Cara Membuat Visi dan Misi OSIS

Cara Membuat Visi dan Misi OSIS SMP SMA dengan Mudah

Diposting pada 499 views

Cara Membuat Visi dan Misi OSIS SMP SMA dengan Mudah? Kita akan mengulasnya di artikel ini. Referensi terkait Visi dan Misi OSIS sangat mudah kita temukan di internet. Namun, pastikan dalam membuat visi dan misi sesuai dengan tujuan dan kondisi sekolah. 

Sebagian besar organisasi pasti mempunyai visi dan misi. Sama halnya dengan OSIS. Membuat visi dan misi tergolong susah-susah gampang. Mengapa? Karena di dalamnya harus memuat apa yang akan OSIS lakukan selama masa jabatan, biasanya satu tahun ke depan. Namun, akan mudah ketika kita sudah mempunyai gambaran tentang kondisi sekolah dan tujuan apa saja yang ingin dilakukan. Yuk langsung saja kita pahami dulu pengertian visi dan misi!

Mengenal Pengertian Visi dan Misi

Pengertian Visi dan Misi OSIS

Sebelum kita membuat visi dan misi OSIS, alangkah lebih baik kita pahami dulu pengertian visi dan misi.

Banyak sumber menyebutkan pengertian visi adalah rangkaian kata yang mencakup impian, cita-cita, nilai, masa depan dari suatu organisasi, baik di dalam sebuah lembaga hingga perusahaan. 

Sederhananya, visi ini berisi target pencapaian jangka panjang yang ingin dicapai oleh sebuah organisasi. Berarti, kalau dalam OSIS, visi mencerminkan tujuan jangka panjang yang ingin dicapai OSIS. Melalui visi ini, OSIS dapat menentukan misi, program kerja dan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan selama masa jabatan.

Lanjut ke pengertian Misi…

Misi adalah tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan dan cita-cita organisasi. Di mana tujuan dan cita-cita ini tertuang dalam visi. Sehingga, misi dalam OSIS adalah cara yang dilakukan untuk mewujudkan visi OSIS. 

Bagaimana teman-teman sudah dapat gambaran pengertian visi dan misi OSIS? 

Dalam membuat visi dan misi, keduanya harus saling mendukung. Visi menciptakan gambaran umum tentang tujuan jangka panjang, sedangkan misi memberikan tahapan yang lebih spesifik untuk mencapai visi tersebut. Nanti kita lihat di contoh ya!

Cara Membuat Visi dan Misi OSIS

Cara Membuat Visi dan Misi OSIS

Poin penting dalam membuat visi dan misi yaitu keduanya harus saling berkaitan. Pertama tentukan visi, kemudian uraikan langkah apa yang akan kamu lakukan untuk mencapai visi tersebut ke dalam misi, selanjutnya evaluasi dan revisi menyesuaikan kebutuhan sekolah bila diperlukan. Nah, inilah tahapan dalam membuat visi dan misi:

 1. Tentukan Visi

Tahapan pertama, kita membuat visi terlebih dahulu. Tuangkan impian atau cita-cita yang ingin kamu capai pada visi OSIS. Impian ini secara keseluruhan ya! Bisa juga dikatakan impian utama. Berikut contoh visi:

Visi OSIS SMA atau SMP: “Menciptakan lingkungan sekolah yang kreatif, harmonis serta berdaya saing tinggi guna mendorong peningkatan prestasi akademik dan pengembangan potensi diri siswa serta aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler. “

2. Tentukan Misi

Selanjutnya, setelah menentukan visi kita lanjut dengan menyusun misi. Nah, misi adalah langkah-langkah yang diambil untuk mewujudkan visi. Isi dari misi harus mendukung visi. Jangan sampai, ternyata langkah yang kita buat pada misi tidak ada kaitannya dengan visi. 

