Beberapa Pemakai Informasi Akuntansi

Pada kesempatan sebelumnya kitapunya.net sudah membahas mengenai pengertian akuntansi sampai dengan bidang spesialisasi dan jabatan dalam bidang akuntansi. Nah, setelah itu baru kita memasuki bab selanjutnya yaitu tentang pemakai informasi akuntansi. Sudah tahukah apa pengertian dari informasi akuntansi? Oke, biar semakin paham dengan materi ini kami sampaikan definisi dari informasi akuntansi.

Informasi akuntansi adalah data transaksi keuangan suatu perusahan dalam periode tertentu yang dituangkan dalam bentuk laporan keuangan atau financial stetement. Pada dasarnya laporan keuangan yang terdapat di suatu perusahaan terdiri atas laporan neraca yang menginformasikan tentang posisi (kemampuan) keuangan perusahaan tersebut. Selain laporan neraca, laporan keuangan yang selanjutnya adalah laporan laba rugi, sudah jelas bahwa laporan ini menginformasikan tentang kegiatan perusahaan tersebut serta hasil (pendapatan) perusahaan tersebut apakah perusahaan mengalami laba (keuntungan) ataupun kerugian.

Maka dari itu fiancial statement yang di buat oleh suatu perusahaan adalah suatu media komunikasi antara kegiatan usaha perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan atas posisi keuangan dan perkembanngan usaha perusahaan tersebut.

Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap informasi akuntansi tersebut merupakan pemakai dari informasi akuntansi. Siapa sajakah pihak-pihak yang merupakan pemakai informasi akuntansi tersebut, berikut ini adalah penjelasannya :

Beberapa Pemakai Informasi Akuntansi
Beberapa Pemakai Informasi Akuntansi


1. Pemimpin Perusahaan (manajemen)
Pemakai informasi akuntansi yang pertama adalah pemimpin perusahaan (manajemen). Bagi pemimpin informasi ini berguna untuk :
  • Sebagai bukti pertanggungjawaban terhadap pemilik perusahaan atas kepemimpinannya dalam mengelola perusahaan tersebut.
  • Sebagai alat penilaian atas pelaksanaan operasi perusahaan, bisa secara keseluruhan, sebagian, maupun individu-individu yang mempunyai wewenang dan juga tanggung jawab.
  • Sebagai alat untuk mengukur tingkat atau besarnya biaya kegiatan-kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.
  • Sebagai dasar pembuatan pertimbangan-pertimbangan dalam membuat keputusan rencana kegiatan perusahaan untuk kedepannya.
2. Pemilik perusahaan
Perusahaan seperti PT (Perseroan Terbatas) pimpinan perusahaannya diserahkan kepada orang lain, laporan akuntansi bagi pemilik perusahaan memiliki fungsi sebagai berikut :
  • Sebagai alat pemantauan atau penilaian atas hasil yang berhasil dicapai oleh pimpinan perusahaannya.
  • Sebagai dasar penentuan taksiran atau perkiraan keuntungan yang didapat kedepannya dan juga perkiraan mengenai perkembangan harga saham perusahaan tersebut.
3. Kreditor dan calon kreditor
Kita sering mendengat kata kreditor, lalu apa sih itu kreditor. Definisi dari kreditor yaitu orang atau badan yang kegiatannya memberikan jasa pinjaman (utang) kepada perusahaan, pinjaman tersebut bisa berwujud uang maupun berbentuk barang. Laporan keuangan yang dilaporkan oleh akuntan akan memiliki kegunaan bagi para kreditor maupun calon kreditor, yaitu sebagai dasar pembuatan pertimbangan dan keputusan dalam pemberian kredit ataupun utang kepada perusahaan yang bersangkutan.
Kreditor atau calon kreditor akan menganalisa laporan keuangan tersebut, nah dari hasil analisa tersebut dapat diketahui apakah perusahaan yang bersangkutan nantinya mampu untuk mengembalikan pinjaman saat tiba waktunya (jatuh tempo) untuk membayar utang-utangnya kepada kreditor.

4. Instansi pemerintah
Instansi atau badan-badan pemerintah tertentu juga membutuhkan laporan keuangan suatu perusahaan. Misalnya Kantor Pelayanan Pajak yang menggunakan laporan keuangan untuk menentukan pajak penghasilan suatu perusahaan. Selain kantor pelayanan pajak ada juga Badan Pengembangan Pasar Modal (Bapepam). Laporan keuangan oleh Bapepam digunakan sebagai alat pengawasan keuangan perusahaan yang menjual sahamnya di pasar modal. Selain kedua badan tersebut, ada juga Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang menggunakannya untuk pengumpulan data statistik.

5. Karyawan
Tidak hanya pemilik perusahaan, pimpinan perusahaan dan manajemen saja yang membutuhkan laporan keuangan. Laporan keuangan ini ternyata juga berguna bagi para karyawan perusahaan tersebut. Untuk apakah laporan keuangan bagi para karyawan, berikut adalah fungsinya :
  • Oleh karyawan digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan perusahaan tempat mereka bekerja dalam memberikan upah dan jaminan sosial lainnya.
  • Untuk menilai perkembangan serta prospek perusahaan, dalam rangka penentuan pilihan langkah yang harus dilakukan sehubungan dengan kelangsungan kerjanya.
  • Pada perusahaan yang biasa memberikan bonus akhir tahun kepada karyawannya, laporan keuangan digunakan oleh karyawan sebagai dasar penilaian tingkat kelayakan bonus (sesuai atau tidak) yang diterimanya dibanding dengan keuntungna perushaan pada periode yang bersangkutan.
Dari raian di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi akuntansi oleh pihak manapun yang berkepentingan, digunakan sebagai dasar dalam embuatan pertimbangan-pertimbangan untuk mengambil sesuatu eputusan yang sesuai dengan kepentingannya.
Load disqus comments

0 comments