tugas waiter

Tugas Pramusaji (Waiter), Jobdesk Syarat dan Gajinya

Diposting pada 151 views

Tugas, jobdesk dan syarat pramusaji (waiter) โ€“ Pengertian pramusaji sendiri ialah seorang karyawan yang memiliki tanggung jawab dan tugas untuk melayani segala kebutuhan makanan dan minuman bagi pelanggan restoran, rumah sakit (hospital). Pramusaji bersiap untuk melayani segala permintaan makanan atau minuman di restoran tempat ia bekerja.

Semakin banyaknya wirausaha di bidang makanan semakin banyak pula restoran yang berdiri di seluruh Indonesia. Waiter atau waitres juga dapat dikatakan sebagai waiter/waitress.

Tentu saja dalam menunjang pelayanan di restoran umum atau rumah sakit, pemilik harusnya memiliki pramusaji agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan mereka. Hal ini yang membuat kesempatan bekerja sebagai waiter juga semakin banyak dibutuhkan.

Maka dari itu, jika anda berminat atau sedang melamar pekerjaan sebagai waiter, alangkah baiknya jika memperhatikan syarat dan tugas sebagai pramusaji yang harus diketahui.

Tugas dan Jobdesk Pramusaji atau Waiters

Pramusaji atau yang sering disebut dengan waiter atau waitres bertugas untuk melayani pelanggan di restoran umum, hotel maupun rumah sakit.

Setelah mengetahui beberapa syarat wajib yang harus diperhatikan oleh seorang waiter, berikut ini ulasan mengenai tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang pramusaji.

1. Membersihkan meja makan restoran

Pramusaji diwajibkan untuk sebelum dan sesudah menyajikan makanan agar selalu membersihkan dan merapikan kembali meja makan pelanggan. Ini semua agar restoran terjaga kebersihan dan kerapiannya. Konsumen pun akan nyaman berada di restoran yang bersih dan rapi.

2. Mempersiapkan atribut restoran

Maksud dari atribut restoran di sini ialah waiter wajib menyiapkan beberapa hal seperti menu makanan, tisu, sendok, garpu, dan beberapa alat yang semestinya berada di meja makan agar mudah dijangkau pelanggan.

3. Menyajikan makanan dan minuman  kepada pelanggan

Tugas dan tanggung jawab pramusaji selanjutnya ialah menyajikan pesanan pelanggan ke meja pelanggan dengan baik, cepat, dan tepat. Pramusaji harus memiliki sikap sabar dan ramah untuk menghadapi konsumen dengan segala karakter.

4. Memberikan petunjuk kepada konsumen mengenai menu yang dipesan

Setiap konsumen terkadang merasa bimbang dengan menu yang akan dipesan. Tugas seorang pramusaji tentu saja harus mengetahui secara detail setiap makanan restoran agar dapat merekomendasikannya pada pelanggan.

5. Memastikan area restoran selalu bersih

Tugas seorang pramusaji tak hanya membersihkan area meja pelanggan, tapi juga memastikan area restoran agar selalu bersih dan higienis. Restoran yang rapi dan bersih akan membuat pelanggan semakin nyaman dan membuatnya datang kembali.

Syarat Sebagai Pramusaji

Tugas dan syarat pramusaji

Syarat pendidikan : Minimal SMP/SMA
Syarat usia : Maksimal 30 tahun

1. Sehat jasmani dan rohani

Tentu saja apapun profesi yang akan dijalani biasanya karyawan diwajibkan untuk menjalani tes kesehatan atau melampirkan surat kesehatan. Sebagai seorang pramusaji, diharapkan tidak memiliki penyakit khusus atau mengidap penyakit yang menular.

2. Selalu berpakaian rapi dan bersih

Sebagai waiter tentu saja diwajibkan untuk selalu menggunakan seragam maupun atribut wajib tempat restoran bekerja. Walaupun dituntut sangat sibuk karena terkadang harus mondar-mandir dari dapur ke meja makan tapi seorang waiter harus tetap memperhatikan kerapian pakaian dan kebersihannya. Ini agar pelanggan tetap nyaman saat waiter menghidangkan makanan dan minuman di depannya.

3. Bersikap sabar, cekatan, dan ramah

Waitres akan dihadapkan oleh banyak pelanggan dengan bermacam-macam karakter. Seorang pramusaji harus memiliki sifat sabar untuk melayani konsumen.

Memiliki sifat cekatan karena waiter juga dituntut untuk agar selalu cepat dan tepat dalam melayani karena pelanggan tidak ingin menunggu lama. Waiter juga harus ramah agar pelanggan merasa sangat dihargai dan senang.

4. Mampu berkomunikasi secara baik

Seorang pramusaji akan berhadapan langsung dengan pelanggan. Hal utama yang harus diperhatikan ialah mampu tanggap, mengerti, dan berkomunikasi secara baik dengan konsumen.

Jika memungkinkan, waiter diharapkan dapat menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris untuk berjaga-jaga jika terdapat warga asing yang datang ke restoran.

5. Menjaga kebersihan anggota tubuh

Karena seorang waitres yang berhadapan langsung dengan konsumen, maka dari itu pramusaji harus memperhatikan kebersihan anggota tubuhnya seperti tidak memelihara kuku, tidak berbau badan, khusus untuk wanita diwajibkan untuk berhias diri sewajarnya.

6. Syarat-syarat yang lain

Syarat-syarat yang lain seperti mampu bekerja sama, pekerja keras, tidak gampang mengeluh. Merupakan lulusan minimal SMA.

Baca juga : 10 Tugas Pramuniaga dan Tanggung Jawabnya

Gaji Pramusaji

Tanggung jawab pramusaji adalah untuk menyajikan makanan dan minuman kepada para pelanggan. Biasanya bekerja secara 2 shift pagi dan sore. Tanggung jawabnya tidak terlalu besar, namun perlu kerja keras karena membutuhkan tenaga dan harus siap melayani setiap saat ketika restoran sedang ramai.

Gaji menjadi pramusaji di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bogor dan Surabaya sekitar Rp 2.500.000 – 3.500.000. Ini untuk gaji pokoknya saja ya, mungkin akan ditambah bonus, uang makan dan uang lembur.

Sementara itu di kota-kota dengan UMR yang masih dibawah 2 juta seperti Yogyakarta, gaji waiter sekitar Rp 1.500.000 – 2.200.000.

Gaji mungkin saja berbeda, tergantung besar kecilnya restoran. Jika restoran bintang 5 mungkin gajinya cukup tinggi, karena membutuhkan orang-orang yang profesional dibidangnya.

Nah itulah 10 poin syarat, tugas dan tanggung jawab seorang pramusaji yang harus diperhatikan. Poin-poin tersebut merupakan gambaran umum, selebihnya syarat dan tugas tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan atau restoran tempat waiters bekerja. Hal utama yang harus ada dalam sifat waitres ialah memiliki sifat sabar dan jujur.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in