contoh surat keterangan kerja

Surat Keterangan Kerja: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh (DOC)

Diposting pada 9,182 views

Surat Keterangan Kerja: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh (DOC) – Surat keterangan kerja biasanya diperuntukkan bagi seorang karyawan yang sudah memiliki pengalam bekerja selama beberapa tahun. Jika Anda membutuhkan surat yang satu ini bisa langsung meminta ke atasan perusahaan. Akan tetapi ternyata masih ada yang belum paham mengenai surat ini. Jika Anda adalah salah satunya silahkan simak ulasan yang ada di bawah ini.

Jenis surat yang satu ini berkaitan dengan posisi yang pernah Anda bekerja di perusahaan dan berapa lama waktunya. Adapun yang mengeluarkan surat ini biasanya bagian personalia yang memiliki kewajiban untuk membuatnya. Surat ini merupakan dokumen penting untuk karyawan sebagai persyaratan untuk mengurus beberapa hal.

Adanya surat keterangan pernah bekerja di suatu tempat menyatakan bahwa Anda adalah karyawan aktif di sebuah perusahaan. Jenis surat yang satu ini penting apalagi jika Anda ingin melamar pekerjaan di perusahaan lain. Dari surat ini rekruter akan melakukan pertimbangan apakah lamar Anda diterima atau tidak.

Pengertian Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja adalah dokumen yang dikeluarkan oleh perusahaan atau institusi tempat seseorang bekerja sebagai bukti bahwa orang tersebut bekerja di sana. Surat keterangan kerja ini biasanya berisi informasi tentang identitas pekerja, posisi atau jabatan, lama bekerja, dan gaji yang diterima. Surat keterangan kerja juga dapat mencantumkan informasi lain seperti alasan berhenti kerja, alasan pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain, atau informasi lain yang relevan dengan pekerjaan yang dilakukan.

Surat keterangan kerja biasanya diminta dalam berbagai keperluan, seperti untuk pengajuan kredit, visa, beasiswa, atau dalam proses seleksi pekerjaan di perusahaan lain. Surat keterangan kerja dapat dianggap sebagai bukti validitas informasi yang diberikan oleh calon pekerja atau pihak yang membutuhkan dokumen tersebut.

Perusahaan atau institusi yang menerbitkan surat keterangan kerja biasanya bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang akurat dan jujur ​​tentang pekerja tersebut. Surat keterangan kerja juga dapat dianggap sebagai dokumentasi penting untuk keperluan administrasi perusahaan, seperti pembuatan laporan keuangan, perhitungan upah dan tunjangan, serta pengajuan klaim asuransi karyawan.

Fungsi Surat Pengalaman Kerja

1. Memenuhi persyaratan jika Anda ingin menarik dana BPJS Ketenagakerjaan

Fungsi pertama dari surat keterangan ini adalah memudahkan jika ingin melakukan penarikan dana bpjs di bidang ketenagakerjaan. Memang salah satu persyaratan yang harus Anda penuhi adalah memberikan surat keterangan sedang bekerja di sebuah perusahaan dan tentunya sudah dilegalisir terlebih dahulu. Jika Anda membawa surat tersebut maka dana yang bisa dicairkan sebanyak 10 hingga 30 persen.

2. Ingin mengajukan beasiswa lewat jalur professional

Fungsi kedua dari surat keterangan kerja sebagai persyaratan apabila ingin mengajukan beasiswa lewat jalur professional. Surat ini juga dibutuhkan saat Anda akan melamar beasiswa baik dari pemerintah atau pihak swasta. Walaupun Anda masih menjadi karyawan biasa, tetap bisa meminta surat keterangan yang satu ini.

3. Melamar pekerjaan di tempat lain

Fungsi selanjutnya dari surat keterangan bekerja ini adalah jika Anda ingin melamar di perusahaan lain. Agar pihak rekruter yakin bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk bekerja di perusahaan tersebut maka mintalah surat keterangan dari tempat sebelumnya. Dari surat keterangan tersebut HRD akan melihat kualifikasi yang Anda miliki apakah sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak.

Adanya surat keterangan ini akan membantu Anda untuk mencapai puncak karir yang lebih cemerlang. Isi surat ini adalah prestasi apa yang pernah Anda raih di perusahaan sebelumnya.

4. Salah satu bentuk apresiasi dari perusahaan

Fungsi berikutnya adalah sebagai bentuk apresiasi yang diberikan kepada karyawannya. Biasanya diberikan kepada karyawan yang usianya masih di bawah 25 tahun karena sering ingin pindah tempat bekerja. Apalagi umur di bawah 25 tahun adalah waktu yang tepat untuk mencari pengalaman baru sebanyak-banyaknya dalam hidup.

