sistem bahan bakar dengan pompa injeksi in line

Komponen Komponen Pompa Injeksi Tipe In-Line

Diposting pada 1.795 views

Komponen Komponen Pompa Injeksi Tipe In-Line – Sistem bahan bakar pada mesin diesel terdiri dari beberapa komponen, yaitu tangki bahan bakar (fuel tank), feed pump, priming pump, fuel filter, water sedimenter, pompa injeksi (injection pump), injection nozle dan lain lain. Lebih lengkapnya silahkan baca di Fungsi Komponen-komponen Sistem Bahan Bakar Diesel.

Salah satu komponen dari sistem bahan bakar diesel adalah pompa injeksi atau injection pump. Ada 2 tipe pompa injeksi yang sampai sekarang masih banyak digunakan, yaitu pompa injeksi tipe in-line, dan pompa injeksi tipe distributor (VE =Verteiler Einspritzpumpe).

Pompa injeksi digerakkan oleh mesin dan berfungsi untuk menekan bahan bakar dan mengalirkannya melalui delivery line ke injection nozzle untuk di kabutkan.

Pompa injeksi tipe in-line mempunyai cam shaft dan plunger yang jumlahnya sama dengan jumlah silinder pada mesin, jika jumlah silinder mesin adalah 4, maka jumlah masing-masing cam dan plunger juga 4, dsb. Cam shaft (Poros nok) ini berfungsi untuk menggerakkan plunger sesuai dengan FO (Firing Order).

Plunger bergerak lurus bolak balik didalam barel yang akan menekan bahan bakar dan mengalirkannya ke pengabut (injection nozzle) melalui delivery line.

Komponen Pompa Injeksi Tipe In Line

kontruksi pompa injeksi in line

Gambar diatas merupakan kontruksi daripada pompa injeksi tipe inline. Berikut adalah beberapa komponennya sekaligus fungsinya :

1. Delivery Valve (katup pengalir)

Didalam pompa injeksi terdapat komponen yang bernama delivery valve yang mempunyai 2 fungsi, yaitu mencegah aliran bahan bakar kembali dari delivery line ke daerah plunger dan menghisap bahan bakar dari injection nozzle untuk menghentikan injeksi dengan cepat.  

2. Governor

Berfungsi untuk mengatur banyaknya bahan bakar yang disemprotkan oleh injection nozzle dengan menggeser contol rack.

3. Automatic Centrifugal Timer

Berfungsi untuk mengatur putaran camshaft. Dengan kata lain mengatur waktu penyemprotan berdasarkan putaran mesin.  

Baca : Proses Pembakaran Mesin Diesel  

4. Barel atau silinder

Barel berfungsi sebagai tempat gerak lurus bolak balik daripada plunger, di dalam barel terdapat satu lubang (ada yang 2 lubang) yang berfungsi sebagai jalur masuknya bahan bakar solar kedalam silinder (barel), lubang ini disebut dengan feed hole.

5. Feed Hole

Feed hole adalah saluran yang berhubungan langsung dengan ruang hisap pada pompa injeksi dan berfungsi sebagai jalur masuknya bahan bakar solar kedalam silinder (barel).

6. Feed Pump (Pompa Pengalir)

Berfungsi menghisap bahan bakar dan mengalirkan ke pompa injeksi.

7. Poros Nok

Berfungsi untuk menggerakkan plunger sesuai dengan firing order (urutan pengapian).

Untuk melihat cara kerjanya, dapat membaca artikel : Cara Kerja Pompa Injeksi Tipe In Line