mempertahankan bisnis online di era pandemi

5 Langkah Mempertahankan Bisnis Online di Era New Normal

Diposting pada 103 views

Buat Website Gratis Selamanya untuk Bisnis Online

Corona atau COVID-19 merupakan badai yang berdampak pada sektor bisnis. Tidak hanya bisnis konvensional, bisnis berbasis online pun ikut terkena dampaknya.

Salah satunya adalah para pemilik website, rendahnya minat beli masyarakat tentu akan sangat mempengaruhi perilaku konsumen di internet.

Masyarakat akan cukup selektif dalam memilih produk yang dijual di internet, selain itu juga lebih memikirkan untuk hal-hal yang sifatnya primer dan sekunder. Hal-hal yang dirasa tidak penting dan tidak mendesak mungkin akan dikesampingkan oleh konsumen.

Untuk itu perlu langkah strategi bagi para pebisnis online untuk mempertahankan bisnisnya. Salah satunya adalah dengan mengetahui cara buat website gratis selamanya, sehingga dari segi modal akan sangat irit dan tidak

Namun, tidak cukup disitu. Masih ada kiat-kiat yang harus dilakukan untuk mempertahankan bisnis online agar tetap bertahan di era new normal. Nah, kali ini akan dibahas bagaimana cara mengoptimalkannya. Jadi, simak artikelnya hingga selesai, ya. 

1. Meninjau Ulang Planning Bisnis

Pasti akan ada banyak perubahan yang terjadi pada bisnis di tengah pandemi Corona. Untuk itulah, kami menyarankan Anda tinjau kembali rencana bisnis yang tengah dijalankan. Tujuannya yaitu agar bisnis lebih terarah dan mudah mencapai tujuan. 

Rencana bisnis, umumnya mencakup target audiens, struktur harga, hingga mencari target audiens potensial. Silahkan Anda pelajari kembali rencana-rencana tersebut untuk nantinya dilakukan beberapa perubahan. 

Baca juga: 5 Tren Strategi Digital Marketing 2020 untuk Travel Blogger

Misalnya, meninjau ulang audiens yang selama ini Anda targetkan. Di era new normal, alangkah baiknya Anda mulai fokus untuk menjembatani kebutuhan konsumen dengan barang maupun jasa yang Anda tawarkan. Atur ulang produk/jasa yang Anda tawarkan agar bisa menyasar audiens yang tepat di era pandemi. 

2. Mengatur Ulang Strategi Pemasaran

Anda harus mulai bertanya tentang strategi apa yang cocok diimplementasikan di era new normal? Karena, setiap bisnis memiliki cara masing-masing dalam melakukan pendekatan terhadap customer maupun target audiensnya. 

Bila diperlukan, Anda bisa buat website gratis selamanya untuk melakukan pemasaran secara online. Karena, website gratis tentu akan menghemat budget pengeluaran Anda. 

Selain itu, mulailah beradaptasi dengan kebiasaan baru. Khususnya dalam ranah pemasaran bisnis Anda. Contohnya, jika selama ini hanya melakukan pemasaran di media sosial, maka cobalah buat website gratis selamanya. Tujuan dibuatnya website ini, agar prospek pemasaran jauh lebih luas. 

Selain membuat website, ketahui juga cara membuat email Google untuk bisnis. Setelah itu, silahkan Anda buat strategi pemasaran bagaimana agar produk/layanan bisa diterima di pasar. 

3. Optimalkan Pemasaran Melalui Digital 

Sudah sejauh mana pemasaran online yang sudah Anda implementasikan saat ini? Jika dirasa belum optimal, inilah saatnya untuk mengoptimalkannya. Karena, di era saat ini, masyarakat cenderung diam di rumah. Artinya, bisnis berbasis online harusnya bisa menjaring konsumen lebih besar. 

Di tengah pandemi, masyarakat sulit menjangkau beberapa tempat. Misalnya seperti mall, atau bahkan hingga pasar. Nah, mulailah untuk membantu mereka dengan memasarkan produk yang mereka butuhkan selama di rumah. 

