Grup pada Menu View di Program Paint

Grup yang Terdapat pada Menu View Program Paint

Diposting pada 539 views

Grup pada Menu View Program Paint – Program paint merupakan salah satu program pengolah gambar sederhana bawaan Microsoft Windows. Karena program ini bawaan windows, untuk menggunakannya tidak perlu melakukan instalasi karena secara default program paint sudah terpasang di perangkat dengan sistem operasi windows.

Program paint sangat sederhana dan mudah digunakan, namun sangat membantu untuk melakukan editing foto dan gambar sederhana. Oleh karenanya, sejak kita masih duduk di bangku sekolah dasar para guru sudah mulai memperkenalkan bagaimana cara menggunakan program paint dan menu apa saja yang terdapat di dalamnya.


Program Paint Dibuat Oleh

Program paint dibuat oleh Microsoft dan diperkenalkan kepada publik pada tahun 1995. Kemunculan program paint ini bersamaan dengan Windows 95.

Menu pada Program Paint

Program paint yang sederhana dan mempunyai fungsi yang sangat menunjang pekerjaan edit foto ini memiliki dua menu yaitu Menu Home dan Menu View.

Menu pada program paint
Program paint terdiri dari dua menu yaitu Home dan View

Pada gambar menu program paint di atas terlihat dua menu yaitu Menu Home dan Menu View dimana masing-masing menu terdiri dari beberapa grup. Grup-grup tersebut memiliki beberapa ikon. Misalnya, pada Menu Home terdapat Grup Clipboard (terletak di sebelah kiri) yang terdiri dari tiga ikon yaitu: Cut, Copy dan Paste.

Grup Menu View pada Program Paint

Okey teman-teman artikel kali ini kita akan fokus mengulas grup yang terdapat pada Menu View.

Pada gambar di atas terlihat bahwa Menu View memiliki tiga grup yaitu: Zoom, Show or Hide dan Display. Masing-masing grup terdiri dari kumpulan ikon yang memiliki fungsi yang saling berkaitan. Nah, di bawah ini merupakan grup pada menu view beserta ikon dan fungsinya:

1. Grup Zoom

Dari namanya, zoom berarti memperbesar. Grup Zoom terdiri dari ikon-ikon yang berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja agar memudahkan kamu dalam mengamati gambar atau image yang berada di lembar kerja. Nah, ini dia ikon dan masing-masing fungsinya yang terdapat pada Grup Zoom:

  • Zoom Out

Zoom out berfungsi untuk memperkecil tampilan lembar kerja.

  • Zoom In

Berkebalikan dari Zoom Out, Zoom In digunakan untuk memperbesar tampilan lembar kerja.

  • 100%

Seperti namanya, ikon 100% pada grup zoom digunakan untuk mengembalikan tampilan lembar kerja sesuai tampilan sesungguhnya (100%). Misalnya, ketika kamu melakukan zoom in dari posisi normal (100%) maka lembar kerja akan membesar, lalu bila kamu klik ikon 100% maka tampilan lembar kerja akan kembali seperti semula.

2. Grup Show or hide

Grup show or hide terdiri dari ikon-ikon yang berkaitan dengan garis bantu. Kamu bisa mencentangnya bila ingin menampilkan garis yang kamu butuhkan. Berikut merupakan ikon-ikon pada Grup Show or Hide:

  • Rulers

Rulers berfungsi untuk menampilkan penggaris dalam lembar kerja yang terletak di sebelah kanan, kiri, atas dan bawah lembar kerja. Garis ini bisa membantumu untuk menempatkan objek secara tepat.                   

  • Gridlines

Gridlines adalah garis-garis halus yang terdapat pada lembar kerja. Meskipun sudah terdapat rulers untuk membantu menempatkan objek, penggunaan gridlines akan makin memudahkanmu karena garis-garisnya lebih rapat dan kecil.

  • Status Bar

Status bar terletak pada bagian bawah lembar kerja yang memuat informasi seperti zoom, ukuran file dan dimensi lembar kerja.

3. Grup Display

Grup display berfungsi untuk mengatur lembar kerja yang ditampilkan. Nah, ini dia ikon dan masing-masing fungsinya yang terdapat pada Grup Display:

  • Full screen

Full screen berfungsi untuk menampilkan lembar kerja menjadi layar penuh.

  • Tumbnail

Tumbnail berfungsi untuk menampilkan lembar kerja dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran sebelumnya.

Okey teman-teman itulah grup yang terdapat pada menu view program paint, semoga artikel ini bisa membantu teman-teman-teman untuk semakin memahami ikon dan grup yang ada di program paint. See you.

Cek juga artikel lainnya: Tutorial Microsoft Word