quotes ir soekarno

45+ Quotes Ir Soekarno, Bakar Semangat Perjuangan Kaum Muda

Diposting pada 386 views

45+ Quotes Ir Soekarno, Bakar Semangat Perjuangan Kaum Muda – Sosok Ir Soekarno telah menghasilkan banyak karya inspiratif, khususnya untuk kalangan anak muda. Untuk kembali membangkitkan serta membakar semangat misalnya.

Kata-kata Ir soekarno banyak menyimpan pesan yang pas diberikan untuk kaum milenial. Terlebih para milenial yang masih menjadikan rebahan sebagai salah satu hobi.

Setidaknya ada 45+ quotes soekarno yang akan dibahas di bawah ini. Mulai dari quotes tentang perjuangan, pemuda, kehidupan, hingga kemerdekaan. Didapat dari beberapa sumber berikut quotes soekarno tersebut:

Mengenal Ir Soekarno, Presiden Pertama Indonesia

Quotes sang proklamator mana yang sampai sekarang masih membekas diingatan Anda? Semasa perjuangannya, Ir Soekarno memang dikenal sebagai tokoh tegas, cerdas, berwibawa, serta pandai berorasi.


Sebagian besar bangsa Indonesia mungkin telah tahu. Bahwa Ir Soekarno sendiri adalah salah satu tokoh yang sangat terkenal kegigihannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Bagi presiden pertama indonesia ini, kemerdekaan merupakan satu hak yang selayaknya dinikmati seluruh rakyat, bukan tokoh elit politik saja.
Atas prinsip tersebut, selain berjuang Ir Soekarno juga dikenal ahli dalam persoalan retorika. Hal tersebut dapat terlihat dari pidato – pidato Soekarno yang memiliki arti mendalam.

Begitu dalamnya, hingga sampai kini semua ucapan Soekarno menjadi sebuah karya menarik pembangkit semangat jiwa.

Karya-Karya yang Dimiliki Ir Soekarno

Selain kaya akan kata bijak, keaktifan Ir Soekarno dalam bidang penulisan juga menghasilkan beberapa karya berupa buku inspiratif yang menarik untuk dibaca. Buku – buku tersebut, di antaranya:

1. Sarinah

Memiliki tebal 329 halaman, Sarinah berisi mengenai kumpulan materi yang membahas tentang wanita dalam berjuang dan berpolitik. Di sini dijelaskan bahwa wanita bukan lagi dia yang harus selalu berada digaris belakang.

Untuk judulnya sendiri, sarinah diambil dari sosok tokoh yang sangat dihormati Ir Soekarno. Beliau merupakan wanita yang mengasuh Soekarno semasa kecil di desa.

Ir Soekarno sendiri mengaku, bahwa sosok Sarinahlah yang telah mengajari beliau banyak hal. Salah satunya tentang bagaimana mencintai rakyat kecil.

2. Mencapai Indonesia Merdeka

Mencapai Indonesia Merdeka merupakan buku Ir Soekarno yang ditulis untuk memberikan respon atas tulisan Profesor Veth. Dimana Profesor Veth menulis bahwa, “Dari zaman purbakala hingga sekarang, Indonesia tidak pernah merdeka. Selamanya Indonesia akan menjadi negara jajahan Hindia kemudian Belanda.”

Melihat hal tersebut, ditengah peristirahatan Beliau di Pagalengan (suatu tempat pegunungan di Selatan Bandung) tepatnya pada maret 1993, Ir Soekarno menulis buku ini sebagai bentuk bantahan.

Melalui buku ini, Ir Soekarno menjelaskan bahwa, “Indonesia harus dan pasti akan merdeka. Indonesia harus segera membangun jembatan emas kemerdekaan, yang dirumuskan melalui 10 poin.

Yaitu keadaan Indonesia dalam masa penjajahan Belanda, namun memiliki potensi besar. Beliau melanjutkan bahwa jika dapat mengolahnya secara mandiri tentu akan menyenangkan. Selain itu, dalam buku ini, Ir soekarno juga membahas mengenai ideologi Marhean.”

Ideologi marhean merupakan ideologi yang membahas mengenai penentangan atas penindasan manusia dan bangsa serta dogma marhean yang akan digunakan sebagai pemersatu bangsa untuk melawan Belanda.

3. Bendera Revolusi

Diantara buku yang lainnya, Bendera Revolusi bisa dibilang yang paling komplit dan terkenal. Beberapa sumber mengatakan, buku ini ditulis hingga 4 jilid. Meskipun sampai saat ini, hanya ada 2 jilid yang beredar.

Jika penasaran, buku ini membahas mengenai 20 pidato Ir Soekarno pada saat memperingati kemerdekaan yaitu 17 Agustus. Mulai tahun 1946 sampai 1964.

Seperti pidato – pidato Ir Soekarno pada umumnya. Teks pemikiran beliau selalu brilian. Selain bernas, isi dari teks pidato juga mengandung semangat patriotisme dan optimisme.

Tidak hanya itu, buku ini juga berisi mengenai rasa syukur bangsa Indonesia karena mampu mempertahankan kemerdekaan. Dalam buku ini pula, dijelaskan jika semua pidato tersebut dilaksanakan di Istana Negara kecuali setelah dibangunnya Gelora Bung Karno (GBK).

Quotes Soekarno Tentang Pemuda

Bagi suatu bangsa, tingkat pengetahuan serta semangat juang pemuda menjadi satu tolak ukur yang penting. Pasalnya, sebagai penerus bangsa, pengetahuan serta semangat inilah yang nantinya dapat menjadi bekal.

Sayangnya, seiring waktu lingkungan terkadang membuat mental – mental serta semangat juang tersebut pudar. Perlu adanya pembakar agar semangat para pemuda terpatik kembali.

Salah satunya melalui quotes penyemangat inspiratif dari tokoh Indonesia seperti Ir Soekarno ini. Dan berikut quotes – quotes tersebut:

1. “Pada hakikatnya jika sudah berumur 21 sampai 22 tahun, sudah seharusnya pemuda untuk ikut berjuang, memiliki cita – cita yang ingin diraih, dan ikut membangun tanah air. Jika tidak, maka pemuda sebaiknya digunduli kepalanya.”

2. “Selama masih hidup di masa pancaroba, dan belum mendapatkan sinar purnama, tetaplah bersemangat seperti elang rajawali.”

3. “Bangunlah dunia bersama bangsa yang hidup dengan kedamaian dan penuh persaudaraan.”

4. “Kita bangsa besar. Merdeka meski mengkonsumsi gaplek akan jauh lebih utama, dari pada hidup sebagai budak dengan makanan bestik. Jadi, jangan mengemis bantuan, terlebih jika itu bersyarat.”

5. “Aku tinggalkan Indonesia dengan sejuta kekayaan yang membuat iri negara besar dunia. Dan aku tinggalkan agar bangsaku sendiri yang akan mengolahnya.

6. “Berikan sepuluh pemuda, dan aku akan mengguncangkan dunia.”

7. “Jika rakyat di radang pasir bisa hidup, bagaimana mungkin kita tidak bisa?”

8. “Pada saatnya, akan kuyakinkan dunia bahwa aku bukan boneka jepang.”

9. “Meskipun tidak bisa menjelaskan bagaimana rupa dan cara tercapainya, tapi kapal persatuan lah yang menjadi kunci Indonesia merdeka.”

10. “Masa lalu merupakan kaca benggala yang berguna untuk masa depan. Jadi, jangan melihatnya dengan mata buta.”

11. “Engkau tentu sudah mendengar tentang aku diumur 16 tahun. Yang sudah mencembukan dalam gerakan tanah air, bangsa, serta cita – cita.”

12. “Aku hanya terus menggali ke dalam bumi dan tradisi kami. Dari pencarian itu, aku temukan lima butir mutiara indah yaitu pancasila.”

13. “Aku bukan apa – apa. Besarku karna aku berjuang dan menjadi penyambung lidah untuk rakyat.”

14. “Bangsa yang besar adalah dia yang senantiasa menghormati jasa pahlawannya.”

15. “Jika diibaratkan laki – laki dan perempuan bagaikan dua sayap dari seekor burung. Jika sama – sama kuat, maka keduanya akan mampu terbang tinggi. Sebaliknya jika salah satu sayap patah, maka burung tak akan mampu terbang sama sekali.”

Baca juga : Kata Bijak Bahasa Inggris Tentang Pikiran dan Kecerdasan + Terjemahan

Kata-Kata Ir Soekarno Tentang Perjuangan

Jika dulu perjuangan mengarah untuk melawan penjajahan dalam bumi, kini perjuangan dapat dilakukan dengan terus menjadikan diri menjadi lebih baik. Sehingga dapat memberikan manfaat untuk orang lain.

Terus berjalan melanjutkan perjuangan merupakan satu cara untuk bisa mewujudkan manfaat tersebut. Ada banyak jenis perjuangan yang bisa dipelajari. Salah satunya, melalui perjuangan tokoh proklamator Ir soekarno melalui karya yang ditinggalkan. Adapun salah satu karya tersebut dapat berupa soekarno quotes berikut.

16. “Belajar tanpa berpikir tidaklah berguna. Namun akan menjadi bahaya jika berpikir tanpa belajar sebelumnya.”

17. “Siapa yang menginginkan mutiara indah, maka harus memberanikan diri untuk terjun ke lautan dalam.”

18. “Jangan pernah takut untuk menggantungkan cita – cita serta bermimpi setinggi langit. Kalaupun nanti jatuh, maka engkau tetap akan jatuh di antara bintang – bintang.”

19. “Ketika kita memiliki keinginan kuat untuk mewujudkan suatu mimpi, maka alam semesta akan turut membantunya.”

20. “Kamu bisa melihat semua penderitaanku jika ingin tahu bahwa kekuasaan presiden sekalipun ada batasnya. Sebab sebenarnya kekuasaan rakyatlah yang langgeng. Dan di atas itu, hanya kekuasaan dari Tuhan Yang Maha Esa.”

21. “Aku lebih menyukai lukisan samudra dengan gelombang menggebu – gebu, daripada lukisan sawah indah yang tentram.”

22. “Perjuanganku mungkin lebih mudah, karna melawan penjajah. Namun perjuanganmu akan lebih sulit sebab melawan bangsa sendiri.”

23. “Ketahuilah. Negri Republik Indonesia adalah milik kita semua mulai dari sabang hingga merauke. Bukan milik suatu golongan, kelompok agama, kelompok etnis, maupun milik suatu adat tertentu.”

24. “Bangsa yang tidak percaya akan kekuatan serta kemampuan dirinya, selamanya tidak akan mampu berdiri menjadi bangsa yang merdeka.”

25. “Pemilihan umum seharusnya tidak menjadi ajang pertempuran. Perjuangan kepartaian yang bisa memecah berai persatuan bangsa.”

26. “Seseorang tidak akan pernah sampai pada kemajuan meskipun selangkah, selama dia tidak berani dan masih malu untuk berbuat kebaikan.”

27. “Seribu orang tua dapat bermimpi, dan satu pemuda dapat mengubah dunia.”

28. “Sebagai penerus bangsa, jangan pernah mewarisi abu dari sumpah pemuda, tapi warisilah apinya.”

29. “Jika diibaratkan, suatu bangsa yang hidup adalah bangsa yang didalamnya masih mempunyai kuali dengan isi mendidih serta api menyala.”

30. “Suatu bangsa yang kuat adalah bangsa yang berani mengambil nasib dengan tangannya sendiri.”

Baca juga : Kata Kata Motivasi Diri Penuh Semangat dan Inspirasi

Quotes Ir Soekarno Tentang Kehidupan

Hidup adalah tentang bagaimana seseorang bisa terus berjalan dan belajar. Bisa dari lingkungan, pengalaman diri dimasa lalu, atau dari perjalanan hidup orang lain.

Berbicara tentang kehidupan, pengalaman hidup Ir Soekarno bisa jadi salah satu yang bisa diambil pelajaran. Melalui biografi atau hal lebih sederhana seperti kata-kata inspiratif yang diucapkan misalnya. Dalam hal kata-kata atau quotes, beberapa Anda bisa membacanya dalam poin di bawah ini.

31. “Pada dasarnya hidup bukan hanya sebatas tentang apa yang kamu bisa. Namun juga tentang apa saja yang kamu coba. Jangan pernah takut. Sebab kegagalan adalah sebuah pelajaran.”

32. “Sebelum mengeluh dengan rasa makananmu, coba ingat dulu bagaimana seseorang tidak punya apapun untuk dimakan.”

33. “Sesungguhnya seseorang tidak akan dapat mengabdi pada Tuhan Yang Maha Esa tanpa mengabdi dengan sesama manusia. Sebab gubuk si miskin lah yang menjadi Tuhan bersemayam.”

34. “Sebelum mengeluh bahwa kamu tidak memiliki apapun, coba pikirkan dulu seseorang yang kini tengah meminta di jalanan.”

35. “Jika seandainya Tuhan Yang Maha Esa memberiku dua kesempatan hidup. Maka akan kupersembahkan untuk tanah air dan bangsa.”

36. “Jika kita tidak dapat membangun kemakmuran dari bumi Indonesia yang kaya ini, maka jelas itu karna kebodohan kita sendiri.”

37. “Kita tidak akan bisa membangun kultur kepribadian yang baik dengan sempurna, selama rasa kebangsaan yang sehat tidak ada.

38. “Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang keras. Punya keinginan bersatu, serta membawa persamaan watak diatas geopolitik yang nyata.”

39. “Sebagai manusia kamu harus memiliki belas kasihan. Setidaknya sebelum melakukan kejahatan pikir matang lebih dulu. Sebagai gambaran, apa salah kijang yang hingga kamu bunuh? Bagaimana jika kijang masih memiliki anak yang butuh pertolongan induknya? Apa sebegitunya kamu kekurangan makanan?”

40. “Tidak ada tuan yang nyaman. Saat kaum bangsa justru malah menjadi buruh antar bangsa belaka. Karena itu wajib mencegah dan memberikan hukuman seberat – beratnya.”

41. “Saya katakan, Cita – cita kita adalah keadilan sosial. Dimana semua masyarakat berhak mendapatkan keadilan serta kemakmuran dengan menggunakan alat – alat insdustri dengan teknologi modern. Asal semuanya tidak dikuasai sistem kapitalisme.”

42. “Sesuatu yang telah disepakati secara politik, jangan diperdebatkan secara estetis.”

43. “Kamu tahu apa yang menjadi kekurangan kita? Yaitu kurang percaya diri sehingga kita lebih memilih menjiplak karya luar negeri dibandingkan mempercayai kemampuan bangsa sendiri.”

44. “Jika terdapat suatu hal yang baik, saya tak akan segan memuji. Meski hal baik itu datang dari seorang islam, komunis, atau Hopi India.”

45. “Sebenarnya penakluk brilian yang sesungguhnya bukanlah dia yang mampu menaklukan ribuan manusia. Namun dia yang mampu menaklukan dirinya sendiri.”

Baca juga : 30 Referensi Kata-Kata Jalaludin Rumi yang Menginspirasi

Kata-Kata Ir Soekarno Tentang Kemerdekaan

Sadar atau tidak, kemerdekaan merupakan satu hal yang patut disyukuri hingga sekarang. Bagaimana tidak, karena kemerdekaan itulah hingga kini kita dapat merasakan kehidupan yang nyaman dan juga tentram.

Sebagai bangsa, kita bisa menghargai hal tersebut dengan cara mengenang semua jasanya. Sekaligus memanfaatkan kemerdekaan dengan melakukan berbagai hal positif.

Agar lebih bersemangat, beberapa quotes Ir Soekarno berikut bisa sekali menjadi referensi pematik semangat. Simak selengkapnya.

46. Dalam pidato kukatakan, “Sekali Merdeka Tetap Merdeka” dan kucetuskan semboyan “Kita cinta damai, tetapi lebih cinta KEMERDEKAAN.”

47. “Bangsa yang kerja keras adalah bangsa yang rela menderita demi tercapainya cita – cita. Berani menggoyangkan langit, menggetarkan daratan, dan menggelorakan samudera, demi tidak menjadi bangsa yang hidup dari 2 1/2 sen sehari.”

48. “Jika negara dibangun bersama perempuan yang baik, maka jayalah. Sebaliknya jika perempuan buruk yang membangunnya, maka runtuhlah negara tersebut.”

49. “Sesungguhnya kemerdekaan hanya akan didapat dan dimiliki oleh bangsa dengan jiwa yang terus berkobar dengan tekad ‘Merdeka atau Mati’!”

50. “Sejak awal kita membangun negara Indonesia yang kita semua mendukungnya. Semua buat semua! Indonesia buat Indonesia.”

51. “Bangsa yang baik adalah dia yang tidak pernah meninggalkan sejarah.”

52. “Tulis tentang saya menggunakan tinta putih atau hitam. Dan biar sejarah membaca serta menjawabnya.”

53. “Selamanya nasionalisme tidak akan tumbuh dan berbunga jika tidak ditanam di taman internasionalisme.”

54. “Konsep nasionalisme yang didirikan negara Indonesia bukan hanya seputar orang Jawa, Kalimantan, Papua, Bali, Sulawesi, Sumatera, atau lainnya. Melainkan semua penjuru dunia yang membangun fondasi satu kesatuan nasional.”

55. “Burung elang terbang sendiri sedangkan bebek berjalan berbondong – bondong.”

56. “Berilah saya 1000 orang tua. Dan saya akan mencabut semeru dari akarnya.”

57. Raih kemerdekaan Indonesia yang sejati dengan mengikrarkan sumpah pemuda dengan hati serta anggota badan lain.

58. “Pada hakikatnya, mawar tidak pernah mempropagandakan keharumannya. Namun aromanya dengan sendiri menyebar ke sekitar.”

59. “Bagian dari sumpah pemuda adalah para pemuda Indonesia.”

60. “Tak pandang bulu, aku akan memuji mana yang layak dipuji tanpa melihat golongannya.”

Demikian pembahasan mengenai karya singkat serta 45+ quote Ir Soekarno yang bisa menjadi pembakar semangat bagi kaum milenial.

Baca juga : 20+ Kata Mutiara Persahabatan Yang Paling Menyentuh Hati dan Inspiratif