Baca juga: 7 Tips Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Kamu Yang Sedang Membangun Website

Anda bisa buat website gratis selamanya, untuk mengoptimalkan bisnis online Anda. Jika Anda berhasil mengoptimalkan bisnis digital, maka akan lebih mudah dalam mengeksekusi pemasaran saat pemberlakuan WFH (Working from Home). 

Di era pandemi, Anda harus bersikap adaptif, atau mudah beradaptasi dengan keadaan. Tujuannya agar bisnis online yang dijalankan tidak terpukul oleh COVID-19. 

4. Lakukan Perubahan Jika Diperlukan

Menjadi berbeda dan kreatif sangat diperlukan dalam mengembangkan bisnis saat ini. Di momen seperti ini, sudah saatnya bagi Anda untuk meningkatkan beberapa hal baik. Khususnya hal baik dalam pengelolaan organisasi hingga pelayanan maupun produk yang ditawarkan. 

Hal ini sangat diperlukan. Karena, bisa jadi kompetitor Anda sudah mengimplementasikannya sejak awal new normal. Jika tidak ingin tertinggal, lakukanlah perubahan dan menjadi berbeda. 

5. Melakukan Penghematan

Poin terakhir ini merupakan poin yang paling utama. Ya, menghemat pengeluaran bisnis Adalah solusi mempertahankan bisnis di era pandemi. Contohnya, buat website gratis selamanya untuk menghemat budget pemasaran. 

Silahkan buat daftar pengeluaran bisnis. Setelah itu, saring beberapa pengeluaran yang dirasa tidak perlu. 

Kita ambil contoh, misalnya Anda berbisnis di bidang makanan. Kebijakan WFH membuat pembelian turun drastis. Untuk menekan biaya operasional, sebaiknya optimalkan saja dengan layanan delivery order. Layanan tersebut tidak memerlukan adanya karyawan. Artinya, Anda bisa memangkas pengeluaran untuk karyawan. 

Baca juga: Cara Setup Konten Kalender untuk Bisnis Online

Selain itu, layanan delivery order juga berdampak bagus untuk bisnis makanan. Karena, tempat makan tidak melayani pembeli sit in. Artinya, pengeluaran listrik di restoran pun akan berkurang. 

Selain itu, hemat juga layanan dengan memanfaatkan pemasaran via media sosial. Atau, ketahui juga cara membuat email Google untuk membuat akun media sosial khusus pemasaran. 

Bisnis yang Cocok di Era New Normal

bisnis

Bagi yang berniat melakukan perubahan, ada beberapa bisnis yang cocok di pandemi Corona. Berikut beberapa bisnis yang bisa Anda contek: 

1. Bisnis Minuman dan Makanan Herbal

Produk herbal banyak dicari di era pandemi Corona. Karena, beberapa jenis herbal telah dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh. Beberapa di antaranya seperti minuman temulawak, jahe, kunyit, dan masih banyak lainnya.

2. Masker dan Pelindung Wajah 

Harga masker dan pelindung wajah saat ini sudah kembali stabil. Artinya, memungkinkan bagi para pelaku usaha UMKM untuk dipertimbangkan sebagai produk usahanya. Kedua alat ini sangat diperlukan di era pandemi saat ini. Bahkan bisa dikatakan pendapatannya pun cukup bagus.

3. Produk Antibakteri

Produk kesehatan merupakan salah satu ide yang tepat saat ini. Salah satunya yaitu produk antibakteri. Mulai dari sabun antiseptik, pembersih antibakteri, hand sanitizer, dan lain sebagainya sangat laku di pasaran.

4. Makanan Beku

Makanan beku masih sangat diminati, terutama di tengah masa phsyical distancing. Karena, makanan ini bersifat tahan lama. Masyarakat menyukainya agar mereka tidak perlu banyak keluar rumah. Karena, makanan ini tahan berhari-hari.

Cukup prospektif sebagai ide bisnis saat ini. Demikian penjelasan cara mempertahankan bisnis online di era new normal. Cobalah buat website gratis selamanya untuk menghemat pengeluaran. Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.