toko dan penerbit yang open reseller buku

Mau Jadi Reseller Buku? Ini 10 Toko dan Penerbit Yang Open Reseller

Diposting pada 4.977 views

10 Toko Buku Yang Open Reseller – Bisnis bisa menjadi pilihan alternatif untuk mendapatkan pemasukan dan penghasilan tambahan, itung-itung bisa buat nambal uang jajan atau buat beliin susu anak-anak.

Apalagi dikondisi seperti sekarang ini, akibat adanya pandemi membuat ekonomi semakin terpuruk. Banyak karyawan yang harus rela gajinya dipotong, itupun masih untuk karena masih punya pekerjaan.

Ada sebagian teman-teman kita yang harus di PHK karena perusahaan tempat kerjanya mengalami penurunan omset. Walaupun begitu kita tidak boleh terus bersedih dan berpangku tangan terhadap satu jenis pekerjaan saja.

Kita di era digital dimana semua orang bisa mendapatkan penghasilan asalkau mau sedikit berusaha dan kreatif. Salah satu yang bisa Anda coba adalah dengan menjadi reseller buku.

Bagaimana prospek menjadi reseller buku?

Buku menjadi salah satu komponen penting dalam kehidupan yang erat kaitannya dengan dunia ilmu pengetahuan, wawasan dan hiburan. Budaya anak muda yang gemar mengkoleksi novel, puisi atau buku-buku motivasi penambah semangat hidup.

Apalagi ada mahasiswa yang notabene membutuhkan buku sebagai referensi untuk mata kuliah atau pembuatan skripsi. Belum lagi prospek untuk buku-buku religi yang dominan disukai oleh kalangan 30 tahunan ke-atas.

Sedikit pembuka di atas menyadarkan kita bahwa peluang reseller buku terbuka sangat lebar, apalagi pemain penjualan buku secara online belum begitu masif seperti produk-produk fashion atau produk elektronik.

Dimana Tempat Terbaik Untuk Jualan Buku?

Sebagai gambaran sebelum benar-benar menjadi reseller buku, Anda bisa memulainya dengan riset kecil-kecilan. Dimana kira-kira orang yang membutuhkan dan mencari buku itu berada? Itu yang perlu kita teliti lebih dalam lagi.

Kemudian karena kita akan jualan online, pasti lini penjualan kita tidak jauh-jauh dari 4 hal yaitu marketplace, website, sosial media dan offline.

1. Marketplace dan Website

Biasanya orang akan melakukan pencarian di google untuk mencari buku yang mereka cari. Untuk menjaring konsumen tipe ini kita bisa menggunakan 2 lini penjualan yaitu marketplace dan website. Atau kita juga bisa pilih salah satunya saja.

2. Sosial Media

Indonesia termasuk negara dengan jumlah pengguna media sosial yang paling banyak. Sekarang, siapa sih yang tidak punya sosmed mulai dari instagram, facebook, twitter, bahkan ada yang terbaru lagi yaitu tiktok.

Jika kita mampu memanfaatkan media sosial sebagai tempat jualan buku, tentu itu bisa menjadi ladang tersendiri yang menghasilkan income setiap bulannya. Anda bisa mulai riset sosial media mana yang paling efektif untuk jualan buku saat menjadi reseller nanti.

3. Offline

Jika Anda memiliki relasi yang sangat luas dan banyak, mungkin cara ini akan sangat efektif. Sebagai contoh Anda adalah seorang mahasiswa yang julan buku, Anda bisa menawarkan buku-buku kuliah secara langsung kepada teman-teman Anda.

10 Toko dan Penerbit Buku Yang Open Reseller

Balik lagi ke topik utama kita yaitu tentang toko buku yang membuka sistem reseller maupun dropship. Setelah mengetahui sedikit opening di atas, Anda mungkin perlu riset lagi kira-kira buku jenis apa yang memiliki prospek tinggi.

Dibawah ini adalah beberapa penerbit buku dengan karakteristiknya masing-masing mulai dari buku kuliah, novel, motivasi, agama, hingga buku haluan kiri. Okee check it out..

1. Penerbitbukudeepublish.com

jadi reseller buku deepublish
jadi reseller buku deepublish

Tidak tahu kenapa mengapa saya justru merasa penerbit ini memiliki daya tarik tersendiri. Mungkin karena jiwa muda dan mahasiswa saya terpanggil kali yaa.

Jika kita lihat tokonya di (penerbitbukudeepublish.com) memang hampir 90% buku yang dijualnya adalah buku-buku kuliah. Hampir setiap jurusan ada mulai dari buku manajemen, ekonomi, psikologi, teknik, kedokteran, sosial budaya. Katanyasih bukunya sudah 5000-an lebih.

