40 Contoh Sikap Menghormati dan Berbakti Kepada Orang Tua

Diposting pada 21,703 views

Contoh Sikap Menghormati dan Berbakti Kepada Orang Tua – Secara umum setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Berbagai macam carapun dilakukan oleh orangtua untuk bisa membahagiakan anaknya.

Salah satunya dengan mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran. Pengorbanan dan ketulusan cinta mereka sangat besar, untuk itu sebagai seorang anak kita harus berusaha berbuat baik kepada mereka.

Salah satu caranya adalah dengan selalu menghormati orang tua. Apalagi kita tahu bahwa setiap agama apapun mengajarkan umatnya untuk hormat dan patuh pada orang tua.

Rasa hormat adalah sifat dasar setiap manusia yang baik dan saling menghormati satu sama lain.

Baik kepada orang tua yang melahirkan kita ataupun orang tua di lingkungan sekitar lingkungan kamu. Pada artikel ini kamu akan mengetahui 10 contoh sikap menghormati orang tua.

Secara umum pengertian hormat kepada orangtua adalah menghargai kedua orangtua dengan berbuat baik kepada mereka dan selalu menjunjung sopan santun kepada orang tua.

Ciri Sikap Menghormati Orang Tua

Ada beberapa ciri yang bisa kamu ketahui tentang orang- yang menghormati orangtuanya yaitu :

  1. selalu menghormati kedua orang tua
  2. mendengarkan nasehat nasehat kedua orang tua
  3. membantu pekerjaan kedua orang tua
  4. mendoakan kedua orang tua agar senantiasa sehat, panjang umur, dan dimudahkan rezekinya.

Dalam setiap kegiatan, terutama perihal penting, seperti bepergian menuntut ilmu, berjihad, atau melakukan perjalanan usaha, dan lain sebagainya, sangat penting untuk meminta izin kepada kedua orang tua terlebih dahulu.

Hal ini merupakan cara senderhana agar mendapatkan keselamatan diluar rumah dan juga orang tua tidak khawatir kepada kamu ketika kamu bermain. Jika kamu bermain tanpa izin, orang tua tentu khawatir. Maka dari itu penting sekali untuk kamu menghormati orang tua.

Cara Menghormati Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Orangtua yang selalu ada di dekat kita suatu saat nanti akan tutup usia. Maka dari itu, pergunakan waktu sebaik mungkin dengan kedua orangtua semasa hidup, bahkan ketika mereka sudah tidak ada di dunia ini kita harus tetap menghormatinya.

Namun, sering kali banyak orang yang tidak paham cara berbakti kepada orangtua sudah meninggal.

Padahal hal tersebut perlu dilakukan agar kedua orangtua selalu dilindungi oleh sang Pencipta dan diampuni segala dosa-dosanya.

Tak hanya lewat doa yang kita panjatkan saja, namun cara berbakti pun bisa dilakukan dengan berbagai cara.

  1. Mendoakan orangtua
  2. Berkujung ke kerabat dan teman orangtua
  3. Bersedekah atas nama orang tua
  4. Menyebarkan ilmu yang bermanfaat
  5. Melunasi hutang kedua orangtua
  6. Menjaga silaturahmi dengan saudara dan keluarga
  7. Menjaga nama baik orang tua

Dengan cara tersebut kamu akan mendapat cara menggunakan sikap untuk menghormati orang tua.

Cara dan Contoh Sikap Menghormati Orang Tua

1. Berbahasa yang Lembut dan Sopan

sikap menghormati pertama adalah menggunakan bahasa yang sopan jika sedang berbicara kepada orang tua. Dalam hal ini ketika kamu berbahasa maka kamu perlu mengetahui situasi dan kondisi bahasa yang digunakan.

Jangan sampai kebiasaan berbahasa di lingkungan bermain kita terbawa-bawa pada saat kamu berbicara dengan orang tua. Terutama menggunakan yang menurut kamu lumrah tapi menurut orang tua kamu itu tidak etis dan tidak baik untuk diucapkan.

2. Meluangkan Waktu Untuk Orang Tua

Salah satu cara terbaik bagi orang tuamu ketika kamu sedang sedih mereka pasti meluangkan waktu untuk mendengarkan keluhkesah yang keluar dari mulutmu oleh karena itu kamu jangan pernah melupakan jasa orang tua kamu yang dimana kamu juga wajib meluangkan waktu untuk orang tua kamu.