Karena itu dengan dikeluarkannya surat ini tentu akan memudahkan karyawan muda yang ingin mencari pekerjaan baru agar bisa dilirik oleh perusahaan besar. Selain itu fungsinya bagi HRD adalah agar mendapatkan kredibilitas dan dianggap sebagai perusahaan yang terpandang.

5. Persyaratan Untuk Jaminan Sosial dan Pajak

Fungsi surat keterangan kerja yang berikutnya sebagai persyaratan untuk jaminan sosial dan pajak Anda. Jadi jika Anda merupakan karyawan aktif dan ingin melakukan pendaftaran jaminan sosial dan pajak harus melampirkan surat ini.

6. Untuk melamar ke perguruan tinggi

Jika Anda karyawan aktif dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, surat keterangan kerja ini harus dilampirkan saat pendaftaran agar diterima. Hal ini dikarenakan ada beberapa jurusan di perguruan tinggi yang menuntut calon mahasiswa baru agar memiliki pengalaman kerja terlebih dahulu.

7. Memberikan keterangan mengenai kinerja dan phk yang baik

Fungsi berikutnya adalah memberi keterangan berupa penilaian dan data diri terkait karyawan yang bersangkutan. Di dalamnya berisi tentang semua informasi terkait karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan dari awal masuk hingga mengundurkan diri. Selain itu surat ini juga bisa diberikan kepada karyawan sementara yang kontraknya telah habis.

Adanya surat keterangan ini akan membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang baru. Selain itu artinya adalah bahwa Anda merupakan orang yang berkelakuan baik dan tidak pernah memiliki masalah dengan perusahaan sebelumnya.

8. Membuat kartu kredit

Jika Anda ingin membuat kartu kredit di bank persyaratan yang harus dipenuhi adalah membawa surat keterangan bekerja di sebuah perusahaan. Selain itu Anda juga harus membawa surat keterangan penghasilan yang didapatkan setiap bulannya. Hal ini digunakan untuk meyakinkan pihak bank bahwa Anda mempunyai penghasilan dan pekerjaan untuk membayar cicilan kartu kredit.

9. Mencairkan data jaminan di hari tua

Surat keterangan bekerja ini juga bisa Anda gunakan untuk mencairkan dana di hari tua atau JHT. Tetapi pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mendaftrakan diri lewat perusahaan tempat dimana Anda bekerja. Selain surat keterangan, dokumen yang diperlukan untuk mendaftar adalah kartu keluarga dan identitas diri.

Selain itu yang Anda harus ingat ketika ingin mencairkan jaminan hari tua adalah tanggal di bpjs ketenagarkerjaan harus sesuai dengan waktu berhenti bekerja.

10. Memudahkan Anda jika ingin membuat paspor atau visa

Fungsi selanjutnya adalah membantu Anda dalam membuat paspor atau visa karena surat ini diperlukan untuk menunjang pengurusan visa di negara yang akan menjadi tujuan. Biasanya jika ingin pergi ke negara di benua Australia, Eropa dan Amerika wajib melampirkan surat keterangan kerja. Surat ini juga menjadi jaminan untuk Anda jika terjadi sesuatu yang tidak terduga di luar negeri.

Biasanya surat keterangan untuk membuat visa memuat beberapa informasi saja seperti data diri, jabatan dan penghasilan Anda dan keterangan biaya perjalanan ditanggung sendiri atau dari perusahaan.

11. Surat kerja untuk PNS

Bagi Anda yang bekerja sebagai PNS harus memiliki surat kerja. Alasannya adalah untuk menjelaskan bahwa Anda adalah seorang PNS. Anda bisa menggunakan surat ini jika ingin meminjam uang ke bank.

12. Menandakan bahwa Anda pernah bekerja

Selain itu adanya surat keterangan ini menjelaskan bahwa Anda memiliki pengalaman bekerja di sebuah perusahaan. Surat ini dianggap sebagai surat sakti untuk dijadikan bahwa pertimbangan jika melamar di perusahaan baru.

Jenis dan Contoh Surat Keterangan Kerja

1. Contoh surat keterangan kerja di instansi pemerintah

KOP SURAT

SURAT PERNYATAAN

           Nomor :

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                            :

NIP                                :

Jabatan  *)                    :

Unit Kerja                     :

Perangkat Daerah      :

dengan ini menyatakan bahwa Saudara :

Nama                            :

Tempat/Tgl. lahir         :

Pendidikan/Jurusan    :

Jabatan                         :

Unit Kerja                     :

Perangkat Daerah      :

  1. Sejak diangkat sebagai ……………………….. mulai tanggal …………. sampai dengan saat ini melaksanakan tugas secara nyata dan sah.
  2. Dalam melaksanakan tugasnya sebagai …………………………… telah menunjukkan disiplin serta mempunyai integritas yang tinggi.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan sebenar-benarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya. Apabila dikemudian hari pernyataan ini ternyata tidak benar, saya bersedia bertanggungjawab dan menerima konsekuensinya.

