ijazah paket c

Apa Itu Ijazah Paket C? Pengertian, Cara Mendapatkan, Biaya dan Contohnya

Diposting pada 136 views

Apa Itu Ijazah Paket C? Pengertian, Cara Mendapatkan, Biaya, Kelebihan dan Kekurangan – Pernah mendengar kalimat dibalik “kejar paket C?” atau familiar dengan ijazah paket C? biasanya kalimat ini ditemui pada syarat pendaftaran masuk universitas atau bahkan melamar pekerjaan.

Jika kamu masih kurang paham mengenai detail dan pengertian ijazah paket C berikut ini akan dijabarkan definisinya beserta cara mendapatkannya.

Pengertian Ijazah Paket C

Ijazah paket C adalah ijazah yang diperoleh seseorang setelah mengikuti program paket C. Program paket C adalah program Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan yang diterima oleh mereka yang tidak mengikuti pendidikan formal tetapi menginginkan dan membutuhkan sebuah ijazah untuk tujuan masuk perguruan tinggi atau melamar pekerjaan.

Paket C merupakan tanda bagi mereka yang ingin mengikuti program kesetaraan SMA. Jika kejar paket B untuk pendidikan setara dengan SMP dan A setara dengan SD.

Siapapun yang lulusan SMP namun tidak memiliki kesempatan untuk sekolah di tingkat SMA, bisa mengikuti progam paket c ini. Artinya, tidak ada batasan umur untuk memperoleh ijazah ini.

Mulai dari seorang yang putus sekolah, tidak mengikuti pendidikan formal (home schooling), atau seorang yang sudah masuk dunia kerja tapi masih belum memiliki ijazah formal sebagai syarat melamar pekerjaan.

Program paket C juga mempunyai dua macam jurusan seperti SMA reguler pada umumnya. Jurusan tersebut adalah IPA dan IPS. Jadi, seseorang bisa memilih jurusan yang sesuai dengan minatnya.

Berapa Lama Waktu Pelaksanaan Kejar Paket? dan Berapa Biayanya?

Berapa lama menyelesaikan kejar paket C? untuk mendapatkan ijazah paket C biasanya peserta dapat memilih jam belajar selama kurun waktu tertentu dengan ketentuan peserta yang masih pada usia belajar dapat menempuhnya layaknya pendidikan formal yaitu selama 6 semester atau 3 tahun.

Sedangkan usia dewasa dapat menempuhnya hanya dengan 4 semester atau 2 tahun. Kegiatan pembelajaran juga dilakukan cukup fleksibel dan tidak satu minggu penuh.

Biaya

Biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti program paket C lebih murah dibanding sekolah formal biasa. Sebenarnya masalah biaya biasanya tergantung pada lembaga pendidikan masing-masing tapi rata-rata berkisar antara Rp3.000.000-, hingga Rp5.000.000-, yang dapat diangsur hingga 10 bulan bahkan ada yang gratis.

Ijazah paket C kurang lebih sama dengan ijazah pendidikan formal pada umumnya hanya terdapat perbedaaan pada tanda tangannya.

Jika pada pendidikan formal ijazah akan ditandatangani oleh kepala sekolah, sedangkan pada jenis ini ditandatangani oleh kepala dinas pendidikan kota/kabupaten setempat.

Ijazah paket dijamin keabsahan dan dasar hukumnya, maka dari itu ijazah ini dapat dipergunakan untuk masuk PTN, PTS, penyesuaian golongan jabatan, dan lainnya.

Bagaimana Kurikulum Program Kejar Paket C?

Mengenai kurikulum untuk mengikuti program kejar paket C sudah dikembangkan dengan acuan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 24 tahun 2016 mengenai kompetensi inti dan kompetensi dasar.

Kompetensi tersebut sesuai dengan konteks pendidikan kesetaraan fungsionalisasi pada kehidupan sehari-hari.

Baca juga : 13 Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan Terbaik dan Favorit di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Ijazah dari Program Kejar Paket

Sebenarnya terdapat kelebihan dan kekurangan jika mengikuti program untuk mendapatkan ijazah paket C. Berikut ini uraiannya :

Kelebihan:

1. Solusi bagi yang tidak bisa menempuh pendidikan reguler

Ujian paket C untuk mendapatkan ijazah menjadi solusi bagi mereka yang belum sempat atau memiliki kendala sehingga tidak dapat menempuh pendidikan secara reguler di sekolah formal biasa.

2. Waktu yang singkat

Jika di sekolah formal akan menempuh waktu 3 tahun untuk mengikuti kejar paket C biasanya waktu yang dibutuhkan lebih singkat.  Biasanya untuk usia dewasa hanya menempuh 4 semester atau 2 tahun.

3. Solusi bagi yang pernah gagal ujian

Bagi peserta yang pernah gagal ujian SMA, program ini membantu agar tetap mendapatkan ijazah yang setara dengan SMA

4. Ijazah setara dengan SMA

Tentu saja ijazah paket C setara dan sama dengan ijazah SMA masing-masing. Sehingga hal ini dapat digunakan sebagai dokumen/berkas-berkas untuk mendaftar ke perguruan tinggi karena saat ini atau melamar pekerjaan.

