Kegiatan OSIS yang menarik

Kegiatan OSIS yang Menarik SMP SMA

Diposting pada 425 views

Kegiatan OSIS yang Menarik? Simak ulasan kegiatan OSIS mulai dari SMP hingga SMA/K di artikel ini!

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang lebih dikenal sebagai OSIS merupakan salah satu wadah dalam memajukan kegiatan di lingkungan sekolah.

Melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh OSIS, para siswa dapat mengembangkan bakat, minat, kedisiplinan dan jiwa kepemimpinan siswa. Organisasi OSIS bisa diikuti oleh siswa SMP,SMA atau SMK.

OSIS seringkali berkoordinasi dengan guru terkait agenda kegiatan yang akan diselenggarakan. Harapannya, kegiatan ini mampu menarik para siswa untuk aktif berpartisipasi. Dari sinilah, bakat dan minat siswa akan berkembang. Pertimbangkan apakah kegiatan yang kamu adakan sudah mampu menarik minat siswa!

Kegiatan OSIS yang Menarik

Kegiatan OSIS harus menarik bukan? Nantinya, keberhasilan kegiatan akan dinilai dan dievaluasi dari seberapa aktif para siswa dalam berpartisipasi di kegiatan tersebut. Oleh karena itu dalam menentukan kegiatan yang akan diselenggarakan, perlu pertimbangan yang matang melalui diskusi. Nah, kami sudah merangkum beberapa kegiatan OSIS yang menarik dalam berbagai bidang, meliputi:

Kegiatan OSIS – Bidang Sosial dan Kemanusiaan

Kegiatan sosial tidak hanya menarik, namun mampu meningkatkan jiwa kemanusiaan para siswa. Sebagai OSIS kamu bisa menyelenggarakan kegiatan sosial seperti: penggalangan dana bagi korban bencana alam, membagikan makanan bagi orang yang membutuhkan, membersihkan lingkungan sekitar sekolah, perayaan hari-hari besar dan kegiatan bakti sosial lainnya. 

Kegiatan OSIS – Bidang Pengembangan Diri

Kegiatan pengembangan diri sebagai upaya untuk menumbuhkan minat bakat dan keterampilan para siswa. Sebagai OSIS, kamu tidak boleh melewatkan kegiatan ini. Kegiatan ini mencakup pelatihan, lomba dan kegiatan lain yang membantu siswa mengembangkan keterampilan mereka.

Kegiatan OSIS – Bidang Pendidikan

Nah, bidang pendidikan ini sebenarnya masih erat kaitannya dengan bidang pengembangan diri. Hanya saja, kegiatan ini lebih fokus pada kegiatan akademis. Inilah agenda yang bisa kamu usulkan dan laksanakan:

  • Mengadakan lomba karya tulis  ilmiah
  • Mengadakan kegiatan literasi atau baca buku
  • Mengadakan lomba literasi, di mana pemenangnya akan mendapatkan hadiah seperti novel atau majalah
  • Membagikan informasi resmi terkait lomba pendidikan
  • Menyebarluaskan informasi tentang kegiatan sekolah pada website  dan sosial media sekolah
  • Mengadakan kursus atau bimbingan gratis untuk siswa 

Seminar dan Workshop

Sebelumnya, sudah diuraikan nih kegiatan OSIS yang menarik tentang pengembangan diri. Nah, salah satu cara yang bisa OSIS lakukan untuk mengembangkan diri para siswa yaitu melalui seminar dan workshop di sekolah. Melalui kegiatan ini, para siswa dapat memperoleh pengetahuan tambahan di luar mata pelajaran akademis. Wah menarik bukan?

 Kamu bisa mendatangkan pakar yang sesuai dengan bidangnya. Seminar tentang keterampilan kepemimpinan, kewirausahaan, psikologi, atau topik lain yang relevan. Workshop seperti ini membantu siswa untuk berkembang secara pribadi dan profesional, serta memberikan wawasan yang berharga tentang dunia di luar sekolah.

Kegiatan OSIS – Bidang Seni dan Budaya

Kegiatan OSIS yang pasti sangat seru bagi guru dan siswa di sekolah. Melalui kegiatan ini, siswa dapat unjuk bakat di bidang seni misalnya musik, teater, melukis, menari dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencoba kegiatan pensi (pertunjukan seni), festival budaya atau lomba di bidang seni lainnya. Acara ini tidak hanya memotivasi siswa untuk berpartisipasi dalam seni dan budaya, namun juga mengajarkan kreativitas, kerja tim, kepercayaan diri dan manajemen waktu.

Kegiatan OSIS – Bidang Olahraga

Selain dalam bidang pengembangan diri  dan kesenian, OSIS juga harus menggerakan para siswa dalam mengembangkan semangat olahraga di sekolah. Biasanya kegiatan olahraga ini dilaksanakan setelah ujian akhir, peringatan kemerdekaan, pekan olahraga bahkan terkadang beberapa sekolah rutin mengadakan kegiatan olahraga sebagai ajang pertandingan antar sekolah. Melalui kegiatan ini, para siswa akan berlatih untuk berkompetisi secara sehat, kerja sama tim dan membangun kedisiplinan. Selain itu, mengikuti kegiatan olahraga dapat menjaga kesehatan tubuh loh. Gimana sudah ada kegiatan ini di sekolah teman-teman?

Bazar Amal

Tidak hanya kegiatan yang berfokus pada lingkungan sekolah dan siswa, sebagai OSIS kamu bisa mengajak para siswa dan guru untuk melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar sekolah. Kegiatan ini sebenarnya, bagian dari kegiatan di bidang sosial. Bazar amal adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk mengumpulkan dana bagi proyek amal dan edukasi siswa tentang nilai-nilai solidaritas dan kepedulian. Di bazar amal, siswa dapat berpartisipasi dalam penjualan barang-barang buatan tangan, makanan atau bahkan layanan yang bersifat sukarela seperti cek tensi.

Kampanye Sosial

Isu sosial apa saja yang sering terjadi di lingkungan sekolah? Beberapa isu sosial yang sering terjadi seperti bullying, kesehatan remaja, pergaulan remaja dan masih banyak lagi.

Sebagai OSIS, kamu harus bisa menumbuhkan kesadaran bagi siswa yang lain untuk lebih peduli terhadap permasalahan sosial dunia nyata. Harapannya, siswa akan terhindar dari permasalahan sosial yang memberikan dampak negatif.

Kamu juga bisa mengunjungi artikel Kita Punya terkiat pendidkan yang lain:
Visi Misi Masuk PMR yang Bisa Kamu Jadikan Referensi
13 Alasan Masuk Sispala Esktra yang Seru!

Kegiatan OSIS – Keagamaan

Tidak hanya kegiatan yang memberikan hiburan, sebagai OSIS tidak boleh lupa dengan kegiatan keagamaan. Melalui kegiatan ini akan meningkatkan pemahaman dan kesadaran keagamaan  para siswa. Banyak loh kegiatan keagamaan yang bisa kamu jadikan pilihan meliputi:

  • Menyelenggarakan peringatan hari keagamaan bagi setiap agama yang ada di sekolah.
  • Mengadakan kajian rutin dengan menghadirkan tokoh agama. Pada kegiatan ini, akan seru kalau kamu mengundang tokoh agama yang ramah dan hits di kalangan remaja.
  • Mengadakan lomba keagamaan

Kegiatan OSIS – Bidang Kebersihan

Kebersihan lingkungan sekolah harus kita jaga. Jadilah penggerak untuk selalu menjaga lingkungan sekolah yang bersih. Kamu bisa mengadakan beberapa agenda menarik seperti:

  • Mengadakan kegiatan kerja bakti satu minggu sekali 
  • Mengadakan kegiatan bersih-bersih dan penghijauan
  • Mengadakan acara workshop dengan menghadirkan ahli di bidang lingkungan
  • Mengadakan lomba kebersihan kelas

Kegiatan OSIS – Peningkatan Budi Pekerti

Sebenarnya, di atas sudah banyak sekali kegiatan yang meningkatkan kedisiplinan para siswa. Sebagai tambahan, biasanya OSIS juga menyelenggarakan kegiatan sosialisasi terkait kedisiplinan dan mengundang narasumber yang ahli di bidangnya seperti polisi,TNI atau instansi yang lainnya.

Kesimpulan

OSIS sangat berperan penting dalam menyelenggarakan kegiatan seperti pengembangan bakat minat, sosial, akademis, lingkungan, kebersihan dan kegiatan lain yang menarik. Kegiatan-kegiatan ini diadakan oleh OSIS  untuk membantu siswa terus berkembang secara pribadi, kreatif dan sosial.  Tidak hanya itu, ikut serta dalam OSIS, dapat membantu untuk belajar nilai-nilai kepemimpinan, kerja tim, dan kepedulian sosial yang akan membekali kita dalam organisasi selanjutnya serta terjun ke masyarakat pada masa depan. Bagaimana Teman Kitapunya ingin mengadakan kegiatan apa? 

Nah, itulah referensi kegiatan OSIS di sekolah yang menarik. Sesuaikan kegiatan yang kamu rencanakan dengan event pada saat itu ya! Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah insight! Dapatkan pula update artikel rutin  tentang pendidikan dan karir di Kitapunya!

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.