daftar perguruan tinggi kedinasan

13 Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan Terbaik dan Favorit di Indonesia

Diposting pada 96 views

Perguruan tinggi kedinasan – di Indonesia perguruan tinggi negeri kedinasan masih menjadi favorit jenjang pendidikan banyak masyarakat Indonesia.

Perguruan tinggi kedinasan atau biasa dikenal dengan sekolah kedinasan masih menjadi incaran utama para orang tua maupun murid di Indonesia. Kebanyakan masyarakat selalu mengincar sekolah kedinasan karena merasa pendidikan kedinasan sangat menjanjikan profesi yang pasti.

Nah untuk kamu para siswa yang baru saja lulus, dan berniat untuk meneruskan ke jenjang pendidikan perguruan tinggi kedinasan berikut ini akan diulas mengenai 13 daftar perguruan tinggi kedinasan favorit dan terbaik yang dapat kamu pilih dan pertimbangkan sesuai minatmu.

Perguruan Tinggi Kedinasan

1. Politeknik Keuangan Negara STAN

pkn stan

Politeknik Keuangan Negara STAN dari tahun ke tahun menjadi salah satu yang paling favorit dan memiliki jumlah pendaftar paling banyak se-Indonesia.

Untuk masuk ke perguruan tinggi kedinasan satu ini memang cukup memiliki seleksi yang panjang dan ketat.

Sehingga tak jarang banyak berdiri berbagai bimbingan belajar seleksi STAN untuk memberikan pembelajaran intensif pada para siswa yang ingin melanjutkan sekolah kedinasan STAN.

STAN memiliki empat jurusan yaitu jurusan Akuntansi, Pajak, Kepabeanan dan Cukai, dan Manajemen Keuangan.

2. Politeknik Statistika (STIS)

politeknik ilmu statistik

Perguruan tinggi kedinasan satu ini juga memiliki cukup banyak peminat. STIS merupakan sekolah kedinasan yang berada dinaungan BPS (Badan Pusat Statistik) sejak tahun 1958.

STIS memberikan kesempatan untuk para siswa SMA dengan jurusan IPA untuk meneruskan pendidikan di minat statistika.

STIS sendiri memiliki jurusan D3 Statistika, D4 Statistika, dan D4 Komputasi Statistik.

Lulusan STIS akan mendapat gelar Sarjana Sains Terapan (S.S.T). STIS berlokasi di Jalan Otto Iskandardinata, kota Jakarta Timur.

3. Akademi Kepolisian (Akpol)

akademi kepolisian akpol
Sumber : twitter akpol

Untuk kamu yang berambisi untuk berprofesi di bidang kepolisian, salah satu untuk mewujudkan hal tersebut dengan bergabung bersama akademi kepolisian.

Akpol berada di bawah naungan Kalemdikpol (Kepala Lembaga Pendidikan Polri).

Waktu tempuh pendidikan adalah 4 tahun dengan output pangkat inspektur polisi dua (Ipda).

Untuk masuk pada akademik kepolisian ini tentu saja tidak mudah karena harus memenuhi syarat dan menjalani berbagai macam tes seperti tes akademis, tes fisik, tes psikologi, dan tes kesehatan.

4. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

sekolah tinggi sandi negara
Sumber : Twitter @BSSN_RI

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) yang dulunya merupakan Akademi Negara (AKSARA) merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan D4 yang dikelola oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) sejak tahun 1973. STSN memiliki program studi Rekayasa Kriptografi,

Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi, Rekayasa Keamanan Siber, Manajemen Persandian, dan Teknik Persandian.

Jika kamu berminat untuk masuk di STSN kamu harus bersiap dihadapkan dengan berbagai tes seperti tes akademik, kesehatan, psikotes, wawancara, tes kebugaran, dan beberapa tes lainnya.

5. AKMIL (Akademi Militer)

akademi militer
Sumber : https://www.akmil.ac.id/

Jika kamu sangat berminat dalam bidang militer, akademi militer merupakan pilihan yang direkomendasikan.

Akademi Militer Angkatan darat bertempat di Magelang, Jawa Tengah ini memiliki program studi berupa teknil sipil pertahanan, teknik mesin pertahanan, teknik elektro pertahanan, manajemen pertahanan, dan administrasi pertahanan.

Lulusan ini akan mendapat gelar S.ST.Han (Sarjana Terapan Pertahanan) dan berpangkat Letda (lentan dua). Kamu akan menempuh 4 tahun pembelajaran dan pendidikan dasar Keprajuritan Chandradimuka.

6. IPDN – Institut Pemerintahan Dalam Negeri

institut pemerintahan dalam negeri
Source : spcp.ipdn.ac.id

Sesuai dengan namanya IPDN berada dinaungan kementerian dalam negeri. IPDN memiliki program studi Manajemen Sumber Daya Aparatur,

Pembangunan dan Pemberdayaan, Politik Pemerintahan, Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil.