Isi dari misi, sebaiknya terdiri dari beberapa poin yang akan dilaksanakan selama masa jabatan OSIS. Di atas kita sudah membuat visi, sekarang mari kita menyusun misi untuk mewujudkan visi “Menciptakan lingkungan sekolah yang kreatif, harmonis serta berdaya saing tinggi guna mendorong peningkatan prestasi akademik dan pengembangan potensi diri siswa serta aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler”. Inilah contoh misi:

  1. Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui kegiatan bimbingan belajar dan mentoring di sekolah.
  2. Mengembangkan bakat dan minat siswa dengan cara meningkatkan program ekstrakurikuler, kegiatan seni dan olahraga.
  3. Mengadakan kegiatan seminar dengan mendatangkan ahli di bidang terkait guna mengembangkan keterampilan siswa. 
  4. Mengadakan kegiatan pengembangan diri mulai dari pelatihan kepemimpinan, keterampilan komunikasi, keterampilan manajemen waktu, jiwa wirausaha dan kerja sama tim.
  5. Mengembangkan jalur komunikasi yang efektif dan efisien antara siswa dan orang tua kepada pihak sekolah untuk memudahkan penyampaian saran, keluhan, atau ide-ide yang membangun.
  6. Memperluas informasi terkait kompetisi di bidang akademik dan non akademik kemudian memberikan bimbingan kepada siswa yang mengikuti lomba.

3. Perhatikan Kebutuhan Guru dan Siswa

Selain kita membuat visi dan misi, langkah selanjutnya kaji ulang untuk memastikan apakah isi dari visi dan misi tersebut sudah memenuhi kebutuhan guru, siswa, dan seluruh warga sekolah. Visi dan misi tersebut harus mengandung cita-cita baik yang membangun sekolah terutama bagi siswa dan guru. 

4. Diskusikan Ulang Visi dan Misi Tersebut Kemudian Setujui Bersama

Dalam membuat visi dan misi, hampir tidak mungkin langsung selesai dan dapat direalisasikan. Kita perlu mengkaji ulang visi dan misi tersebut. Setelah kita pastikan isinya memenuhi kebutuhan guru dan siswa, sekarang pastikan juga visi dan misi tersebut disepakati oleh sebagian besar anggota OSIS, agar mereka juga berkomitmen dalam menjalankan visi dan misi tersebut dengan senang hati. 

Kunjungi juga artikel kami terkait OSIS:
Tujuan Mengikuti OSIS
10 Alasan Masuk OSIS yang Menarik dan Bijaksana
Jabatan-Jabatan di OSIS dan Tugasnya Lengkap

5. Implementasikan dalam Program Kerja

Visi, misi dan program kerja. Semuanya saling berhubungan dan mendukung satu sama lain. Program kerja berisi program-program nyata atau kegiatan untuk diimplementasikan guna mencapai misi organisasi. Nah, saling mendukung bukan?

6. Komunikasikan Kepada Seluruh Anggota Sekolah

Visi, misi dan program kerja yang telah disetujui oleh anggota OSIS dan guru juga harus diberitahukan kepada seluruh anggota seluruh. Paling tidak, seluruh anggota seluruh mengetahui visi dan misi tersebut. 

7. Evaluasi dan Revisi secara Berkala

Selanjutnya, kamu juga perlu melakukan evaluasi jalannya visi dan misi tersebut. Apakah selama ini kegiatan yang diselenggarakan sudah berhasil? Apakah para siswa dan guru merasakan manfaat dari program kerja yang OSIS buat? Setelah melakukan evaluasi, OSIS bisa juga merevisi misi dan program kerja sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah. 

Oke teman-teman, itulah artikel terkait Cara Membuat Visi Misi OSIS SMP SMA dengan Mudah. Sebenarnya, membuat visi dan misi OSIS mudah saat kita sudah tahu kondisi sekolah dan apa saja yang ingin kita lakukan guna mencapai tujuan utama. Yap, karena tujuan utama atau cita-cita akan kita tuangkan dalam visi. Kemudian langkah-langkah guna mencapai visi akan kita tuangkan dalam misi. 

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.