Bagaimana cara membuka program paint?

Cara Membuka Program Paint dan Kegunaannya Lengkap

Diposting pada 922 views

Cara Membuka Program Paint dan Kegunaannya Lengkap – Kemunculan program paint yang dibuat oleh Microsoft pada tahun 1995 menjadi software atau perangkat lunak yang digemari hingga saat ini. Dibandingkan pada saat awal kemunculannya, kini program paint telah banyak mengalami pembaruan. Saat ini, program paint terbaru yaitu Microsoft Windows Paint 11. Tidak tanggung-tanggung, kini program paint mempunyai fitur baru yaitu dark mode, tampilan ini menjadikan microsoft paint sekilas terlihat mirip dengan Adobe Photoshop.

Program Paint mulai diperkenalkan sejak kita masih duduk di bangku sekolah dasar loh. Tujuannya agar para siswa mengetahui editing gambar yang sederhana. Meskipun program paint memiliki banyak versi, namun cara membuka program paint sama untuk semua versi. Yuk, simak cara membuka program paint beserta kegunaannya di artikel ini.


Cara Membuka Program Paint

Membuka program paint sangat mudah, setelah komputer menyala ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik Start terletak pada bagian pojok kiri (Identik dengan ikon Windows)
  2. Kemudian klik All Programs
  3. Lalu pilih Accesories
  4. Selanjutnya klik Paint

Setelah kamu klik program Paint, tunggu sebentar hingga jendela kerja muncul. Bagaimana teman-teman apakah sudah berhasil membuka Program Paint?

Secara Default Nama File pada Program Paint akan Diberi Nama

Topik nama default file program paint sering sekali dibahas saat mata pelajaran Teknologi Informasi di Sekolah Dasar. Coba perhatikan saat kita akan menyimpan sebuah file pada program file di bawah ini:

Nama file program paint secara default

Dari gambar tersebut dapat kita tarik kesimpulan, secara default nama file pada program paint adalah Untitled. Bila kita tidak merubah nama file default maka nama file akan tetap Untitled, oleh karenanya kita bisa mengubahnya agar file tersebut mudah kamu cari.

Kegunaan Program Paint

Program paint meskipun sederhana tetapi memiliki banyak kegunaan loh. Ini dia beberapa kegunaan dan fungsi program paint:

  1. Membuat gambar karikatur.
  2. Membuat gambar bebas dan mewarnainya.
  3. Melakukan edit foto atau gambar.
  4. Membuat kartu ucapan, kartu ulang tahun dan sebagainya.
  5. Memperkecil ukuran file gambar.
  6. Membuat berbagai bentuk objek bangun datar.
  7. Menambahkan tulisan pada gambar.

Okey teman-teman itulah cara mudah membuka program paint dan kegunaannya, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. See you.

Kunjungi juga: Grup pada Menu View Program Paint