Cara Kerja Sistem Pendingin Mobil

Kita Punya - Cara Kerja Sistem Pendingin Mobil - Sistem pendingin berfungsi mendinginkan mesin dan mencegah panas yang berlebihan (OVER HEATING) pada mesin. Sistem pendingin ada dua macam yaitu sistem pendingin dengan air dan sistem pendingin dengan udara. Umumnya mesin mobil banyak menggunakan sistem pendingin air. Sistem pendingin air mempunyai kerugian akan konstruksi yang rumit dan biayanya yang mahal jika dibandingkan dengan sistem pendingin udara. Sedangkan keuntungan dari system pendingin air yaitu pendinginannya lebih cepat, lebih aman karena ruang bakar dikelilingi oleh air dan berfungsi sebagai peredam bunyi dan getaran, mserta dapat digunakan sebagai sumber panas untuk heater (pemanas ruangan). Sistem pendingin air dilengkapi oleh water jacket, pompa air (water pump), radiator, thermostat, kipas (fan), slang karet (hose), fan clutch dan lain-lain. 

Cara Kerja Sistem Pendingin Mobil

Pada saat mesin dingin:
Tekanan pada sistem pendingin dipompa oleh pompa air dan bersirkulasi dari water pump ke water jacket ke by pass hose kembali lagi ke water pump, karena pada saat ini mesin masih dingin dan air pun masih dingin menyebapkan katup thermostat masih tertutup, Pada saat mesin masih dingin, air tidak bersirkulasi melalui radiator, hal ini bertujuan agar air pendingin dan mesin cepat mencapai suhu kerja maximal, mengingat bahwa performa mesin juga akan maximal ketika mesin itu pada suhu kerjanya, bukan terlalu dingin dan juga terlalu panas. Untuk sirkulasi airnya dapat anda lihat pada gambar dibawah ini
Sirkulasi air pada saat Mesin masih Dingin
Sirkulasi air pada saat mesin Dingin
Pada saat mesin panas (Mencapai suhu Kerja)
Setelah mesin menjadi panas, kira-kira pada temperatur 85°C thermostat mulai terbuka dan katup bypass tertutup dalam bypass sirkuit, sehingga aliran air pendingin mengalir dari radiator ke lower hose, ke water pump, ke water jacket, ke upper hose dan kembali ke radiator untuk didinginkan dengan kipas dan udara yang dihasilkan dari gerakan maju kendaraan itu sendiri. Aliran air pada sistem pendingin dengan kondisi mesin dalam keadaan panas dapat dilihat pada gambar 17 berikut.
Aliran air pada kondisi mesin panas
Sirkulasi air pada saat mesin panas
Load disqus comments

3 comments