Kekurangan:

1. Lingkungan pertemanan sedikit

Mengikuti program paket C tidak seperti bersekolah formal pada umumnya. Program paket C ditempuh lebih singkat dan mayoritas umur para peserta tidak setara dan peserta lebih sedikit. Maka dari itu lingkungan pertemanannya pun lebih sedikit.

2. Terkadang lebih susah mendapatkan pekerjaan

Kekurangan berikutnya adalah masih ada beberapa perusahaan yang belum menerima kandidat dengan ijizah paket C karena beberapa pertimbangan. Maka dari itu cukup sedikit susah dalam mencari lowongan pekerjaan.

3. Motivasi belajar lebih redah

Mengikuti program paket C sedikit memberikan dampak pada motivasi belajar individu. Karena kegiatan pembelajaran tidak seperti sekolah pada umumnya yang setiap hari belajar, maka hal ini juga mempengaruhi motivasi belajar lebih rendah.

Baca juga : Gelar Sarjana Ekonomi Manajemen – Cara Penulisan dan Fungsinya

Cara Mendapatkan Ijazah Paket C

Bagi siapapun yang berminat untuk mendapatkan ijazah paket C terdapat beberapa tahapan dan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Berikut ini syarat dan tahapan untuk memperolehnya.

1. Mencari pusat kegiatan belajar masyarakat

Sebelum mengikuti program paket c peserta sudah pasti harus mencari lokasi lembaga kegiatan belajar masyarakat (PKBM) sekitar kota/kabupaten terdekat.

2. Mempersiapkan data-data

Peserta diwajibkan untuk mengumpulkan berkas data-data yang diperlukan untuk pendaftaram. Berkas-berkas pada umumnya biasanya meliputi formula pendaftaran, akte kelahiran, kartu keluarga, pas foto, ijazah SMP, SKHUN SMP.

3. Mengikuti jadwal pendaftaran

Jangan lupa untuk mencari dan memantau jadwal ujian paket C agar tidak ketinggalan/terlewatkan. Biasanya ujian paket C akan dilaksanakan setiap satu tahun sekali dan peserta dapat mendaftar setahun sebelumnya.

Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari ijazah paket C antara lain:

  1. Dapat digunakan untuk pendaftaran kuliah PTN atau PTS. Tentu saja jika kamu berminat mengikuti SBMPTN, ijazah ini bisa digunakan.
  2. Untuk pegawai negeri sipil seperti TNI, POLRI, dan sebagainya juga dapat dapat digunakan untuk penyesuain jabatan.
  3. Dapat digunakan sebagai melamar pekerjaan di berbagai perusahaan.
  4. Dapat digunakan sebagai syarat mengikuti tes seleksi masuk TNI dan POLRI.
  5. Dapat digunakan sebagai seleksi pegawai negeri sipil.
  6. Sebagai syarat pelengkap dokumen telah menuntaskan pendidikan SMA.

Baca juga : Daftar Gelar Sarjana Luar Negeri, Lengkap dengan Master dan Doktor

Universitas Yang Menerima Ijazah Paket C

Salah satu manfaat yang diperoleh ketika sudah mendapatakan ijazah paket C adalah dapat digunakan peserta untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa perguruan tinggi karena ijazah ini telah diakui keabsahannya dan dilandasi hukum.

Maka dari itu seluruh perguruan tinggi negeri pun kebanyakan sudah menerima ijazah paket ini. Tentu saja dengan persyaratan tertentu masing-masing Perguruan Tinggi. Seperti 10 perguruan tinggi negeri berikut ini:

  1. Universitas Indonesia
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Institut Pertanian Bogor
  4. Universitas Gajah Mada
  5. Universitas Airlangga
  6. Universitas Padjajaran
  7. Universitas Brawijaya
  8. Universitas Hasanuddin
  9. Universitas Negeri Semarang
  10. Univeristas Diponegoro

Meskipun banyak perguruan tinggi negeri di Indonesia menerima para calon mahasiswa yang memiliki ijazah paket C tapi perlu diingat bahwa tiak semua program studi bisa menerimanya..

Contoh dan Gambar Ijazah Paket C

Berikut ini adalah beberapa contoh gambarnya, semoga bisa memotivasi Anda bagi yang tidak lulus SMA untuk mendapatkkan ijazah yang satu ini. Tidak perlu malu, justru Anda harus semangat demi cita-cita dan masa depan Anda :

Sumber : kejarpaket.web.id
Sumber : ristek.freehostia.com

Demikian artikel tentang Apa Itu Ijazah Paket C? Pengertian, Cara Mendapatkan, Biaya dan Contoh. Share artikel ini ke teman-teman kalian ya guys.

Baca juga : Gelar Sarjana Komunikasi : Cara Penulisan dan Fungsinya

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in