Disitulah sebenarnya peluang besar itu ada, di kondisi saat ini mahasiswa akan banyak belajar di rumah dan membutuhkan lebih banyak referensi karena tidak bisa ke perpustakaan.

Bayangkan, mereka para mahasiswa tingkat akhir yang biasanya nongkrongnya di perpustakaan sekarang tidak bisa. Padahal mau tidak mau mereka harus memiliki referensi untuk mengerjakan skripsi. Belum lagi mahasiswa semester 1 – 5 yang biasanya oleh dosennya diwajibkan memiliki buku pegangan kuliah.

Anda bisa mengambil peluang besar ini sebelum keduluan orang lain. Dilansir dari laman milik mereka, untuk menjadi reseller buku Anda harus membayar biaya pendaftaran 100 ribu atau melakukan penjualan 1 judul buku senilai 100 ribu. Harga ini lebih murah dibandingkan penerbit lain.

Setelah Anda menjadi reseller resmi, Anda akan mendapatkan harga khusus reseller yaitu sekitar 20% lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran. Itu artinya, margin keuntungan Anda adalah sekitar 20% dari harga jualnya. Ada juga reward sampai 10% untuk reseller aktif dan terbaik.

Lebih lanjut : Daftar Reseller Deepublish

2. Gramedia.com

Tidak dapat kita pungkiri bahwa gramedia menjadi salah satu toko buku yang paling dikenal oleh masyarakat. Mungkin karena toko ini sudah besar dan ada dimana-mana kali ya.

Gramedia ini saya letakkan di nomor 2 karena memang banyak orang yang pengen tahu atau cari-cari informasi tentang bagaimana caranya menjadi reseller di gramedia.

Terkait dengan reseller, melalui lamannya https://help.gramedia.com/hc/en-us/articles/115000835991-Apakah-saya-bisa-jadi-re-seller-Gramedia-com- , Gramedia sudah memberikan penjelasan bahwa sebenarnya Gramedia juga merupakan reseller dari para penerbit di Indonesia.

Dengan kata lain Gramedia telah bekerja sama dengan para penerbit di Indonesia untuk menjual bukunya di toko buku gramedia. Gramedia menyarankan untuk menghubungi penerbitnya langsung jika ingin menjadi reseller buku. Ngga percaya? Nih saya screenshot kan

jadi reseller di gramedia
reseller di gramedia

Jika Anda berminat Anda bisa menghubungi penerbit yang menjadi affiliasi dari Gramedia Group. Pilihan lain Anda bisa mendaftar di toko buku lain yang juga menjual buku-buku milik gramedia, seperti di nomor 3 nanti.

Sekarang sudah tahu kan apakah gramedia itu open reseller atau tidak. Sebenarnya point ini tidak ingin saya masukkan, karena tidak sesuai judul. Tapi tadi, karena banyak yang tanya sehingga saya kasih informasinya aja sekalian.

3. Mizanstore.com

info reseller di mizanstore
Mizanstore open reseller

Bagi Anda yang pernah mencari buku secara online mungkin tahu toko buku online yang satu ini. Jika kita lihat di tokonya kita akan menemukan berbagai jenis buku mulai dari novel, buku anak, buku religi, dan berbagai buku referensi dalam berbagai jenis kategori.

Mizanstore ini juga bekerjasama dengan sejumlah penerbit di Indonesia. Admin hitung-hitung ada sekitar 73 penerbit yang telah bekerja sama dengan mizanstore.

Tidak seperti gramedia yang bekerja sama dengan penerbit lain tapi tidak membuka sistem reseller, mizanstore ini memberikan ruang bagi para reseller yang ingin berjualan buku.

Dilansir dari situsnya, untuk menjadi reseller buku di mizanstore harus melakukan pembelanjaan minimal Rp 500.000. Agak lebih mahal memang dibandingkan dengan pendaftaran di nomor 1 di atas.

Mizanstore menawarkan keuntungan yang cukup besar bagi para reseller, diantaranya :

  • Buku reguler diskon 25%
  • Buku obral 80%
  • Gramedia group 8%

*dihitung dari harga sebelum diskon.

Buat Anda yang getol banget pengan jualan buku gramedia, Anda bisa melalui mizanstore. Tapi ya itu, diskonnya akan kecil karena Anda tidak langsung ke penerbitnya melainkan melalui mizanstore.

Info lebih lanjut tentang reseller di mizansoter : Reseller Mizanstore

4. Mojokstore.com

mojok store
Mojok store

Kalau kamu suka baca-baca di mojok.co mungkin akan tertarik dengan buku-buku yang dijualnya. Mojok memang terkenal dengan keunikan dan kekhasannya yang cukup pedas bila mengkritik dan cukup lucu jika melucu. Slogannya saja unik “Sedikit Nakal Banyak Akal”.

Jika kita lihat di laman websitenya, akan kite temukan berbagai jenis kategori mulai dari novel, cerpen, agama spritual, parenting hingga puisi. Uniknya, buku-bukunya sangat unik dengan judulnya yang membuat kita benar-benar penasaran dengan isinya, contohnya ini nih :

  • Bagaimana berdebat dengan kucing.
  • Manusia yang asyik dengan dirinya.
  • Terobsesi bungkus, lupa akan isi.
  • Orang-orang biasa (2020).

Terkait dengan open reseller, toko buku mojok membuka peluang bagi siapa saja yang ingin mendaftar untuk menjual buku-buku yang ada di mojostore.

Seperti toko buku yang lain, mojokstrore.com juga memberikan persyaratan untuk melakukan pembelian sebelum resmi menjadi reseller aktif.

Paket terkecil adalah melakukan pembelian buku senilai Rp 500.000, dan nantinya reseller akan mendapatkan diskon sebesar 25% dari harga banderol.

Jika Anda menginginkan diskon yang lebih besar maka Anda bisa melakukan pembelian yang lebih besar.

  • Pembelian Rp 1.000.000 (akan mendapatkan diskon 30%).
  • Pembelian Rp 2.000.000 (akan mendapatkan diskon 40%).

Info lebih lanjut : Reseller Mojok

5. Gemainsani.com

reseller di gema insani
reseller di gema insani

Gemainsani.com merupakan salah satu toko buku yang berfokus pada buku-buku islami. Di website resminya terdapat 4 kategori utama yaitu anak, umum, wanita dan keluarga serta remaja.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar rakyat Indonesia adalah beragama Islam, tidak heran jika pasarnya cukup luas untuk kategori keislaman seperti fashion islami (jilbab, gamis dll), perlengkapan sholat dan buku-buku islami.

Prospek buku islami memang sangat besar, apalagi jika Anda juga seseorang yang suka dengan buku-buku islami dan memiliki channel yang luas dengan orang yang minat dengan pengetahuan islam.

Jika Anda menjadi reseller buku islami tentu itu sangat mulia sekali, sekalian berjualan Anda juga menjadi perantara seseorang untuk menuntut ilmu agama. Sebenarnya sama saja sih, buku-buku yang lain juga merupakan pengetahuan milik sang Kuasa, he he.

Dilansir dari laman gemainsani.com tentang pendaftaran reseller, Anda dapat mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus diantaranya mendapat diskon 40%, ada sharing reseller dan menggunakan sistem dropship.

Ada juga hadiah untuk reseller yang berprestasi seperti tiket umroh, smartphone dan tiket ke luarnegeri. Wahh, lumayan juga ya bisa untuk meningkatkan semangat jualan buku.

Tidak jauh beda dengan penerbit lain, gemainsansi.com juga mensyaratkan seluruh reseller untuk melakukan pembelian ulang sebesar Rp 375.000.

Info lebih lanjut : Reseller Gema Insani

6. Bukureplubika.id

dropship di buku republika
Reseller & Dropship di buku republika

Gimana sudah ketemu belum penerbit atau toko buku yang open reseller dan sesuai dengan jati dirimu. Di nomor 6 ada penerbit bernama bukureplubika.id.

Bukureplubika.id ini menjadi salah satu penerbit buku-buku yang berkualitas, beberapa buku bahkan masuk kedalam buku best seller di Indonesia.

Mungkin kamu tahu novel karya Tere Liye? Novel tersebut diterbitkan di bukurepublika.id, dan sampai sekarang masih banyak dicari oleh para penggemar novel.

Tokoh-tokoh terkenal seperti Yusuf Mansur, Buya Hamka, Wikan Satriati, Aprilia Kartika, Indah Hanako, Aguk Irawan adalah beberapa deretan nama yang pernah menerbitkan di bukurepublika.id.

Terkait dengan reseller yang ingin menjual buku, buku republika memberikan diskon 30% untuk sistem reseller (perlu stock barang) dan 25% untuk sistem dropship (tanpa perlu stock barang).

Agar dapat menjadi reseller resmi, Anda harus melakukan pembelian buku sebanyak 10 eksemplar, bisa dari beberapa judul atau 1 judul buku berisi 10 eksemplar.

Info lebih lanjut : Reseller Bukureplubika

7. Pedagangbuku.com

pedagangbuku.com

Toko buku yang membuka reseller selanjunya adalah pedagangbuku.com. Toko yang satu ini terlihat jelas menjual buku-buku islami, hal tersebut terlihat dari slogan yang berada di judul situsnya.

Jika kita lihat dari halaman kategori dan produknya memang sebagian besar adalah buku islami bertema Al-Qur’an, Hadits, Fiqih, Motivasi, Biografi dan Sejarah.

Terkait dengan reseller, admin agak kesulitan menemukan info terkait diskon yang di dapat. Yang pasti mereka juga menggunakan sistem dropship atau Anda tinggal tawarkan saja ke orang-orang dan urusan pengiriman mereka yang urus.

Kelebihan jadi reseller di pedagangbuku.com adalah tidak ada biaya pendaftaran dan minimal pembelian. Cuman saya tidak tahu banyak tentang diskon yang diberikan kepada reseller itu berapa.

Info lebih lanjut : http://www.pedagangbuku.com/anggota-reseller/

8. Bukabuku.com

Open reseller di bukabuku.com
Open reseller di buka buku

Toko buku yang open reseller selanjutnya adalah bukabuku.com. Bukabuku menjual berbagai jenis buku mulai dari Anak-Anak, Bisnis & Manajemen, Buku Sekolah, Fiksi, Kesehatan, Komputer, Non Fiksi, Pengembangan Diri, dan Travel.

Uniknya dari toko buku yang satu ini adalah ongkos kirim yang flat, artinya jauh dekat sama saja. Untung sih bagi yang berada jauh diluar jawa, tapi mungkin tetap ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tidak banyak informasi yang bisa saya dapatkan dari toko buku yang satu ini, di laman resminya juga tidak dicantumkan berapa diskon yang akan diperoleh. Hanya dijelaskan sedikit tentang sistem yang dipakai, yaitu sistem dropship.

Jika Anda merasa buku-buku yang ada di bukabuku sesuai dengan yang Anda cari bisa langsung ajukan pendaftaran di sana.

Info lebih lanjut : http://www.bukabuku.com/partnerships/dropship.

9. Bukukita.com

kerjasama penerbit di bukukita
Kerjasama penerbit di buku kita

Bukukita.com secara langsung memang tidak menyebutkan membuka sistem reseller. Tapi, mereka membuka kerjasama bagi perorangan untuk menjadi distributor.

Dalam laman Kerjasama Penerbit, tertera informasi bahwa bagi kerjasama ini terbuka bagi Penerbit dan Distributor. Dibawahnya ada ratusan penerbit, distributor maupun perorangan yang telah bekerjasama dengan bukukita.com.

Tentu saja harus ada syarat-syarat yang dipenuhi terlebih dahulu agar bisa menjadi distributor. Sekedar saran, kalau Anda sudah memiliki toko buku yang lumayan besar entah itu di online maupun offline, mungkin mendaftar jadi distributor bukukita bisa menjadi pilihan untuk memperbanyak koleksi buku di tokomu.

Info lebih lanjut : https://www.bukukita.com/penerbit.php

10. Periplus.com

Jadi reseller di periplus.com
Jadi reseller di periplus.com

Ini menjadi toko buku terakhir yang saya rekomendasikan untuk Anda yang ingin berjualan buku. Periplus.com merupakan toko buku online dengan spesialisasi buku-buku impor.

Buku berbahasa inggris bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko ini. Jika Anda memilih segmen orang-orang kaya atau orang yang memiliki minat dengan buku luar, mungkin periplus bisa menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai supplier.

Dilaman pendaftaran reseller periplus, tertulis bahwa untuk bisa menjadi reseller harus melakukan pembelian Rp 2.000.000 secara akumulatif, mungkin kalau dihitung-hitung bisa dapat 7-9 buku, mengingat harga buku impor sedikit lebih mahal.

Setelah tercapai, Anda akan mendapatkan e-coupon sebesar Rp 200.000 yang bisa Anda gunakan untuk pembelian selanjutnya. Anda juga akan mendapatkan diskon harga reseller.

Info lebih lanjut : https://www.periplus.com/promotion/Reseller-Tnc

Baca juga ; 8 Ide Usaha Sampingan Dengan Modal 2 Jutaan

Harus Pilih Yang Mana?

Terkait toko atau penerbit buku mana yang terbaik, tentu susah untuk memilihnya karena masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sesuaikan saja dengan keiinginan Anda akan jualan buku apa, apakah buku kuliah, buku novel, buku islami, atau buku impor.

Ohh iya Anda juga bisa mengkombinasikan antara satu penerbit dengan penerbit lain, layaknya gramedia. Dia tidak hanya jualan dari satu penerbit saja, tetapi juga dari penerbit lain untuk memperluas pasar.

Anda bisa mendaftar reseller di deepublish, mizanstore, bukabuku, bukurepublika dan toko buku lain yang membuka sistem reseller.

Sampai disini artikel tentang daftar toko dan penerbit buku yang open reseller. Share artikel ini ke temanmu yang harus tahu informasi ini.

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.