pekerjaan di mall

30 Macam Posisi Pekerjaan di Mall Disertai Tugas dan Gajinya

Diposting pada 7,930 views

30 Macam Posisi Pekerjaan di Mall dan Gajinya – Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang berbagai macam pekerjaan yang tersedia di mall. Mall atau pusat perbelanjaan sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern kita. Selain sebagai tempat belanja, mall juga menyediakan berbagai macam fasilitas seperti restoran, bioskop, taman bermain, dan masih banyak lagi.

Dalam lingkungan mall ini, terdapat banyak peluang pekerjaan bagi kita semua, mulai dari pekerjaan part-time hingga full-time. Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa jenis pekerjaan yang tersedia di mall dan gajinya. Berikut ini adalah daftar pekerjaan di mall beserta gajinya:

1. Kasir

Toko Sebagai seorang kasir, tugas kamu adalah melayani pelanggan dan melakukan transaksi pembayaran. Kamu harus memiliki keahlian dalam menghitung uang dan memberikan kembalian dengan benar. Gaji seorang kasir di mall bervariasi, namun kisaran gaji untuk posisi ini adalah antara 2 juta hingga 4 juta rupiah per bulan.

2. General Manager

Sebagai seorang General Manager, kamu bertanggung jawab atas pengelolaan dan operasi keseluruhan toko. Kamu harus memiliki pengalaman dalam manajemen toko dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat. Gaji seorang General Manager di mall bervariasi, tergantung pada ukuran toko dan perusahaan, namun kisaran gaji untuk posisi ini adalah antara 10 juta hingga 25 juta rupiah per bulan.

3. Manager restoran

Sebagai manajer restoran di mall, kamu akan bertanggung jawab untuk mengawasi operasi restoran dan memastikan bahwa semua tugas dilakukan dengan efisien dan efektif. Tugas utamamu meliputi mengatur jadwal kerja staf, membuat dan mengelola anggaran, memantau kualitas makanan dan layanan, dan berinteraksi dengan pelanggan untuk memastikan kepuasan mereka. Gaji untuk pekerjaan ini bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis restoran, namun dapat mencapai sekitar Rp 7-15 juta per bulan.

4. Assistant Manajer Toko

Asisten manajer toko bertanggung jawab untuk membantu manajer toko dalam menjalankan operasional harian sebuah toko. Tugas-tugasnya meliputi mengelola staf, menjaga ketersediaan stok barang, merencanakan promosi penjualan, dan mengawasi kinerja toko secara keseluruhan. Kisaran gaji untuk posisi ini sekitar Rp6 juta hingga Rp10 juta per bulan.

5. Kepala toko

Sebagai kepala toko di mall, kamu bertanggung jawab untuk memastikan toko yang kamu kelola berjalan dengan lancar dan memenuhi target penjualan. Tugas utama kamu meliputi mengatur stok, menyusun strategi pemasaran, mengatur jadwal karyawan, dan menangani masalah pelanggan. Kamu juga perlu bekerja sama dengan manajer toko lainnya dan berkoordinasi dengan departemen lain di dalam mall. Kisaran gaji untuk kepala toko di mall biasanya sekitar Rp8.000.000 hingga Rp20.000.000 per bulan, tergantung dari ukuran dan jenis toko serta lokasi mall.

6. Kepala kantor pusat

Sebagai kepala kantor pusat di mall, kamu bertanggung jawab untuk memimpin dan mengatur semua kegiatan operasional dari kantor pusat mall. Tugas utama kamu meliputi mengawasi manajemen keuangan, sumber daya manusia, dan pemasaran, serta mengambil keputusan strategis yang mempengaruhi operasi mall.

