keahlian yang harus dimiliki supervisor

7 Keahlian yang Harus Dimiliki Seorang Supervisor

Diposting pada 172 views

Keahlian yang Harus Dimiliki Seorang Supervisor – Menjadi supervisor dalam sebuah tim tentu saja bukan perkara yang mudah, mengingat tugas dan tanggung jawabnya yang sangat besar. Supervisor bertanggung jawab atas pekerjaan para staff dibawahnya.

Untuk itu, supervisor harus memiliki jiwa kepimimpinan yang kuat, selain itu juga harus memiliki kemampuan negosiasi dan komunikasi.

Kitapunya.net telah merangkum beberapa keahlian yang bisa menjadi pendukung ketika menjadi supervisor.

Keahlian yang Harus Dimiliki Seorang Supervisor

Berikut beberapa skill yang harus Kamu kembangkan sebagai seorang supervisor agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik :

1. Skill Komunikasi

Skill komunikasi adalah bekal utama seorang supervisor untuk menjalankan tugas-tugasnya, mengingat tugas Kamu yang sangat memerlukan kemampuan komunikasi seperti memberi arahan/tugas staff di bawahmu. Begitu juga ketika menerima arahan dan perencanaan dari atausan atau manajemen.

Kebiasaan memberikan informasi dan menerima umpan balik dapat terbentuk melalui kemampuan komunikasi verbal dan non verbal.

Kemampuan berkomunikasi yang baik juga menunjang suasana yang akrab dan kondusif antara penyelia dan staf pelaksana. Pemberian arahan yang terstruktur dan terorganisir tidak akan menimbulkan kesalahpahaman.

2. Leadership (Kepemimpinan)

Pemimpin mampu menata pemberdayaan manusia dengan baik, begitu juga dengan supervisor. Kamu bertindak sebagai pemimpin yang mengatur pendelegasian tugas dan tanggung jawab.

Supervisor sebagai pemimpin yang baik akan mengombinasikan kekuatan dan kelemahan di lapangan untuk mendapatkan perhatian khusus dan menjadikannya alat untuk berkembang bersama dengan timnya.

Jiwa kepemimpinan yang terlatih akan membantu tugas Kamu sebagai supervisor untuk berpikir secara matang dan memutuskan sesuatu dengan berbagai sudut pandang. Dengan begitu, Kamu akan membawa tim yang kamu pimpin menuju hasil, target atau tujuan yang ingin diraih.

3. Critical Thinking (Berfikir Kritis)

Ketika menemukan sebuah masalah dalam pekerjaan, Kamu dituntut untuk mengemukakan jalan keluar yang terencana. Jangan sampai masalah tersebut hanya akan menimbulkan masalah baru. Untuk menjalankan tugas sebagai seorang supervisor, Kamu harus memiliki intensitas berpikir yang tinggi.

Keahlian berpikir kritis akan mendorong penyelesaian masalah dengan cara yang efisien dan sistematis.

Berpikir kritis dapat diawali dari evaluasi akar masalah kemudian melakukan analisis seputar pemecahannya.

Begitu pula ketika menerima sebuah informasi, keahlian critical thinking seorang supervisor akan menilai apakah sebuah fakta di lapangan sudah valid dan sesuai dengan kondisi yang terjadi.

4. Mampu Memanajemen Waktu dan Skala Prioritas

Keahlian yang harus dimiliki seorang supervisor selanjutnya adalah mampu memanajemen waktu dan menyusun skala prioritas. Keahlian ini memiliki peranan penting dalam peningkatan efisiensi dan produktivitas sebuah perusahaan.

Kamu diberikan kesempatan sebagai supervisor untuk menyeimbangkan seluruh tanggung jawab sesuai porsinya. Kemudian Kamu harus berkejaran dengan batas waktu yang ditentukan sambil tetap mengontrol seluruh staf pelaksana.

Kemampuan multitasking yang teratur menjadi poin penting dalam keahlian ini.

Jangan membiasakan diri untuk menunda hal yang kecil atau remeh. Bisa jadi apabila terlalu dibiarkan hal kecil akan menjadi sesuatu yang mendesak dan harus segera diselesaikan.

Sebagai tambahan, untuk menjadi supervisor, Kamu juga diharapkan memiliki wawasan dan memahami penggunaan beberapa alat bantu yang bermanfaat untuk mengatur waktu dan skala prioritas.

Baca juga : 10 Tugas Supervisor di Perusahaan dan Gajinya

5. Interpersonal

Terciptanya chemistry dan hubungan baik antarmanusia akan membangun tingkat kepercayaan yang lebih baik. Seorang supervisor harus ahli dalam melakukan pendekatan yang bersifat positif dan saling menguntungkan.

Keahlian interpersonal dapat Kamu aplikasikan ketika berhadapan langsung dengan atasan, bawahan, hingga pelanggan

Hubungan yang baik dengan atasan akan membuatmu sangat dihargai dan diberi kepercayaan tinggi.

Hubunganmu terjalin baik dengan bawahan akan membuat mereka segan dan patuh dengan arahan yang Kamu berikan. Kamu juga perlu mendengarkan keresahan dan kendalanya untuk memberikan solusi yang tepat.

Hubunganmu dengan pelanggan akan terbangun oleh rasa puas dan percaya dengan kualitas barang atau jasa yang kamu berikan.

6. Tidak Gaptek (Gagap Teknologi)

Di zaman modern ini, seluruh pekerjaan dituntut untuk berdampingan dengan teknologi. Kemampuanmu untuk memahami dan menyesuaikan diri dengan teknologi menjadi nilai plus ketika melaksanakan tugas seorang supervisor.

Penggunaan teknologi tidak akan lepas dari berbagai perencanaan dan tahapan yang diperlukan dalam menyelesaikan pekerjaanmu dan para staf pelaksana.

7. Syarat Akademik dan Pengalaman

Untuk menjalankan tugas seorang supervisor biasanya dibutuhkan kadidat dengan pendidikan minimal D3 atau S1 dan memiliki pengalaman di bidang terkait.

Terkait dengan jurusan yang dicari, tentu disesuaikan dengan posisi terkait. Namun biasanya lebih disukai orang dengan jurusan manajemen, ekonomi atau bisnis yang diajari teori manajemen. Namun, jurusan lain juga memiliki kesempatan yang besar.

Demikian artikel berjudul 7 keahlian yang harus dimiliki supervisor, semoga bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian ya.