skill data scientist

Apa Itu Data Scientist Dan Tugas Lengkapnya

Diposting pada 95 views

Kebutuhan data semakin penting bagi perusahaan dan organisasi untuk membuat keputusan yang strategis dalam pengembangan bisnis. Hal ini juga mendorong profesi yang berkaitan dengan data makin diminati, salah satunya adalah pekerjaan data scientist.

Pekerjaan data scientist termasuk deretan pekerjaan dengan gaji terbesar mencapai angka 25 Juta, oleh karenanya tidak jarang seseorang yang ingin berkarir dala pekerjaan ini.

Apa kamu ingin bekarir sebagai data scientist? Pembahasan lengkapnya ada di artikel ini loh. Yuk langsung aja kita simak!

Apa itu Data Scientist?

Dilansir dari SAS (Analytics Software & Solutions), Data Scientist adalah generasi baru ahli data analitik yang memiliki keterampilan teknis untuk memecahkan masalah kompleks dan mengeksplorasi masalah apa yang perlu dipecahkan.

Coursera juga menjelaskan bahwa Data Scientist adalah pekerjaan yang  menggunakan data untuk memahami dan menjelaskan fenomena yang terjadi dengan mengikuti pola tertentu dan membantu organisasi atau perusahaan membuat keputusan yang solutif bagi bisnis mereka.

Sehingga, secara sederhana Data Scientist adalah pekerjaan yang menggunakan data untuk menemukan solusi dari masalah, sehingga solusi ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat. Pekerjaan ini melibatkan kemampuan numerik (berkaitan dengan angka), komputer dan memprediksi tren yang akan terjadi.

Tugas Data Scientist

Tugas utama Data Scientist adalah menemukan solusi bagi permasalahan perusahaan dengan menggunakan pendekatan berbasis data. Oleh karenanya, terdapat beberapa pekerjaan umum yang perlu kamu lakukan sebagai proses menemukan solusi yang tepat. Nah, inilah beberapa tugas data scientist:

  • Mengumpulkan data yang rumit, kemudian mengubahnya menjadi format yang mudah dipahami.
  • Membuat algoritma dan model data untuk memperkirakan solusi yang dihasilkan
  • Memecahkan masalah bisnis menggunakan pendekatan berbasis data.
  • Menggunakan bahasa pemrograman untuk melakukan analisa data. Paling tidak kamu perlu menguasai bahasa pemrograman seperti: SAS, R dan Python
  • Memiliki pemahaman yang kuat tentang statistik, termasuk uji statistik dan distribusi
  • Berkomunikasi dan berkolaborasi dengan tim IT dan bisnis.
  • Mencari urutan dan pola dalam data, kemudian mampu menemukan tren apa saja yang dapat membantu keuntungan bisnis.
  • Membuat visualisasi data, dasbor, dan laporan untuk mengomunikasikan hasil temuan.
  • Memberikan rekomendasi kepada senior terkait solusi yang kamu hasilkan.

Sama halnya dengan pekerjaan lainnya, tugas pekerjaan ini bergantung tim dan perusahaan tempat kamu bekerja. Tidak dapat dimungkiri, bila perusahaan belum mempunyai data analis kamu akan mengerjakan jobdesk data analis loh.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:
Pengertian Data Analyst: Job Deks, Tugas, Syarat dan Gaji
7 Tugas Desk Collection, Skill Dan Gaji

Siapa Saja yang Membutuhkan Data Scientist?

Dalam bisnis, data scientist berperan dalam mengubah data menjadi informasi yang digunakan untuk memprediksi perilaku pelanggan, mengidentifikasi peluang pendapatan baru, mendeteksi transaksi penipuan, dan memenuhi kebutuhan bisnis lainnya. Tidak hanya itu saja, profesi ini juga sangat penting bagi perusahaan atau instansi pemerintah yang bergerak di bidang kesehatan, olahraga, akademik dan masih banyak lagi.

Skill yang Dibutuhkan

Seorang data scientist dengan pekerjaan yang berat meliputi perencanaan, membuat pemodelan hingga melakukan analisa membutuhkan skill yang kompleks pula. Nah, inilah beberapa skill yang dibutuhkan:

  • keahlian dalam semua ilmu data, mulai dari penemuan data awal hingga pembersihan data, pemilihan model, validasi, dan penyebaran
  • pengetahuan dan pemahaman tentang data warehouse dan struktur data
  • pengalaman menggunakan pendekatan statistik untuk memecahkan masalah analitik
  • mampu melakukan analisis secara kualitatif dan kuantitatif
  • kemampuan untuk mengidentifikasi peluang baru agar meningkatkan efisiensi dan efektivita
  • kemampuan menggunakan layanan cloud
  • Menguasai beragam sumber data, database dan format data standar, seperti JSON, YAML, dan XML;
  • kemampuan untuk mengumpulkan data dari sumber yang berbeda dan mempersiapkannya untuk dianalisis;
  • pengalaman dengan alat visualisasi data, seperti Tableau dan Power BI;
  • kemampuan untuk merancang dashboard yang dapat memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti
  • kemampuan untuk melakukan analisis ad hoc dan menyajikan hasilnya dengan cara yang jelas

Gaji

Dilansir dari Indeed yang merupakan website pancari kerja, gaji Data Scientist di Indonesia pada bulan Januari 2023 berkisar Rp 5.000.000 sampai Rp 6.000.000.

Selain itu, dilansir dari sumber lain Kita Lulus yang juga website pencari kerja menyebutkan bahwa gaji level junior berkisar 1,5 hingga 2 kali UMR daerah setempat.

Gaji yang diterima tergantung pada skala perusahaan tempat kamu bekerja dan skill yang kamu miliki. Bahkan gajinya dapat menyentuh angka 25 Juta.

Nah, itulah informasi tentang apa itu data scientist, tugas dan skill yang dibutuhkan. Bila artikel ini bermanfaat, bagikan juga ke sosial media kamu. Kitapunya juga menyajikan artikel tentang pekerjaan lainnya yang mungkin sedang kamu cari.