Trenggalek,      Juli 2021

Yang membuat pernyataan

(………………….)

NIP

2. Contoh surat keterangan bekerja dari perusahaan swasta

Jenis yang pertama adalah surat keterangan jika pernah bekerja di perusahaan swasta. Surat yang satu ini biasanya digunakan untuk melengkapi berkas jika ingin mengurus sesuatu.

KOP SURAT

SURAT KETERANGAN KERJA

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                : Gita Welastiningtias

Jabatan            : HRD PT Maju Mundur

Alamat              : Jl. Pulau Bungin, Jakarta

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                : Sonia Kharisma

Jabatan            : Marketing

Alamat              : Jln. Padang Galak, Jakarta

Adalah benar merupakan karyawan kamu yang masih aktif bekerja sejak tanggal 1 Februari 2021 sampat saat ini.

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat agar bisa digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih.

Jakarta, 2 Juni 2022

Hormat Kami,

Gita Welastiningtias

Personalia

2. Contoh surat keterangan kerja untuk pengajuan KPR

Jika Anda ingin mengajukan surat untuk Kredit Pemilikan Rumah atau KPR tentu harus menggunakan surat keterangan kerja. Untuk jenis surat yang satu ini formatnya agak berbeda karena langsung menerangkan tujuannya yaitu pengajuan KPR.

KOP SURAT

Surat Keterangan Kerja

Nomor:

Yang bertanda tangan di bawah ini, Pimpinan Divisi SDM PT Maju Mundur, menerangkan bahwa sesungguhnya:

Nama    : Abi Falah

NIK       : 2015-556

Jabatan: Customer Service

Alamat  : Jl. Nusakambangan No. 2 Jakarta Timur

Adalah pegawai PT Maju Mundur yang telah bekerja sejak tanggal 1 Maret 2018 hingga sekarang.

Demikian surat keterangan ini dibuat sebagai bentuk persyaratan untuk mengajukan permohonan KPR

Jakarta, 23 Juni 2021

Hormat Kami,

Pimpinan Divisi SDM

Gita Welastiningtias

3. Contoh surat keterangan kerja untuk membuat rekening di bank

Jika Anda ingin membuat rekening di bank biasanya format surat keterangan jerha nya berisi data pribadi Anda. Anda bisa memintanya ke bagian personalia yang memang memiliki wewenang untuk mengeluarkan surat.
Berikut ini adalah contoh surat keterangan kerja untuk membuat rekening di bank:

[Logo perusahaan]

SURAT KETERANGAN KERJA

Nomor: [Nomor surat]

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama : [Nama Lengkap] Jabatan: [Jabatan di perusahaan] Alamat : [Alamat lengkap]

Dengan ini menyatakan bahwa saudara/i:

Nama : [Nama Lengkap] Alamat : [Alamat lengkap]

Telah bekerja di perusahaan kami dengan posisi [posisi/jabatan] sejak [tanggal mulai bekerja]. Saat ini saudara/i masih aktif bekerja dan diperkirakan akan bekerja untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

Adapun informasi gaji yang diterima oleh saudara/i adalah sebesar [jumlah gaji] per bulan.

Surat keterangan kerja ini diberikan untuk keperluan pembuatan rekening bank dan merupakan informasi yang benar dan sahih.

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

[Tempat, Tanggal]

Hormat kami,

[TTD Pihak Perusahaan]

[Nama Pihak Perusahaan]

[Jabatan di Perusahaan]

4. Contoh surat keterangan bekerja di hotel

Biasanya pegawai hotel yang meminta surat keterangan kerja itu digunakan untuk mengajukan pinjaman ke ban atau perusahaan leasing. Adapun contoh suratnya sebagai berikut:

KOP SURAT

Surat Keterangan Kerja

Nomor:….

Yang bertanda tangan di bawah ini adalah Pimpinan Divisi SDM Hotel Amaris menerangkan dengan sesungguhnya bawah:

Nama                : Ayu Amelia

NIK                   : –

Jabatan            : Resepsionis

Alamat              : Jalan Nangka No. 3 Denpasar

Adalah karyawan Hotel Amaris yang telah bekerja dari tanggal 14 Maret 2017 hingga saat ini.

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk digunakan sebagai berkas pengajuan dana ke bank.

