Kenali Kapasitas Sekering Berdasarkan Warnanya

Diposting pada 33.825 views

Kenali Kapasitas Sekering Berdasarkan Warnanya – Salah satu sekering yang sering kita jumpai adalah tipe blade yang mempunyai warna untuk setiap kapasitas sekering tersebut.

Fungsi Sekering dalam Kelistrikan

Sekering atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Fuse adalah komponen yang ditempatkan pada bagian tengah suatu rangkaian kelistrikan (diantara sumber listrik/baterai dan beban) dan berfungsi sebagai pelindung sirkuit agar tidak terjadi kerusakan atau kebakaran pada sirkuit kelistrikan ketika terjadi hubungan singkat arus listrik (kongslet), dan arus yang berlebihan.

Ketika terjadi konsleting atau arus yang berlebihan (arus sudah melebihi kapasitas pada sekering) yang melalui sirkuit maka fuse dengan sendirinya akan putus, sehingga sirkuit akan terjadi rangkaian terbuka dan mencegah komponen komponen lain dari kerusakan yang disebapkan oleh arus yang berlebihan.   

Tipe sekering blade merupakan salah satu jenis sekering yang paling banyak digunakan, karena sekering ini dirancang dengan elemen metal dan lebih kompak serta rumah pelindug yang tembus pandang, sehingga ketika putus akan terlihat. Selain itu juga mempunyai beberapa keuntungan yaitu :

1) Lebih ringan
2) Bagian yang berhubungan lebih luas
3) Tidak mudah pecah dan anti shock (terbakar)
4) Lebih tahan terhadap arus yang terputus-putus  

Sekering tipe blade ini diberi kode warna untuk masing-masing tingkatan arus dari 5 A sampai dengan 30 A.  

Berikut ini indentifikasi warna pada setiap kapasitas sekering tipe blade :

NoWarna SekeringKapasitas (Ampere)
1Coklat Kekuning-kuningan5 A
2Coklat7,5 A
3Merah10 A
4Biru15 A
5Kuning20 A
6Tidak Berwarna25 A
7Hijau30 A

Anda tidak perlu menghafalnya, karena biasanya juga diatas sekering sudah ada angka yang menunjukan kapasitas sekering tersebut. Bagian-bagian dari sekering tipe blade adalah housing, terminal, fusing portion, lihat gambar di bawah ini.

Ketika sudah diketahui bahwa sekering tersebut sudah putus, maka ketika akan mengganti usahakan kapasitasnya sekering yang baru dengan yang lama sama, hal ini dikarenakan pada rangkaian tersebut sudah dihitung oleh pabrik berapa kapasitas sekering yang digunakan, dan akan berbahaya jika diganti dengan kapasitas sekering yang tidak sesuai, kecuali anda sudah mengerti dan faham bagaimana menentukan kapasitas sekering pada suatu rangkain.  

Sekering-sekering yang dipasangkan pada mobil biasanya ditempatkan dan dijadikan satu pada satu kotak sekering yang berada dalam ruang kemudi atau dalam ruang mesin pada bagian depan mobil, hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam pemeriksaan dan penggantian sekering. Kotak tersebut sering disebut dengan junction block.

Cara Memeriksa dan Mengganti Sekering

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam memeriksa sekering dan mengganti sekering yang mati dengan yang baru.

  1. Siapkan test lamp

    Test lamp digunakan untuk mengetahui apakah sekering masih berfungsi normal atau sudah putus.

  2. Cari lokasi sekering, bisa di dekat kemudi atau di dalam kap mesin dekat dengan aki (baterai)

    Sekering mobil diletakkan di dalam junction block, biasanya lokasinya mudah dijangkau dan tidak terlalu bersembunyi.

  3. Buka Penutup Kotak Sekering dan Baca Diagram

    Untuk membuka junction block cukup mudah, mirip seperti membuka kaleng. Di balik tutup biasanya ada diagram sebagai petunjuk mekanik untuk menentukan sekeringnya digunakan pada rangkaian apa, apakah untuk lampu kepala, sein, klakson dll.

  4. Sambungkan test lamp dengan body (massa)

    Agar berfungsi test lamp harus disambungkan ke massa, sehingga lampu dapat menyala.

  5. Cek sekering di bagian logam pada kepala sekeringnya secara bergantian dengan test lamp

    Test lamp harus menyala atau tidak menyala di kedua sisi, jika hanya di satu sisi saja yang menyala maka sekering putus dan harus diganti.

    Ketika tidak menyala, coba test lamp dihubungkan dengan arus positif. Perhatikan juga apakah sekering bekerja dipengaruhi oleh kondisi sakelar atau tidak.

    Misal lampu kepala : ketika memeriksa sekering lampu kepala maka sakelar lampu kepala harus dihidupkan terlebih dahulu.

    cara memeriksa sekering

  6. Jika mati, ganti sekering dengan bantuan klip. Biasanya terletak di sekitar box.

    Klip pelepas sekering membantu Anda dalam mengganti sekering, jangan lupa ganti sekering sesuai dengan kapasitasnya ya.
    alat pencabut sekering

  7. Cek fungsinya dan tutup kembali junction block seperti semula.

Beberapa Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Apa Fungsi Sekering (Fusible Link)?

Fuse atau sekering berfungsi untuk mengamankan komponen kelistrikan ketika terjadi lonjakan arus ataupun konsleting (hubung singkat arus).

Mengapa sekring terbakar saat arus listrik yang masuk melebihi kapasitasnya?

Sejatinya sekering memang didesain sebagai pengaman ketika terjadi lonjakan arus (konsleting), di dalam sekering terdapat kawat tipis yang sudah disesuaikan dengan kapasitasnya. Ketika melebihi kapasitas, kawat ini akan otomatis terbakar dan terputus untuk mengamankan sirkuit.

Apa itu box sekering?

Box sekering adalah tempat khusus untuk meletakkan sekering-sekering yang digunakan pada seluruh rangkaian pada kendaraan. Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam perawatan dan penggantian sekering ketika putus.

Apakah Boleh Memasang Sekering Berbeda Kapasitasnya?

Tentu saja hal tersebut tidak disarankan, setiap komponen memiliki kapasitas arus yang melewatinya. Jangan sampai komponen utama dilewati arus yang besar, karena akan membuat kerusakan. Disitulah tujuan dipasang sekering.

Jika dipasangi sekering dengan kapasitas yang lebih besar, apakah yakin aman jika ternyata arus yang lebih besar dari sebelumnya melewati komponen tersebut.

Atau jika dipasangi yang lebih kecil kapasitas sekeringnya, apakah tidak sering putus sekeringnya?

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.