan seksama.

Seorang moderator wajib mempelajari susunan acara dengan seksama. Dalam hal ini, seorang moderator bisa bekerjasama dengan MC. Mempelajari susunan acara dapat mempermudah moderator untuk memberikan penetapan mengenai batasan waktu di tiap-tiap sesi dalam kegiatan diskusi di dalam forum tersebut.

  • Pelajari informasi mengenai narasumber.

Bagi forum yang mendatangkan narasumber sebagai pembicara, wajib bagi narasumber untuk mencari atau mempelajari informasi dasar mengenai narasumber tersebut. Hal ini akan membantu moderator untuk menjalankan tugasnya, misalnya supaya mengetahui nama dari narasumber tersebut, mengapa narasumber tersebut diundang, seberapa kapasitas dari narasumber tersebut, dan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang pantas untuk diajukan ke narasumber tersebut.

  • Buat catatan kecil.

Bagi anda yang mengalami kesulitan dalam menghafal, catatan-catatan kecil dalam notes bisa membantu kalian supaya lancar ketika menjadi moderator. Tidak ada larangan bagi moderator untuk membuka catatan, sehingga tidak apa-apa untuk membuat catatan, terlebih jika anda sangat membutuhkannya.

  • Terus berlatih

Moderator memanglah mempunyai tugas yang terlihat tidak mudah. Tidak ada hasil yang instan, semua hal yang terjadi di dunia ini selalu membutuhkan sebuah proses. Maka dari itu, dengan usaha, tekad, dan kemauan yang tinggi untuk terus berlatih dan belajar, tentunya anda akan bisa untuk menjadi seorang moderator yang hebat. Selain itu, anda juga bisa membeli buku-buku mengenai cara menjadi moderator sebagai pedoman dan pemandu anda untuk belajar dengan lebih efektif.

MODERATOR KONDANG YANG DAPAT DIJADIKAN PANUTAN

Di Indonesia, terdapat cukup banyak contoh moderator yang penampilannya dapat dijadikan sebagai patokan bagi para calon moderator. Moderator-moderator ini biasanya memiliki latar belakang sebagai jurnalis ataupun mempunyai latar belakang akademik yang baik. Mereka biasa menjadi moderator di acara debat dalam forum, acara debat televisi, maupun acara debat kenegaraan. Berikut nama, serta contoh acara dimana moderator tersebut tampil :

  • Najwa Shihab

– Mata Najwa (Metro TV)

– Mata Najwa (Trans 7)

  • Karni Ilyas

– Indonesia Lawyer Club (TV One)

  • Rosiana Silalahi

– Kotak Suara

  • Ira Koesno

– Debat Capres dan Cawapres 2014 (1)

– Debat Capres dan Cawapres 2019 (1)

4. Prof Ahmad Erani Yustika

– Debat Capres dan Cawapres 2014 (2)

5. Hikmahanto Juwana

– Debat Capres dan Cawapres 2014 (3)

  • Dwikorita Karnawati

– Debat Capres dan Cawapres 2014 (4)

  • Sudharto P. Hadi

– Debat Capres dan Cawapres 2014 (5)

  • Imam Priyono

– Debat Capres dan Cawapres 2019 (1)

  • Tommy Cokro dan Anisha Dasuki

– Debat Capres dan Cawapres 2019 (2)

  • Alfito Deannova Gintings dan Putri Ayuningtyas

– Debat Capres dan Cawapres 2019 (3)

  • Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi

– Debat Capres dan Cawapres 2019 (4)

  • Balques Manisang dan Tomy Ristanto

– Debat Capres dan Cawapres 2019 (5)

KESIMPULAN

Moderator adalah seorang penengah atau pemimpin dari sebuah diskusi, rapat, dan musyarawah. Moderator dan MC merupakan dua hal yang berbeda. Perbedaannya terletak pada seorang MC adalah pemandu acara yang mengatur jalannya acara dimulai dari pembukaan hingga penutupan, sedangkan seorang moderator memiliki tugas dan tanggung jawab hanya untuk menjaga keberlangsungan sebuah diskusi. Dalam menjalankan tugas-tugasnya, seorang moderator harus menguasai topik-topik yang akan dibahas, bersikap tegas dan objektif, mampu menengahi pertikaian dalam diskusi, serta mempunyai kemampuan observasi yang baik.

Untuk menjadi seorang moderator yang baik, hal-hal yang perlu disiapkan adalah dengan cara memahami pengertian, tugas, dan fungsi moderator ; mempelajari topik yang akan dibahas, dan juga mempelajari info dasar dari narasumber (jika ada). Mungkin, menjadi moderator terlihat sebagai pekerjaan yang sulit, akan tetapi anda pasti bisa menjadi moderator yang handal apabila anda terus berlatih dan mau belajar.

Cukup sekian rangkuman mengenai moderator dari kitabisa.net , terima kasih telah berkunjung, dan semoga bermanfaat!

Baca juga :

Pengertian Trainer beserta Peran dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Web Developer disertai Pembagian dan Tugasnya

Pengertian E-Marketing Menurut Para Ahli

Pengertian Direksi: Tugas, Jenis, dan Gajinya

Gaji Kerja di Apotek: Pengertian, Jenis, dan Kebijakan Pelayanan Farmasi