Kamu juga perlu memastikan bahwa semua departemen di dalam mall berjalan dengan lancar dan berkoordinasi dengan baik. Kisaran gaji untuk kepala kantor pusat di mall biasanya sekitar Rp25.000.000 hingga Rp50.000.000 per bulan, tergantung dari ukuran dan kompleksitas operasi mall

7. Customer Service

Sebagai seorang Customer Service, tugas kamu adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Kamu harus dapat menjawab pertanyaan dan menyelesaikan keluhan pelanggan dengan baik. Gaji seorang Customer Service di mall bervariasi, tergantung pada perusahaan, namun kisaran gaji untuk posisi ini adalah antara 2 juta hingga 4 juta rupiah per bulan.

8. Sales Associate

Sebagai seorang Sales Associate, kamu akan membantu pelanggan dalam memilih produk dan melakukan penjualan. Kamu harus memiliki pengetahuan tentang produk yang dijual dan kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik. Gaji seorang Sales Associate di mall bervariasi, tergantung pada perusahaan, namun kisaran gaji untuk posisi ini adalah antara 2 juta hingga 4 juta rupiah per bulan.

9. Janitorial Staff

Sebagai seorang Janitorial Staff, tugas kamu adalah menjaga kebersihan dan kenyamanan toko. Kamu akan membersihkan dan merawat seluruh area toko. Gaji seorang Janitorial Staff di mall bervariasi, tergantung pada perusahaan, namun kisaran gaji untuk posisi ini adalah antara 2 juta hingga 3 juta rupiah per bulan.

10. Information Desk Staff

Sebagai seorang Information Desk Staff, tugas kamu adalah memberikan informasi tentang toko dan lokasi di dalam mall. Kamu juga harus dapat memberikan arahan kepada pelanggan dan membantu mereka menemukan toko yang mereka inginkan.

Gaji seorang Information Desk Staff di mall bervariasi, tergantung pada perusahaan, namun kisaran gaji untuk posisi ini adalah antara 2 juta hingga 4 juta rupiah per bulan.

11. Warehouse Staff

Sebagai seorang Warehouse Staff, kamu akan bekerja di gudang toko dan bertanggung jawab atas pengelolaan stok dan persediaan barang. Kamu harus memiliki keahlian dalam mengatur dan memindahkan barang dengan aman. Gaji seorang Warehouse Staff di mall bervariasi, tergantung pada perusahaan, namun kisaran gaji untuk posisi ini adalah ant

12. Staf cleaning service

Sebagai staf cleaning service di mall, kamu bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan kerja dan area publik di dalam mall. Tugas utama kamu meliputi membersihkan lantai, kaca, toilet, dan area publik lainnya di dalam mall. Kamu juga perlu mengatur jadwal pembersihan dan memastikan bahwa semua peralatan yang diperlukan tersedia. Kisaran gaji untuk staf cleaning service di mall biasanya sekitar Rp2.000.000 hingga Rp3.500.000 per bulan, tergantung dari pengalaman dan kualifikasi.

13. Waiter/Waitress

Kamu mungkin menemukan pekerjaan sebagai waiter atau waitress di restoran atau kafe di dalam mall. Pekerjaan ini melibatkan memberikan pelayanan kepada pelanggan, mengambil pesanan, dan mengantarkan makanan dan minuman ke meja pelanggan.

Mereka juga harus bersikap ramah dan sopan dalam berinteraksi dengan pelanggan. Kisaran gaji untuk posisi ini sekitar Rp2 juta hingga Rp4 juta per bulan, tergantung pada jenis restoran dan lokasi.

14. Cashier Supervisor

Cashier supervisor adalah posisi yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengelola kasir di sebuah toko atau gerai. Mereka harus memastikan kasir bekerja dengan efisien dan akurat serta menjaga uang tunai tetap aman.

Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk mengelola laporan keuangan, seperti pembukuan dan pencatatan transaksi penjualan. Kisaran gaji untuk posisi ini sekitar Rp5 juta hingga Rp8 juta per bulan.