Meluangkan waktu adalah salah satu cara menghormati orang tua yang sangat sederhana. Tapi, bagi sebagian orang mungkin sulit untuk melakukannya.

Saat mereka melihat kamu sedang bersedih, tidak peduli seberapa sibuk mereka dan banyak pekerjaan yang paling penting baginya anak mereka mempunyai teman berbicara.

Sebaliknya pun begitu, kamu wajib meluangkan waktu untuk orang tua mu, tidak peduli seberapa sibuknya waktumu untuk bekerja cara terbaik adalah pulang dan meluangkan waktu untuk orang tuamu.

3. Menghargai Pendapat Orang Tua

Cara sederhana ini seringkali dilakukan tanpa kamu sadari saat berdialog kepada siapapun.

Termasuk berbicara kepada orang tuamu, ketika kamu kecil kamu sering kali berbicara dan mengeluarkan pendapat dari mulutmu.

Orang tuamu menghargai itu karena bagi mereka, menghargai pendapat membuat perasaan anak senang karena merasa di dengar oleh orang tuanya.

Sebaliknya pun begitu, kamu wajib menghargai pendapat ketika orang tua berbicara kepadamu atau pernyataan apapun yang keluar dari mulutnya hargai itu.

Maka dengan cara itu kamu akan merasakan keberuntungan ketika membuat orang tuamu senang.

4. Tidak Berbicara Dengan Nada Tinggi dengan Orang Tua

Dalam kondisi apapun ketika berbicara dengan orang tuamu, janganlah sekali-kali menggunakan nada tinggi.

Karena apa? karena kamu tidak tahu isi hati orang tuamu. Ketika orang tuamu sakit hati dengan perkataanmu, maka itu suatu pukulan untuk dirimu yang dimana menyakiti hati orang tua dan tidak akan mendapatkan keberuntungan dari Yang Maha Kuasa.

Akan ada waktunya dimana ketika kamu dan orang tua nantinya memiliki pandangan yang berbeda pendapat. Apabila memiliki perbedaan pendapat, selalu jelaskan pandangan kamu kepada orang tuamu dengan memberitahunya secara perlahan.

5. Menjaga Amanah

Amanah orang tua kepada kamu tentu harus dibarengi dengan rasa hormat kepada yang memberi amanah. Karena, kalau kamu tidak mampu menjaga amanah yang diberikan. itu artinya tidak menghormati kepada pemberi amanah yaitu orang tua.

Namun bukan berarti hal itu bersifat mutlak, tentu jika kamu tidak mampu menjaga amanah yang diberikan maka kamu wajib mempertanggungjawabkannya.

Hal ini adalah rasa hormat kamu kepada orang tua, lain hal kalau kamu merahasiakannya. sebab merahasiakan kesalahan adalah bentuk ketidakhormatan kamu kepada orang tua.

6. Bersikap Terbuka Dengan OrangTua

Waktu kecil, kamu seringkali berbagi banyak cerita kepada orang tua. Ketika beranjak dewasa, kamu cenderung menyimpang sendiri keluh kesah kamu agar orang tua tidak banyak beban dipikirannya. oleh karena itu cobalah lagi untuk bersikap terbuka kepada orang tuamu.

Bersikap terbuka adalah salah satu cara menghormati orang tua yang bisa kamu terapkan dalam kehidupanmu. Dengan bersikap terbuka, orang tua akan merasa dianggap sebagai orang tua yang berarti untuk kamu.

7. Bersifat Rendah Hati

Dihadapan siapapun termasuk orang tua, menghormati dengan sikap rendah hati itu sangat penting. Namun bukan artinya jika hal ini salah kamu akan menerima informasi ini dengan mentah-mentah.

Sebaiknya gunakan kalimat yang sopan untuk menjelaskan alasan untuk menolak perintah tersebut sekaligus memberikan masukan tanpa menyakiti hati orang tua kamu dengan bahasa yang kasar.

8. Jangan Menghakimi Orang Tua

Pada kondisi tertentu memang ada kalanya kamu merasa tertekan dan ingin menyelahkan seseorang. Tapi tidak untuk kamu salahkan kesalmu kepada orang tua. Kamu harus tahu bahwa setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya.

Jika tidak bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan, cobalah untuk ajak bicara orang tuamu terlebih dulu dan bahas apa yang kamu inginkan agar tidak selalu terjadi kesalahpahaman keinginanmu dan keinginan orang tuamu.

