motto islami

80+ Motto Islami Terbaik Penuh Makna Menyentuh Kalbu

Diposting pada 400 views

Motto Islami Terbaik – Sebagai charger diri, motto islami terkadang memang ampuh memulihkan keresahaan jiwa. Setiap kalimatnya, bisa memberikan hikmah baik pada diri, akan hal – hal yang terjadi didalam hidup.

Untuk diambil pelajaran, motto hidup bertema islami merupakan pilihan tepat. Anda bisa mencari motto islami terbaik dengan tema yang sesuai. Mulai dari kata dengan makna memotivasi diri, penyemangat hidup, nasihat, dan lain sebagainya.

Diambil dari berbagai sumber, di bawah ini bisa Anda cari kata bijak bertema islami dengan makna paling pas dengan suasana hati Anda:

Apa Itu Motto Islami?

Secara umum, motto merupakan kalimat atau perkataan yang memiliki makna berisi motivasi, petuah, atau nasihat pada suatu kebenaran. Sedangkan tidak jauh berbeda, motto islami memiliki makna sama.


Perbedaan hanya terletak pada kalimat dan juga isi dari motto tersebut. Jika motto secara umum membahas mengenai hal – hal baik bertema umum. Motto islami, lebih condong pada kalimat yang memiliki makna lebih dekat dengan sang pencipta.

Dalam hal tujuan, keduanya sama – sama dibuat secara singkat dengan maksud agar pesan mudah sampai pada pembaca. Karena merupakan kata yang maknanya sering dijadikan suatu pedoman, motivasi, referensi, dan juga inspirasi, motto sendiri biasanya diambil dari orang yang mempunyai banyak pengalaman dalam hidup. Baik pengalaman dalam hal ilmu, pekerjaan, atau yang lainnya.

Kumpulan Motto Islami Berbagai Tema

Sebagai manusia yang selalu berproses, Anda tentu pernah merasakan dimana hidup benar – benar membuat Anda merasa lelah dan ingin menyerah.

Selain mengadukan semuanya pada Allah SWT, sebagai muslim tidak ada salahnya pula untuk mencari referensi motto islami sebagai penenang hati serta pikiran.

Meskipun terdengar aneh, namun terkadang motto bertema islami ini sangat bisa membantu membuka pikiran yang tengah kalut, loh. Apalagi jika motto islami yang Anda baca sesuai dengan apa yang saat ini Anda rasakan.

Bagaimana ingin tahu lebih banyak referensi kata mutiara islami? Berikut beberapa contoh motto islami tentang berbagai hal:

Motto Islami Tentang Kehidupan

Tidak ada manusia yang selalu hidup diselimuti kebahagiaan. Pada beberapa momen, hidup juga akan menempa Anda dengan hal – hal menyakitkan. Sebagai bentuk kasih sayang Allah SWT, serta pendewasaan diri.

Saat hal itu terjadi, tetap berfikir positif kepada Allah SWT adalah kunci untuk tetap bisa melewati hari dengan baik. Di sini Anda bisa mengafirmasi diri dengan cara membaca kalimat – kalimat positif seperti kata bijak di bawah ini:

1. Di sisi Allah SWT ada satu hal utama yang diinginkan dari hambanya, yaitu selalu berharap apapun kepada-Nya.

2. Dari sifat jujur, Anda akan memperoleh tiga hal. Yaitu cinta, kepercayaan, serta rasa hormat.

3. Sesungguhnya ada empat hal yang akan Anda dapat jika istiqomah melakukan silaturahmi. Yaitu bersihnya amalan, memperbanyak harta, mudahnya proses hisab saat hari kiamat, dan yang terakhir menunda datangnya ajal.

4. Mengingat mati adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar diri tidak banyak melakukan dosa.

5. Ada dua kunci sukses yang harus Anda tahu. Pertama, kegigihan memperbaiki diri, dan kedua, kesungguhan memberikan yang terbaik.

6. Allah mengampuni tiga hal dari umatnya. Yaitu ketika keliru melakukan salah, saat lupa, dan melakukan sesuatu karna terpaksa.

7. Sesungguhnya selama seorang hamba masih mau menolong saudara yang lainnya. Saat itu pula Allah masih akan terus menolong Anda.

8. Hakikat orang terkaya yang sebenarnya adalah dia yang dengan senang hati menerima takdir Allah SWT bagaimanapun keadaannya.

9. Manusia baik adalah dia yang dermawan, pandai bersyukur, sabar saat ditimpa kesulitan, serta rela mendahulukan orang lain saat membutuhkan bantuan.

10. Nabi Muhammad SAW pernah ditanya: ‘Apakah kebaikan yang dilakukan akan tetap memiliki manfaat meskipun telah melakukan dosa?’ Lantas Beliau menjawab: ‘Taubatlah untuk membersihkan dosa. Dan kebaikanmu akan menghilangkan keburukan.

11. Imam Syafi’i pernah berkata: ‘Tanpa pandang bulu, ilmuku akan kuberikan kepada siapapun. Selama orang tersebut mau terus memanfaatkannya.

12. Bukan untuk diratapi. Kesedihan datang sebagai pengingat agar Anda bisa instropeksi diri serta melakukan yang lebih baik dikemudian hari.

13. Senyum terkadang bisa menjadi satu pilihan saat seseorang tak mau menjelaskan apa yang terjadi.

14. Jangan pernah berkecil hati. Karena sebanyak apapun orang lain berbuat jahat pada Anda, Allah SWT selalu menjanjikan penyembuh untuk setiap luka.

15. Percayalah, selalu ada Allah SWT ditengah masalah hidupmu yang banyak. Jadi, jangan pernah merasa sendiri.

16. Sesungguhnya akan selalu ada rencana indah setelah banyak kesedihan menimpamu.

17. Untuk menghapus semua air mata yang tumpah dalam hidupmu, Allah SWT menghadirkan hal indah dibaliknya.

18. Ketika harapan tentang mimpi Anda tidak sesuai dengan kenyataan. Tetaplah bersyukur. Karena setidaknya mimpi buruk yang tidak Anda inginkan pun tidak menjadi nyata.

19. Untuk bisa menghargai arti kebersamaan terkadang seseorang butuh merasakan kesepian.

20. Lakukan semua hal tanpa harus berlebihan dan melibatkan rasa sombong.

21. Kesederhanaan adalah satu hal yang paling disukai oleh Tuhan YME. Maka, jangan berlebihan.

Baca juga : 20 Contoh Motto Skirpsi dari Al-Quran dan Hadits

Motto Islami Tentang Semangat dan Kerja Keras

Selain dengan cara mengingat tujuan awal, kata – kata semangat islami juga bisa menjadi alternatif tambahan untuk mengatasi lelah saat berjuang.Jika saat ini Anda membutuhkannya, poin ini tepat Anda simak karena akan menyajikan beberapa contoh motto tentang semangat dan kerja keras, di antaranya:

22. Bukan orang yang tidak pernah menangis. Namun orang orang yang kuat adalah dia yang bisa terus istiqomah saat banyak godaan menggoda.

23. Sesungguhnya Allah SWT lebih tahu batas kemampuan dalam diri Anda. Karenanya bertahanlah ditengah kepedihan. Dan bersabarlah ditengah cobaan.

24. Belum dikatakan sabar jika masih memiliki batasan.

25. Hakikat ikhlas sesungguhnya adalah saat dimana semua masalah bisa Anda terima dengan lapang tanpa merasa sakit.

26. Sesungguhnya Allah SWT tidak pernah mengecewakan hambanya. Jika ada harapan yang belum tercapai, Allah memiliki rencana yang lebih baik dari pada itu.

27. Coba pikirkan lagi. Barangkali ada yang salah dengan hatimu jika masih merasa kecewa pada Allah SWT yang sebenarnya tidak pernah mengecewakan.

28. Ketika harta berkurang saat dibelanjakan. Ilmu justru akan bertambah jika diamalkan.

29. Hakikat ilmu yaitu sesuatu yang tidak akan habis jika dibagi, dan justru akan malah bertambah.

30. Pada titik dimana Anda merasa begitu bosan dengan hidup. Saat itu pula Allah menitipkan perasaan syukur.

31. Saat kesedihan memaksamu meneteskan air mata. Allah menciptakan senyuman mengiring dibelakang untuk mengimbanginya.

32. Diantara banyak kekurangan, Allah SWT selalu menitipkan kelebihan dibaliknya. Dan diantara kelebihan Allah SWT memerintahkan syukur kepada-Nya.

33. Dibalik kelemahan selalu ada kekuatan yang mengikuti.

34. Saat keinginan dan harapan belum juga terijabah, maka saat itu Allah SWT mengajarkan Anda mengenai rasa sabar.

35. Ada do’a yang akan langsung sampai ke atas langit. Yaitu do’a orang yang teraniaya. Maka berhati – hatilah.

36. Siapapun yang mengucapkan, selalu ambil hikmah kebaikan dari apa yang diberitahukan.

37. Sesungguhnya Allah SWT menyukai gurau dan canda seseorang bersama saudara lainnya namun tanpa disertai cela.

38. Umar bin khattab pernah berkata: beliau menyukai orang – orang yang mau memberitahukan kesalahannya. Lantas masihkah Anda marah saat orang lain mencoba melakukan itu?”

39. Ibnu Mas’ud pernah berkata: ‘sebenarnya ada dua sisi sabar. Pertama, rasa sabar. Sedangkan yang kedua, rasa syukur pada Allah SWT’.

40. Sesungguhnya mengingat Allah SWT adalah obat ampuh atas semua kegundahan dan kegelisahan yang Anda rasakan.

41. Hakikat menuntut ilmu yang sesungguhnya yaitu, mencari pengetahuan dengan niat syukur atas nikmat sehat badan dan akal.

42. Semangat pantang menyerah yang terus Anda lakukan sekarang. Adalah jawaban atas keberhasilan Anda nanti.

Baca juga : 100+ Motto Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan dari Para Tokoh

Motto Bijak Islam bermakna Hikmah

Pada dasarnya, kata bijak memang dibaca untuk menemukan dan mengambil pesan yang terkandung di dalamnya. Tak terkecuali untuk kata bijak islami yang membahas tentang hikmah ini.

Nah dari kata bijak bertema hikmah ini Anda bisa berfikir dahulu sebelum prasangka buruk datang dalam pikiran ketika banyak masalah datang. Adapun beberapa kata bijak tersebut yaitu:

43. Sebelum belajar mencintai -Nya, seseorang tidak akan pernah tahu bagaimana cara menyembah-Nya.

44. Terkabulnya suatu do’a ibarat anak panah yang tengah melesat pada suatu sasaran. Memiliki batas waktu untuk sampai.

45. Tidak terkabulnya suatu do’a terkadang adalah cara Allah SWT untuk menghindarkan hambanya atas hal buruk dan ingin mengganti dengan hal baik setelahnya.

46. Ke dalam bumi Anda akan kembali. Karenanya, jangan pernah sekali – kali menginjak bumi dengan pijakan kaki penuh kesombongan dan kecongkakan.

47. Siapa yang bersungguh – sungguh, maka ia akan sampai pada tujuannya.

48. Mencari ilmu diwaktu kecil ibarat mengukir di atas batu. Sulit namun ketika telah faham ilmu akan tertancap dengan kuat. Sebaliknya mencari ilmu bagi orang dewasa, ibarat mengukir di atas air. Mudah faham namun ilmu juga cepat hilang.

49. Pada hakikatnya, seseorang dikatakan yatim saat dirinya tidak memiliki ilmu apalagi akhlak.

50. Tidak ada yang bisa dipisahkan antara ilmu dan agama. Tanpa ilmu, agama akan buta. Dan tanpa agama ,ilmu akan menjadi suatu kecacatan.

51. Kegagalan adalah bentuk jawaban lain dari Allah SWT atas hal baik yang akan diberikan saat waktunya telah tiba.

52. “Selama Anda tetap percaya kekuatan Allah SWT, maka selama itu pula kekalahan tidak akan pernah ada.

53. Sebelum merasakan penyesalan di akhir, pastikan Anda telah melakukan yang terbaik di awal.

54. Pada akhirnya, Anda hanya akan mengambil apa yang Anda tanam. Jika kebaikan yang tertanam, maka hal baik lah yang akan didapat. Sebaliknya jika hal buruk yang tertanam, maka hal buruk itu pula yang akan Anda tuai.

55. Nikmat keberkahan merupakan bayaran atas peluh yang menetes saat mencari nafkah.

56. Bukan berarti lemah. Diam yang Anda lakukan agar tidak menyakiti orang lain, jauh lebih utama dibandingkan banyak bicara.

57. Akan selalu ada suka dibalik duka. Karenanya menyerah bukan jalan satu – satunya.

58. Dirimu adalah sebaik – baik penciptaan. Jangan pernah membandingkan bahkan berusaha merubah diri seperti orang lain.

59. Perbedaan tidak lantas harus membuat dua insan tidak dapat berdamai. Justru dari perbedaan itulah dua insan bisa belajar menghargai sesama.

60. Letakkan rasa syukur Anda pada apa yang ada, bukan pada apa yang belum ada.

61. Anda hanya butuh mengambil jeda atas semua masalah yang datang. Dengan begitu, keputusan yang diambil akan tepat bukan hanya cepat.

62. Bukan terukur dari berapa banyak piala yang Anda punya. Sebab definisi pintar yang sesungguhnya yaitu saat seseorang mampu berbuat banyak atas ilmu yang ia punya.

63. Hikmah itu biasanya diletakkan diakhir. Karena itu jangan berprasangka buruk dulu.

Baca juga : 100+ Contoh Motto Skripsi Terbaik dan Penuh Inspirasi

Motto Hidup berisi Nasehat

Sebenarnya ada banyak sekali kata – kata nasihat dalam islam yang bisa Anda ambil pelajaran.

Selain mengambilnya dari ayat – ayat Al – qur’an, hadits, ceramah, Anda juga bisa menemukannya melalui kata -kata bijak yang mengandung nasihat islami. Misalnya seperti beberapa contoh kata bijak, di bawah:

64. Terkadang justru pada hal – hal sederhanalah, tempat kebahagiaan itu berada.

65. Pada akhirnya, Anda akan sadar bahwa perubahan baik lah yang akan berhasil menuntut kedewasaan seseorang.

66. Seringan apapun masalahnya, akan terasa berat jika menjauhi Allah SWT. Sebaliknya, saat Anda mendekati-Nya, maka apapun yang berat akan meringan.

67. Imam Thobroni pernah berkata: ‘Barangsiapa yang mau bershalawat kepada Rasulullah SAW sepuluh kali pada pagi dan sore, maka esok di hari kiamat ia akan mendapatkan syafa’at nabi.’

68. Sekecil apapun, jangan pernah menganggap enteng kebaikan orang lain.

69. Kita tidak pernah tahu sebanyak apa kebaikan yang dilakukan seseorang. Karena itu jangan pernah meremehkannya.

70. Sesungguhnya Allah SWT akan memudahkan urusan dunia dan akhirat seseorang, jika ia juga mau mempermudah urusan saudara muslimnya.

71. Bukan hal yang benar selalu menghitung kekurangan ditengah banyak kelebihan yang Allah SWT berikan.

72. Sesungguhnya hal yang paling baik adalah mengutamakan syukur da menghindari kufur.

73. Hakikat kebahagiaan akan dirasakan mereka yang memiliki impian besar dan berani mewujudkannya.

74. Pada hakikatnya, cantik yang sesungguhnya tidak ternilai dari seberapa mewah pakaian, sepatu, serta perhiasan yang dikenakan. Melainkan ternilai dari senyuman dan kebaikan hatinya.

75. Sesungguhnya, hanya dengan syukurlah kita akan merasa cukup meskipun dalam kekurangan sekalipun.

76. Sebelum melakukan usaha keras atau menguras tenaga sampai titik penghabisan jangan pernah mengharapkan hasil yang lebih.

77. Sebanyak apapun kenangan indah yang Anda peroleh di masa lalu, berhenti melangkah untuk mengejar masa depan bukan merupakan pilihan yang benar.

78. Nasihat itu ibarat salju. Semakin ia jatuh dengan lembut, maka semakin lama pula ia bertahan dan merasuk dalam pikiran.

79. Cermin kepribadian yang sesungguhnya yaitu apa yang Anda katakan. Maka, ucapkan hal baik dengan cara yang baik pula.

80. Untuk urusan kebaikan, tak penting sebanyak apa orang tau mengenai apa yang Anda lakukan. Karena yang lebih dari semua itu yaitu seberapa banyak dampak yang akan dirasakan orang lain atas apa yang Anda lakukan.

81. Sebanyak apapun orang berusaha menyakiti, selama hati bersih tak akan ada perasaan buruk menghampiri.

82. Dari kekurangan orang lain, kita akan mendapatkan ladang pahala. Yaitu pahala untuk bisa memaafkan, mendo’akan, serta pahala memperbaiki serta menutup aibnya.

83. Selain do’a, kekuatan akan datang dari semangat usaha tanpa mau mengalah. Jadi, jangan patah semangat.

84. Berbuat baiklah tanpa menghitung apa yang akan Anda tuai. Dan esok Anda akan takjub dengan hasilnya.

Itu dia 80+ motto islami terbaik yang penuh makna. Semoga setiap rekomendasi contoh dari berbagai tema di atas bisa memberikan sedikit pelajaran bagi Anda. Jika merasa ini bermanfaat, jangan sungkan juga untuk membagikan artikel diberbagai sosial media milik Anda.

Kata Bijak & Quotes Lainnya :

50 Kata Bijak Tentang Virus Corona Untuk Status WA

Kata Kata Bijak Bahasa Inggris Dari Orang Terkenal di Dunia

Kata Bijak Bahasa Inggris Tentang Pikiran dan Kecerdasan + Terjemahan

100+ Kata Bijak Pantang Menyerah (Never Give Up) + Dalam Bahasa Inggris

Kata Kata Bijak Tentang Kepemimpinan (Leadership)

30 Referensi Kata-Kata Jalaludin Rumi yang Menginspirasi