Cinta Produk Indonesia contohnya

Pengertian dan Contoh Tindakan Cinta Produk Indonesia

Diposting pada 271 views

Contoh Tindakan Cinta Produk Indonesia – Negara Indonesia memiliki produk dengan kualitas yang tidak kalah bersaing dengan luar negeri. Ketika kamu ingin membeli sebuah produk manakah yang kamu pilih antara produk dalam negeri atau asing? Sebagai masyarakat Indonesia memilih produk dalam negeri.

Apa pengertian dan tindakan dari cinta produk Indonesia? Yuk langsung simak di artikel ini.


Definisi Cinta Produk Indonesia

Cinta produk indonesia adalah sikap atau tindakan seseorang untuk menghargai, memakai, menjaga, mencintai dan mempromosikan produk buatan negeri kita sendiri. Sikap ini merupakan bentuk nyata dari sikap cinta tanah air.

Seseorang yang mempunyai rasa cinta produk indonesia, bangga dalam menggunakan produk buatan dalam negeri. Sikap ini mampu mendorong pertumbuhan produksi dan perekonomian bangsa.

Apa Contoh Tindakan dari Cinta Produk Indonesia?

Sikap cinta produk Indonesia perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sikap atau tindakan ini dapat berpengaruh besar terhadap perekonomian suatu negara dan menjadikan produk lokal semakin populer. Berikut contoh tindakan mencinta produk Indonesia:

1. Membeli dan Menggunakan Produk Buatan Masyarakat Indonesia.

Produk buatan masyarakat Indonesia sangatlah banyak. Teman-teman tidak usah bingung untuk mencari produk yang diinginkan. Sektor UMKM memproduksi kerajinan, makanan kemasan, fashion, minuman dan masih banyak lagi. Sektor industri menghasilkan peralatan elektronik seperti: penanak nasi, kompor dan kulkas. Pengrajin menghasilkan batik, furniture dan ukiran yang sangat menarik dan tidak diragukan kualitasnya

2. Mengutamakan Produk Indonesia

Bila terdapat beberapa pilihan produk lokal dan asing, kita sebagai masyarakat yang mencinta produk Indonesia sebaiknya mengutamakan membeli produk dalam negeri. Namun, bukan berarti kita menolak produk asing. Apabila, tidak ada produk buatan Indonesia kita boleh saja membeli produk asing.

3. Bangga Memakai Produk Indonesia

Banyaknya pilihan produk di Indonesia baik dari lokal maupun asing terkadang membuat kita bingung memilih produk yang sesuai. Tidak jarang sebagian orang mengikuti trend. Misalnya, trend fashion seperti baju dan tas yang sedang naik daun. Padahal, produk Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk asing. Kalau dahulu, kita perlu datang ke tempat penjualan produk lokal di daerah tertentu, sekarang kita bisa dengan mudah mendapatkannya melalui ecommerce. Rasa bangga memakai produk Indonesia membuat makin percaya diri.

4. Memberi Tahu Orang Sekitar Keunggulan Produk Indonesia

Kita bisa memberikan informasi keunggulan produk Indonesia kepada orang sekitar. Ibaratnya promosi mulut ke mulut. Biasanya orang akan tertarik dengan rekomendasi teman. Harapannya, teman-teman kita yang belum tahu produk Indonesia bisa mengetahui dan menggunakannya.

5. Tidak Menghina dan Meremehkan Produk Indonesia

Bagaimana sikapmu bila produk yang kamu beli kurang sesuai kualitasnya? Sebaiknya kita memberikan saran kepada pengrajin atau pemilik usaha untuk meningkatkan kualitas produk. Hal ini akan mendorong kreativitas baru para pengrajin.

6. Membantu Pengrajin

Kita sebagai generasi millennial pasti mempunyai kreativitas yang tinggi didukung penguasaan teknologi informasi. Membantu pengrajin bisa dilakukan dengan cara ikut mempromosikan produk secara online maupun offline. Selain itu, kamu bisa  berbagi ide-ide unik yang kamu tahu.

Baca Juga : Contoh Budaya Lokal Indonesia

Kesimpulan:

Cinta produk indonesia adalah sikap atau tindakan seseorang untuk menghargai, memakai, menjaga, mencintai dan mempromosikan produk buatan negeri kita sendiri. Sikap mencintai produk Indonesia akan membawa dampak positif seperti: peningkatan kondisi perekonomian bangsa,  peningkatan kreativitas dan terserapnya tenaga kerja. Yuk, kita terapkan tindakan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.