Lampu Kota Pada Sistem Penerangan

Kita Punya | Belajar Otomotif - Fungsi Lampu Kota. Sistem Penerangan yang terdapat pada kendaraan memiliki beberapa tujuan yaitu untuk pencahayaan, untuk tanda atau informasi. Pada kendaraan khususnya pada sistem penerangan terdapat salah satu lampu yang sering kita sebut dengan lampu kota, lampu kota yang disebut juga dengan lampu jarak (clearance ligt) dan tail ligt (lampu belakang) berfungsi sebagai penerangan dalam pada saat senja atau fajar dimana kondisi cahaya di sekitar kendaraan tidak begitu gelap. 

Di kota-kota, seluruh pengendara sepeda motor diwajibkan untuk menyalakan lampu kota, ini bertujuan agar kendaraan bermotor lebih terlihat (lebih menonjol), sehingga menjadi perhatian pengendara lainnya. Tentu hal ini bertujuan agar angka kecelakaan sepeda motor dapat di minimalisir.

Lampu jarak atau lampu kota pada mobil ini memberi peringatan terhadap pengguna jalan lainnya akan keberadaan kendaraan, dan juga memberikan sinyal jarak (lebar) dari kendaraan tersebut. Begitu juga lampu kota bagian belakang yang disebut dengan tail light, berfungsi untuk memberikan sinyal pada kendaraan di belakang tentang lebar dari kendaraan tersebut. 

Lampu kota bagian belakang bolamp lampunya dijadikan satu dengan lampu rem, jadi jenis bolamp lampunya adalah double filament. Perbandingan lampu kota dengan lampu rem adalah lampu kota menyala lebih redup daripada lampu rem.
 
Saklar (switch) kontrol lampu kota dijadikan satu dengan saklar lampu kepala atau yang biasanya disebut dengan headlight switch. Lampu kota dapat diaktifkan dengan memutar saklar lampu kepala (headlight switch) sebanyak satu kali (langkah). Pada langkah kedua digunakan untuk mengaktifkan lampu kepala. Beberapa model memiliki sistem lampu belakang yang dilengkapi dengan indikator lampu belakang.
Ada dua tipe sistem lampu belakang:
a. Tipe terhubung langsung tanpa relai
b. Tipe relai lampu belakang

Rangkaian Lampu Kota (Tail Light)

Rangkaian Lampu Kota
Rangkaian Lampu Kota
Cara kerja lampu belakang (tail light) tipe terhubung tanpa relay :
Ketika saklar kontrol lampu diputar satu kali ke posisi tail, maka arus dari + baterai akan mengalir melewati fusible link dan sekering, kemudian saklan kontrol lampu > lampu belakang > massa. Lampu belakang atau lampu kota menyala.

Cara kerja lampu belakang dengan relay :
Ketika saklar kontrol lampu diputar ke posisi tail, arus dari positif baterai mengalir melalui fusible link dan sekering > kumparan pada relay > saklar kontrol lampu > massa. Akibatnya relay terjadi kemagnetan, sehingga plunger tertarik yang mengakibatkan arus dari + baterai mengalir melalui fusible link dan sekering > relay > lampu belakang > massa. Lampu belakang menyala.
Load disqus comments

0 comments