Tugas Desk Colection

7 Tugas Desk Collection, Skill Dan Gaji

Diposting pada 4,481 views

Pekerjaan desk collection sering dianggap remeh oleh segelintir orang. Hal ini karena adanya pemahaman yang keliru. Banyak yang menganggap pekerjaan ini melakukan penagihan dengan cara yang kasar. Padahal desk collection bekerja sesuai SOP yaitu melakukan penagihan dengan sopan.

Apa kamu tertarik dengan pekerjaan desk collection? Artikel ini mengulas tugas desk collection, skill yang diperlukan, loker dan gaji desk collection. Yuk langsung saja kita simak!

Apa Itu Desk Collection?

Desk collection ini memegang peranan yang cukup penting karena berkaitan dengan cash flow perusahaan. Desk collection adalah suatu profesi dengan tugas pokok dan fungsi menginformasikan, mengingatkan, dan menagih kewajiban pelanggan melalui telepon. Pekerjaan desk collection paling banyak terserap di perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan dan kredit. 

Tugas Desk Collection

Desk collection atau desk collector secara umum bertugas menagih atau membuat surat penagihan kepada nasabah atau pihak yang mempunyai utang. Padahal, tugas desk collection lebih banyak lagi loh. Kami mengulas tugas atau jobdesk desk collection secara lebih rinci yaitu sebagai berikut:

  1. Memeriksa atau memantau pelanggan perusahaan yang mengalami gangguan cicilan tidak tepat waktu untuk melakukan pembayaran yang telah disepakati.
  2. Memberikan edukasi mengenai hak dan kewajiban nasabah.
  3. Desk collection dalam melaksanakan tugasnya harus sesuai SOP, tidak boleh melakukan tindakan yang mengancam nasabah apalagi sampai mengaku pihak berwajib.
  4. Saat melakukan sambungan telepon, selain menagih ada baiknya desk collection menanyakan alasan nasabah menunggak membayar, bahkan kalau bisa memberikan solusi.
  5. Membuat dan mengirimkan surat penagihan kepada kreditur. Surat tersebut akan diberikan kepada field collector yang tugasnya menagih kreditur yang menunggak.
  6. Membuat laporan harian kepada pimpinan tentang apa yang dialami selama menangani pelanggan.

Desk collection setiap hari mempunyai tugas untuk menagih ke beberapa nasabah, dimana setiap nasabah dipegang selama kurang lebih 2 minggu bila nasabah belum mampu membayar. Mereka tidak bekerja sendirian, pada beberapa perusahaan mereka dibagi menjadi beberapa tim.

Dari hasil kami berbincang dengan desk collection, bila mereka mampu mencapai target maka akan mendapatkan intensif.

Skill Desk Collection

Desk Collection lebih banyak melaksanakan tugasnya melalui panggilan telepon

Desk collection bekerja dengan beberapa orang di perusahaan dan luar perusahaan. Oleh karenanya, mereka membutuhkan skill unik. Apa saja skill yang dibutuhkan desk colletion?

1. Komunikasi

Skill utama desk collection adalah komunikasi. Desk collection bertanggung jawab untuk memahami masalah nasabah dan menyampaikan pentingnya membayar hutang tepat waktu. Skill komunikasi yang diperlukan meliputi komunikasi tertulis dan verbal, serta skill tambahan seperti mendengarkan lawan bicara (nasabah).

2. Problem Solving

Problem solving adalah kemampuan untuk menganalisis situasi, meninjau tindakan yang bisa dilakukan, dan menawarkan solusi terbaik. Tidak bisa dimungkiri, sebagai agen desk collector harus mempunyai beberapa metode komunikasi dalam menangani nasabah, karena terkadang desk collection perlu menawarkan beragam opsi pembayaran.

3. Empati

Empati adalah kemampuan untuk memahami perasaan dan situasi seseorang. Seseorang yang berada di situasi sulit membayar hutang, kebanyakan pasti mempunyai masalah, kecuali nasabah yang memang tidak bertanggung jawab. Sebagai desk collection kamu bisa menunjukkan empati dengan memosisikan diri memahami kondisi nasabah dan menanyakan bantuan yang mereka butuhkan.

4. Negosiasi

Skill desk collection selanjutnya adalah negoisasi. Sebagai agen desk collection kamu perlu membuat rencana agar nasabah dapat membayar hutang dan berhutang kembali.

5. Orientasi terhadap Detail

Desk collection menangani lebih dari satu nasabah, oleh karenanya kamu perlu memperhatikan dan mengingat setiap nasabah yang sedang kamu tangani.

6. Teknologi

Skill yang berkaitan dengan teknologi juga harus dikuasi seorang desk collection. Hal ini karena tiap perusahaan mempunyai software tersendiri untuk mengelola tugas dan laporan.

Loker Desk Collection

Menurut beberapa narasumber yang telah bekerja sebagai desk collection, pekerjaan ini cukup mudah. Mereka tidak perlu bekerja dilapangan, hanya mengerjakan tugasnya di dalam ruangan (back office). Walau begitu, skill komunikasi dan negoisasi akan meningkat seiring jam terbang melayani beragam nasabah.

Apakah pekerjaan desk collection bisa dilakukan pemula? Jawabannya pasti bisa. Dari tiga narasumber yang kami wawancara dua diantaranya tidak pernah membayangkan akan menjadi desk collection, mereka mengawali karirnya mulai dari pemula.

Saat ini, lowongan desk collection bisa kamu dapatkan melalui sosial media seperti instagram dan Linkedin. Selain itu, kamu bisa mencari lowongan di aplikasi pencari kerja seperti Kita Lulus, Glints dan Jobstreet. Pastikan, lowongan pekerjaan dan perusahaan yang kamu lamar tepercaya yah!

Gaji Desk Collection

Dilansir dari pencarian kami di Google, gaji desk collection berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 4.300.000. Gaji ini belum termasuk intensif yang diberikan. Salah seorang narasumber kami, menyebutkan gaji dan intensif mencapai Rp 5.000.000. Namun, besarnya gaji juga tergantung pada pengalaman dan perusahaan tempat bekerja.

Nah, itulah tugas desk collection, skill dan gajinya. Pekerjaan ini dapat dilakukan oleh siapa pun asalkan kamu mau berlatih mengasah skill komunikasi dan negoisasi. Bagaimana kamu tertarik dengan pekerjaan desk collection?

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.