pengertian iptek dan dampaknya

Pengertian IPTEK dan Dampak Perkembangannya dalam Masyarakat

Diposting pada 4.494 views

Pengertian IPTEK dan Dampak Perkembangannya dalam Masyarakat – Kehidupan manusia yang terus berproses membuat mereka semakin maju, salah satunya disebabkan karena IPTEK yang terus berkembang pesat. Apa itu IPTEK?

Pada dasarnya, pengertian IPTEK itu adalah sebuah singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Berkat adanya IPTEK maka masyarakat dapat mengenal teknologi yang kian hari kian berkembang.

Pengertian IPTEK

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa IPTEK itu adalah singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Secara istilah IPTEK adalah sebagai sumber informasi untuk meningkatkan wawasan yang berkaitan dengan teknologi. Ilmu pengetahuan dan teknologi memang tidak bisa dipisahkan, sebab mereka saling memiliki keterkaitan erat satu sama lain.


Pengertian IPTEK Menurut Para Ahli

Menurut para ahli, pengertian IPTEK adalah:

1. Poerbawadja Harahap

Menurut Poerbahawadja Harahap, IPTEK merupakan ilmu tentang teknik yang dapat membuat manusia terpacu untuk mengetahui seluk beluk bidang industri.

Oleh sebab itu, hasil IPTEK lebih sering ditemukan di pabrik-pabrik atau tempat industri. Selain itu, berkat adanya IPTEK maka manusia dapat mengerjakan beragam pekerjaan dengan lebih praktis dan cepat.

2. Naisbit

Menurut Naisbit, IPTEK merupakan benda atau peralatan yang memiliki wujud berbeda dengan manusia. Selain memiliki wujud yang berbeda dengan manusia, IPTEK dapat berfungsi sebagai pembantu manusia, sehingga manusia tidak perlu menyelesaikan pekerjaannya dengan tangan mereka secara langsung.

3. Miarso

Menurut Miarso, IPTEK merupakan usaha yang dilakukan oleh manusia untuk bisa menghasilkan sebuah hal yang lebih. Contohnya saja, sebuah pekerjaan yang biasanya dikerjakan dengan target standar maka dengan IPTEK kamu bisa menghasilkan pekerjaan yang melebihi target yang sudah ditentukan. Menggunakan IPTEK bisa sangat menguntungkan khususnya di bidang produksi.

4. Read Bain

Menurut Read Bain, IPTEK merupakan alat yang bisa membantu manusia untuk mengerjakan segala pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh manusia.

Peralatan yang dihasilkan dari IPTEK bahkan bekerja seperti manusia sehingga dengan kata lain IPTEK bisa membantu manusia untuk memudahkan mereka dalam bekerja.

Berdasarkan definisi menurut para ahli di atas, maka IPTEK bisa diartikan sebagai sumber pengetahuan yang memberikan kemungkinan munculnya beragam ide sehingga ide tersebut kemudian dapat diterapkan pada kehidupan manusia dalam bentuk teknologi.

IPTEK akan membuat manusia dapat menjalani kehidupannya dengan lebih mudah dan sekaligus akan memacu mereka untuk terus maju menciptakan berbagai teknologi canggih lainnya.

Baca juga : Pengertian Globalisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Dampak Positif dan Negatif dari Perkembangan IPTEK

pengertian dan dampak iptek
Ilustrasi dampak positif dan negatif IPTEK

1. Dampak Positif IPTEK

a. Menunjang Kegiatan Produksi

Produksi merupakan sebuah kegiatan yang menghasilkan barang/jasa atau juga diartikan sebagai sebuah kegiatan yang menambah nilai guna dari barang/jasa tersebut.

Oleh sebab itu, dengan adanya IPTEK dapat berperan sebagai penunjang kegiatan produksi khususnya produksi barang yang mengandalkan mesin, semakin maju teknologi maka mesin produksi yang digunakan pun akan semakin canggih.

b. Memudahkan Proses Distribusi

Selain penunjang kegiatan produksi, dampak positif IPTEK di bidang ekonomi juga bisa membuat proses distribusi barang menjadi lebih lancar. Proses distribusi yang lancar tentunya akan semakin memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan.

c. Memudahkan Konsumen Mendapatkan Barang yang Dibutuhkan

Dampak positif IPTEK berikutnya di bidang bisnis yang perlu kamu ketahui adalah kemudahan konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Proses produksi dan distribusi yang ditunjang oleh berbagai teknologi dari IPTEK dapat membuat konsumen lebih cepat dan mudah memperoleh berbagai barang yang mereka butuhkan.

d. Memudahkan Komunikasi Antar Manusia

Teknologi yang dihasilkan dari pengembangan IPTEK juga dapat berdampak pada kemudahan manusia untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi, sehingga walau terpisah jarak yang jauh sekalipun kamu masih dapat bersilaturahmi. Contoh penggunaan teknologi untuk memudahkan komunikasi adalah telepon genggam.

Telepon genggam kini bukan hanya bisa memudahkan komunikasi lewat suara saja, melainkan kamu bahkan juga sudah dapat berkomunikasi via video call sehingga kamu bisa lihat wajah orang menjadi lawan bicaramu. Selain itu, telepon genggam juga kini sudah bisa digunakan untuk menunjang berbagai keperluan lainnya, salah satu contohnya seperti kamera pada telepon genggam yang semakin canggih.

e. Memudahkan Proses Pembelajaran

Dampak positif IPTEK tentunya juga berperan penting dalam sektor pendidikan, salah satu contohnya adalah internet. Berkat adanya internet maka siswa dapat memperbanyak informasi untuk menunjang pendidikannya, selain itu layanan pendidikan juga bisa dilakukan secara online.

Pendidikan secara online dapat dilakukan secara jarak jauh dengan cara memanfaatkan internet yang mampu membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif tanpa perlu guru dan siswa melakukan tatap muka di tempat yang sama. Proses pembelajaran via internet itu bisa dilakukan dengan cara memasukkan materi pembelajaran ke sebuah situs yang dapat dengan mudah diunduh oleh siswa.

Baca juga : Faktor faktor Pendukung Globalisasi

2. Dampak Negatif IPTEK

a. Terjadinya Transaksi Barang Terlarang

Meskipun banyak menghasilkan dampak positif, namun jika IPTEK tidak dimanfaatkan secara bijak juga akan menimbulkan dampak negatif, misalnya seperti dalam dunia bisnis yang dapat menyebabkan terjadinya transaksi terlarang.

Proses jual beli yang semakin mudah karena adanya internet, dapat memudahkan pula terjadinya proses transaksi barang-barang terlarang misal seperti transaksi barang selundupan hingga transaksi narkoba.

b. Carding

Carding merupakan salah satu tindak kejahatan yang dilakukan melalui intenet dalam bentuk pembobolan kartu kredit.

Para pelaku carding ini memanfaatkan internet untuk melakukan tindak kejahatan dengan cara mendeteksi keberadaan transaksi pengguna kartu kredit dan kemudian mencatat kode kartu untuk selanjutnya digunakan untuk melakukan kejahatan.

c. Ketergantungan dan Membuat Malas

Teknologi memang membuat manusia bisa semakin mudah menjalani aktivitas sehari-hari, namun hal tersebut juga bisa berdampak negatif sebab dapat membuat manusia merasa terlalu nyaman sehingga membuatnya malas.

Salah satu contoh hasil IPTEK yang bisa membuat kamu malas adalah ketergantungan bermain games online baik itu di komputer atau telepon genggam.

d. Mengandung Banyak Unsur Kekerasan yang Berpotensi Merusak Moral

Bermain games online di komputer atau telepon genggam, memang bisa membuatmu sejenak melepas lelah dan stress, namun bukan berarti kamu terus menerus bermain bahkan hingga melalaikan kewajiban untuk belajar atau bekerja. Selain itu, dampak negatif dari teknologi khususnya internet adalah banyaknya unsur kekerasan yang bisa mengakibatkan kerusakan moral.

Sebuah studi eksperimental menunjukkan bahwa terjadi keterkaitan antara games online yang mengandung unsur kekerasan dengan tingkat kejahatan khususnya di kalangan anak muda.

Menurut studi tersebut, dampak kerusakan moral pada anak-anak karena media komputer/smartphone dan internet yang mengandung unsur kekerasan bahkan lebih besar dibanding kekerasan yang ditunjukkan dari media televisi.

Unsur-unsur kekerasan yang ditunjukkan dari games bisa berpengaruh khususnya pada mental anak-anak. Salah satu contoh dampaknya adalah mereka menjadi kurang peka terhadap sesama dan dapat pula menunjukkan perilaku agresif yang tidak menutup kemungkinan dapat mendorong mereka untuk meniru tindak kekerasan yang sering dilihatnya itu.

Pengertian IPTEK akan semakin mudah untuk dipahami jika kamu juga mengerti dampak-dampaknya dalam kehidupan sehari-hari. Memahami dampak dari perkembangan IPTEK baik itu yang positif ataupun negatif akan membuat manusia menjadi lebih bijak dalam menggunakan teknologi.

Baca juga : Pengenalan Jurusan Teknik Informatika Serta Prospek Kerjanya

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.