Kenali Kapasitas Sekering Berdasarkan Warnanya

Salah satu sekering yang sering kita jumpai adalah tipe blade yang mempunyai warna untuk setiap kapasitas sekering tersebut. Sekering atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Fuse adalah komponen yang ditempatkan pada bagian tengah suatu rangkaian kelistrikan (diantara sumber listrik/baterai dan beban) dan berfungsi sebagai pelindung sirkuit agar tidak terjadi kerusakan atau kebakaran pada sirkuit kelistrikan ketika terjadi hubungan singkat arus listrik (kongslet), dan arus yang berlebihan.
Sekering Tipe Blade
Sekering Tipe Blade
Ketika terjadi konsleting atau arus yang berlebihan (arus sudah melebihi kapasitas pada sekering) yang melalui sirkuit maka fuse dengan sendirinya akan putus, sehingga sirkuit akan terjadi rangkaian terbuka dan mencegah komponen komponen lain dari kerusakan yang disebapkan oleh arus yang berlebihan. 

Tipe sekering blade merupakan salah satu jenis sekering yang paling banyak digunakan, karena sekering ini dirancang dengan elemen metal dan lebih kompak serta rumah pelindug yang tembus pandang, sehingga ketika putus akan terlihat. Selain itu juga mempunyai beberapa keuntungan yaitu : 1) Lebih ringan
2) Bagian yang berhubungan lebih luas
3) Tidak mudah pecah dan anti shock (terbakar)
4) Lebih tahan terhadap arus yang terputus-putus

Sekering tipe blade ini diberi kode warna untuk masing-masing tingkatan arus dari 5 A sampai dengan 30 A.

Berikut ini indentifikasi warna pada setiap kapasitas sekering tipe blade :

5 A : Coklat Kekuning-kuningan
7,5 A : Coklat
10 A : Merah
15 A : Biru
20 A : Kuning
25 A : Tidak Berwana (Transparan)
30 A : Hijau

Anda tidak perlu menghafalnya, karena biasanya juga diatas sekering sudah ada angka yang menunjukan kapasitas sekering tersebut. Bagian-bagian dari sekering tipe blade adalah housing, terminal, fusing portion, lihat gambar di bawah ini.
Sekering Tipe Blade
Sekering Tipe Blade
Ketika sudah diketahui bahwa sekering tersebut sudah putus, maka ketika akan mengganti usahakan kapasitasnya sekering yang baru dengan yang lama sama, hal ini dikarenakan pada rangkaian tersebut sudah dihitung oleh pabrik berapa kapasitas sekering yang digunakan, dan akan berbahaya jika diganti dengan kapasitas sekering yang tidak sesuai, kecuali anda sudah mengerti dan faham bagaimana menentukan kapasitas sekering pada suatu rangkain.

Sekering-sekering yang dipasangkan pada mobil biasanya ditempatkan dan dijadikan satu pada satu kotak sekering yang berada dalam ruang kemudi atau dalam ruang mesin pada bagian depan mobil, hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam pemeriksaan dan penggantian sekering. Kotak tersebut sering disebut dengan junction block.
Load disqus comments

0 comments