9. Tidak Boleh Berbohong kepada Orang Tua

Jika kamu berbicara kepada orang tuamu, kamu tidak boleh berbohong. Karena tuhan tidak menyukai atau menyertai orang yang berbohong kepada orang tuanya.

Pada sikap ini juga wajib diterapkan dan dilakukan oleh diri masing-masing untuk kehidupan sehari-hari. Jika kamu memiliki hal yang ingin kamu sampaikan kepada orang tua, sampaikanlah secara baik-baik dan tidak ada yang harus ditutupi. Karena jika kamu yakin, orang tuamu pasti akan membantu kamu dalam masalah apapun.

10. Pamitan Ketika Ingin Pergi

Salah satu kebiasaan yang harus diterapkan kepada kehidupan kamu adalah Pamitan kepada orang tua. Hal yang sangat sederhana tapi banyak sekali orang yang melewatkannya.

Karena jika kamu ber-pamitan kepada orang tua ketika ingin pergi, tuhan akan memudahkan urusanmu diluar sana. sifat ini akan membuat orang tua merasa tenang dan merasa bermakna bagi anaknya.

30 Contoh Perilaku Menghormati Orang Tua

Menghormati orang tua adalah salah satu kewajiban seorang anak yang diajarkan oleh agama dan budaya. Orang tua adalah orang yang telah melahirkan, membesarkan, dan mendidik kita dengan kasih sayang dan pengorbanan. Mereka juga berhak mendapatkan balasan dari kita berupa sikap hormat, taat, dan berbakti. Namun, bagaimana cara menghormati orang tua dalam kehidupan sehari-hari? Berikut adalah 30 contoh sikap menghormati orang tua seorang anak yang bisa kita tiru dan praktikkan.

  1. Menyapa orang tua dengan sopan setiap kali bertemu atau berpisah.
  2. Mendengarkan nasihat dan petunjuk orang tua dengan penuh perhatian dan tidak menyela.
  3. Menuruti permintaan atau perintah orang tua selama tidak bertentangan dengan syariat agama.
  4. Membantu pekerjaan rumah tangga atau pekerjaan lain yang dibebankan kepada orang tua.
  5. Memberikan hadiah atau kado kepada orang tua pada hari-hari spesial seperti ulang tahun, hari ibu, hari ayah, atau hari raya.
  6. Mengajak orang tua berlibur atau jalan-jalan untuk menghilangkan kepenatan dan stres.
  7. Menghubungi atau mengirim pesan kepada orang tua secara rutin untuk menanyakan kabar dan keadaan mereka.
  8. Menjaga kesehatan dan keselamatan diri sendiri agar tidak menyusahkan atau merisaukan orang tua.
  9. Menjaga nama baik dan reputasi keluarga agar tidak mengecewakan atau memalukan orang tua.
  10. Menghargai pendapat dan keputusan orang tua meskipun berbeda dengan pendapat atau keputusan kita.
  11. Tidak membantah, melawan, atau berdebat dengan orang tua meskipun merasa benar atau lebih tahu.
  12. Tidak mengeluh, bersungut-sungut, atau marah-marah kepada orang tua karena sesuatu hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita.
  13. Tidak menyakiti hati atau perasaan orang tua dengan perkataan atau perbuatan yang kasar, sombong, atau tidak sopan.
  14. Tidak menyembunyikan sesuatu hal yang penting dari orang tua seperti masalah sekolah, pekerjaan, kesehatan, atau asmara.
  15. Tidak membohongi atau menipu orang tua untuk mendapatkan sesuatu hal yang diinginkan atau menghindari sesuatu hal yang tidak diinginkan.
  16. Tidak mengambil atau meminjam barang milik orang tua tanpa izin atau sepengetahuan mereka.
  17. Tidak menyia-nyiakan uang, waktu, atau peluang yang diberikan oleh orang tua untuk belajar, bekerja, atau berkembang.
  18. Tidak menyalahgunakan kepercayaan atau kewenangan yang diberikan oleh orang tua untuk melakukan sesuatu hal yang negatif atau merugikan.
  19. Tidak bergaul dengan teman-teman yang buruk pengaruhnya atau membawa kita kepada hal-hal yang dilarang oleh agama atau hukum.
  20. Tidak mengonsumsi zat-zat terlarang seperti narkoba, alkohol, rokok, atau obat-obatan yang bisa merusak kesehatan dan akhlak kita.
  21. Tidak melakukan perbuatan maksiat seperti zina, judi, korupsi, pencurian, kekerasan, atau pembunuhan yang bisa mendatangkan murka Allah dan azab neraka.
  22. Berdoa untuk keselamatan, kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan orang tua di dunia dan akhirat.
  23. Memberikan nafkah kepada orang tua jika mereka membutuhkan bantuan finansial atau materiil dari kita.
  24. Memberikan perawatan kepada orang tua jika mereka sakit atau mengalami gangguan kesehatan fisik maupun mental.
  25. Memberikan penghiburan kepada orang tua jika mereka sedih, kecewa, marah, atau tertekan karena sesuatu hal.
  26. Memberikan penghormatan kepada orang tua jika mereka meninggal dunia dengan cara menshalatkan, mengurus jenazah, menguburkan, dan mendoakan mereka.
  27. Menjenguk atau mengunjungi makam orang tua secara berkala untuk mendoakan dan mengenang jasa-jasa mereka.
  28. Menjalin hubungan baik dengan saudara, kerabat, atau tetangga orang tua sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada mereka.
  29. Menyampaikan salam atau ucapan terima kasih kepada orang tua atas segala hal yang telah mereka berikan atau lakukan kepada kita.
  30. Mencontoh perilaku baik dan mulia yang ditunjukkan oleh orang tua dalam beribadah, bermuamalah, dan bersosialisasi dengan sesama manusia.