Jika kamu mengambil pendidikan IPDN akan langsung bekerja dan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) dan bekerja dalam bidang pemerintahan. IPDN ini berada di Sumedang, Jawa Barat.

7. AAU (Akademi Angkatan Udara)

akademi angkatan udara
Sumber : aau.ac.id

Kamu yang berniat untuk melanjutkan pendidikan TNI-AU, kamu bisa melanjutkan di Akademi Angkatan Udara.

Lama pendidikan selama 4 tahun kamu bisa memilih beberapa program studi seperti Teknik Elektronika Pertahanan, Teknik Aerounotika,

Teknik Manajemen Industri, lulusan akan memiliki gelar Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr (Han) dan memiliki pangkan letnan dua (letda). Pendidikan ini bertempat di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga : 5 Sekolah Penerbangan Untuk Pilot Terbaik di Indonesia

8. PEM AKAMIGAS

akamigas
Sumber : akamigas.ac.id

Salah satu perguruan tinggi di bawah naungan kementrian energi dan sumber daya mineral, bertempat di Cepu, Jawa Tengah Politeknik Energi Migas memiliki program studi teknik pengolahan migas, teknik instumentasi kilang, teknik produksi migas, logistik migas, dan teknik mesin kilang.

Jika kamu berniat melanjutkan perguruan tinggi di sini, peluang karirmu di beberapa perusahaan besar seperti PT. Pertamina, PT.PGN, dan beberapa lain akan terbuka lebar.

9. STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)

sttd
Source : https://www.ptdisttd.ac.id/

STTD (sekolah tinggi transportasi darat) merupakan sebuah pergurunan tinggi kedinasan yang berada dinaungan kementrian perhubungan.

Di sekolah kedinasan ini memiliki beberapa program studi sepertui D4 transportasi darat, D3 manajemen transportasi jalan, dan D3 manajemen transportasi perkeretapapian.

Lokasi perguruan tinggi ini berada di Bekasi. Lulusan STTD akan diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN).

10. Politeknik Imigrasi

politeknik imigrasi
Source : https://www.facebook.com/immigration.polytechnic/

Politeknik Imigrasi berada dinaungan kementrian hukum dan hak asasi manusia Republik Indonesia.

Politeknik imigrasi memiliki program studi variative D4 hukum keimigrasian, D4 administrasi keimigrasian, D4 manajemen teknologi keimigrasian, dan D3 keimigrasian.

Lokasi sekolah tinggi kedinasan ini berada di kota Depok, Jawa Barat.

11.  STMKG

stmkg
Source : stmkg.ac.id

STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) merupakan perguruan tinggi di bawah badan meteorology dan geofisika (BMG) sebagai lembaga pemerintah non departemen  (LPND).

Sekolah tinggi kedinasan STMKG memiliki program studi meteorologi, geofisika, klimatologi, dan instrumentasi. STMKG berada di Tanggerang Selatan, Banten.

12. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

sekolah tinggi inteligen negara
Source : stin.ac.id

Kamu berminat untuk menekuni ilmu atau tertarik dalam bidang intelijen STIN merupakan sekolah tinggi kedinasan yang berfokus pada pengembangan pendidikan bidang intelijen.

STIN berada di Bogor, Jawa Barat dan memiliki jurusan agen dan intelijen negara. Lulusan STIN akan mendapatkan gelar S,in dengan masa pendidikan 4 tahun.

13. AAL (Akademi Angkatan Laut)

akademi angkatan lau
Source : aal.ac.id

Akademi Angkatan Laut merupakan salah satu sekolah militer kedinasan seperti AAU, sekolah ini berada di Krembangan, Surabaya, Jawa Timur.

AAL memiliki program studi manhan matra laut D4, manhan matra laut aspek darat D4, dan teknik mesin kapal perang D4, teknik elektronika kapal perang D4, dan manajemen logkeu matra laut D4.

Itulah 13 daftar perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang terbaik dan terfavorit. Dapat kamu jadikan rekomendasi untuk kamu yang memang sudah berniat untuk meneruskan pendidikan ke jenjang kedinasan.

Tentu saja perguruan tinggi kedinasan mayoritas tidak memungut biaya tapi kamu harus siap dengan segala macam tes yang yang diberikan untuk seleksi masuknya yang terbilang cukup ketat karena banyaknya pendaftar dan saingan dari seluruh Indonesia.

Untuk kamu yang masih berada di sekolah menengah atas dan berminat masuk ke salah satu perguruan tinggi kedinasan seperti PKN STAN, tak ada salahnya menyiapkan mulai dari sekarang dengan mengikuti beberapa bimbel yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in