pendingin udara sepeda motor

Pendinginan Udara pada Sepeda Motor + Kelebihan dan Kekurangan

Diposting pada 799 views

Kita Punya – Pendinginan Udara pada Sepeda Motor. Pada motor
yang menggunakan sistem pendinginan udara, panas motor diambil langsung oleh udara melalui sirip-sirip pendingin. Sirip-sirip ini dipasangkan di sekeliling silinder dan kepala silinder. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat saja motor yang anda punya.  

Pada pendinginan udara ini, hembusan udara terjadi pada saat kendaraan berjalan atau dilakukan oleh sebuah kipas. Konstruksi motor dengan pendinginan udara dibanding pendinginan air mempunyai  :

Lihat juga : Komponen Sistem Pendingin pada Mobil

Keuntungan pendingin udara

  • Konstruksi lebih sederhana
  • Harga relatif lebih murah
  • Perawatan
    relatif tidak ada  

Kerugian Pendinginan Udara

  • Pendinginan tidak merata  
  • Untuk mengefektifkan pendinginan udara banyak dijumpai dengan menambah suatu kipas yang digerakkan langsung oleh poros engkol.  

Jika motor dihidupkan , maka kipas akan ikut berputar, sehingga udara dialirkan menuju sudut-sudut hantar ke sirip-sirip kepala silinder dan blok silinder. Dengan menggunakan kipas ini maka pendinginan akan lebih merata dibanding yang tidak memakai kipas, cara ini digunakan pada sepeda motor.

Contoh: Vespa, Suzuki Jet Cooled (RC), Yamaha Force 1, dan mobil, contoh: VW lama (Safari, Combi, Kodok).

Ada Sepeda Motor Yang Menggunakan Pendingin Air

Walaupun banyak sepeda motor menggunakan pendingin udara, khususnya yang ber CC rendah, tapi ada juga sepeda motor yang menggunakan pendingin air. Dengan kata lain ada radiatornya di motor tersebut.

Motor dengan pendingin air ini bisa kita jumpai dengan mudah di sekeliling kita, motor dengan CC di atas150 cc biasanya memiliki radiator sebagai tempat pendinginan cairan pendingin. Sebut saja satria FU, Ninja 250 cc, dll. Motor matic seperti vario 125, Yamaha Nmax, Honda PCX juga menggunakan sistem pendingin air lho.

Namun pada akhirnya, panas yang diterima oleh cairan pendingin juga akan didinginkan di radiator oleh aliran udara pada saat kendaraan berjalan.

Baca : Mengenal nilai oktan pada bahan bakar bensin

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.