dampak perkembangan iptek bagi generasi muda

Manfaat dan Dampak Perkembangan IPTEK (Internet) Bagi Generasi Muda

Diposting pada 2.071 views

Manfaat dan Dampak Perkembangan IPTEK (Internet) Bagi Generasi Muda – Sebelum membahas dampak perkembangan teknologi informasi komunikasi maka sebelumnya kamu perlu tahu apa itu teknologi informasi komunikasi?.

Dalam konteks ini, teknologi diartikan sebagai pengetahuan dari berbagai sumber untuk menghasilkan barang atau jasa, sementara itu, informasi diartikan sebagai macam-macam data untuk menciptakan teknologi, dan komunikasi diartikan sebagai alat penghubung antar manusia untuk mendapatkan informasi.

Manfaat Perkembangan IPTEK dan Internet

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat di zaman modern seperti saat ini tentunya akan mampu memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia.

Kini, sudah semakin banyak bidang kehidupan manusia yang menggunakan berbagai perangkat dengan teknologi baru agar bisa memudahkan pekerjaan manusia, termasuk mereka yang masih berusia muda.


Khusus untuk generasi muda apalagi yang masih berstatus sebagai pelajar, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi itu memiliki tiga manfaat utama, yaitu sebagai berikut:

1. Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran

Pada proses pembelajaran bagi generasi muda yang hidup di zaman modern seperti saat ini, teknologi informasi komunikasi dibutuhkan untuk alat bantu siswa dalam memudahkan mereka menerima pembelajaran.

2. Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media untuk Mendapatkan Sumber Pengetahuan

Manfaat teknologi informasi komunikasi bagi generasi muda yang berikutnya adalah menjadi media yang memudahkan mereka untuk mendapatkan sumber ilmu pengetahuan. Selain itu, juga bisa dijadikan sebagai bagian dari ilmu yang memang harus dikuasai agar mereka mampu meningkatkan kompetensi masing-masing.

3. Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media untuk Mempermudah Penyebaran Informasi

Terkait dengan efektifitas dan efisiensi komunikasi, penggunaan teknologi informasi komunikasi tersebut juga bermanfaat untuk membuat penyebaran informasi bisa dilakukan dengan cara yang lebih cepat dan mudah, bahkan dengan biaya yang juga lebih murah. Contoh penyebaran informasi yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi komunikasi adalah informasi yang tersebar melalui internet.

Baca juga : Pengertian IPTEK dan Dampaknya

Dampak Perkembangan IPTEK dan Internet Bagi Generasi Muda

Pada dasarnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang semakin maju, seiring dengan berjalannya zaman yang semakin modern sudah pasti tidak dapat dihindari. Oleh sebab itu, menjadi hal yang sangat wajar jika terjadi dampak positif dan negatif khususnya bagi mereka yang berusia muda.

Selain berdampak positif, tentunya perkembangan teknologi informasi komunikasi itu juga bisa berdampak negatif yang tidak menutup kemungkinan dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dampak negatif disebabkan bukan hanya karena kurangnya tingkat pemahaman pengguna namun bisa juga karena penyalahgunaan teknologi informasi komunikasi tersebut.

Oleh sebab itu, selain menerima dampak positif dari teknologi informasi komunikasi yang memang bermanfaat, sebaiknya dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi itu bukan dijadikan alasan untuk menghalangi kemajuan teknologi melainkan sebagai tantangan untuk ditaklukkan. Sebagaimana generasi muda diharapkan bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk dari munculnya perkembangan teknologi informasi komunikasi.

Dampak Positif Perkembangan IPTEK dan Internet

1. Internet yang Menjadi Media Komunikasi

Berkat adanya teknologi informasi komunikasi yang semakin berkembang maka muncullah internet yang memiliki banyak manfaat jika bisa digunakan dengan cara yang bijak.

Salah satu dampak positif dari internet adalah memudahkan masyarakat termasuk generasi muda dari seluruh dunia untuk saling berkomunikasi tanpa dibatasi oleh jarak ruang dan waktu.

2. Internet yang Menjadi Media untuk Sumber Informasi dan Data

Perkembangan internet yang semakin pesat akan mampu membuat masyarakat khususnya generasi muda untuk mendapatkan berbagai informasi dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Namun, kamu juga tetap perlu kejelian dan ketelitian untuk menyaring keakuratan dari informasi yang tersaji dalam internet.

3. Internet yang Menjadi Media untuk Hiburan

Internet juga bisa dijadikan sebagai media untuk hiburan, hal tersebut dapat dilihat dari semakin banyaknya video dan audio menarik yang dapat kamu jadikan untuk alat hiburan. Selain itu, melalui jaringan internet kamu juga bisa bermain game online langsung dengan beragam pemain game online lainnya di seluruh dunia.

Baca juga : Dampak Positif dan Negatif Internet

Dampak Negatif Perkembangan IPTEK dan Internet

1. Kurang Peka terhadap Lingkungan Sekitar

Perkembangan teknologi informasi komunikasi salah satu contohnya dalam hal ini internet jika tidak digunakan secara bijak maka bisa berdampak negatif. Penggunaan internet yang berlebihan bisa membuat seseorang menjadi kurang peka dengan lingkungan sekitar

Generasi muda yang terlalu sering terpapar internet bisa membuat mereka ketergantungan dengan dunia maya (online). Hal seperti itu hanya akan membuat mereka menjadi malas untuk bersosialisasi secara nyata sebab merasa sudah nyaman berkomunikasi menggunakan internet.

2. Cyber Bullying

Cyber bullying atau bisa juga diartikan sebagai perundungan menggunakan teknologi informasi komunikasi dalam hal ini internet. Kebanyakan cyber bullying itu terjadi di media sosial, contohnya seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Umumnya, tujuan dari cyber bullying untuk menakuti dan mempermalukan seseorang secara online.

Cyber bullying ini sering terjadi di media sosial yang umumnya dilakukan oleh generasi muda. Bentuk-bentuk cyber bullying bermacam-macam yaitu :

  • mengirim pesan ancaman
  • mengirim pesan berisi kata-kata menyakitkan
  • menyebarkan kebohongan tentang seseorang
  • memposting foto yang dapat mempermalukan seseorang
  • dan lain sebagainya.

3. Munculnya Banyak Konten Negatif dalam Waktu Singkat

Internet bukan hanya berisi konten-konten positif yang bermanfaat, namun juga berisi beragam konten negatif yang jika tidak disaring dengan cara bijak maka berpotensi memberi pengaruh buruk. Bahkan merusak moral generasi muda, misal seperti konten pornografi. Oleh sebab itu, pemerintah berusaha melakukan pembatasan konten negatif di internet.

Meskipun demikian, hingga kini masih banyak konten negatif bertebaran di internet, hal tersebut menunjukkan bahwa bukan perkara mudah menyaring konten yang ada di internet.

Oleh sebab itu, sebagai generasi muda, kamu sendiri yang harus memiliki tanggung jawab untuk menyaring mana konten yang bermanfaat dan mana konten yang hanya akan memberikan efek negatif.

4. Pencemaran Nama Baik

Dampak negatif dari teknologi informasi dan komunikasi khususnya di dunia maya atau internet itu juga bisa mengakibatkan terjadinya pencemaran nama baik ataupun fitnah yang secara langsung atau dengan cara halus. Kebebasan berpendapat di media sosial itu umumnya yang memicu terjadinya pencemaran nama baik seseorang di internet.

5. Membuat Malas Belajar

Ketergantungan dengan internet, seperti bermain game online, terlalu aktif di media sosial, menonton film secara live streaming dan lain sebagainya bisa membuat seseorang menjadi malas melaksanakan kewajibannya, dalam hal ini belajar. Oleh sebab itu, bisa saja berdampak negatif terhadap prestasi mereka di sekolah.

Berbicara mengenai dampak positif dan negatif dari teknologi informasi dan komunikasi itu tidak akan habisnya.

Namun apapun dampak perkembangan teknologi informasi komunikasi itu sebenarnya bergantung pada diri kita sendiri.

Jika kamu mampu menggunakan teknologi dengan bijak maka kamu akan bisa mendapatkan manfaatnya begitupun sebaliknya jika kamu menggunakan teknologi bukan untuk tujuan yang positif maka tentunya hanya akan menimbulkan banyak permasalahan.

Baca juga : Manfaat Internet dan Keunggulan Internet

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.