10 Contoh Sikap Menghormati Orang Tua

Diposting pada 136 views

Contoh Sikap Menghormati Orang Tua – Secara umum setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Berbagai macam carapun dilakukan oleh orangtua untuk bisa membahagiakan anaknya.

Salah satunya dengan mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran. Pengorbanan dan ketulusan cinta mereka sangat besar, untuk itu sebagai seorang anak kita harus berusaha berbuat baik kepada mereka.

Salah satu caranya adalah dengan selalu menghormati orang tua. Apalagi kita tahu bahwa setiap agama apapun mengajarkan umatnya untuk hormat dan patuh pada orang tua.

Rasa hormat adalah sifat dasar setiap manusia yang baik dan saling menghormati satu sama lain.


Baik kepada orang tua yang melahirkan kita ataupun orang tua di lingkungan sekitar lingkungan kamu. Pada artikel ini kamu akan mengetahui 10 contoh sikap menghormati orang tua.

Secara umum pengertian hormat kepada orangtua adalah menghargai kedua orangtua dengan berbuat baik kepada mereka dan selalu menjunjung sopan santun kepada orang tua.

Ciri Sikap Menghormati Orang Tua

Ada beberapa ciri yang bisa kamu ketahui tentang orang- yang menghormati orangtuanya yaitu :

  1. selalu menghormati kedua orang tua
  2. mendengarkan nasehat nasehat kedua orang tua
  3. membantu pekerjaan kedua orang tua
  4. mendoakan kedua orang tua agar senantiasa sehat, panjang umur, dan dimudahkan rezekinya.

Dalam setiap kegiatan, terutama perihal penting, seperti bepergian menuntut ilmu, berjihad, atau melakukan perjalanan usaha, dan lain sebagainya, sangat penting untuk meminta izin kepada kedua orang tua terlebih dahulu.

Hal ini merupakan cara senderhana agar mendapatkan keselamatan diluar rumah dan juga orang tua tidak khawatir kepada kamu ketika kamu bermain. Jika kamu bermain tanpa izin, orang tua tentu khawatir. Maka dari itu penting sekali untuk kamu menghormati orang tua.

Cara Menghormati Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Orangtua yang selalu ada di dekat kita suatu saat nanti akan tutup usia. Maka dari itu, pergunakan waktu sebaik mungkin dengan kedua orangtua semasa hidup, bahkan ketika mereka sudah tidak ada di dunia ini kita harus tetap menghormatinya.

Namun, sering kali banyak orang yang tidak paham cara berbakti kepada orangtua sudah meninggal.

Padahal hal tersebut perlu dilakukan agar kedua orangtua selalu dilindungi oleh sang Pencipta dan diampuni segala dosa-dosanya.

Tak hanya lewat doa yang kita panjatkan saja, namun cara berbakti pun bisa dilakukan dengan berbagai cara.

  1. Mendoakan orangtua
  2. Berkujung ke kerabat dan teman orangtua
  3. Bersedekah atas nama orang tua
  4. Menyebarkan ilmu yang bermanfaat
  5. Melunasi hutang kedua orangtua
  6. Menjaga silaturahmi dengan saudara dan keluarga
  7. Menjaga nama baik orang tua

Dengan cara tersebut kamu akan mendapat cara menggunakan sikap untuk menghormati orang tua.

Cara dan Contoh Sikap Menghormati Orang Tua

1. Berbahasa Sopan

sikap menghormati pertama adalah menggunakan bahasa yang sopan jika sedang berbicara kepada orang tua. Dalam hal ini ketika kamu berbahasa maka kamu perlu mengetahui situasi dan kondisi bahasa yang digunakan.

Jangan sampai kebiasaan berbahasa di lingkungan bermain kita terbawa-bawa pada saat kamu berbicara dengan orang tua. Terutama menggunakan yang menurut kamu lumrah tapi menurut orang tua kamu itu tidak etis dan tidak baik untuk diucapkan.

2. Meluangkan Waktu

Salah satu cara terbaik bagi orang tuamu ketika kamu sedang sedih mereka pasti meluangkan waktu untuk mendengarkan keluhkesah yang keluar dari mulutmu oleh karena itu kamu jangan pernah melupakan jasa orang tua kamu yang dimana kamu juga wajib meluangkan waktu untuk orang tua kamu.

Meluangkan waktu adalah salah satu cara menghormati orang tua yang sangat sederhana. Tapi, bagi sebagian orang mungkin sulit untuk melakukannya.

Saat mereka melihat kamu sedang bersedih, tidak peduli seberapa sibuk mereka dan banyak pekerjaan yang paling penting baginya anak mereka mempunyai teman berbicara.

Sebaliknya pun begitu, kamu wajib meluangkan waktu untuk orang tua mu, tidak peduli seberapa sibuknya waktumu untuk bekerja cara terbaik adalah pulang dan meluangkan waktu untuk orang tuamu.

3. Menghargai Pendapat

Cara sederhana ini seringkali dilakukan tanpa kamu sadari saat berdialog kepada siapapun.

Termasuk berbicara kepada orang tuamu, ketika kamu kecil kamu sering kali berbicara dan mengeluarkan pendapat dari mulutmu.

Orang tuamu menghargai itu karena bagi mereka, menghargai pendapat membuat perasaan anak senang karena merasa di dengar oleh orang tuanya.

Sebaliknya pun begitu, kamu wajib menghargai pendapat ketika orang tua berbicara kepadamu atau pernyataan apapun yang keluar dari mulutnya hargai itu.

Maka dengan cara itu kamu akan merasakan keberuntungan ketika membuat orang tuamu senang.

4. Tidak Berbicara Dengan Nada Tinggi

Dalam kondisi apapun ketika berbicara dengan orang tuamu, janganlah sekali-kali menggunakan nada tinggi.

Karena apa? karena kamu tidak tahu isi hati orang tuamu. Ketika orang tuamu sakit hati dengan perkataanmu, maka itu suatu pukulan untuk dirimu yang dimana menyakiti hati orang tua dan tidak akan mendapatkan keberuntungan dari Yang Maha Kuasa.

Akan ada waktunya dimana ketika kamu dan orang tua nantinya memiliki pandangan yang berbeda pendapat. Apabila memiliki perbedaan pendapat, selalu jelaskan pandangan kamu kepada orang tuamu dengan memberitahunya secara perlahan.

5. Menjaga Amanah

Amanah orang tua kepada kamu tentu harus dibarengi dengan rasa hormat kepada yang memberi amanah. Karena, kalau kamu tidak mampu menjaga amanah yang diberikan. itu artinya tidak menghormati kepada pemberi amanah yaitu orang tua.

Namun bukan berarti hal itu bersifat mutlak, tentu jika kamu tidak mampu menjaga amanah yang diberikan maka kamu wajib mempertanggungjawabkannya.

Hal ini adalah rasa hormat kamu kepada orang tua, lain hal kalau kamu merahasiakannya. sebab merahasiakan kesalahan adalah bentuk ketidakhormatan kamu kepada orang tua.

6. Bersikap Terbuka Dengan OrangTua

Waktu kecil, kamu seringkali berbagi banyak cerita kepada orang tua. Ketika beranjak dewasa, kamu cenderung menyimpang sendiri keluh kesah kamu agar orang tua tidak banyak beban dipikirannya. oleh karena itu cobalah lagi untuk bersikap terbuka kepada orang tuamu.

Bersikap terbuka adalah salah satu cara menghormati orang tua yang bisa kamu terapkan dalam kehidupanmu. Dengan bersikap terbuka, orang tua akan merasa dianggap sebagai orang tua yang berarti untuk kamu.

7. Bersifat Rendah Hati

Dihadapan siapapun termasuk orang tua, menghormati dengan sikap rendah hati itu sangat penting. Namun bukan artinya jika hal ini salah kamu akan menerima informasi ini dengan mentah-mentah.

Sebaiknya gunakan kalimat yang sopan untuk menjelaskan alasan untuk menolak perintah tersebut sekaligus memberikan masukan tanpa menyakiti hati orang tua kamu dengan bahasa yang kasar.

8. Jangan Menghakimi Orang Tua

Pada kondisi tertentu memang ada kalanya kamu merasa tertekan dan ingin menyelahkan seseorang. Tapi tidak untuk kamu salahkan kesalmu kepada orang tua. Kamu harus tahu bahwa setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya.

Jika tidak bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan, cobalah untuk ajak bicara orang tuamu terlebih dulu dan bahas apa yang kamu inginkan agar tidak selalu terjadi kesalahpahaman keinginanmu dan keinginan orang tuamu.

9. Tidak Boleh Berbohong

Jika kamu berbicara kepada orang tuamu, kamu tidak boleh berbohong. Karena tuhan tidak menyukai atau menyertai orang yang berbohong kepada orang tuanya.

Pada sikap ini juga wajib diterapkan dan dilakukan oleh diri masing-masing untuk kehidupan sehari-hari. Jika kamu memiliki hal yang ingin kamu sampaikan kepada orang tua, sampaikanlah secara baik-baik dan tidak ada yang harus ditutupi. Karena jika kamu yakin, orang tuamu pasti akan membantu kamu dalam masalah apapun.

10. Pamitan Ketika Ingin Pergi

Salah satu kebiasaan yang harus diterapkan kepada kehidupan kamu adalah Pamitan kepada orang tua. Hal yang sangat sederhana tapi banyak sekali orang yang melewatkannya.

Karena jika kamu ber-pamitan kepada orang tua ketika ingin pergi, tuhan akan memudahkan urusanmu diluar sana. sifat ini akan membuat orang tua merasa tenang dan merasa bermakna bagi anaknya.

Baca juga: