Fungsi dan Cara Kerja Governor Advancer

Diposting pada 1.231 views

Fungsi dan Cara Kerja Governor Advancer – Saat Pengapian atau waktu pembakaran bahan bakar dan udara harus tepat, dan dapat mengikuti kondisi mesin, dimana apabila mesin berputar lebih cepat, maka pengapian juga harus lebih awal lagi (diajukan) agar dapat dihasilkan tenaga yang maximal. Untuk itulah maka pada distributor dipasang governor advancer dan vakum advancer.

Fungsi Governor Advancer

Governor Advancer merupakan salah satu komponen sistem pengapian di dalam distributor yang berfungsi untuk memajukan saat pengapian sesuai dengan pertambahan putaran mesin. 

Berikut ini bagian bagian dan cara kerja governor advancer. Gover Teridiri dari 

1. Driving Plate

Bersama sama dengan governor weight berputar atas dasar gaya sentrifugal, untuk memutar cam, sehingga pengajuan saat pengapian dapat terjadi (platina membuka lebih awal).

2. Governor spring

Berfungsi sebagai pengembali ketika putaran mesin turun, dan sekaligus secara tidak langsung berfungsi sebagai pengatur besarnya pemajuan saat pengapian berdasarkan kelenteruan pegasnya. Coba bayangkan apabila pegas memiliki kelenturan yang sangat lentur dengan yang sangat tidak lentur. Apa yang terjadi??

3. Governor weight

Berfungsi sebagi benda yang memiliki massa, sehingga apabila dia berputar dapat menghasilkan sebuah gaya sentrifugal, yang diperlukan untuk memajukan saat pengapian.

4. Cam

Berfungsi untuk membuka platina  

Cara Kerja Governor Advancer

Kerja dari pada governor advancer ini memanfaatkan kecepatan putaran pada suatu benda yang selanjutnya memiliki gaya sentrifugal karena kecepatan putar dan massa dari benda tersebut. Benda ini selanjutnya disebut dengan Governor Weight.

Gaya sentrifugal ini digunakan untuk merubah posisi cam dan driven plate yang membuka kontak point (platina) lebih awal dibanding pada waktu putaran lebih awal. Kurang lebih cara kerjanya sebagai berikut : Apabila mesin berputar, governor weight juga akan ikut berputar.

Karena governor weight memiliki sebuah massa, maka ia akan menghasilkan gaya sentrifugal sehingga ia akan seperti terdorong keluar sambil berputar.

Karena Balance weight terikat dengan driving plate, dan driving plate juga terikat degan cam, maka otomatis cam juga akan ikut berputar, dan memaksa platina untuk membuka lebih awal, sehingga pengapian dapat diajukan.

(Saat pengapian adalah pada saat platina (breaker point) mulai membuka). Semakin cepat mesin berputar maka semakin keluar pula balance weight, itu artinya semakin diajukannya saat pengapian.