Denpasar, 23 Juni 2021

Kepala SDM

Gita Welastiningtias

5. Contoh surat keterangan kerja untuk kuliah

Surat keterangan jenis ini biasanya diperlukan oleh mahasiswa untuk meminta keringanan jam saat kuliah. Surat ini bisa dijadikan bukti bahwa Anda sedang bekerja di sebuah perusahaan.

KOP SURAT

Surat Keterangan Kerja

Nomor:……

Yang bertanda tangan di bawah ini, Pimpinan Divisi SD PT Suka Jaya menerangkan bahwa:

Nama                : Ahmad Bagus

NIK                   : 2016-076

Jabatan            : Customer Service

Alamat              : Jalan Sudirman No. 3 Jakarta Pusat

Adalah karyawan PT Suka Jaya yang telah bekerja dari tanggal 20 April 2016 hingga saat ini.

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk diajukan ke pihak universitas sebagai pengajuan keringanan pada jam kuliah.

Jakarta, 23 Mei 2021

Kepala SDM

Gita Welastiningtias

6. Contoh surat keterangan kerja praktek di klinik

Surat keterangan kerja ini juga bisa dibuat sebagai bukti sedang melakukan praktek di sebuah klinik. Surat ini menandakan bahwa Anda merupakan seorang dokter.

KOP SURAT

SURAT KETERANGAN

Nomor: 004/K-LD/SK/V/2010

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama    : dr. Gita Welastiningtias

Alamat  : Jl. Pulau Bali No. 24 Denpasar

Jabatan : Penanggung Jawab Klinik Dewata Bali

Menerangkan bahwa:

Nama    : dr. Fara Salsabilla

Tempat/Tgl lahir: Malang, 11 Oktober 1991

Alamat  : Jl. Pulau Moyo No. 3 Tabanan Bali

Sedang melakukan praktek sebagai dokter umum di Klinik Dewata Bali Jl. Pulau Bingin No. 2 Denpasar, Bali.

Demikian surat ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Denpasar, 20 Juni 2021

Ttd dan stempel

dr. Gita Welastiningtias

Penanggung Jawab Klinik

Download File Template Surat Keterangan Kerja

  1. Template 1
  2. Template 2

Format Pembuatan Surat Keterangan

1. Kop Surat

Bagian pertama yang harus ada pada surat keterangan kerja adalah kop. Kop ini merupakan salah satu persyaratan penting jika ingin surat ini dianggap resmi. Biasanya bagian kop surat terdiri dari nama perusahaan, logo, alamat instansi dan surel serta nomor yang bisa dihubungi. Kop ini diletakkan di bagian teratas surat.

2. Nomor surat

Bagian kedua adalah nomor surat yang diletakkan tepat di bawah kop. Adanya nomor surat ini menyatakan bahwa dokumen tersebut resmi.

3. Nama yang bertanda tangan

Setelah nomor surat adalah nama yang bertanda tangan biasanya ini diisi oleh pihak personalia atau HRD perusahaan. Data yang diisi adalah nama, jabatan dan alamat asal.

4. Nama dan NIK

NIK disini diartikan sebagai Nomor Induk Karyawan. Jadi susunannya adalah nama terlebih dahulu ditulis baru di bawahnya diberi NIK. Adanya NIK ini berarti menandakan bahwa karyawan tersebut memang bekerja di perusahaan terkait.

5. Jabatan dan Periode Kerja

Bagian berikutnya setelah NIK adalah posisi apa yang dipegang oleh karyawan tersebut. Setelah itu jangan lupa untuk mencantumkan berapa lama karyawan tersebut bekerja di perusahaan. Bagian ini dituliskan dalam bentuk paragraph narasi.

6. Ketrampilan dan Prestasi yang Diraih

Bagian berikutnya mengenai keahlian apa yang dimiliki oleh karyawan tersebut. Selain itu cantumkan juga prestasi yang pernah diraih selama menduduki posisi tersebut. Jadi prestasi yang ditulis haruslah relevan dengan jabatannya.

7. Keperluan membuat surat

Setelah menerangkan tentang prestasi yang pernah diraih dan keahliannya berikutnya adalah tujuan membuat surat keterangan tersebut misalnya untuk meminta keringanan jam kuliah atau sebagai persyaratan pengajuan beasiswa dan lainnya.

8. Kalimat penutup

Setelah itu Anda bisa membubuhi surat dengan kalimat penutu dan jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih.

9. Tanggal pembuatan surat

Setelah menuliskan kalimat penutup selanjutnya adalah membubuhi dengan tanggal pembuatan surat dan tempatnya. Bagian ini ditulis tepat di pojok kanan.

10. Tanda tangan dan stempel

Bagian terakhir adalah tanda tangan dan stempel resmi perusahaan. Yang bertanda tangan adalah yang membuat surat tersebut, jangan lupa untuk memberi nama di bawahnya.

Baca juga: