gaji karyawan bioskop

Gaji Karyawan Bioskop Terbaru (2023) Berbagai Posisi Pekerjaan

Diposting pada 5,088 views

Bekerja di bioskop mungkin menjadi impian bagi sebagian orang yang menyukai dunia perfilman. Selain bisa menonton film secara gratis, bekerja di bioskop juga bisa memberikan pengalaman dan peluang karir yang menarik. Namun, apa saja sih pekerjaan yang ada di bioskop dan berapa gajinya?

Bioskop adalah tempat hiburan yang menyediakan layanan menonton film dengan kualitas gambar dan suara yang baik. Bioskop biasanya memiliki beberapa ruang tayang yang dilengkapi dengan kursi, layar, proyektor, dan sistem audio. Selain itu, bioskop juga menyediakan fasilitas lain seperti kafe, toilet, ruang tunggu, dan parkir.

Daftar Gaji Karyawan Bioskop Terbaru

Untuk menjalankan operasionalnya, bioskop membutuhkan banyak tenaga kerja yang memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang ada di bioskop dan gajinya:

1. Gaji Manager Bioskop

Manager adalah pekerjaan tertinggi di bioskop yang bertanggung jawab atas seluruh kegiatan dan kinerja bioskop. Manager harus bisa mengatur sumber daya manusia, keuangan, pemasaran, teknis, dan administrasi bioskop.

Manager juga harus bisa berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait seperti pemilik gedung, distributor film, media, dan pelanggan. Gaji manager bioskop berkisar antara Rp 8 juta hingga Rp 10 juta per bulan.

2. Gaji Supervisor di Bioskop

Supervisor adalah pekerjaan yang berada di bawah manager yang bertugas mengawasi dan membimbing staf-staf di bawahnya. Supervisor harus bisa memastikan bahwa semua proses operasional berjalan dengan lancar dan sesuai dengan standar kualitas. Supervisor juga harus bisa menyelesaikan masalah yang muncul di lapangan dan memberikan laporan kepada manager. Gaji supervisor bioskop berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 8 juta per bulan.

3. Gaji Cinema Crew Bioskop

Cinema crew adalah pekerjaan yang paling banyak di bioskop yang bertugas melayani pelanggan secara langsung. Cinema crew terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Cashier: bertugas menjual tiket dan menerima pembayaran dari pelanggan.
  • Ticketing: bertugas memeriksa tiket dan memberikan informasi tentang jadwal film dan ruang tayang kepada pelanggan.
  • Cafe: bertugas menjual makanan dan minuman ringan kepada pelanggan.
  • Usher: bertugas menunjukkan tempat duduk kepada pelanggan dan membersihkan ruang tayang setelah selesai tayang.
  • Customer service: bertugas menangani keluhan, saran, dan pertanyaan dari pelanggan.

Gaji cinema crew bioskop berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 4 juta per bulan.

4. Gaji IT Projectionist Bioskop

IT projectionist adalah pekerjaan yang bertugas mengoperasikan dan memelihara mesin proyektor dan sistem audio di bioskop. IT projectionist harus memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang teknologi digital, komputer, dan elektronik. IT projectionist juga harus bisa mengatasi gangguan teknis yang terjadi pada peralatan bioskop.

Gaji IT projectionist bioskop berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 7 juta per bulan.

5. Gaji MEP Technician Bioskop

MEP technician adalah pekerjaan yang bertugas mengoperasikan dan memelihara fasilitas mekanikal, elektrikal, dan plumbing di bioskop. MEP technician harus memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang instalasi listrik, pendingin udara, pompa air, genset, dan lain-lain. MEP technician juga harus bisa mengatasi masalah teknis yang terjadi pada fasilitas bioskop.

Gaji MEP technician bioskop berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 5 juta per bulan.

6. Gaji Petugas Kebersihan di Bioskop

Petugas kebersihan adalah orang yang bertanggung jawab atas kebersihan dan kenyamanan bioskop. Tugas petugas kebersihan antara lain adalah membersihkan ruang nonton sebelum dan sesudah pemutaran film, membersihkan toilet dan area publik lainnya, menyediakan perlengkapan kebersihan seperti sabun, tisu, dan hand sanitizer, dan membuang sampah.

Gaji petugas kebersihan di bioskop berkisar antara 2 – 3 juta per bulan.

Itulah daftar pekerjaan di bioskop dan gajinya yang bisa menjadi referensi bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di bidang ini. Tentu saja, gaji yang disebutkan di atas bisa berbeda-beda tergantung pada lokasi, pengalaman, kinerja, dan kebijakan perusahaan bioskop masing-masing.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Gaji Karyawan Bioskop

Gaji pegawai bioskop berbeda-beda tergantung pada posisi dan tanggung jawabnya. Sebagai contoh, seorang kasir mungkin mendapatkan gaji yang lebih rendah dibandingkan dengan seorang manajer. Namun, secara umum, gaji pegawai bioskop berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta per bulan.

Untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi, Anda bisa mencari posisi yang lebih senior atau memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Misalnya, menjadi manajer atau supervisor.

Selain posisi, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi gaji pegawai bioskop, antara lain:

  • Lokasi bioskop. Bioskop yang berada di kota besar atau pusat perbelanjaan biasanya memiliki omzet yang lebih tinggi dibandingkan dengan bioskop di kota kecil atau pinggiran. Hal ini berpengaruh pada besaran gaji pegawai bioskop, karena biasanya disesuaikan dengan standar upah minimum regional (UMR) atau biaya hidup di daerah tersebut.
  • Pengalaman kerja. Pegawai bioskop yang sudah memiliki pengalaman kerja yang lama dan baik biasanya mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan pegawai baru. Pengalaman kerja bisa menunjukkan kinerja, loyalitas, dan kompetensi pegawai dalam menjalankan tugasnya.
  • Kinerja individu. Pegawai bioskop yang memiliki kinerja individu yang baik, seperti rajin, disiplin, ramah, dan profesional biasanya mendapatkan apresiasi dari pihak manajemen berupa bonus atau kenaikan gaji. Kinerja individu bisa dinilai dari penilaian atasan, feedback pelanggan, atau target yang dicapai.
  • Kinerja tim. Pegawai bioskop tidak bekerja sendiri, melainkan bersama tim yang terdiri dari berbagai posisi dan divisi. Kinerja tim yang baik bisa meningkatkan omzet dan reputasi bioskop, sehingga berdampak positif pada gaji pegawai bioskop. Kinerja tim bisa dinilai dari kerjasama, komunikasi, dan koordinasi antar anggota tim.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi gaji pegawai bioskop. Jika Anda tertarik untuk bekerja di bioskop, Anda bisa mencari informasi lowongan kerja di situs-situs resmi bioskop atau media sosial.

Persyaratan Karyawan Bioskop

Beberapa syarat umum yang harus dipenuhi oleh calon pegawai bioskop adalah:

  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun
  • Memiliki pendidikan minimal SMA/SMK sederajat
  • Memiliki penampilan menarik dan rapi
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Memiliki motivasi dan semangat kerja yang tinggi
  • Bersedia bekerja shift dan hari libur

Bekerja di bioskop bisa menjadi pilihan karir yang menarik dan menyenangkan bagi Anda yang menyukai dunia perfilman. Selain mendapatkan gaji yang cukup layak, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru tentang industri hiburan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang gaji pegawai bioskop.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.