15. Stock Clerk

Stock clerk atau karyawan stok bertanggung jawab untuk mengelola dan memantau persediaan barang di toko. Mereka harus memastikan barang-barang tersedia di rak dan menyeimbangkan jumlah stok agar tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk menerima dan memproses pengiriman barang baru serta mengeluarkan barang yang sudah kadaluarsa atau rusak. Kisaran gaji untuk posisi ini sekitar Rp3 juta hingga Rp5 juta per bulan.

16. Beauty Advisor

Beauty advisor adalah pekerjaan di mall yang umumnya terdapat di gerai kosmetik atau skincare. Tugas mereka adalah memberikan saran dan informasi tentang produk kecantikan, membantu pelanggan dalam memilih produk yang tepat, serta menawarkan layanan make-up atau perawatan kulit. Mereka juga harus memastikan produk tersedia di rak dan menjaga tampilan gerai agar tetap menarik. Kisaran gaji untuk posisi ini sekitar Rp3 juta hingga Rp6 juta per bulan.

17. Cashier Assistant

Cashier assistant adalah posisi yang bertanggung jawab membantu kasir dalam menjalankan tugasnya, seperti menghitung uang tunai, mengambil pesanan pelanggan, dan mencatat transaksi penjualan. Mereka juga harus memastikan bahwa uang tunai dan dokumen transaksi disimpan dengan aman. Kisaran gaji untuk posisi ini sekitar Rp2 juta hingga Rp4 juta per bulan.

18. Staf Kebersihan

Staf kebersihan di mall bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan area publik di dalam mall seperti koridor, tangga, dan toilet. Tugas-tugas kamu meliputi membersihkan dan merapikan tempat sampah, membersihkan toilet, dan mengelola produk kebersihan. Gaji untuk posisi ini biasanya berkisar antara 1-3 juta rupiah per bulan.

19. Pengawas Parkir

Sebagai pengawas parkir di mall, kamu akan mengawasi parkir mobil dan motor pengunjung, mengatur parkir, dan memastikan keamanan mobil dan motor tersebut. Tugas-tugas kamu meliputi memantau tempat parkir, membantu pengunjung menemukan tempat parkir, dan menjaga ketertiban di tempat parkir. Gaji untuk posisi ini biasanya berkisar antara 1-3 juta rupiah per bulan.

20. Promotor

Sebagai promotor di mall, kamu akan bertanggung jawab untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu kepada pengunjung mall. Tugas-tugas kamu meliputi memberikan informasi tentang produk atau jasa, memberikan sampel produk atau jasa, dan memberikan penawaran khusus kepada pengunjung. Gaji untuk posisi ini biasanya berkisar antara 1-3 juta rupiah per bulan.

21. Penata Toko

Sebagai penata toko di mall, kamu akan bertanggung jawab untuk menata barang di toko dan menjaga tampilan yang menarik. Tugas-tugas kamu meliputi menata dan merapikan barang di rak, menjaga persediaan, dan membantu pelanggan menemukan barang yang mereka cari. Gaji untuk posisi ini biasanya berkisar antara 2-5 juta rupiah per bulan.

22. Asisten Pembelian

Sebagai asisten pembelian di mall, kamu akan membantu mengatur dan mengelola persediaan barang di toko. Tugas-tugas kamu meliputi memeriksa stok barang, melakukan pemesanan baru, dan memastikan bahwa barang selalu tersedia untuk dijual. Gaji untuk posisi ini biasanya berkisar antara 2-5 juta rupiah per bulan.

23. Asisten Visual Merchandiser

Sebagai asisten visual merchandiser di mall, kamu akan membantu menata dan mengelola tampilan toko agar lebih menarik bagi pelanggan. Tugas-tugas kamu meliputi memilih barang dan memikirkan ide tampilan yang menarik, menata dan merapikan barang, dan mengevaluasi keberhasilan tampilan toko. Gaji untuk posisi ini biasanya berkisar antara 2-5 juta rupiah per bulan.

24. Food court staff

Kamu akan bekerja sebagai staf food court di mall atau pusat perbelanjaan. Tugas utamamu adalah mempersiapkan dan menyajikan makanan dan minuman kepada pelanggan. Selain itu, kamu juga harus menjaga kebersihan area makan, mengatur stok bahan makanan dan minuman, serta memastikan bahwa pesanan pelanggan diambil dan dibayar dengan benar. Kisaran gaji untuk pekerjaan ini bervariasi tergantung pada lokasi dan ukuran mall, serta pengalaman kerja, namun dapat mencapai sekitar Rp 2-3 juta per bulan.

25. Barista

Sebagai barista di mall, kamu akan mempersiapkan dan menyajikan minuman kopi dan non-kopi kepada pelanggan. Tugas utamamu meliputi membuat kopi sesuai dengan pesanan pelanggan, menjaga kebersihan dan sanitasi area kerja, dan mengatur persediaan bahan. Kamu juga dapat membantu pelanggan memilih minuman dan memberikan saran tentang produk yang tersedia. Gaji untuk pekerjaan ini berkisar antara Rp 2-4 juta per bulan tergantung pada lokasi dan ukuran mall.

26. Parking attendant

Sebagai petugas parkir di mall, tugas utamamu adalah membantu pengunjung mencari tempat parkir yang tersedia dan memastikan kendaraan diparkir dengan aman dan tertib. Kamu juga harus menjaga kebersihan dan keamanan area parkir serta membantu pelanggan yang membutuhkan bantuan dengan kendaraannya. Gaji untuk pekerjaan ini bervariasi tergantung pada lokasi dan ukuran mall, namun umumnya berkisar antara Rp 2-3 juta per bulan.

27. Penjaga toko

Sebagai penjaga toko di mall, tugas utamamu adalah menjaga keamanan dan ketertiban di toko. Kamu harus memantau pelanggan untuk mencegah pencurian atau tindakan yang tidak pantas, membantu pelanggan yang membutuhkan bantuan, dan menjaga agar produk di toko tetap rapi dan terorganisir. Gaji untuk pekerjaan ini bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis toko, namun umumnya berkisar antara Rp 2-3 juta per bulan.

28. Janitorial Staff

Sebagai janitorial staff, kamu akan bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kerja di mall. Tugas kamu termasuk membersihkan dan merawat lantai, kamar mandi, dan tempat umum lainnya di dalam mall.

Kamu juga harus mengecek ketersediaan persediaan pembersih dan perlengkapan kebersihan, serta melaporkan kebutuhan perbaikan dan perawatan. Gaji rata-rata untuk posisi ini berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 4 juta per bulan, tergantung pada pengalaman dan lokasi kerja.

29. Sales Trainer

Sebagai sales trainer, kamu bertanggung jawab untuk melatih staf penjualan dalam toko atau departemen di dalam mall agar mereka dapat meningkatkan kemampuan penjualan dan layanan pelanggan.

Kamu akan mengembangkan program pelatihan, memberikan materi pelatihan, serta mengukur kemajuan karyawan dalam meningkatkan keterampilan penjualan mereka. Gaji rata-rata untuk posisi ini berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 8 juta per bulan, tergantung pada pengalaman dan lokasi kerja.

30. HR Coordinator

Sebagai HR coordinator, kamu bertanggung jawab untuk mendukung departemen sumber daya manusia dalam mengelola karyawan di toko atau departemen di dalam mall. Kamu akan memproses dokumen karyawan, membantu dalam perekrutan dan seleksi karyawan baru, serta memfasilitasi program pelatihan dan pengembangan karyawan.

Kamu juga akan mengelola administrasi karyawan, termasuk penggajian dan manajemen asuransi. Gaji rata-rata untuk posisi ini berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per bulan, tergantung pada pengalaman dan lokasi kerja.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.