Itulah 30 contoh sikap menghormati orang tua seorang anak yang bisa kita jadikan sebagai pedoman dan motivasi dalam hidup. Semoga kita bisa menjadi anak yang sholeh atau sholehah yang selalu berbakti kepada orang tua dan mendapatkan ridho Allah dan orang tua. Aamiin.

30 Contoh Sikap Berbakti Kepada Orang Tua

Berbakti kepada orang tua adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap anak. Berbakti berarti menghormati, menyayangi, dan membantu orang tua dalam segala hal. Berbakti juga merupakan salah satu cara untuk mengucapkan terima kasih atas segala pengorbanan dan kasih sayang yang telah diberikan oleh orang tua sejak kita lahir.

Ada banyak cara untuk berbakti kepada orang tua, baik yang bersifat materi maupun non-materi. Berikut adalah 30 contoh berbakti kepada orang tua yang bisa kita lakukan:

  1. Menyapa dan mencium tangan orang tua setiap pagi dan sore.
  2. Mendengarkan nasihat dan petuah orang tua dengan baik dan tanpa membantah.
  3. Menghargai dan mengikuti keputusan orang tua selama tidak bertentangan dengan syariat agama.
  4. Memberikan nafkah kepada orang tua jika mereka membutuhkan, atau minimal memberikan hadiah atau bingkisan sesekali.
  5. Menjaga kesehatan dan keselamatan orang tua, misalnya dengan mengantar mereka ke dokter, memberikan obat, atau menjaga pola makan mereka.
  6. Menemani dan menghibur orang tua jika mereka merasa kesepian, bosan, atau sedih.
  7. Mengajak orang tua berlibur atau jalan-jalan ke tempat yang mereka sukai atau ingin kunjungi.
  8. Menghormati dan menyayangi saudara-saudara, keluarga besar, dan tetangga orang tua.
  9. Mendoakan orang tua di setiap waktu, terutama saat shalat dan sebelum tidur.
  10. Meminta maaf kepada orang tua jika melakukan kesalahan atau menyakiti hati mereka.
  11. Tidak menyembunyikan sesuatu dari orang tua, misalnya masalah pribadi, sekolah, atau pekerjaan.
  12. Memperhatikan dan menghargai minat dan hobi orang tua, misalnya dengan memberikan buku, alat musik, atau perlengkapan olahraga yang mereka sukai.
  13. Membantu pekerjaan rumah tangga orang tua, misalnya dengan mencuci piring, mengepel lantai, atau menyapu halaman.
  14. Membantu pekerjaan atau usaha orang tua, misalnya dengan menjadi karyawan, mitra, atau konsultan.
  15. Menghafal ayat-ayat Al-Quran atau hadits-hadits Nabi yang disukai oleh orang tua dan membacakannya untuk mereka.
  16. Mengajak orang tua belajar atau mengaji bersama-sama, misalnya dengan mengundang ustadz, guru, atau teman-teman yang lebih paham agama.
  17. Menjaga nama baik dan kehormatan orang tua di masyarakat, misalnya dengan berperilaku sopan, jujur, dan bertanggung jawab.
  18. Tidak melawan atau membentak orang tua, apalagi memukul atau menyakiti mereka secara fisik.
  19. Tidak mengeluh atau meminta-minta kepada orang tua, apalagi menyalahkan mereka atas kekurangan atau kesulitan yang kita alami.
  20. Tidak membanding-bandingkan orang tua dengan orang lain, apalagi merasa malu atau minder dengan mereka.
  21. Tidak meninggalkan atau melupakan orang tua saat mereka sudah lanjut usia atau sakit-sakitan.
  22. Tidak memisahkan diri dari orang tua karena alasan apapun, kecuali mendapat izin dan ridha dari mereka.
  23. Tidak menyia-nyiakan harta atau warisan yang diberikan oleh orang tua, apalagi menggunakannya untuk hal-hal yang sia-sia atau haram.
  24. Tidak memutuskan silaturahmi dengan orang tua karena perselisihan atau pertengkaran yang sepele.
  25. Tidak menipu atau berbohong kepada orang tua, apalagi mengkhianati kepercayaan mereka.
  26. Tidak menyakiti hati atau mengecewakan harapan orang tua, apalagi membuat mereka menangis atau marah.
  27. Tidak berbuat maksiat atau melanggar perintah Allah dan Rasul-Nya di depan mata atau di belakang punggung orang tua.
  28. Tidak mengabaikan atau menolak permintaan atau panggilan orang tua, apalagi menganggap mereka sebagai beban atau gangguan.
  29. Tidak sombong atau merasa lebih baik dari orang tua, apalagi merendahkan atau menghina mereka.
  30. Tidak berhenti berbakti kepada orang tua, bahkan setelah mereka meninggal dunia.

Itulah 30 contoh berbakti kepada orang tua yang bisa kita lakukan. Semoga kita semua bisa menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah, yang selalu berbakti kepada orang tua di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Mengapa kita perlu menghormati orang tua?

Orang tua adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Mereka telah melahirkan, membesarkan, mendidik, dan memberikan kasih sayang kepada kita sejak kita lahir. Tanpa mereka, kita tidak akan ada di dunia ini. Mereka juga telah berkorban banyak hal demi kebahagiaan dan kesejahteraan kita. Mereka selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kita, meskipun kadang-kadang kita tidak menyadari atau menghargai usaha mereka.

Oleh karena itu, kita perlu menghormati orang tua kita sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan atas jasa-jasa mereka. Menghormati orang tua bukan hanya kewajiban, tetapi juga kewajaran dan kebajikan. Dengan menghormati orang tua, kita menunjukkan rasa terima kasih, hormat, dan cinta kepada mereka. Kita juga menunjukkan bahwa kita menghargai nasihat, petunjuk, dan doa mereka untuk kebaikan kita.

Menghormati orang tua juga bermanfaat bagi diri kita sendiri. Dengan menghormati orang tua, kita akan mendapatkan berkah, rahmat, dan ridha dari Allah SWT. Kita juga akan mendapatkan kebahagiaan, kedamaian, dan keberkahan dalam hidup kita. Sebaliknya, jika kita tidak menghormati orang tua, kita akan mendapatkan murka, azab, dan laknat dari Allah SWT. Kita juga akan mendapatkan kesulitan, kesedihan, dan kecelakaan dalam hidup kita.

Bagaimana cara menghormati orang tua? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghormati orang tua kita. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menuruti perintah dan larangan mereka selama tidak bertentangan dengan syariat Islam.
  • Memberikan bantuan dan dukungan kepada mereka dalam segala hal yang mereka butuhkan.
  • Memberikan perhatian dan kasih sayang kepada mereka dengan cara yang sopan dan lembut.
  • Memberikan penghargaan dan pujian kepada mereka atas prestasi dan kebaikan mereka.
  • Meminta maaf dan memaafkan kesalahan mereka dengan ikhlas dan tanpa dendam.
  • Mendoakan kebaikan dan keselamatan mereka di dunia dan akhirat.
  • Menjaga nama baik dan martabat mereka di depan orang lain.
  • Mengunjungi dan menjenguk mereka jika mereka sakit atau berada di tempat yang jauh.
  • Menyediakan nafkah dan tempat tinggal yang layak bagi mereka jika mereka membutuhkannya.

Semoga dengan menghormati orang tua kita, kita bisa menjadi anak yang shaleh atau shalehah yang dicintai oleh Allah SWT, orang tua, dan masyarakat. Aamiin.

Baca juga: