cara mendapatkan teman baru
tips mendapatkan teman baru

10 Cara Mendapat Teman Baru Ketika Sekolah dan Dewasa

Diposting pada 120 views

Cara Mendapat Teman Baru – Tak jarang perasaan kesepian muncul karena tak mempunyai teman. Saat bersekolah, mempunyai teman yang banyak pasti memberi penyemangat tersendiri dalam belajar.

Ketika memasuki usia dewasa, mendapat teman baru cenderung lebih sulit. Kesibukan dan lingkungan pertemanan yang makin sedikit menjadi penyebab sulitnya mendapat teman. Teman kita saat dewasa, biasanya teman masa kecil, sekolah dan saat bekerja.


Namun, kamu tidak perlu khawatir. Setelah membaca artikel ini kamu akan mengetahui cara mendapatkan teman baru. Yuk langsung simak sampai habis yaa!

Cara Mendapatkan Teman Baru di Sekolah

Mendapatkan teman baru di sekolah tak jarang menjadi kesulitan tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi saat menjadi murid baru dan tidak kenal dengan seorang pun.

Apa kamu pernah menjumpai seseorang yang selama bersekolah merasa tidak nyaman karena tidak mempunyai teman? Hal ini terjadi karena mereka kesulitan dalam mencari teman baru.

Apa kamu ingin tahu tips dan cara mendapat teman baru? Yuk, langsung aja baca di bawah ini :

1. Mengawali Perkenalan

Bagaimana bisa mendapat teman kalau kamu tidak memulai obrolan? Kamu tidak perlu ragu untuk memulai sebuah obrolan. Terkadang rasa ragu muncul karena takut obrolan kamu tidak menarik. Mulailah dengan bicara seputar hal-hal yang mudah misalnya nama, sekolah, hobi, berita terkini, gosip dan lain-lain. Makin sering mencoba maka kamu menjadi luwes untuk berbicara dengan orang lain.

2. Bersikap Ramah

Bayangkan ketika kamu menemui seseorang dengan wajah yang jutek dan sombong, apakah kamu ingin akrab dengannya? Sebagian besar pasti menjawab tidak.

Bersikap ramah dapat kamu lakukan dengan menunjukkan wajah yang murah senyum, ceria dan memberikan bantuan. Poin pentingnya, sikap ramah ini harus dilakukan dengan niat yang tulus. Jangan dibuat-buat yah!

3. Menjadi Diri Sendiri

Mungkin teman baru di sekolah belum mengenal siapa kamu sebenarnya. Saat berkenalan jadilah diri sendiri, jangan ada yang dilebihkan dan dikurangi.

4. Jangan Ragu untuk Bersosialisasi

Pernah nggak sih teman-teman merasa minder dan takut tidak diterima? Perasaan ini sangat wajar di alami, apalagi saat berada di lingkungan baru. Namun, perasaan seperti ini justru akan menghambat dalam bersosialisasi. Lakukan sosialisasi dengan percaya diri dan tanpa keraguan!

5. Jangan Takut untuk Bercanda

Bagaimana kesanmu dengan orang yang humoris? Seseorang yang humoris biasanya mempunyai banyak teman, karena sikapnya yang cenderung terbuka.

Bila kamu sudah mulai mengenal temanmu, berikan sedikit candaan agar makin akrab. Namun, jangan berlebihan apalagi menyinggung perasaannya!

Ingin buat teman nyaman dengan keberadaanmu? Kunjungi artikel Cara Menghargai Teman, Buat Teman Nyaman

Cara Mendapat Teman Baru Ketika Dewasa

Memasuki usia dewasa, seseorang disibukan dengan bekerja, mengejar mimpi dan pencarian jati diri. Perasaan kesepian terkadang muncul karena merasa tidak mempunyai teman untuk sekadar berbagi cerita.

Namun tidak perlu khawatir, meskipun sudah dewasa kamu tetap bisa mendapat teman baru loh. Inilah cara mendapat teman baru ketika dewasa :  

6. Menjadi Orang yang Terbuka

Cara mendapatkan teman baru yang pertama adalah bersifat terbuka. Kamu harus mempersiapkan diri terhadap segala obrolan yang muncul saat memulai perkenalan. Bertukar cerita merupakan cara yang bisa membuat obrolan menjadi lebih asyik. Hanya saja, jangan terburu-buru untuk bertukar cerita. Nanti malah dikiranya kamu tipe orang yang sedikit-sedikit curhat.

7. Berbaur dengan Orang Lain

Mendapat teman baru tidak bisa kamu lakukan hanya berdiam diri di dalam rumah, kecuali mencari teman melalui dunia maya. Pernah mendengar seorang teman berkata, “Aku kenal sama Rani karena dia temannya Sari.” Yap, kamu bisa mendapatkan teman dari lingkungan temanmu sendiri. Jangan ragu,saat temanmu mengajak berkumpul bersama teman-teman yang lain.

8. Mengikuti Kursus yang Sesuai Dengan Minat

Mengikuti kursus merupakan jalan yang bisa ditempuh untuk menemukan teman dengan minat yang sama. Kamu bisa mendaftar kursus langsung di tempat (offline) dan online. Saat ini, kelas kursus menyediakan grup berdiskusi melalui whatsapp atau telegram. Jangan ragu menyapa teman kelas di grup tersebut, bahkan bila perlu kamu bisa komunikasi pribadi (personal chat).

9. Memanfaatkan Media Sosial

Tak bisa dimungkiri sudah banyak orang yang berkenalan melalui media sosial dan menjadi teman di dunia nyata. Kamu bisa memulai dengan menyapa lewat personal chat, namun tetap perhatikan etika dan sopan santun ya!

Di sisi lain, ketika kamu mendapatkan chat dari seseorang yang belum dikenal, respon dengan ramah. Namun, harus tetap waspada karena maraknya kasus penipuan melalui media sosial.

10. Menjadi Pendengar yang Baik

Tanpa disadari, tidak semua orang mampu menjadi pendengar yang baik. Sebagian besar justru senang bercerita. Cobalah menjadi pendengar yang baik, karena terkadang orang sekitar mu butuh sosok ini.

Terkadang seseorang butuh didengarkan, meskipun kamu belum bisa memberikan solusi. Bila temanmu meminta pendapat, berikan pendapat seperlunya. Namun, semua keputusan kembali lagi kepada temanmu.

Kamu mahasiswa baru? Jangan lupa baca juga : 7 Tips Untuk Mahasiswa Baru Agar Punya Banyak Teman di Kampus

Nah itulah Cara Mendapat Teman Baru di Sekolah dan Ketika Dewasa. Bagaimana, mudah bukan? Pasti mudah asal kamu mau mencobanya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman. See you.